cover
Contact Name
Ahmad Ulil Albab Al Umar
Contact Email
ahmadulil.asfebi@gmail.com
Phone
+6287831398687
Journal Mail Official
peshum.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Slendro rt 02/01,gesi,sragen
Location
Kab. sragen,
Jawa tengah
INDONESIA
PESHUM
Published by CV ULIL ALBAB CORP
ISSN : -     EISSN : 28288017     DOI : 10.56799
PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, Sosiologi, Psikologi, Sosial, Budaya, Antropologi. (3) Humaniora: Sastra, Sejarah, Bahasa, Seni, Filsafat, Agama, Hukum. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora terbit setiap 6 kali dalam setahun.
Articles 159 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1: Desember 2024" : 159 Documents clear
Penerapan E-Modul Biologi Berbasis PBL Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Nathania D. M. Wuisan; Ferny M. Tumbel; Danny Posumah
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 4 No. 1: Desember 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v4i1.6204

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMA Negeri 2 Tareran didapati bahwa kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 2 Tareran dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa terdapat 5 siswa yang tuntas dengan persentase 25% sedangkan 15 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 75%. Dan pada saat pelaksanaan pembelajaran kegiatan siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas dengan persentase 85% sedangkan 3 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 3,58%. Sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 50% Kesimpulan dalam penelitian ini membuktikan bahwa penerapan e-modul berbasis problem-based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tareran.
Presisi Metode Penentuan Arah KiblatPresisi Metode Penentuan Arah Kiblat: (Studi Komparasi Ulama Pesantren Probolinggo) Bashori Alwi; Moh Ziad Farhan Fahri; Ahmad Fiqri Syaikal; Muhajir Muhajir
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 4 No. 1: Desember 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v4i1.6218

Abstract

Qibla is the direction that Muslims aim for in carrying out worship, especially prayer, which is facing the direction of the Kaaba at the Grand Mosque, especially prayer, which is facing the Kaaba at the Grand Mosque, this is based on the arguments of the Qur'an based on the arguments of the Qur'an; Al-Baqarah: 148-150, then based on these arguments then facing the Qibla in praying is obligatory and one's prayer is not valid if one does not face the Qibla intentionally, but what is the view of pesantren scholars in Probolinggo on this ka'bah issue and how to respond to several places of prayer that are not in accordance with the actual direction of the Qibla. This research uses an empirical method with a qualitative approach, which explores the opinions of pesantren scholars in Probolinggo about the Qibla direction and how they respond to several places of worship, as well as how they respond to several places of worship that do not face the direction of the ka'bah. This method is used to obtain natural data generated from interviews as well as some supporting data related to Qibla direction. This research seeks to provide an understanding of the Qibla direction in detail, as well as the differences in the attitudes of the Probolinggo Islamic boarding school ulama towards several places of worship that do not face the Qibla direction.
Efektivitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Kartika Padang Lili Rismaini; Laila Marhayati
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 4 No. 1: Desember 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v4i1.6247

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih bersifat teacher center. Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapat informasi. Dengan berkembangnya teknologi dan informasi juga berpengaruh terhadap model pembelajaran. Model pembelajaran yang biasanya digunakan oleh guru berupa model pembelajaran STAD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD yang efektif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode quasi experiment. Penelitian ini si laksanakan pada siswa kelas VII SMP Kartika Kota Padang. Intrumen penelitian ini dikembangkan untuk menilai keefektifan penggunaan model pembelajaran STAD pada pembelajaran matematika. Hasil dari penelitian ini adalah pada tahap efektivitas menggunakan analisis statistika yaitu persamaan Paired Sample Test dengan hasil sig (2-tailed) 0,000 < nilai alfa 0,05 artinya bahwa nilai Sig.2 tailed (0,000) kecil dari nilai alfa ( 0,05) sehinggadapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran STAD
Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Atas Wienda Gusta; Asma Alhusna; Pinta Medina
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 4 No. 1: Desember 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v4i1.6266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa kelas XI SMK Negeri 8 Padang. Literasi digital menjadi salah satu kompetensi kunci dalam menghadapi perkembangan era digital, terutama bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dipersiapkan untuk dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 48 siswa sebagai sampel. Instrumen yang digunakan mencakup angket literasi digital serta tes berpikir kritis dan pemecahan masalah, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Siswa dengan tingkat literasi digital yang tinggi menunjukkan kemampuan lebih baik dalam menganalisis informasi, membuat keputusan logis, dan menyelesaikan masalah kompleks. Hal ini mengindikasikan bahwa literasi digital dapat menjadi faktor penting dalam mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini merekomendasikan agar sekolah meningkatkan program literasi digital melalui penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dan pelatihan bagi guru. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kurikulum yang mendukung penguasaan literasi digital, khususnya dalam konteks pendidikan vokasi.
Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Moral Di Lingkungan Keluarga Muslim Slamet Riadi
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 4 No. 1: Desember 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v4i1.6279

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk nilai-nilai moral di keluarga muslim, dengan keluarga sebagai lembaga pertama dalam menanamkan akhlak Islami. Meskipun tantangan seperti globalisasi dan kesibukan orang tua ada, PAI di keluarga tetap menjadi solusi untuk menjaga identitas keislaman dan mengatasi degradasi moral. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran strategis pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, kasih sayang, dan toleransi, khususnya dalam membangun karakter anggota keluarga yang harmonis dan religius. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan menggambarkan fenomena secara sistematis dan akurat berdasarkan data yang ada. Teknik pengambilan data dilakukan melalui dokumentasi, yaitu pengumpulan dan analisis dokumen-dokumen relevan seperti catatan, laporan, foto, dan artikel. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui tiga tahapan: reduksi data untuk menyederhanakan informasi, penyajian data secara sistematis dalam bentuk tabel atau narasi, dan penarikan kesimpulan yang melibatkan pemahaman makna data serta validasi melalui cross-checking atau triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam berperan penting dalam membentuk nilai-nilai moral di keluarga Muslim dengan memberikan dasar spiritual dan etika. Melalui ajaran Islam, anggota keluarga diajarkan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kasih sayang, dan hormat. Proses ini dimulai dari teladan orang tua dan diperkuat melalui pengajaran formal di sekolah. PAI tidak hanya membentuk moral individu, tetapi juga menciptakan harmoni dalam keluarga dan masyarakat dengan menjadikan Al-Qur'an dan Hadis sebagai pedoman hidup.
Fiqih Peradaban: Kontruksi Nalar Pesantren Dalam Mengembangkan Moderasi Beragama Mohammad Muallif
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 4 No. 1: Desember 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v4i1.6294

Abstract

Ajaran Islam hakikatnya adalah ajaran yang moderat sebagaimana yang telah termaktub dalam al-Qur’an. Akan tetapi, pada tataran praktik, Islam terkadang menjadi radikal dan terkadang menjadi liberal. Hal tersebut disebabkan kurangnya pengetahuan Islam secara mendalam. Oleh karena itu, kajian ini mengupas kontruksi pemikiran pesantren yang mengembangkan Islam moderat. Berdasarkan analisis kajian literatur dan fakta lapangan, Islam moderat di pesantren tidak lepas dari wali songo yang menyebarkan agama Islam di Nusantara dengan cara (1) menjaga keseimbangan nalar fikih dan nalar tasawuf, (2) menjadikan teologi ahlussunah sebagai pendekatan tauhid, (3) menjaga tradisi yang ada di masyarakat. Selanjutnya, pesantren mengembangkan (1) nilai-nilai dalam merawat paham pemikiran keberagamaan Islam, (2) nilai-nilai dalam merawat paham pemikiran antar umat beragama, (3) nilai-nilai dalam merawat paham agama dan budaya. Nilai-nilai tersebut senantiasa dijaga dan dilestarikan pesantren dalam proses pemikiran agama, pendidikan dan dakwah.
Program Keagamaan Bagi Siswa Di Sekolah Umum (Studi Kasus Di SMPN 10 Lahat) Yushinta Yushinta; Muhamad Alfansyah; Winda Trisnawati; Tri Utami; Bustanil Arifin
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 4 No. 1: Desember 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v4i1.6299

Abstract

Al-diniyah yang dimaknai dengan keagamaan, dengan memberikan bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam serta memiliki nilai-nilai agama Islam. Program diniyah adalah program yang menyelenggarakan pendidikan ilmu ilmu yang bersumber dari ajaran agama Islam. Pelaksanaan program diniyah di SMPN 10 Lahat adalah program diniyah yang menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang telah terancang untuk memberikan pembinaan berdasarkan ajaran Islam agar terbentuknya peserta didik yang cerdas akademik, terpuji akhlak, mandiri dan religius. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan program diniyah di SMPN 10 Lahat dalam peningkatan pengamalan ajaran agama siswa di SMPN 10 Lahat dan faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pelaksanaan program diniyah. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif, dan data dikumpulkan dengan wawancara/interview, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara reduksi data (merangkum dan memilih hal hal pokok), penyajian data, verifikasi (penarikan kesimpulan) dan Triangulasi data (memeriksa keabsahan data dengan metode, sumber dan waktu yang berbeda). Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, Pelaksanaan program diniyah di SMPN 10 Lahat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pelaksanaan program diniyah di SMPN 10 Lahat telah tersusunnya kegiatan yang meliputi tempat, waktu, metode, pembiayaan, pendidik, pelaksana, penanggung jawab dan sebagainya. Peningkatan pengamalan ajaran agama siswa setelah mengikuti program diniyah di SMPN 10 Lahat adalah cukup meningkatnya kesadaran siswa untuk menjalankan sholat lima waktu, menumbuhkan rasa cinta siswa pada Al Quran. meningkatnya sikap sopan dan santun siswa, meningkatnya semangat siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan dan meningkatnya kepedulian yang tinggi dalam masyarakat. Kedua, faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program diniyah di SMPN 10 Lahat adalah Fasilitas sekolah seperti kurangnya pencahayaan dan pendingin ruangan seperti kipas angin yang cukup agar siswa lebih merasa nyaman belajar di dalam kelas ketika mengikuti pelajaran tambahan keagamaan karena belajar pada siang hari.
Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Pemasaran Dalam Penerapan CRM Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Ritel Fenny Purwani; Dzurriya Alkarimah; Irmalia Irmalia; Lilis Anderwani; Mesi Kurniawan
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 4 No. 1: Desember 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v4i1.6300

Abstract

This article discusses the effectiveness of Marketing Management Information System (MIS) in implementing Customer Relationship Management (CRM) to increase customer loyalty in retail companies. In the midst of increasingly fierce business competition, the implementation of CRM is considered a strategic solution to strengthen relationships with customers. This research uses the literature review method to identify and analyze various relevant literature regarding the application of CRM and its impact on customer loyalty. Evaluation of CRM effectiveness can be done by comparing whether CRM implementation is effective in increasing customer loyalty compared to conditions without CRM. This comparison can be seen from the results of the literature review that has been collected. The results of the analysis show that the use of CRM can increase customer satisfaction and loyalty through better data management, more personalized interactions, and effective loyalty programs in its application. However, challenges in CRM implementation, such as system integration, employee training needs, and limited technology resources, are also identified. This article provides recommendations for the optimization of marketing management information systems through increased use of technology and continuous training for employees. With a deeper understanding of the effectiveness of CRM, it is expected that retail companies can improve their marketing strategies and create a sustainable competitive advantage.
Konsep Tik Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Aplikasi Suhirman Suhirman; Albetrik Meizontara; Purwanto Purwanto; Rizki Febriansyah
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 4 No. 1: Desember 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v4i1.6315

Abstract

This study aims to analyze ICT as a medium for learning Islamic Religious Education, the type of research used is literature. The results of the study: Information and Communication Technology is very important to improve the development of educational materials because it gives teachers access to various tools, applications and platforms. Types of Islamic Religious Education Learning Application Media that can be used are: Youtube, Instagram, Facebook, Whatssapp, Google Form, Zoom Meeting, Google Classroom, and Google Meet Media. Application-based ICT has several advantages such as: (1) Allows students to learn independently, (2) Flexible learning time and place, (3) Increases student activity and creativity in developing their thinking, (4) Helps strengthen learning activities so that they can stimulate and motivate students, (5) Supports the process of interaction between teachers or tutors with students, (6) Organizes the learning process more effectively. The Disadvantages of ICT as a Learning Application Media: (1) There is often misuse of technology by students. (2) The use of the web is often difficult to access. (3) the delivery of information by educators verbally is not very clear. In this increasingly advanced digital era, information and communication technology (ICT) can be an important tool in developing Islamic education. The use of ICT in Islamic education can help expand the reach of education, can help improve administrative efficiency, and can help students gain access to learning materials
Pemikiran Politik K.H. Abdulloh Suyuthi Bogangin Mursyid Tarekat Sadziliyyah Bogangin Sumpyuh Banyumas Akhmad Muhaini; Muhajir Muhajir
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 4 No. 1: Desember 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v4i1.6322

Abstract

This research discusses the political thought of K.H. Abdulloh Suyuthi Bogangin, a murshid of the Sadziliyyah order, who once stated, “I want to be president so that I have the authority to sentence people to death.” This statement is interesting to study in the context of Islamic political thought and Sufi spirituality. The research problem lies in the meaning of the statement, its relation to the values of the Tariqah, and its views on social justice and political authority. This study aims to explore the political ideas of K.H. Abdulloh Suyuthi, understand his perspective on power, and the implications of his statement for the empowerment of the people. The method used is qualitative with historical and hermeneutic approaches. Data were collected through in-depth interviews, literature studies, and document analysis related to his thoughts and activities. The results showed that the statement was not merely an ambition for power, but rather a spiritual reflection on the importance of upholding justice with political power. As a murshid, K.H. Abdulloh views that leadership must be oriented towards divine truth and the welfare of society. This research contributes to the study of Sufism-based Islamic political thought.

Page 1 of 16 | Total Record : 159