cover
Contact Name
Intan Safiah
Contact Email
Editor.jimpgsd.eer@gmail.com
Phone
085260108474
Journal Mail Official
jimpgsd.eer@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee, Kopelma Darussalam, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 24415
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Elementary Education Research
ISSN : -     EISSN : 29876028     DOI : 10.24815
Core Subject : Education,
Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and critical studies in the fields of Education, learning media, educational technology, and educational evaluation. The languages used in this journal are Indonesian and English.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2020): NOVEMBER 2020" : 9 Documents clear
KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA HIPERAKTIF DI KELAS II SD NEGERI 20 BANDA ACEH Ulfah, Novia; Monawati., Monawati; Yusuf, M. Nasir
Elementary Education Research Vol 5, No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/primary.v5i4.9976

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah (1) Bagaimanakemampuan berhitung siswa yang memiliki perilaku hiperaktif di kelas II SD Negeri 20 Banda Aceh? (2) Adakah pengaruh perilaku hiperaktif terhadap kemampuan berhitung?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahuibagaimana kemampuan berhitung yang terjadi pada anak yang memiliki perilaku hiperaktif. (2) mengetahuibagaimana pengaruh perilaku hiperaktif terhadap kemampuan berhitung anak. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SDN 20 Banda Aceh dengan subjek 3 siswa yang merupakan anak hiperaktif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Pengolahan data menggunakan rumus deskriptif persentase. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan berhitung siswa yang memiliki perilaku hiperaktif berada pada kategori baik. Perilaku hiperaktif tidak mempengaruhi kemampuan berhitung siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai tes kemampuan berhitung siswa yang hiperaktif dan non-hiperaktif. Dimana siswa yang memiliki perilaku hiperaktif berada pada kategori baik dengan perolehan rata-rata 74,67. Sedangkan siswa yang non-hiperaktif berada pada kategori cukup dengan perolehan rata-rata 69,71.
PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KERAJINAN MOZAIK DI KELAS IV SD NEGERI GAROT ACEH BESAR Surliani, Nining; Ely, Rosma; Israwati., Israwati
Elementary Education Research Vol 5, No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/primary.v5i4.9975

Abstract

Pengembangan kreativitas peserta didik dapat dikembangkan melalui pengalaman berkreasi dan berapresiasi dalam seni kerajinan mozaik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Melalui Kerajinan Mozaik Di Kelas 4 SD Negeri Garot Aceh Besar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas IV dan 32 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Seluruh data yang terkumpul diolah dengan tahap analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan .Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa pengembangan kreativitas peserta didik melalui kerajinan mozaik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Garot, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar masih kurang dalam pengembangannya. Hal ini terlihat dari kurangnya materi mozaik yang diajarkan, kurangnya guru dalam melaksakan persiapan mengajar, proses pembelajaran, keaktifan kegiatan pembelajaran serta tidak adanya ajang kreativitas yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik. Hasil observasi terhadap karya pertama dan kedua peserta didik mengalami pengembangan yang signifikan. Pada karya pertama terdapat 15 peserta didik yang mendapatkan hasil cukup dan 17 peserta didik mendapatkan hasil baik. Pada observasi hasil karya kedua terdapat 4 peserta didik menghasilkan karya sangat baik, 20 peserta didik dengan hasil baik dan 8 peserta didik mendapatkan hasil cukup. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki bakat serta kreativitas yang cukup baik. Namun jarangnya pelaksanaan kerajinan mozaik di kelas IV SD Negeri Garot Aceh Besar menyebabkan pengembangan kreativitas peserta didik melalui kerajinan mozaik masih kurang.
KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SD NEGERI 5 BANDA ACEH. Andriani, Nina; Mahmud., Mahmud; Hasan, Hasmiana
Elementary Education Research Vol 5, No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/primary.v5i4.9974

Abstract

Keterampilan mengelola kelas adalah suatu usaha yang dengan sengaja dilakukan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru kelas dalam pengelolaan kelas di SD Negeri 5 Banda Aceh, Hambatan apa saja yang dihadapi guru dalam pengelolaan kelas di SD Negeri 5 Banda Aceh, serta bagaimana solusi guru dalam mengatasi pengelolaan kelas di SD Negeri 5 Banda Aceh. Penelitiann ini bertujuan mengungkapkan kemampuan guru kelas dalam pengelolaan kelas di SD Negeri 5 Banda Aceh, hambatan yang dihadapi guru dalam pengelolaan kelas di SD Negeri 5 Banda Aceh, serta solusi guru dalam mengatasi hambatan pengelolaan kelas di SD Negeri 5 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas SD Negeri 5 Banda Aceh yang berjumlah 6 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Selanjutnya data diolah secara deskriptif dengan teknik persentase. Simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan guru kelas dalam mengelola kelas khusunya didalam pengelolaan menyangkut dengan siswa di SD Negeri 5 Banda Aceh ada sebagian guru (dua guru) yang belum sepenuhnya menerapkan keterampilan mengelola kelas dalam proses belajar mengajar sedangkan guru lainnya (empat guru) sudah menerapkannya keterampilan pengelolaan kelas khususnya dalam pengelolaan menyangkut dengan aspek the warmth and enthusiasm, challenges, varies, flexibility, emphasis on the positive, and self-discipline. Jadi guru di SD Negeri 5 Banda Aceh telah mampu menggunakan keterampilan mengelola kelas dengan baik dan nilai rata-rata 86%. Hal ini dapat dilihat dari indikator pelaksanaan pengelolaan kelas khususnya pengelolaan didalam mengelola siswa secara umum dilaksanakan dengan baik.
KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS V SD NEGERI 30 BANDA ACEH Mariana., Mariana; Idham, Muhammad; Adnan., Adnan
Elementary Education Research Vol 5, No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/primary.v5i4.9973

Abstract

Kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 30 Banda Aceh masih lamban khususnya dalam hal mengembangkan suatu karangan berdasarkan unsur-unsur yang terdapat dalam karangan narasi. Pengalaman pribadi dapat membantu siswa mengembangkan suatu tema untuk dijadikan suatu karangan yang bersifat narasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa dalam hal menulis sebuah karangan narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas V SD Negeri 30 Banda Aceh.Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian statistik deskriptif. Sampel yang digunakan di sini adalah siswa kelas V sebanyak 30 orang Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penugasan, akan dianalisis dengan statistik deskriptif.Setelah diadakan penelitian didapatkan hasil bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi serta perolehan nilai rata-rata 83,1. Siswa yang mendapatkan nilai sangat baik sebanyak 6 peserta didikdengan persentase 20 , siswa yang mendapatkan nilai baik sebanyak 18 siswa persentase 60 , siswa dengan kategori cukup 4 siswa dengan persentase 13,33 dan siswa yang mendapatkan nilai kurang sebanyak 2 siswa dengan persentase 6,66 , simpulan penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 30 Banda Aceh sudah tuntas dalam menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi 93,33 .
PERBEDAAN MENGAJAR GURU SERTIFIKASI DENGAN NON SERTIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI LAMREUENG ACEH BESAR Rohimah, Hospi; Hasan, Hasmiana; Sulaiman., Sulaiman
Elementary Education Research Vol 5, No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/primary.v5i4.9972

Abstract

Dalam konteks mewujudkan guru yang memiliki kompetensi, pemerintaah sejak tahun 2007 mengadakan program sertifikasi bagi semua guru. Karena sertifikasi guru tidak cukup hanya bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru, melainkan juga harus mampu melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran, sekaligus dapat mengelola pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas dengan baik. Proses pembelajaran di dalam kelas sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran dapat diketahui dengan tinggi rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini berupaya mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan guru sertifikasi dan non sertifikasi di kelas IV SD Negeri Lamreueng Aceh Besar. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jennis penelitiannya yaitu komparatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Lamreueng yang berjumlah 57 orang. Siswa kelas IVA terdiri dari 29 orang yang diajarkan oleh guru non sertifikasi, dan kelas IVB terdiri dari 28 orang yang diajarkan oleh guru sertifikasi. Pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi yang bertujuan untuk melihat proses pembelajaran di dalam kelas yang digunakan sebagai data pendukung, dan metode dokumentasi dalam bentuk tulisan yaitu nilai kognitif dari hasil belajar siswa, dengan mengambil data dari hasil evaluasi pembelajaran siswa yang diberikan oleh 2 guru yang berbeda yaitu guru kelas IVA (guru non sertifikasi) dan guru kelas IVB (guru sertifikasi) dalam mengajar 1 subtema yang dilaksanakan pada pembelajaran terakhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung nilai rata-rata, varians, dan pengujian hipotesis dengan uji-t satu pihak yaitu uji pihak kanan. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian terhadap hipotesis, maka diperoleh = -6,44 dan dengan taraf signifikan = 0,05 dan dk = 55 yaitu 1,673. Dengan demikian, hal tersebut diperoleh t hitung lebih kecil dari t tabel (-6,44 1,673), sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan guru bersertifikasi lebih buruk atau sama dengan guru sertifikasi di kelas IV SD Negeri Lamreueng Aceh Besar.
PENERAPAN MEDIA PERSEGI SATUAN DALAM PEMBELAJARAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 47 BANDA ACEH Fahmi., Fahmi; nurhaidah., Nurhaidah; Vitoria, Linda
Elementary Education Research Vol 5, No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/primary.v5i4.9971

Abstract

Dalam konteks media persegi satuan pada luas bangun datar yang akan dibahas adalah bagaimana penerapan media persegi satuan pada pembelajaran luas bangun datar pada aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik menggunakan media persegi satuan pada luas bangun datar peserta didik kelas IV di SDN 47 Banda Aceh.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari peserta didik SDN 47 Banda Aceh. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN 47 Banda Aceh yang berjumlah 36 peserta didik.Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Peneliti mengamati aktivitas belajar peserta didik, sedangkan tes adalah soal tes yang diberikan peneliti kepada peserta didik. Pengolahan data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), conclusion drawing/verification dan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Media Persegi Satuan dalam Pembelajaran Luas Bangun Datar di Kelas IV SD Negeri 47 Banda Aceh pada aktivitas peserta didik menunjukkan bahwa 12 aspek yang di amati peneliti tidak semua mampu dilaksanakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran luas bangun datar pada peserta didik kelas IV. Adapun aspek yang tidak terlaksana dalam proses pembelajaran meliputi, memotong persegi satuan, menggunakan rumus luas persegi panjangPada hasil tes belajar menunjukkan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 27 peserta didik dan 6 peseta didik tidak tuntas. Dari hasil analisis data tersebut dapat diketahui bahwa ketuntasan tes peserta didik tergolong tuntas. Merujuk pada ketentuan KKM yang telah ditetapkan disekolah tersebutbahwa setiap peserta didik dikatakan tuntas belajarnya jika telah mencapai kompetensi minimal 70.Diharapkan guru mengajar menggunakan media yang menarik dan memotivasi peserta didik dalam mengerjakan tugas dan dalam belajar, sehingga aktivitas peserta didik akan jauh lebih baik.
PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI 1 BANDA ACEH Diana, Eva; yusuf, M. Nasir; Syafrina, Alfiati
Elementary Education Research Vol 5, No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/primary.v5i4.9950

Abstract

pengkajian ini berjudul Pelaksanaan Tindakan Ekstrakurikuler Praja Muda Karana di SD Negeri 1 Banda Aceh. Rumusan masalah dalam Pengkajian ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri 1 Banda Aceh, apakah kendala dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Praja Muda Karana di SD negeri 1 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan pelaksanaan tindakan tambahan kegiatan praja muda karana di SD Negeri 1 Banda Aceh, untuk mendeskripsikan kendala dalam pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler di SD Negeri 1 Banda Aceh.Ancangan dalam pengkajian ini menggunakan strategi kualitatif. Subjek pengkajian adalah 1 guru olahraga ,1 orang Pembina pramuka dan 5 siswa yang terdapat di SD Negeri 1 Banda Aceh. Cara penghimpunan bukti lewat cara pemantauan dan Tanya jawab. Bukti penyelidikan dengan memakai degradasi bukti, penyampaian bukti dan mengantraktifkan pendapat.Hasil pengkajian ini menyingkapkan bahwa penyelenggaraan acara ekstrakurikuler praja muda karana di SD Negeri 1 Banda Aceh sudah terlaksana dengan baik. SD Negeri 1 Banda Aceh memiliki pengelolaan tahunan dan acara mingguan yang menjadi agenda rutin. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka ini di harapkan berupaya membangun kepribadian dan watak pada pelajar. Kendala yang dihadapi dalam acara kegiatan ekstrakurikuler praja muda karana di karenakan pengembanan tidak sesuai dengan acara agenda sekolah, terdapat beberapa orang tua atau wali pelajar yang tidak mengizinkan anaknya mengikuti praja muda karana. Terlaksananya acara praja muda karana ini di akibatkan oleh beberapa anasir, di antaranya memiliki agenda, menyediakan alat infrastruktur, dukungan orang tua,dan sekolah juga menyediakan anggaran yang berasal dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SD NEGERI 1 SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR Sary, Agus Tya; Mislinawati., Mislinawati; Adnan., Adnan
Elementary Education Research Vol 5, No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/primary.v5i4.9949

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Di SD Negeri 1 Saree Kecamatan Lembah Selawah Kabupaten Aceh Besar. Rumusan masalah adalah bagaimanakah upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SD Negeri 1 Saree Kecamatan Lembah Selawah Kabupaten Aceh Besar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan mutu Sare. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari pemimpin dan para guru pegawai negeri sipil yang ada di SD tersebut. Metode yang digunakan deskriptif. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil data menunjukan bahwa upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu di SD Negeri 1 saree belum optimal terlaksana, ada tiga ranah pencapian peningkatan mutu yaitu membangun kapasitas level birokrat, membangun kapasitas tingkat sekolah dan membangun kapasitas kelas. Pencapaian yang telah dilakukan oleh kepala sekolah hanya pada tingkat membangun kapasitas pada level birokrat yang meliputi hubungan kepala sekolah dengan warga sekolah dan pengembangan tenaga pendidik khususnya guru sebagai inti pelaksanaan kegiatan yang harus di laksanakan, sedangkan dalam meningkatkan mutu melalui pencapaian level sekolah dan kelas belum optimal. Penyimpulan dalam penelitian ini ialah upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di belum berhasil. Dan disarankan agar kepala sekolah memiliki kebijakan dalam penggebrakan mutu di satuan pendidikannya.
HAMBATAN GURU DALAM MENGATASI ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 57 BANDA ACEH Abidah, Siti; nurhaidah., Nurhaidah; Candrawati, Anjar
Elementary Education Research Vol 5, No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/primary.v5i4.9948

Abstract

Penelitian ini berjudul Hambatan Guru dalam Mengatasi Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Negeri 57 Banda Aceh. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan dan upaya guru dalam mengatasi anak berkesulitan belajar di Sekolah Dasar negeri 57 Banda Aceh. Menggunakan kualitatif untuk pendekatan dan jenis penelitian deskriptif. Subjeknya adalah 3 guru kelas di Sekolah Dasar Negeri 57 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Kemudian menemui proses analisa data kualitatif yaitu reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil menunjukkan guru memiliki hambatan dalam mengatasi anak berkesulitan belajar di Sekolah Dasar Negeri 57 Banda Aceh. Hambatan-hambatan tersebut diantaranya guru kesulitan dalam memunculkan minat belajar anak, guru belum memahami cara mengatasi anak berkesulitan belajar, metode pembelajaran yang digunakan kurang optimal, dan guru merasa kewalahan dalam mengevaluasi dan mengelola kelas. Adapun upaya-upaya yang dilakukan guru yaitu dengan menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan dan memberikan motivasi, memberikan pengajaran remedial, menggunakan metode yang bervariasi disesuaikan dengan masing-masing kasus anak dan target pembelajaran, mengatur ruang kelas dengan menempatkan anak ke dalam kelompok-kelompok belajar yang sesuai, dan bertemu orang tua untuk berkonsultasi mengenai anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 9