cover
Contact Name
Kiki
Contact Email
outlinepublisher@gmail.com
Phone
+6281263906834
Journal Mail Official
pkmoutline@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sukmo, Kabupaten Deli Serdang.
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Outline Journal of Community Development
Published by Outline Publisher
ISSN : -     EISSN : 30255902     DOI : https://doi.org/10.61730/x1bp5b69
Core Subject : Humanities, Social,
Outline Journal of Community Development (e-ISSN: 3025-5902), published by Outline Publisher. The journal is published thrice year in July, November and March. Outline Journal of Community Development is a national-level journal that has a main focus on the development of knowledge in the field of community service. The scope of community service training includes, among others, marketing, local food safety, Appropriate Technology (TTG), design, community empowerment, social access, border areas, less developed areas, and education for sustainable development. This journal is a peer-reviewed online journal dedicated to high-quality, research-focused, implementation-focused research publications.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1: July 2023" : 11 Documents clear
Pelatihan Model Pembelajaran I-Teach Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Di Lembaga Paud Pada Pendidikan Inklusive Putri Sari Ulfa Sembiring; Novi Cynthia Yusnita
Outline Journal of Community Development Vol. 1 No. 1: July 2023
Publisher : Outline Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61730/wwzm2q69

Abstract

Pendidikan inklusi didasarkan atas pandangan bahwa semua anak berhak masuk ke sekolah reguler. Tugas sekolah adalah menyediakan kebutuhan semua anak dalam komunitasnya, apapun derajat kemampuan dan ketidakmampuannya. Pendidikan inklusi memandang bahwa perbedaan setiap individu harus dihargai, termasuk perbedaan ras, etnik, maupun latar belakang sosial dan budaya. Pendidikan inklusif tidak menuntut anak dengan kebutuhan khusus menyesuaikan diri dengan kehidupan masyarakat normal tetapi mampu berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat. Dalam pendidikan inklusif, pendidikan dipandang sebagai upaya pemberdayaan semua potensi kemanusiaan secara optimum dan terintegrasi agar semua anak kelak dapat memberikan kontribusi dalam kehidupan masyarakat untuk kemaslahatan hidup bersama. Fakta yang ditemukan di lapangan bahwa sekolah yang menerima anak berkebutuhan khusus sebagian besar belum mengetahui konsep pendidikan inklusi. Sistem belajar dan mengajar untuk anak kebutuhan khusus cenderung disamakan dengan cara mengajar anak normal. Kurangnya kesiapan sekolah serta penerimaan anak didik lainnya terhadan anak kebutuhan khusus, sehingga tidak memberi kenyamanan dan ketenangan siswa yang berekebutuhan khusus untuk bersosialisasi terhadap pelajaran serta lingkangan. Penilaian terhadap pencapain belajar siswa kebutuhan khusus masih disamakan dengan siswa anak normal.
Strategi Manajemen Di Minimarket Alfamidi Bromo II Rut Afentina Sinambela; Nadya Nafisha; Salsabila Fayza
Outline Journal of Community Development Vol. 1 No. 1: July 2023
Publisher : Outline Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61730/a6e6e236

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi pada minimarket frenchise, populasi penelitian ini adalah mini market Alfamidi Bromo II. Responden merupakan karyawan mini market. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menganalisis bagaimana penerapan manajemen usaha. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Usaha minimarket Alfamidi menerapkan manajemen sebagai pengelolaan sumber daya manusia atau pekerja. 2. Manajer pada minimarket Alfamidi bersifat demokratis dengan menerima sudut pandang dari karyawan. 3. Struktur tugas dan bagian-bagian pada Minimarket Alfamidi memiliki kelengkapan yang baik
Pelatihan Sosialisasi Metode Pembelajaran Inovatif Dalam Meningkatkan Kompotensi Guru Sekolah Dasar Muhammad Dekar; Rudi Hermansyah Sitorus; Salsabila; Fadillah Rahmadiani
Outline Journal of Community Development Vol. 1 No. 1: July 2023
Publisher : Outline Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61730/9fmj2m25

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar (SD) dalam mengembangkan metode pembelajaran inovatif di kelas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan cara penyampaian materi secara lansung dan diskusi beserta simulasi mengajar terdiri tiga sesi dengan tema berbeda satu sama lain yakni (1) materi mengenai pemahaman guru tentang pentingnya peran guru dalam melakukan pengembangan metode pembelajaran inovatif; (2) mengaplikasikan konsep dan pemahaman terkaitan model pembelajaran apa saja yang dapat mewujudkan pembelajaran inovatif, (3) kegiatan tahapan pengembangan pembelajaran inovatif dan simulasi mengajar kepada guru. Kegiatan ini memiliki muara agar para guru mampu dalam merancang, membuat metode pembelajaran inovatif, menyusun rencana model pembelajaran inovatif dan mengetahui proses tahapan dalam pengembangan metode pembelajaran inovatif. Peserta di dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini berjumlah 36 orang guru berasal dari sekolah dasar Negeri 060970 Medan Belawan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan partisipasi aktif dari para guru di mana dapat terlihat dari antusias berupa pertanyaan yang diajukan kepada narasumber dalam sesi penyampaian materi. Lebih dalam, untuk melihat keefektifan dari kegiatan pelatihan ini maka dilakukan proses simulasi mengajar kepada para guru dan hasilnya adalah para guru sudah mampu untuk melakukan proses simulasi mengajar dengan lancar, baik dan sesuai dengan metode pembelajaran inovatif yang diharapkan.
Pelatihan Rancangan Evaluasi Pembelajaran Ipa Kelas Tinggi Berbasis Hots Bagi Guru Sekolah Dasar Dinda Widyastika; Nur Wahyuni; Fathyah Nabila; Salsabilla
Outline Journal of Community Development Vol. 1 No. 1: July 2023
Publisher : Outline Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61730/w29vcj83

Abstract

This community service aims to assist elementary school class teachers on how to compile and develop questions based on higher order thinking (HOT). Assistance activities are carried out at SD Negeri 060970 Medan Belawan. The number of participants involved were 15 elementary school teachers from various classes. In this service activity, several methods are used, including: training and mentoring. The training was carried out using lecture, discussion, and question and answer techniques regarding the preparation of HOTS-based questions. While mentoring is carried out to provide skills in developing HOTS-based questions and changing ordinary questions into HOTS questions. The result of this training activity is to increase teachers' understanding in developing HOTS-based questions in high grades. This can be seen from the product of the HOTS-based questions that have been compiled by the teacher.
Pelatihan Membuat Soal Matematika Berbasis HOTS Zulvia Misykah; Dewi Sartika Panggabean; Belia Tama Heppi; Siti Khadijah
Outline Journal of Community Development Vol. 1 No. 1: July 2023
Publisher : Outline Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61730/wjzpac63

Abstract

Pelatihan membuat soal Matematika yang berbasis Higher order Thinking Skill (HOTS) yang sering diartikan kemampuan berpikir tingkat tinggi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru SD 104202 di Bandar Setia kecamatan Percut Sei Tuan dalam rangka mampu membuat soal HOTS. Adanya kegiatan pelatihan ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, pertama; tuntutan kurikulum yang mengharapkan siswa mampu menganalisasa serta menjawab soal berbasis Higher order Thinking Skill (HOTS), kedua; kurangnya pemahaman guru tentang konsep HOTS, ketiga; guru mengalami kesulitan dalam upaya membuat soal Matematika yang berbasis HOTS. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan cara mendampingi guru membuat soal HOTS melalui kegiatan memamparkan materi yang dibuat pada microsoft power point (PPT) setelah penyampaian materi selesai, kemudian diskusi serta melakuakkukan tanya jawab terkait materi HOTS dan dilanjutkan kegiatan terakhir yakni praktik dalam membuat soal HOTS. Pelatihan ini mampu meningkatkan pengetahuan sekaligus kemampuan para guru SDN 104202 dalam menyusun instrument evaluasi berupa soal-soal yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS.
Penerapan Absensi yang Berbasis Teknologi Digital dengan Perangkat Mesin di PT. Sabda Sentosa Yonson Pane; Frengky Situmorang
Outline Journal of Community Development Vol. 1 No. 1: July 2023
Publisher : Outline Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61730/ne6e5y77

Abstract

This community service activity aims to provide understanding and changes in manual work methods to technology-based work methods, in this case the application of a digitalized attendance system. employees and workers alike. Manual attendance system at PT. Sabda Sentosa has various problems that have occurred and have been discussed in the previous chapter. One of the problems that often arises is the difficulty of determining the wages of these workers, where the attendance record of the workers is not present, but the workers are present and vice versa.
Training On The Use Of Natural Materials And Used Goods In SBdP Learning For Teacher At SDN 060790 Medan Belawan Zulvia Misykah; Muhammad Dekar; Dewi Sartika Penggabean; Deasyanti; Jumiatik; Wanda Mulcia Sari
Outline Journal of Community Development Vol. 1 No. 1: July 2023
Publisher : Outline Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61730/4z039639

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memahami pentingnya dapat menambah pengetahuan dan pemahaman guru tentang ada banyak manfaat dari bahan alam dan barang bekas. mampu meningkatkan keterampilan guru di sekolah dasar negeri 060790 Medan Belawan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan tinjauan literatur dari berbagai sumber yang mengkaji urgensi pemahaman mengenai pemanfaatan bahan dan barang bekas dan melakukan mengeksperimenkan berupa percobaan. Pemahaman konsep pada pembelajaran SBdP diperoleh dari kegiatan yang kreasi, ide dan interaktif antara guru dan siswa. Guru wajib memiliki pemahaman konsep yang tepat akan mampu memberikan contoh perbandingan, menjelaskan, menarik kesimpulan, menyelesaikan permasalahan lingkuangan serta mampu melihat hubungan lingkuangan dan alam dengan bidang ilmu yang saling berhubungan erat. Guru akan lebih mudah memahami pelajaran SBdP jika memiliki konsep yang benar dalam pemikirannya dan implementasi di lingkuangan sekolah dan masyarakat
Socialization of the Implementation of Character Education in Primary School Teacher Candidate Colleges (PGSD) at Battuta University Muhammad Dekar; Dinda Widyastika; Rudi Hermansyah; Fahmy Armanda; Salsabilla; Fathya Nabila
Outline Journal of Community Development Vol. 1 No. 1: July 2023
Publisher : Outline Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61730/a5h6gz34

Abstract

Saat ini, goal utama pendidikan di indonesia berupa pendidikan intelektual. Bagaimana dengan sistem pendidikan intelektual di indonesia? Apakah itu masih relevan untuk pendidikan intelektual? Ini adalah alarm bagi dunia pendidikan, dimana pendidikan intelektual harus diimbangi dengan pendidikan karakter. Memahami bagaimana pendidikan karakter membentuk kepribadian seorang pendidik. Tujuan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah mengetahui bagaimana cara implementasi pendidikan karakter bagi seorang pendidik terkhusus guru sekolah dasar. Kegiatan ini menggunakan metode kualitatif dan pengmpulan data melalui observasi dan studi literatur yang digunakan. Objek dan lokasi pengabdian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan sekolah dasar Univeersitas Battuta. Hasil kegiatan tersebut terlihat bagaimana antusias mahasiswa atau calon guru sekolah dasar memahami betapa penting dan memahami cara implementasi pendidikan karakter bagi seorang pendidik.
Increasing Public Legal Awareness of Rights and Obligations as Consumers in Online Transactions salim; Chairus Suriyati
Outline Journal of Community Development Vol. 1 No. 1: July 2023
Publisher : Outline Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61730/cd057s28

Abstract

This activity aims to analyze the level of consumer legal awareness of their rights and obligations in digital transactions and identify obstacles in law enforcement in this area. The method used is a socio-legal approach with a combination of qualitative and participatory, including interviews, observations, and socialization of legal education to the community. The results of the study showed that before the socialization, public understanding of consumer protection regulations was still low. However, after education, the level of understanding increased by 70%, although challenges in implementing legal protection remain. The main obstacles include lack of access to information, low trust in complaint mechanisms, and weak supervision of e-commerce platforms. This study recommends increasing legal education, strengthening regulations, and collaboration between the government, business actors, and the community in creating safer online transactions. With better legal awareness, it is hoped that consumers can protect their rights more effectively, so that the digital economy ecosystem can develop fairly and sustainably.
Legal Aspects of Personal Data Protection in the Digital Era: A Study of Law No. 27 of 2022 Chairus Suryati; Leni Indrayani
Outline Journal of Community Development Vol. 1 No. 1: July 2023
Publisher : Outline Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61730/7a5qeq38

Abstract

The development of information technology has had a major impact on the way people interact and manage information, including personal data. In today's digital era, personal data has become a commodity that is vulnerable to misuse if not properly regulated. In response to this, the Indonesian government has passed Law No. 27 of 2022 concerning Personal Data Protection. This Community Service Activity aims to increase public legal awareness of the importance of personal data protection, as well as measure their understanding of the substance of the Law. The activity was carried out through legal counseling, participatory discussions, and pre-tests and post-tests for participants from students and the general public. The results showed a significant increase in legal understanding after the socialization was carried out. In addition, the survey also revealed that the types of digital threats most often experienced by the public are phishing and unauthorized use of data. The level of trust in data management institutions, such as the government and digital platforms, is also still relatively low. This finding emphasizes the importance of ongoing legal education and the active role of the community in maintaining privacy in the digital space. The laws that have been passed are not enough without being followed by legal awareness and strict enforcement of the rules. Therefore, this activity is expected to be the first step in forming a digital culture that is legally aware and protects the rights of citizens as data owners.

Page 1 of 2 | Total Record : 11