Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY"
:
10 Documents
clear
Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan praktikum berbasis masalah nyata materi pengukuran
Toto Purwandaru, R. Arief
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21831/jwuny.v6i1.72661
Pembelajaran IPA di MTs/SMP menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung kepada siswa dalam mempelajari peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar, kehidupan sehari-hari, dan masyarakat modern yang sarat dengan teknologi. Hal ini akan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Realita di sekolah ditemukan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di MTs/SMP. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui praktikum berbasis masalah nyata materi pengukuran tahun pelajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di kelas VII B MTs Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Data penelitian diperoleh dari pengamatan praktikum siswa, aktivitas belajar siswa, dan nilai tes hasil belajar. Pengamatan dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap pra tindakan, siklus 1, dan siklus 2. Analisis data dilakukan dengan deskripksi kualitatif yang menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktikum berbasis masalah nyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B MTs Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta pada materi pengukuran. Rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 5,7 pada pra tindakan menjadi 8,9 pada siklus 1, dan menjadi 10,16 pada siklus 2. Sedangkan nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 68,16 pada pra tindakan naik menjadi 87, 06 pada tindakan 1 dan naik menjadi 88,28 pada tindakan 2. Praktikum berbasis masalah nyata direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran agar meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Flipbook pada mata pelajaran dasar – dasar Teknik Elektronika di SMK
Rochayati, Umi;
Setyawati, Kusuma
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21831/jwuny.v6i1.67344
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Flipbook, (2) menguji kinerja media pembelajaran interaktif berbasis Flipbook. (3) mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Flipbook pada mata pelajaran dasar-dasar teknik elektronika Kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Giritontro. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyzis, Design, Development, Implementation, Evaluate). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Subjek penelitian berjumlah 35 siswa kelas X Teknik Elektronika SMKN 1 Giritontro. Produk penelitian divalidasi oleh validator materi dan validator media. Teknik analisis data menggunakan diskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan: (1) Media pembelajaran interaktif Berbasis Flip Book, (2) Media pembelajaran yang dihasilkan dapat berfungsi dengan baik, (3) Media pembelajaran interaktif berbasis Flip Book mendapatkan persentase kelayakan ahli materi I sebesar 83%, ahli materi II sebesar 78%, Ahli media 97% dan pengguna 86% sehingga media pembelajaran interaktif berbasis flipbook masuk kategori sangat layak digunakan untuk pembelajaran dasar-dasar Teknik elektronika klas X di SMKN 1 Giritontro.
Cultural shocks: understanding the impact on international students' academic journey at Yogyakarta, Indonesia
Ahmed, Touheed;
Shahzeb, Shahzeb
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21831/jwuny.v6i1.72278
This study explores the experiences of international students who face cultural shock when starting higher education in Indonesia. Cultural shock manifests itself in a variety of ways, including changes in food, societal norms, behaviour, language, and religion, which cause students to experience stress, anxiety, and depression. The study investigates the coping mechanisms of the students, which include maintaining communication with locals, friends and family, engaging with Indonesian peers and immersing themselves in local culture. Despite initial difficulties, students gradually adjust to their new academic environment, aided by language proficiency, supportive university communities, and cultural assimilation within the curriculum. The findings emphasise the importance of predeparture education in terms of study programmes and their global implications, as well as fostering receptivity to diverse cultures and understanding cultural differences in order to facilitate effective adaptation and academic success abroad. Limitations include the subjective nature of experiences and the need for further investigation of specific cultural adaptation strategies. The recommendations include providing comprehensive support services for international students and incorporating cultural education into academic curricula.
Apakah budaya sekolah mempengaruhi karakter siswa?: Kajian meta-analisis
Hafidz, Sholeh
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21831/jwuny.v6i1.72277
Budaya sekolah dapat membantu siswa meningkatkan karakter siswa di sekolah. Melalui budaya sekolah dengan pembiasaan di lingkungan sekolah berupa budaya jujur, saling percaya, kerja sama, membaca, disiplin, efisien, bersih, berprestasi, dan memberi penghargaan, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap nilai karakter siswa. Berbagai penelitian terdahulu telah banyak mengkonfirmasi bahwa budaya sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa. Namun studi tunggal seperti penelitian regresi atau korelasi memiliki keterbatasan situasi tertentu seperti waktu, jumlah sampel dan konteks, sehingga hasil temuan menjadi kurang akurat. Berdasarkan Gap ini maka penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi meta-analisis terkait pengaruh budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa dengan menggunakan pendekatan meta-analisis. Desain meta-analisis yang digunakan adalah meta-analisis correlational dengan menganalisis 10 studi primer dengan jumlah sampel (N = 886) yang memenuhi kriteria inklusi yang ditentukan. Hasil analisis dengan menggunakan pendekatan fixed-effect diperoleh ukuran efek gabungan sebesar (g = 1.42; p < 0,01). Ukuran efek ini berada pada kategori "Efek Sangat Besar". Ini berarti bahwa secara keseluruhan, budaya sekolah berpengaruh sangat besar terhadap karakter siswa. Temuan meta-analisis ini dapat memberikan kesimpulan yang lebih akurat dan dapat dipercaya dibandingkan studi tunggal. Selain itu studi ini juga dapat dapat memberikan ringkasan dari semua bukti tentang topik tertentu dan membantu mengidentifikasi area penelitian yang memerlukan penelitian lebih lanjut.
Pendekatan STEM berbantuan Geogebra pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk meningkatkan representasi matematis
Nugroho, Hery
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21831/jwuny.v6i1.72275
Telah banyak upaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Namun, belum ditemukan penelitian yang berupaya meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dalam materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel menggunakan pendekatan STEM berbantuan Geogebra. Untuk mengisi kekosongan penelitian, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa menggunakan pendekatan STEM berbantuan Geogebra pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus dengan tiap siklus terdiri dua pertemuan. Subjek penelitian melibatkan sebanyak 32 siswa di MTs Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes representasi matematis, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil representasi matematis siswa sebesar 54,16% dan siklus II rata-ratanya sebesar 76,04% sehingga terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Signifikansi dari penelitian ini adalah 1) bagi guru, memudahkan dan membantu guru meningkatkan kreativitas dalam menyampaikan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kepada siswa dengan beragam model atau pendekatan dan 2) bagi sekolah, memberikan pelatihan bagi guru-guru untuk merancang pembelajaran matematika yang inovatif.
Relevansi nilai-nilai luhur kebudayaan terhadap budi pekerti peserta didik dalam pembelajaran IPS
Annas, Amarudin;
Noveles, Aditya Indit;
Nikmah, Mila Kholidatun;
Muna, Nuzaela Nafisatul;
Seviana, Ranida;
Khotrunada, Vida;
Widiastuti, Anik
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21831/jwuny.v6i1.66437
Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan seseorang untuk dapat mengembangkan potensi dalam dirinya baik berupa pengetahuan, ketrampilan, dan nilai-nilai moral kehidupan. Setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan tanpa membeda-bedakan berdasarkan latar belakang sosial, ekonomi, atau budaya. Melalui pendidikan, seseorang dapat mencapai kemerdekaan dalam hidupnya sehingga mampu untuk membuat keputusan dalam hidupnya, mengelola waktu dengan baik, mandiri, serta profesional ketika menjalani pekerjaan. Dalam mewujudkan generasi bangsa yang berakal budi dan memiliki kebijaksanaan dalam berperilaku sesuai dengan nilai-nilai luhur kebudayaan di tengah era globalisasi sekarang ini, maka perlu adanya upaya-upaya konkret berupa pengajaran budi pekerti pada peserta didik dalam pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi nilai-nilai luhur kebudayaan terhadap budi pekerti peserta didik dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi literatur (Library research), dimana peneliti menggunakan beberapa literatur untuk memperoleh data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi relevansi nilai-nilai luhur kebudayaan terhadap budi pekerti peserta didik dalam pembelajaran IPS dapat dilakukan dengan mengintegrasikan budaya tepo seliro dengan pembelajaran IPS yang telah dirancang oleh pendidik, sehingga pembelajaran mencangkup nilai-nilai budaya yang luhur meliputi pengajaran kearifan lokal, tradisi, adat istiadat, dan etika yang ada dalam budaya masyarakat. Pembelajaran melalui penerapan nilai-nilai budaya bertujuan untuk membentuk peserta didik yang bertanggung jawab terhadap perkembangan budi pekerti mereka sehingga dalam kehidupan bermasyarakat mereka dapat memberi dampak positif di lingkungannya. Hal tersebut selaras dengan tujuan dari pembelajaran IPS yaitu untuk menjadikan peserta didik sebagai warga negara yang baik (good citizen).
Pemanfaatan model pembelajaran TGT berbantuan Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar teks eksplanasi
Andono, Afid
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21831/jwuny.v6i1.72280
Penelitian Tindakan Kelas ini mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 2G Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Dengan keaktifan belajar dan hasil belajar yang rendah akibat kurangnya variatif dalam metode pengajaran, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi dampak dari penerapan model TGT. Metodologi penelitian ini melibatkan 29 siswa dan dijalankan melalui dua siklus, dengan masing-masing siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dalam dua pertemuan. Pengukuran keaktifan belajar dilakukan melalui lembar observasi, sementara hasil belajar diukur menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda. Hasil dari siklus pertama menunjukkan bahwa hanya 52% siswa yang mencapai atau melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai di atas 76, meninggalkan 48% siswa belum mencapai KKM. Namun, siklus kedua mencatat peningkatan signifikan dengan 86% siswa mencapai atau melebihi KKM, serta peningkatan rata-rata kelas dari 70,97 menjadi 81,96. Peningkatan ini menandakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berkontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa, menunjukkan potensi model ini sebagai strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.
Implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Bahasa Jawa
Subekti, Panca Aditya;
Verrysaputro, Exwan Andriyan
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21831/jwuny.v6i1.67531
Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran bahasa Jawa. Metode kualitatif deskriptif digunakan sebagai tahapan langkah dalam penelitian ini. Data-data dalam penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan Miles dan Huberman, yaitu dengan langkah 1) data dikumpulkan, 2) data direduksi, 3) data disajikan, dan 4) data disimpulkan. Informan meliputi kepala sekolah, guru, dan juga siswa. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek ini dilaksanakan untuk materi wayang. Model PjBL ini dinamai Ngenger. Ngenger dilaksanakan dengan menyiapksan siswa kelas VII, menusun jadwal kegiatan Ngenger, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Ngenger, melakukan penilaian kepada siswa, dan mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan Ngenger.
Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran fisika model Tubasharing
Alfatah, Arif
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21831/jwuny.v6i1.72629
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Tubasharing dan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis diskriptif, yaitu membandingkan hasil belajar (nilai tes Ulangan Harian) antar bab materi fisika dengan indikator kinerja sebelum dan sesudah tindakan, juga menampilkan hasil motivasi siswa. Model penelitian tindakan pada penelitian ini mengacu pada model spiral yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan pencerminan/refleksi, disingkat tahap P4. Dari hasil penerapan model dan analisis data, bisa disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran fisika model Tubasharing secara sederhana adalah dengan mengajak siswa berdiskusi mengurai suatu tema masalah, dengan masing-masing kelompok diskusi dipimpin oleh seorang tutor dari siswa yang telah dipilih, kemudian hasil diskusi tersebut dituangkan secara bersama dalam bentuk mind mapping dan kemudian dishare presentasikan di depan kelas. Penerapan pembelajaran fisika model TUBASHARING mampu meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
Mekanisme penipuan digital pada masyarakat era 5.0 ( studi kasus penipuan online berbasis lowongan kerja paruh waktu yang merebak di masyarakat)
Utomo, Fajar Wahyudi;
Mauludin Insana, Dwi Rorin;
Mayndarto, Eko Cahyo
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.21831/jwuny.v6i1.72257
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih detail terkait bagaimana mekanisme penipuan online berbasis kerja paruh waktu dapat terjadi. Penelitian ini sangat penting dilakukan mengingat korban dari aktifitas penipuan ini sangat masif di masyarakat. Oleh sebab itu selain informasi tentang mekanisme penipuan online berbasis kerja paruh waktu, penelitian ini juga memberikan wawasan bagaimana upaya mencegah terjadinya tindak penipuan online berbasis kerja paruh waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini studi kasus. Studi kasus merupakan bagian dari jenis penelitian kualitatif yang bersifat menyelidiki sebuah fenomena tunggal yang terjadi di masyarakat. Selain melalui wawancara, untuk memperkaya literatur dalam penelitian ini juga dilakukan studi kepustakaan terkait modus penipuan online. Hasi dari penelitian ini menjelaskan bahwa Penipuan online berbasis kerja paruh waktu adalah bentuk penipuan yang dilakukan oleh sejumlah oknum penipu melalui media sosial (whatsapp, facebook, telegram) dengan cara menigirimkan pesan berupa tawaran kerja mengatasnamakan perusahaan-perusahaan e-commerce besar untuk kemudian mendapatkan komisi/gaji. Terdapat dua belas langkah dalam proses penipuan online berbasis kerja paruh waktu dari mulai menerima pesan tawaran kerja, hingga permintaan deposit sejumlah uang secara terus menerus. Upaya tindak pencegahan penipuan online berbasis kerja paruh waktu salah satunya dapat dilakukan dengan memperkaya literasi digital masyarakat. Sebab pesatnya perkembangan teknologi digital wajib diimbangi oleh pemahaman literasi digital yang baik.