Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel penelitian terkait pendidikan matematika di semua level baik pendidikan dasar, pendidikan menengah, maupun pendidikan tinggi.
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung"
:
12 Documents
clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Siti Nurzalbiah;
Arnelis Djalil;
Rini Asnawati
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Publisher : Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This quasi experiment research withposttest only control design is aimed to know about the influence of cooperative learning model of Teams Games Tournament (TGT) type towards student’s activity and result of mathematical study. Research population is all of eight-grade students in second semester of State Junior High School 2of Terbanggi Besar in academic year of 2012/2013 as many as 220 students that distributed into six classes. This samples are students of VIII E and VIII F class that chosen by purposive sampling technique. The data is obtained by observation by sheet of activity observation and test by result of mathematical study. According to the data analysis result, it concluded that cooperative learning model of TGT type has an influence towards student’s activity of mathematical, but no an influence towards student’s result of mathematical study of eight-grade students in second semester of State Junior High School 2 of Terbanggi Besar in academic year of 2012/201.Penelitian eksperimen semu dengan posttest only control design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMP Negeri 2 Terbanggi Besar sebanyak 220 siswa yang terdistribusi pada enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII E dan VIII F yang diambil secara purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan menggunakan lembar observasi aktivitas dan tes untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terhadap aktivitas tetapi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Terbanggi Besar tahun pelajaran 2012/2013.Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran koopertif tipe TGT, pengaruh
PENERAPAN METODE TAPPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Dedi Satria;
Sri Hastuti Noer;
M Coesamin
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Publisher : Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This quasi experimental research aimed to analyze the increasing of student’s mathematical communication ability who learn with TAPPS learning method compared conventional learning. The population was eighth grade students of junior high school state 8 Bandar Lampung in academic years 2012/2013. The samples were students of VIII B and VIII C class that chosen from eight classes by purposive random sampling. The conclusion was the average of increasing of student’s mathematical communication ability in TAPPS learning method was same as average of increasing of student’s mathematical communication ability in conventional learning.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode TAPPS dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian yaitu siswa pada kelas VIIIB dan VIIIC yang dipilih dari delapan kelas dengan cara purposive random sampling. Kesimpulan penelitian ini adalah rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode TAPPS sama dengan rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, metode pembelajaran, TAPPS
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Kholifatul Jannah;
Sri Hastuti Noer;
Sugeng Sutiarso
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Publisher : Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This quasi experimental research aimed to know the influence of cooperative learning model of Rotating Trio Exchange (RTE) type towards student's mathematical problem solving ability. RTE type is one of cooperative learning model where the students are asked to make a small group by the teacher that consist of three students for discussing the topic. The design of this research was posttest only control group design. The population was all eighth grade students in even semester of Junior High School State 29 Bandar Lampung in academic year 2012/1013. The samples were students of VIII D and VIII E class that were chosen by purposive sampling technique. The data research was obtained by test of student's mathematical problem solving ability. Based on hypothesis testing result, it was concluded that cooperative learning model of RTE type was not influences student's mathematical problem solving ability in even semester of Junior High School State 29 Bandar Lampung in academic year 2012/2013.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. RTE merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang mengelompokkan siswa dalam kelompok kecil yang terdiri dari tiga orang tiap kelompoknya untuk mendiskusikan suatu masalah. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 29 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII D dan VIII E yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe RTE tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 29 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, pemecahan masalah matematis, RTE
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CORE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Jeaniver Yuliane Kharisma;
Caswita Caswita;
Rini Asnawati
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Publisher : Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This quasi experimental research aims to know the influence of cooperative learning model of CORE type towards student’s mathematical problem solving ability. The population is all eight grade students of even semester of junior high school state 12 Bandar Lampung in the academic year 2012/2013 that consists of 285 students and distributed into nine classes. The sample is the students in VIII C and VIII D class that are obtained by purposive sampling technique. The design of research is posttest only control group. The instrument is essay test to ressure student’s mathematical problem solving ability. Based on the analysis, it is concluded that cooperative learning model of CORE type influences towards student’s mathematical problem solving ability in eighth grade students of junior high school state 12 Bandar Lampung in academic years 2012/2013.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CORE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 285 siswa yang terdistribusi dalam 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.C dan kelas VIII.D yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah post-test only control group design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk essay. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CORE berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013.Kata kunci: CORE, kemampuan pemecahan masalah, pengaruh
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Astia Ilyasari;
Gimin Suyadi;
Rini Asnawati
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Publisher : Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This was a quasi-experimental research that aimed to know about the influence of cooperative learning model of Numbered Heads Together (NHT) type towards student’s conceptual understanding of mathematics. This research used a posttest only control design. The population was the eight grade students in second semester of Junior High School state 7 of Bandar Lampung in academic year of 2012/2013 as many as 327 students who distributed into nine classes. Samples were students of VIII H and VIII E class that chosen by purposive sampling technique. The data was value of conceptual understanding of mathematics obtained by test. Based on the results of hypothesis test, conceptual understanding of mathematics of students who teach by the cooperative learning model of NHT type was better than conventional learning. It can be concluded that cooperative learning model of NHT type influences of conceptual understanding of mathematics of eight grade student in second semester of Junior High School state 7 of Bandar Lampung academic year of 2012/2013.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 327 siswa yang terdistribusi dalam 9 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII H dan VIII E yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa nilai pemahaman konsep matematis yang diperoleh melalui tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis, pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model kooperatif tipe NHT lebih baik dari pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.Kata kunci: model kooperatif tipe NHT, pemahaman konsep matematis, pengaruh
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Fauziah Kartika;
Caswita Caswita;
M. Coesamin
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Publisher : Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This quasi experimental research which aimed to know the influence of cooperative learning model of Think Pair Share (TPS) type towards student’s conceptual understanding of mathematics. Posttest only control design was used in this research. The population was all students of grade 7th of SMP Negeri 1 Bukitkemuning, even semester, in the academic year 2012/2013. Sample was students of VII D as experiment class and VII C as control class that was determined by purposive random sampling technique. Based on data analysis, student’s conceptual understanding of mathematics by cooperative learning model of Think Pair Share type is better than conventional those of learning. So it is concluded that cooperative learning model of Think Pair Share type influences student’s conceptual understanding of mathematics.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Bukitkemuning tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 269 siswa yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pembelajaran konvensional. Dengan demikian, disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pengaruh, Think Pair Share
PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Bahrudin Bahrudin;
Rini Asnawati;
Pentatito Gunowibowo
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Publisher : Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This quasi experimental research with posttest only control design aimed to know the influence of guided discovery method towards mathematical conceptual understanding. The population was 8th grade students of SMPN 26 Bandar Lampung in academic year 2012/2013 that distributed into seven classes. The samples were all students of VIIIA and VIIIB class that gotten by purposive sampling technique. The data research was mathematical conceptual understanding that gotten by test. Data analysis result using t-test got student’s mathematical conceptual understanding in guided discovery learning was higher than expository learning. The conclusion was guided discovery method influences student’s mathematical conceptual understanding of 8th grade students of SMPN 26 Bandar Lampung in academic year 2012/2013.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only control design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode penemuan terbimbing terhadap pemahaman konsep matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun ajaran 20112/2013 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Melalui teknik purposive sampling, terpilih siswa kelas VIIIA dan VIIIB sebagai sampel penelitian. Data penelitian adalah data pemahaman konsep matematika yang diperoleh melalui tes. Dari hasil analisis data menggunakan uji-t satu pihak diperoleh bahwa pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran metode penemuan terbimbing lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran metode ekspositori. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode penemuan terbimbing berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun ajaran 2012/2013.Kata kunci: metode penemuan terbimbing, pemahaman konsep matematika, pengaruh
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Niken Dewi Ambika;
Caswita Caswita;
Nurhanurawati Nurhanurawati
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Publisher : Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This quasi experimental research aims for knowing the effectiveness of learning model of TSTS in increasing student’s mathematical conceptual understanding. This research uses pre-test and post-test control group design. Research population was all of tenth grade student in computer network class of SMKN 1 Bandar Lampung 2012/2013. The sample is students X TKJ1 and X TKJ2 which selected from six classes by cluster random sampling. Based on data hypothesis test, it is found that gain of students mathematical conceptual understanding in learning model of TSTS is higher than conventional learning. The conclusion is learning model of TSTS is effective in increasing students mathematical conceptual understanding.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif TSTS dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah pre-test and post-test control group design dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas TKJ1 dan TKJ2 yang dipilih dari tujuh kelas menggunakan tehnik cluster random sampling. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh bahwa gain pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih dari gain pemahaman konsep yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran TSTS efektif diterapkan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: efektivitas, model pembelajaran TSTS, pemahaman konsep matematis
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SIWA
Antoni Antoni;
Rini Asnawati;
Tina Yunarti
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Publisher : Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
This quasi experimentalresearch aims to knowthe effectivenes of cooperative learning of Student Teams Achievement Division(STAD) type considered by student’s mathematicalconceptual understanding. This reseach uses apretest-posttest control groupdesign. The population ofthis research was eighth grade students of SMP Negeri 8 Bandar Lampung in the academic year2012/2013 as many as 320 students who distributed into nine classes. Sample was taken by purposive sampling. Based on data analysis, it was gotten that gain of student’s mathematical conceptual understanding of in cooperative learning of STAD type was as same as conventional learning, and also the study completeness percentage in cooperative learning of STAD type doesn’t reach the target. The conclusion was cooperative learning STAD type was not effective considered by student’s mathematical conceptual understanding. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipeStudent Teams Achievement Division (STAD) ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam pene-itian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 320 siswa yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampelpenelitian diambilmenggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD sama dengan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran konvensionaldanpersentase ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak mencapai target. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.Kata Kunci : efektivitas, pemahaman konsep matematis, STAD
PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Milyati Milyati;
Sri Hastuti Noer;
Rini Asnawati
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Publisher : Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The implementation of learning method influences the student’s achievement. The low activities and conceptual understanding are the indications the inactive learning. This class action research aimed to increase student’s activities and mathematical conceptual understanding of eight grade students of SMPN 1 Talangpadang in academic year 2012/2013 through realistic mathematics learning. This research was applied in 3 cycles. Each cycle consisted of four phases that were planing, implementating, observating, and reflecting. Data collecting technique were observation and test. Based on the result of research, it was concluded that the realistic mathematics learning could increase the student’s activities and mathematical conceptual understanding. It was showed by the observation of student’s activities and conceptual understanding in the last cycle, that were (1) The percentage of active students was more than or equal to 60% and (2) The percentage of student’s conceptual understanding was more than or equal to 60%. Pembelajaran yang diterapkan oleh guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Rendahnya aktivitas dan pemahaman konsep merupakan indikasi pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Talangpadang tahun pelajaran 2012/2013, melalui pembelajaran matematika realistik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitan dan pembahasan disimpulkan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep matematika. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil pengamatan aktivitas dan pemahaman konsep siswa pada akhir siklus III, yakni (1) persentase siswa yang aktif lebih dari atau sama dengan 60% dan (2) persentase pemahaman konsep siswa lebih dari atau sama dengan 60%. Kata kunci: aktivitas siswa, pemahaman konsep, PMR