cover
Contact Name
Wilda Syam Tonra
Contact Email
wildaunkhair@gmail.com
Phone
+6285146375650
Journal Mail Official
wildaunkhair@gmail.com
Editorial Address
Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Published by Universitas Khairun
ISSN : 2089855X     EISSN : 25412906     DOI : 10.33387/dpi
Core Subject : Science, Education,
Delta pi jurnal adalah jurnal yang memuat hasil penelitian pendidikan matematika dan matematika yang dipublikasi sebanyak 2 kali dalam setahun di bulan April dan Oktober di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Khairun.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2024)" : 18 Documents clear
Pengembangan soal tipe TIMSS pada materi perbandingan kelas VII SMP Siti Nabila; Dyna Meriza; Rohania Rohania; Ratu Ilma Indra Putri; Nyimas Aisyah
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dpi.v13i1.7063

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal tipe TIMSS pada materi perbandingan kelas VII SMP yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan design research tipe development studies. Prosedur pengembangan soal pada penelitian ini terdiri dari tahap preliminary dan tahap formative evaluation. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan metode deskriptif dengan menguraikan aktivitas siswa saat mengerjakan soal di kelas pada saat observasi dan menguraikan saran dan komentar terhadap butir soal yang dikembangkan dari hasil wawancara bersama siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga butir soal tipe TIMSS pada materi perbandingan kelas VII SMP yang dikembangkan sudah valid dan praktis. Karakteristik soalnya sudah sesuai dengan karakteristik soal TIMSS karena berkaitan dengan konteks nyata, soal sesuai untuk siswa kelas VII, soal sudah mengembangkan tiga level kognitif, dan soal sudah dapat dipahami. Valid secara kualitatif diperoleh dari penilaian teman sejawat, sedangkan secara kuantitatif diperoleh setelah pelaksanaan uji validitas pada siswa kelas VII. Butir soal nomor 1 dengan nilai koefisien validitasnya adalah 0,5606, butir soal nomor 2 dengan nilai koefisien validitasnya adalah 0,8186, dan butir soal nomor 3 dengan nilai koefisien validitasnya adalah 0,7305. Kepraktisan soal diperoleh setelah dilakukan revisi berdasarkan komentar siswa pada tahap small group
Pengembangan e-lkpd matematika berbasis liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada siswa smp Ruhsoh Triyani; Aan Subhan Pamungkas; Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dpi.v13i1.7775

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan pendekatan pembelajaran dalam mengakomodasi kebutuhan siswa yang beragam. Berdasarkan kurikulum merdeka diperlukan strategi pembelajaran yang dapat menyesuaikan gaya belajar dan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) matematika berbasis liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi bagi siswa SMP, dengan memberikan pengalaman belajar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan individu siswa. Liveworksheet merupakan platform digital yang dapat digunakan untuk membuat dan berbagi materi pembelajaran interaktif secara online sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RD), dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini adalah E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid atau layak, berdasarkan skor validasi oleh ahli media dan ahli materi yaitu 81,35% yang berada pada kriteria sangat layak. Kemudian berdasarkan hasil persepsi siswa terhadap penggunaan E-LKPD diperoleh skor 85,08% dengan kriteria sangat baik. E-LKPD matematika berbasis liveworksheet dikatakan berhasil yang ditinjau dari kelayakan dan kepraktisan dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi
Kemampuan literasi matematis dan keterampilan sosial melalui model project based learning Siti Maysarah; Sahat Saragih; Dian Armanto; Hasratuddin Siregar
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dpi.v13i1.7076

Abstract

Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan matematis yang sangat penting untuk dikuasai oleh siswa. Literasi matematis dapat diartikan sebagai pengetahuan untuk mengetahui dan menerapkan matematika dasar dalam kehidupan sehari-hari. Literasi matematis meliputi kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan, atau memperkirakan fenomena atau kejadian.  Selain itu, keterampilan sosial juga merupakan hal yang penting dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya keterampilan sosial, siswa dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang lain. Sehingga diharapkan dapat dengan mudah dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan sosial adalah model project based learning. Model ini memudahkan siswa untuk saling berinteraksi dalam pengerjaan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan literasi matematis dan keterampilan sosial melalui model project based learning. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari sumber seperti buku, jurnal, dan hasil-hasil penelitian yang telah ada.  Hasil dalam penelitian ini adalah model project based learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis dan keterampilan sosial siswa.
Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP pada materi SPLDV di kota karawang Wiwin Wiwin; Attin Warmi
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dpi.v13i1.7730

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi SPLDV. Subjek pada penelitian ini yaitu 20 siswa kelas IX SMP Negeri yang ada di Kabupaten karawang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mana tujuannya untuk mendeskripsikan atau menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam  mengerjakan soal kemampuan berpikir kreatif pada materi SPLDV. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematis, Proses pelaksanaannya terdiri dari tiga langkah, yakni persiapan, pelaksanaan, dan analisis data. Pada tahap pelaksanaan siswa diberi soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang terdiri dari 4 soal dengan aspek kemampuan berpikir kreatif matematis yang digunakan adalah Fluency, Flexibility, Elaborasi dan Originality. Hasil dari penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi SPLDV siswa SMP di salah satu SMP yang tepatnya ada di Kabupaten Karawang berada dalam kategori sedang. Dengan jawaban siswa tidak mampu menghasilkan ide ide baru, dan siswa kurang mampu mengembangkan ide ide atau gagasan, kesimpulan dari penelitian ini dapat kita lihat dari indikator indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kurang mampu berpikir originality dan berpikir elaboration.
Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori kastolan di SMP negeri 3 kombi March Yakob Manawan; Anekke Pesik; Marvel Grace Maukar
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dpi.v13i1.7784

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP N 3 Kombi dalam menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar menurut teori Kastolan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes tertulis. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Kombi berjumlah 8 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti, terdapat tiga jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa setelah menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar yaitu kesalahan konseptual sebesar 25% atau sebanyak 2 orang siswa, kesalahan Prosedural sebesar 37,5% atau 3 orang siswa, dan kesalahan teknik sebesar 37,5% atau sebanyak 3 orang siswa, faktor penyebab kesalahan adalah siswa tidak mampu memilih dan menerapkan rumus untuk menyelesaikan soal, serta faktor penyebab kesalahan prosedural siswa adalah siswa kesulitan dalam menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal, dan faktor penyebab kesalahan teknik adalah kurangnya ketelitian, serta siswa tidak mengecek kembali hasil pekerjaannya.
Investigasi literasi matematika siswa menengah pertama: bagaimana literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA? Andi Mulawakkan Firdaus
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dpi.v13i1.7734

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran literasi matematika siswa kelas VIII SMPN 21 Makassar pada tahun ajaran 2022/2023 dalam menyelesaikan soal PISA. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan campuran (Mixed Methods Research) yang dirancang untuk mengetahui literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Data yang diolah adalah data literasi matematika siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes dan wawancara. Soal yang digunakan dalam tes mengukur literasi matematika siswa adalah soal-soal yang diadaptasi dari PISA yang berjumlah 3 soal dan terdiri dari level 1,3 dan 5. Soal-soal ini dikerjakan oleh 30 orang siswa dalam 45 menit. Berdasarkan olahan data, diperoleh bahwa literasi matematika siswa kelas VIII SMPN 21 Makassar tergolong baik untuk level 1 dan 3, kurang sekali untuk level 5. Adapun kesulitan yang paling dominan dialami siswa adalah kesulitan dalam perhitungan, kesulitan menganalisis soal, dan kesulitan dalam memahami soal cerita.
Hubungan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Sinditia Fitri; Nita Hidayati
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dpi.v13i1.7733

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis hubungan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam materi logaritma. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dalam penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas X dan memilih sampel sebanyak 3 siswa yang dipilih secara  purposive sampling  pada salah satu SMA di Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan dengan Instrumen tes yakni berupa 5 soal dimana soal terdiri dari indikator berpikir kritis teori Ennis dan indikator pemecahan masalah teori Polya. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa terkategori rendah sebanyak 8 orang, kategori sedang sebanyak 24 orang, dan kategori tinggi sebanyak 4 orang dengan persentase berturut-turut yaitu 11%, 22%, dan 67%. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah berkategori sedang yaitu dengan penjabaran kategori tinggi mampu menguasai seluruh indikator, kategori sedang belum menguasai indikator looking back, dan kategori rendah belum menguasai indikator carrying out the plan dan looking back. Dengan demikian, tingkat kemampuan berpikir kritis mempengaruhi cara pemecahan masalah matematis. Semakin tinggi kemampuan berpikir kritis, maka semakin baik kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan berpikir kreatif siswa SMA pada materi program linier Ulul Azmi; Tatag Eko Yuli Siswono; Tri Dyah Prastiti
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dpi.v13i1.7569

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk : 1) mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, 2) mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 3) mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan 4) ‘mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel penelitian sebanyak 72 siswa yaitu kelas Fase E SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo yang dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan instrumen: tes kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan berpikir kreatif. Teknik analisis data pada rumusan masalah pertama sampai ketiga dilakukan menggunakan uji ANCOVA dan rumusan masalah keempat menggunakan uji multivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) adanya pengaruh signifikan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, (2) adanya pengaruh  signifikan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis, (3) adanya pengaruh signifikan model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan (4) adanya pengaruh signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 87, 8%.
Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP pada materi SPLDV di kota karawang Wiwin, Wiwin; Warmi, Attin
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dpi.v13i1.7730

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi SPLDV. Subjek pada penelitian ini yaitu 20 siswa kelas IX SMP Negeri yang ada di Kabupaten karawang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mana tujuannya untuk mendeskripsikan atau menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam  mengerjakan soal kemampuan berpikir kreatif pada materi SPLDV. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematis, Proses pelaksanaannya terdiri dari tiga langkah, yakni persiapan, pelaksanaan, dan analisis data. Pada tahap pelaksanaan siswa diberi soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang terdiri dari 4 soal dengan aspek kemampuan berpikir kreatif matematis yang digunakan adalah Fluency, Flexibility, Elaborasi dan Originality. Hasil dari penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi SPLDV siswa SMP di salah satu SMP yang tepatnya ada di Kabupaten Karawang berada dalam kategori sedang. Dengan jawaban siswa tidak mampu menghasilkan ide ide baru, dan siswa kurang mampu mengembangkan ide ide atau gagasan, kesimpulan dari penelitian ini dapat kita lihat dari indikator indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kurang mampu berpikir originality dan berpikir elaboration.
Analisis keterampilan metakognisi mahasiswa dalam menyelesaikan soal persamaan diferensial Tonra, Winda Syam; Wahyudi, Dahlan; Tonra, Wilda Syam
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dpi.v13i1.8394

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menganalisis keterampilan metakognisi dalam menyelesaikan soal persamaan diferensial. Keterampilan metakognisi mahasiswa dalam penelitian ini adalah kegiatan yang dilakukan seseorang yang berkaitan dengan kesadaran dan pengaturan kognisinya dalam memecahkan masalah meliputi perencanaan, monitoring, dan evaluasi. Subjek penelitian ada 2 mahasiswa yakni 1 mahasiswa kemampuan dasar matematika tinggi (MT) dan 1 mahasiswa kemampuan dasar matematika sedang (MS). Instrument penelitian ini adalah instrument utama (peneliti sendiri) dan instrumen bantu yaitu soal tes tentang persamaan diferensial serta pedoman wawancara. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan soal persamaan diferensial kepada kedua subjek dan melakukan wawancara pada saat subjek mengejakan soal. Proses analisis data yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MT melibatkan semua indikator keterampilan metakognisi dalam menyelesaikan soal persamaan diferensial yaitu indikator perencanaan, monitoring dan evaluasi. Sedangkan MS hanya melibatkan satu indikator keterampilan metakognisi dalam menyelesaiakan soal persamaan diferensial yaitu indikator perencanaan. Kesimpulannya dalam menyelesaikan masalah persamaan diferensial Subjek MT melibatkan keseluruhan indikator keterampilan metakognisi sedangkan  MS hanya satu indikator keterampilan metakognisi. Kata kunci : Persamaan diferensial, keterampilan metakognisi

Page 1 of 2 | Total Record : 18