cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 23033800     EISSN : 2527049     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and academicians all over the world to promote, share, and discuss various new issues and developments in different areas of educational research.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2023): July 2023" : 12 Documents clear
Media Pembelajaran Digital Berbasis Prezi pada Matakuliah E Commerce terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi STKIP Muhammadiyah Kuningan Ripai, Ipan; Ropiah, Opah
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 11 No 2 (2023): July 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/dpp.v11i2.6205

Abstract

Mahasiswa kesulitan dalam memahami konsep E-Commerce yang abstrak dan membutuhkan dukungan visualisasi dalam pembelajaran. Media pembelajaran Prezi dikembangkan dengan memperhatikan prinsip visual mampu mendukung pembelajaran E-Commerce. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran dan menghasilkan media pembelajaran berbasis Prezi yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat media pembelajaran adalah: menjadi media interaksi pembelajaran antara dosen dan mahasiswa, meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, memfasilitasi dosen untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga pembelajaran tetap berlangsung meskipun tidak dilakukan secara tatap muka, menjadi media interaksi antara dosen dan mahasiswa selama pelaksanaan pembelajaran,  bermanfaat sebagai media transfer informasi dan interaksi pembelajaran selama pembelajaran daring, membuat pekerjaan menjadi efektif dan efesien. Instrumen penelitian terdiri soal tes dan angket respon mahasiswa. Media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dengan memenuhi aspek kevalidan dan keefektifan. Penilaian aspek kevalidan berdasarkan lembar penilaian ahli berada pada kriteria valid. Sedangkan penilaian aspek keefektifan berdasarkan tes hasil belajar mahasiswa berada pada kriteria cukup baik dan angket respon mahasiswa berada pada kriteria sangat baik. Media pembelajaran terdiri dari bagian menu dan bagian isi. Bagian menu terdiri dari gambaran materi yang akan disajikan dalam media. Bagian isi terdiri dari materi yang bisa diperbesar dan diperkecil sesuai kebutuhan dan video pembelajaran untuk memvisualisasikan konsep E-Commerce.
Implementasi Digital citizenship untuk Kalangan Gen Z Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Setyawan, Ryand Daddy; Hijran, Muhamad; Rozi, Rozi
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 11 No 2 (2023): July 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/dpp.v11i2.6867

Abstract

Digital citizenship pada kalangan Gen Z sangat penting untuk dipahami dan merupakan generasi yang tumbuh serta terbiasa dengan teknologi digital sejak dini. Namun, sebagai pengguna internet yang aktif, Gen Z memiliki tanggung jawab untuk memahami kewarganegaraan digital. Hal ini mencakup pemahaman tentang etika digial, privasi, keamanan siber dan juga harus memahami konsekuensi dari tindakan online mereka, termasuk cyberbullying, penggunaan media sosial, dan konsumsi konten yang tidak layak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan melalui berupa dokumen-dokumen yang relevan seperti jurnal, prosiding, dan artikel ilmiah yang berhubungan dengan tema penelitian untuk dijadikan sebagai data penelitian. Hasil yang diperoleh dari implementasi Digital citizenship di kalangan Gen Z pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan sangat penting untuk membantu mereka menjadi pengguna internet yang bertanggung jawab dan beretika. Hal ini juga dapat membantu para mahasiswa di kalangan Gen Z membangun kemampuan untuk memilih konten digital yang layak dan memperkuat kesadaran akan pentingnya keamanan siber.Dalam lingkungan digital yang semakin kompleks dan berubah cepat, keberadaan Digital citizenship menjadi kunci penting untuk membantu para mahasiswa Gen Z menjadi pengguna internet yang bertanggung jawab dan beretika.
Pengembanan Laboratorium Geografi Berbasis Mobile Virtual Pada Materi Pembelajaran Praktikum Ilmu Ukur Tanah Arif, Mohamad; Hartono, Rudi; Arinta, Dicky
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 11 No 2 (2023): July 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/dpp.v11i2.7006

Abstract

Mobile lab virtual untuk praktikum ilmu ukur tanah merupakan suatu teknologi pembelajan berbasis  mobile untuk membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum ilmu ukur tanah tanpa menggunakan alat lab. dalam penggunaanya sangat fleksibel karena tidak begitu memerlukan ruang dan waktu yang penting memiliki perangkat smartfon, laptop atau pc. Mobile lab virtual merupakan trobosan baru di dunia Pendidikan yang penuh dengan teknologi seperti saat ini. Pembelajaran yang tidak membutuhkan ruang lebih sangat diperlukan mengingat sudah tersedianya infrastruktur internet yang memadai. Pengembangan media pembelajaran yang mudah dan dapat digunakan ditempat manapun sangat dibutuhkan seperti halnya mobile lab virtual untuk praktikum ilmu ukur tanah. Desain dari produk teknologi media pembelajaran ini dari para ahli media dinyatakan layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran, begitu pula dengan ahli materi dan uji coba produk pada mahasiswa departemen geografi. Nilai persentase dari ahli media adalah 85% yang artinya produk tidak perlu revisi begitu pula dengan ahli materi dengan nilai 89% dan uji coba produk dengan persentase 88% yang artinya produk ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Penguatan Dimensi Bernalar Kritis Melalui Kegiatan Proyek Dalam Kurikulum Merdeka Khasanah, Vivi Alaida; Muthali’in, Achmad
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 11 No 2 (2023): July 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/dpp.v11i2.7100

Abstract

Bagian yang paling penting dalam pendidikan di Indonesia salah satunya adalah kurikulum. Kurikulum merupakan daftar ketetapan dalam kegiatan belajar yang memiliki fungsi sebagai panduan atau arah untuk kegiatan belajar mengajar. Landasan kurikulum merdeka pada pembentukan profil pelajar yang menjalankan kehidupannya dengan jiwa dan berbagai nilai yang terkadung dalam sila Pancasila. Sebuah program proyek berfungsi sebagai dasar dari Kurikulum Merdeka. Profil Pelajar Pancasila melaksanakan proyek yang berguna memberikan terorganisirnya pengalaman belajar, pembelajaran interaktif, fleksibel, dan nilai yang terkandung dalam profil pelajar pancasila tercakup. Dimensi profil pancasila salah satunya yaitu bernalar kritis, kemampuan tereebut harus dikembangkan di pembeljaran proyek. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan subjek penelitiannya kepala sekolah, guru, pengampu proyek P5 dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sawit. Snowball sampling digunakan untuk menentukan subjek penelitian sedangkan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.  Teknik analisis data alir digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMP Negeri 2 Sawit terdapat penguatan bernalar kritis melalui kegiatan proyek dalam kurikulum merdeka. Guru, peserta didik, dan sekolah mendapatkan suasana baru melalui kegiatan proyek ini, sehingga agar kegiatan belajar tidak terganggu waktu pelaksanaan proyek diatur oleh sekolah sendiri. Kegiatan proyek di P5 memerlukan manajemen waktu dan persiapan yang memadai dari pihak guru.
Pengaruh Model Pembelajaran Simulasi Berbantuan Media Pembelajaran Kumospace terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MP pada Mata Pelajaran Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 1 Ngawi Ramadhani, Wulan Fitri; Pahlevi, Triesninda
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 11 No 2 (2023): July 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/dpp.v11i2.7143

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh yang terdapat pada hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI MP 2 setelah melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran simulasi berbantuan media pembelajaran kumospace. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain non-equivalent posttest only control group design yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen serta 35 siswa sebagai kelas kontrol. Populasi penelitian ini berjumlah 69 dengan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling untuk menentukan kelas yang akan menjadi kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan beberapa uji untuk menganalisis data yang diperoleh yaitu uji normalitas, homogenitas, analisis deskriptif, dan uji hipotesis dengan H1 ialah terdapat pengaruh model pembelajaran simulasi berbantuan media pembelajaran kumospace terhadap hasil belajar siswa kelas XI MP pada mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Negeri 1 Ngawi dah H2 ialah terdapat pengaruh model pembelajaran simulasi berbantuan media pembelajaran kumospace terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MP pada mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Negeri 1 Ngawi. Berdasarkan uji t hitung, H0 disetujui dan H1 ditolak karena t hitung < t tabel yaitu 0,926<1,996 dan nilai signifikansi lebih dari 0,05 yaitu 0,358. Kesimpulan mengani hasil belajar siswa ialah model pembelajaran simulasi dengan bantuan media kumospace tidak memiliki pengaruh pada hasil belajar secara signifikan dikarenakan beberapa faktor seperti desain simulasi yang buruku, hingga permasalahan teknis lainnya. Sedangkan pada variable motivasi belajar memiliki thitung>ttabel yaitu 4,854>1,996 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Sehingga, dapat dinyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran simulasi berbantuan media pembelajaran kumospace terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MP pada mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Negeri 1 Ngawi.
Application of the Outdoor Study Methodto the interests and learning outcomes of class VIII social studies subjects at MTsN 4 Tulungagung Afifah, Rinda Fitria Nur; Putranto, Anggoro
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 11 No 2 (2023): July 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/dpp.v11i2.7144

Abstract

Metode pembelajaran yang dilaksanakan secara monoton pada proses pembelajaran mata pelajaran IPS membuat peserta didik menjadi jenuh, bosan, serta pasif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga menimbulkan minat belajar dan hasil belajar yang kurang maksimal. Tujuan pada penelitian ini ialah pertama, Untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan metode outdoor study pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung. Kedua, Untuk mengetahui hasil belajar dengan metode outdoor study pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini memakai penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental design. Hasil dari penelitian ialah (1) terdapat pengaruh signifikan terkait penerapan metode outdoor study terhadap minat belajar (2) terdapat pengaruh yang signifikan terkait penerapan metode outdoor study terhadap hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut penerapan variasi dalam metode pembelajaran sangatlah berpengaruh pada minat dan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN 4 Tulungagung.
Rancang Bangun Teknologi Edukasi Berbasis Moodle dan Private Cloud di SMAN 26 Bandung Nafysah, Mutiara; Laksana, Eka Angga
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 11 No 2 (2023): July 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/dpp.v11i2.7151

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat dan telah menyentuh banyak bidang dalam membantu pekerjaan manusia. Salah satu bidang yang telah disentuh oleh teknologi informasi dan komunikasi adalah bidang pendidikan dengan penggunaan tekonologi e-learning dalam membantu kegiatan belajar mengajar. E-learning digunakan oleh banyak sekolah maupun universitas dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar terutama di masa pandemi. Meskipun sekarang kebanyakan kegiatan belajar mengajar telah dilakukan secara offline, website e-learning masih bisa digunakan untuk melaksanakan ujian maupun ulangan harian. Moodle adalah salah satu framework LMS (Learning Management System) open-source yang dapat diperoleh secara gratis dengan portal e-learning yang bisa dimodifikasi agar dapat disesuaikan sebagaimana kebutuhan penggunanya. Moodle yang telah dimodifikasi tentu baru dapat digunakan jika sudah diisi dengan data-data tertentu mulai dari pengguna aplikasi sampai pembagian kelas dan mata pelajaran. Setelah data primer didapat, data tersebut perlu diolah terlebih dahulu sesuai format sistem sebelum bisa di input ke dalam Moodle.
Pengembangan Kompetensi Abad 21 melalui Bahan Ajar Digital pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Julisa, Tria Cahya; Legiani, Wika Hardika; Juwandi, Ronni
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 11 No 2 (2023): July 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/dpp.v11i2.7187

Abstract

Kehidupan di abad 21 ini dicirikan dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi terhadap berbagai sendi kehidupan yang mengharuskan untuk terciptanya sumber daya manusia yang dapat bersaing. Pada dunia pendidikan di abad 21 masalah yang kerap ditemukan ialah masih kurang tertanamnya kompetensi abad 21 pada diri siswa, siswa kurang berpikir kritis dan kreatif dalam mengerjakan tugas, kurang berani berkomunikasi didalam kelas, kurang berkolaborasi dalam tugas kelompok, dan masih kurang pemanfaatan teknologi digitalisasi dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukannya pembaharuan dari gaya belajar, konsep berpikir dalam menumbuhkan kreativitas, serta sistem pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kelayakan serta efektifitas bahan ajar digital dalam mengembangkan kompetensi abad 21. Metode yang digunakan menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar digital dalam mengembangkan kompetensi abad 21 termasuk kategori “Sangat Layak” 96,4% dari ahli materi, 90% dari ahli media, dan respon siswa terhadap efektivitas  pengembangan kompetensi abad 21 melalui bahan ajar digital pada uji coba terbatas 20 responden sebesar 82,2% dengan kategori “Sangat Baik” dan pada uji lapangan 30 responden sebesar 84,2% dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan ini disimpulkan pengembangan kompetensi abad 21 melalui bahan ajar digital pada pembelajaran PPKn layak dan efektif  untuk digunakan.
Alur Ceria Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas X SMA dalam Konteks Implementasi Kurikulum Merdeka Mulyani, Mulyani
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 11 No 2 (2023): July 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/dpp.v11i2.7189

Abstract

In the practice of learning English, based on the author’s observations, it was found that there are still most high school English teachers who have difficulty understand and implementing independent curriculum designs. The results of the discussion at the district level high school English MGMP (Subject Teacher Consultation) level can be concluded that the change in the independent curriculum has caused difficulties for high school English teachers in understanding the differences with the 2013 curriculum. One of them is the difficulty in understanding learning achievement document and the flow in teach material. To practice or try out the application of an independent curriculum for high school English subjects in classroom learning, it is necessary to do a creativity or innovation from the teacher do that the pattern and flow of learning can be understood correctly. One thing that can be considered in implementing high school English learning based on learning achievement elements is through the CERIA (Choose, Explore, Resume, Inform, and Apply) flow. This flow makes it easier for teachers and students to develop language elements in an integrated manner.
Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Surat Resmi di Universitas Muhammadiyah Ponorogo Tahun 2022 Subangun, Subangun
JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 11 No 2 (2023): July 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/dpp.v11i2.7190

Abstract

Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebagai perguruan tinggi besar di Kabupaten Ponorogo menggunakan surat untuk berkomunikasi baik internal maupun eksternal. Salah satu unsur penting dalam penulisan surat adalah penggunaan ejaan, Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) harus dijadikan pedoman dalam penulisan surat resmi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesalahan pemakaian EYD, khususnya pemakaian huruf kapital dan pemakaian tanda baca, khususnya  tanda baca titik, koma, dan titik dua dalam surat resmi di Universitas Muhammadiyah Ponorogo tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi dan teknik analisis data dengan teknik kajian. Berdasarkan hasil analisis, dalam surat resmi yang dikeluarkan Universitas Muhammadiyah Ponorogo tahun 2022 ditemukan bentuk kesalahan pemakaian huruf kapital pada penulisan lampiran surat, perihal surat, alamat tujuan, salam, isi surat, identitas pengirim, dan tembusan surat. Tipe kesalahan pemakaian huruf kapital dalam isi surat meliputi kesalahan penulisan nama dokumen resmi, kata umum, kata tugas, kata sifat Tuhan, akronim, nama tempat, dan lambang bilangan.  Sementara itu, dalam penggunaan tanda baca titik ditemukan bentuk kesalahan pada penulisan singkatan nama tahun, singkatan gelar akademik, nama resmi lembaga, nama dokumen resmi, dan satuan mata uang. Dalam penulisan tanda baca koma ditemukan kesalahan pada pemisahan anak kalimat yang mendahului induk kalimat, pemerincian, penanda penghubung kalimat, dan  pemisahan predikat yang mendahului subjek. Adapun dalam penggunaan tanda baca titik dua ditemukan kesalahan pada pemakaian titik dua yang mendahului keterangan tujuan, keterangan waktu, keterangan penjelas, dan mendahului nomor dokumen.

Page 1 of 2 | Total Record : 12