cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA
ISSN : -     EISSN : 25494899     DOI : 10.21831
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2024): Vol 8, No 1 (2024)" : 10 Documents clear
Peningkatan Profesionalisme Komite Pembelajaran Sekolah Penggerak melalui Pelatihan Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Visualisasi Augmented Reality (AR) Dina, Dina; Yunita, Isti; Ikhsan, Jaslin; Kusumawardani, Cahyorini; Budiasih, Kun Sri
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA Vol. 8 No. 1 (2024): Vol 8, No 1 (2024)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpmmp.v8i1.67536

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme komite pembelajaran sekolah penggerak melalui pelatihan sumber belajar berbasis visualisasi AR. Sejumlah 35 komite pembelajaran pada sekolah dasar di Gunung Kidul menjadi khalayak sasaran pada kegiatan ini. Pengabdian dikemas berupa pelatihan yang dilaksanakan dengan beberapa metode pelaksanaan, yaitu ceramah dan latihan, penugasan dan pendampingan, serta tes dan angket dan terbagi dalam tiga kali pertemuan. Teknologi yang dilatihkan yaitu Canva dan Assemblr Studio yang memungkinkan guru untuk membuat sumber belajar yang interaktif dengan menyematan objek 3D. Instrumen yang digunakan berupa soal pretes dan postes, lembar observasi afektif, lembar observasi psikomotorik, lembar penilaian produk, dan angket evaluasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase observasi kognitif sebesar 85%, observasi psikomotor sebesar 80,36%, dan penilaian produk sebesar 93, 21%. Hasil pretes menunjukkan skor rata-rata peserta sebesar 54,71 mengalami peningkatan yang signifikan setelah diberikan pelatihan menjadi sebesar 83,94 pada skor rata-rata postes. Dapat disimpulkan bahwa kegatan pengabdian mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Secara umum, peserta merasa bahwa kegiatan yang dilakukan memberikan manfaat tidak hanya pada peningkatan pengetahuan (theoritical knowledge), melainkan juga keterampilan (practical how to) terkait pengembangan sumber belajar dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka.
QUALITY CONTROL PRODUK VCO SECARA MUDAH, MURAH DAN AKURAT Louise, Isana Supiah Yosephine; Laksono, Endang Widjajanti; Sulistyani, Sulistyani
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA Vol. 8 No. 1 (2024): Vol 8, No 1 (2024)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpmmp.v8i1.53485

Abstract

VCO (virgin coconut oil) merupakan salah satu komoditas yang memungkinkan diproduksi secara besar-besaran karena selain memiliki daya simpan relatif lama juga memiliki kelebihan-kelebihan lain, antara lain memiliki khasiat obat, dapat digunakan sebagai bahan pangan maupun obat, harga jual relatif tinggi, dan sangat memungkinkan dijadikan komoditas ekspor. Untuk itu quality control produk VCO sangat perlu mendapatkan perhatian khusus supaya penjualan dapat meningkat dan menjaga harga yang relatif konstan atau bahkan meningkat karena kualitas produk yang dapat dipercaya oleh konsumen. Pengujian kualitas secara laboratorium seringkali memiliki banyak kendala, selain harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dicoba memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku usaha/masysrakat terkait quality control produk VCO yang telah/akan diproduksi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilakukan selama tujuh bulan, baik secara luring maupun daring, dengan metode pelatihan dan pendampingan. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PkM Pengembangan Wilayah dengan tema Quality Control Produk VCO secara Mudah, Murah dan Akurat dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman peserta terkait produk VCO dan  quality controlnya, secara umum kegiatan ini bermanfaat bagi peserta pengabdian, penyampaian materi dapat diterima dengan sangat baik (45,45%), metoda yang digunakan dalam kegiatan pengabdian dirasa sesuai oleh peserta pengabdian.
Pendampingan Menanam Sayuran Menggunakan Media Hidroponik Pada Siswa SDN 7 Baru Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat Bekti, Rini Pamundhi; Dewi, Alif Afri Diyana; Rohana, Siti; Harianti, Dita; Ramadhani, Shinta
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA Vol. 8 No. 1 (2024): Vol 8, No 1 (2024)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpmmp.v8i1.68305

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada siswa SDN 7 Baru agar dapat menanam sayuran secara hidroponik mulai dari menanam hingga panen. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau disebut P5 merupakan karakteristik Kurikulum Merdeka yang mengembangkan softskill dengan berbagai tema projek. Pada SDN 7 Baru, tema projek yang belum pernah diberikan adalah Rekayasa dan teknologi. Salah satu teknologi yang dapat diberikan pada anak Sekolah Dasar adalah teknologi hidroponik. Perpaduan antara teknologi dan budidaya tanaman sangat cocok untuk diterapkan pada siswa SDN 7 Baru agar memahami proses dalam menanam sayuran dan mendukung hidup berkelanjutan. Kegiatan ini dibagi dalam tiga tahap yaitu observasi permasalahan di lapangan, analisis, dan pemecahan masalah. Pada tahap pertama diperoleh permasalahan bahwa tanah disekitar sekolah dan tempat tinggal siswa merupakan daerah berpasir dan rawan banjir sehingga sulit untuk bercocok tanam. Tahap kedua menganalisis permasalahan kemudian diperoleh solusi untuk memecahkan masalah yaitu memberikan bantuan alat hidroponik dan pendampingan menanam sayuran dari awal hingga panen. Setelah dilakukan pendampingan selama tiga bulan, diperoleh hasil bahwa siswa siswi SDN 7 Baru dapat melakukan kegiatan menanam sayuran secara hidroponik dari awal semai sampai dapat memanen sayuran.Kata kunci: pendampingan, sayuran, hidroponik, SDN 7 Baru
Development of madrasah programs based on local potential stem research on the slopes of Mount Muria Malichatin, Hanik; Prasetyo, Dody Rahayu
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA Vol. 8 No. 1 (2024): Vol 8, No 1 (2024)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpmmp.v8i1.63650

Abstract

As an effort to instill the love of madrasah students for research and optimize the utilization of local potential on the slopes of Mount Muria, it can be done by developing research-based madrasahs. Through the STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) research-based madrasah program, it is hoped that the community around the madrasah will better understand how to optimize the local potential. The selected service sample was Madrasah Tsanawiyah (MTs) NU Raden Umar Said located on the slopes of Mount Muria. The service method is carried out in three stages, namely the preparation, implementation, and evaluation stages. The results of the dedication obtained 1) pamelo orange peel waste can be used as a basic material for making soap and biobatteries, 2) the students are enthusiastic about learning STEM research, but the skills to use practicum tools are still low, and 3) the madrasah creates an extracurricular STEM research program based on local potential in Mount Muria. Through this activity, MTs NU Raden Umar Sa'id can become a pioneer of research madrassas on Mount Muria. Thus, it is expected to emulate the surrounding madrassahs. 
WORKSHOP STEM-ECO PRINTING UNTUK MENGEMBANGKAN JIWA ENTERPRENEURSHIP SISWA SEKOLAH MENENGAH KEBANGSAAN TENGKU PANGLIMA PERANG TENGKU MUHAMMAD, PAHANG, MALAYSIA Wiyarsi, Antuni; Azmi, Nur Sabrina Ahmad; Yunus, Muhamad Fahmi; Anazifa, Rizqa Devi; Ariyanti, Nur Aeni
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA Vol. 8 No. 1 (2024): Vol 8, No 1 (2024)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpmmp.v8i1.68028

Abstract

Implementasi kurikulum berbasis STEM di Malaysia telah dilaksanakan sejak tahun 2017. Lamanya pengalaman tidak membuat implementasinya menjadi lebih mudah. Tantangan dan perkembangan teknologi menjadikan implementasi pembelajaran berbasis STEM menjadi lebih menantang. Variasi pembelajaran agar dapat mencakup baik dari segi science, technology, engineering dan mathematics-nya adalah salah satu tantangan yang dihadapi. Eco-printing merupakan metode pewarnaan dengan memanfaatkan pewarna alami. Dalam implementasinya teknik ini memiliki seluruh aspek dalam pembelajaran STEM. Hasil yang diperoleh juga memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan adanya perkembangan pemanfaatan media social, diharapkan siswa juga dapat mengambil keuntungan di dalamnya. Oleh sebab itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan alternatif implementasi konsep STEM dalam pembelajaran di sekolah sekaligus menumbuhkan jiwa wira usaha sebagai muara pembelajaran berbasis STEM. Metode yang digunakan adalah workshop dengan pemberian materi dan praktik langsung. Kegiatan workshop STEM eco-printing dalam kerangka implementasi kurikulum berbasis STEM dan dikaitkan dengan pendidikan kewirausahaan telah memberikan alternatif implementasi kurikulum berbasis STEM yang mengasyikkan dan bernilai ekonomi dengan tetap pengedepankan basic science yang menjadi pondasi utamanya.
Pengembangan Kolaborasi antara Pendidikan Kimia UNY dengan S1 Farmasi Fakultas Farmasi USD melalui Drafting Paten dan Hak Cipta Bidang Green Chemistry Rohaeti, Eli; Louise, Isana Supiah Yosephine; Laksono, Endang Widjajanti; Suwardi, Suwardi; Budiasih, Kun Sri; Sugiyarto, K.H.; Pratama, Faiz Ilham; Goni, Nur Abdul; Purtadi, Sukisman; Joronavalona, Rasamimanana; Afikah, Adilah; Saputri, Febri
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA Vol. 8 No. 1 (2024): Vol 8, No 1 (2024)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpmmp.v8i1.66978

Abstract

Kolaborasi dilakukan dengan Perguruan Tinggi mitra yang memiliki jumlah kegiatan-kegiatan penelitian cukup banyak serta berpotensi paten dan jenis HKI lainnya. Permasalahan yang dijumpai di PT mitra yaitu masih rendahnya jenis penelitian berpotensi paten dan masih rendahnya jumlah luaran penelitian dalam bentuk paten dan paten sederhana maupun hak cipta. Dengan demikian kolaborasi dapat dilakukan melalui kegiatan seleksi berbagai penelitian yang sudah dilakukan oleh PT mitra dan analisis penelitian yang berpotensi paten maupun jenis HKI lainnya, serta bimbingan teknis drafting paten. Solusi terhadap permasalahan yang dihadapi PT mitra yaitu melalui pengembangan ide-ide penelitian berbasis sumber daya alam lokal serta pendampingan pemilihan kegiatan-kegiatan penelitian yang berpotensi paten. Selanjutnya solusi terhadap permasalahan PT mitra terkait masih rendahnya jumlah luaran penelitian berupa HKI (paten, paten sederhana, hak cipta, dan sejenisnya), yaitu melalui kegiatan bimbingan teknis penyusunan drafting paten. Kegiatan PPM yang telah dilakukan dapat memberikan pengetahuan tentang penelitian-penelitian bidang green chemistry berbasis sumber daya alam lokal PT mitra yang berpotensi paten dan jenis HKI lainnya sehingga mitra dapat membuat sendiri berbagai penelitian  green chemistry, menambah wawasan bagi mitra tentang cara melakukan penyusunan (drafting) paten berdasarkan penelitian-penelitian yang sudah dilakukan ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai pretes dan postes, dapat menumbuhkan semangat dan kemandirian mahasiswa mitra  untuk membuat produk berbasis sumber daya alam lokal dan berwawasan lingkungan berdasarkan saran yang diberikan, dan meningkatkan kesadaran mitra untuk lebih peduli lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya alam lokal menjadi sesuatu yang bermanfaat. 
Pelatihan Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Ecopaving Bagi UKK Pemulung Desa Tublopo Kabupaten Timor Tengah Utara Adu, Risna Erni Yati; Gelyaman, Gebhardus Djugian; Batu, Matius Stefanus; Benu, Didi Prasetyo
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA Vol. 8 No. 1 (2024): Vol 8, No 1 (2024)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpmmp.v8i1.66992

Abstract

Pengelolaan sampah plastik di kawasan Hutan Tatub Desa Tublopo Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) masih dilakukan secara terbatas oleh Kelompok UKK Pemulung Desa Tublopo. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan sampah plastic yang berakibat pada penyempitan lahan di Pos UKK dan juga di area pembuangan sampah sehingga sebagian sampah plastic di area pembuangan harus dibakar. Kondisi ini menjadi dasar dilakukannya kegiatan pengabdian sebagai salah satu upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan kelompok UKK Pemulung melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan outclass tentang manajemen akhir sampah plastic dan pelatihan pengolahan sampah plastic menjadi produk paving block. Tahapan kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan persoalan mitra yaitu kegiatan persiapan, sosialisasi dan pelatihan serta evaluasi. Dari kegiatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengetahuan anggota Kelompok UKK Pemulung Desa Tublopo tentang manajemen akhir sampah plastic dimulai dari pewadahan, pengumpulan, dan pemrosesan akhir telah mengalami peningkatan. Anggota UKK Pemulung sampah juga terampil dalam memilah dan mengolah sampah plastik menjadi produk paving block.
Pelatihan Pengembangan Video Pembelajaran dan Kuis Interaktif Berbantuan Software Lumi Marwoto, Bambang Sumarno Hadi; Andayani, Sri; Waryanto, Nur Hadi; Yusri, Thesa Adi Saputra
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA Vol. 8 No. 1 (2024): Vol 8, No 1 (2024)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpmmp.v8i1.67758

Abstract

Pemerintah perlu terus mengoptimalkan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) selama pandemi Covid-19, terutama dalam konteks pendidikan. Penting untuk mendorong penggunaan konten pembelajaran daring atau model hybrid/blended guna memaksimalkan fasilitas TIK sebagai sumber belajar. Saat ini, sebagian besar video pembelajaran masih kurang interaktif karena cenderung hanya menyampaikan materi tanpa memberikan interaksi siswa.Perkembangan kuis untuk materi matematika juga menghadapi tantangan, terutama terkait kurangnya dukungan dari perangkat lunak yang memadai. Software bantu seperti Lumi menawarkan solusi dengan kemampuannya menghasilkan konten pembelajaran yang dapat diakses secara online maupun offline. Lumi juga memudahkan guru dalam pengembangan konten pembelajaran tanpa memerlukan kemampuan pemrograman tinggi.Pelatihan pengembangan video pembelajaran dan kuis interaktif dengan bantuan Lumi diharapkan dapat membuka wawasan guru terhadap potensi dan kemudahan penggunaan software ini. Penggunaan Lumi dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan memungkinkan mereka melakukan aktivitas atau interaksi saat menonton video pembelajaran. Kuis yang lebih menarik dan interaktif juga dapat meningkatkan perhatian siswa serta memberikan hasil evaluasi pembelajaran yang lebih bermakna.Kemampuan guru dalam mengembangkan konten pembelajaran dengan Lumi dapat menjadi tambahan berharga dalam kumpulan software bantu pengembangan. Video dan kuis interaktif yang dihasilkan dapat menjadi pengaya dalam pembelajaran offline, online, maupun model blended. Pelatihan ini bertujuan memberi wawasan tambahan kepada guru matematika tentang potensi penggunaan Lumi dalam pengembangan media pembelajaran, dengan fokus pada pembuatan video dan kuis interaktif.
Pemanfaatan Ekstrak Daun Ketapang (Terminalia catappa L) sebagai Antibakteri dan Antiembun pada Cairan Pembersih Lensa Kacamata Na'im, Wihdatun; Rahmat, Taufiq Bayu Nur; Saragih, Januardo Fernandez; Yunita, Isti
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA Vol. 8 No. 1 (2024): Vol 8, No 1 (2024)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpmmp.v8i1.69919

Abstract

Penggunaan kacamata secara terus-menerus dan kurang steril dapat menyebabkan kacamata terkontaminasi bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Selain itu, permasalahan berupa embun pada kacamata juga dapat membahayakan pengguna kacamata ketika berkendara. Daun ketapang diketahui memiliki kandungan antibakteri dan isopropanol diketahui dapat memberikan efek antiembun.  Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas ekstrak dan konsentrasi optimal daun ketapang (Terminalia Catappa L.) sebagai aktivitas antibakteri dan antiembun pada cairan pembersih lensa kacamata. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang terdiri dari 7 perlakuan dengan 3 kali pengulangan. Perlakuan yang diuji adalah ekstrak metanol kulit batang kasturi 12,5%, 25%, 50%, 75%, dan 100%, dan kontrol perlakuan dengan Aquades dan Ciprofloxacin. Uji bakteri dilakukan menggunakan metode difusi dan parameter yang diukur adalah besaran zona hambat (mm) yang tumbuh pada media MH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi ekstrak daun ketapang yang optimal digunakan dalam pembuatan cairan pembersih lensa yaitu sebesar 75% dengan nilai efektivitas yang paling tinggi yaitu sebesar 12,34%.
Penumbuhan Kesadaran Membuang Sampah Pada Tempatnya Di Madrasah Ibtidaniyah Wahid Hasyim Nologaten Yogyakarta (The Participation Of Student's In Order To Increase Awareness Of Disposing Of Garbage In Place At Madrasah Ibtidaniyah Wahid Hasyim Nologaten) Saraswati, Saraswati; Saputra, Soleh; Maulidya, Ana; Handziko, Rio Christy
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA Vol. 8 No. 1 (2024): Vol 8, No 1 (2024)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpmmp.v8i1.25261

Abstract

AbstrakSampah menjadi permasalahan lingkungan saat ini. Jumlahnya yang sangat banyak, terutama sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan khususnya botol plastik bekas ditambah dengan kurangnya kesadaran masyarakat akan cara mengelola sampah yang baik ataupun pemanfaatan sampah yang baik menjadi salah satu permasalahan dan jika dibiarkan dapat merusak lingkungan. Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat dengan pelibatan aktif dalam pemanfaatan botol plastik bekas, pemberian sosialisasi mengenai sampah organic dan anorganik dan pelatihan kepada kelompok masyarakat sasaran, terutama anak-anak sekolah pada tingkat SD/MI dalam pengelolaan sampah dan sadar lingkungan sehingga sampah-sampah khususnya anorganik yang ada bisa dimanfaatkan agar lebih bernilai guna. Kegiatan dilakukan sejak April-Mei 2019. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah sosialisasi dan partisipasi aktif dari siswa. Hasil yang diperoleh dari kegiatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa diperoleh kesadaran siswa akan pentingnya menjaga lingkungan, siswa telah mengetahui cara pemilahan sampah, dan mengetahui cara mengelola sampah-sampah yang ada, khususnya sampah anorganik.Kata kunci : Sampah Botol Plastik, Kesadaran Siswa, Daur Ulang.Abstract            Garbage is becoming a current environmental problem. The huge amount, especially inorganic waste that cannot be deciphered, especially used plastic bottles, coupled with a lack of public awareness on how to manage good waste or the use of waste which is good is one of the problems and if left unchecked it can damage the environment. The aim of this activity is to raise awareness of the community by active involvement in the use of used plastic bottles, giving information on organic and inorganic waste and training to target community groups, especially school children at elementary or MI level in waste management and environmentally conscious so that waste - especially inorganic waste that can be used to make it more valuable. Activities are carried out from April to May 2019. The method used in this activity is socialization and active participation of students. The results obtained from the activities that have been carried out show that students' awareness of the importance of protecting the environment is obtained, students have known how to sort waste, and know how to manage existing waste, especially inorganic waste.Key words : Plastic Bottle Waste, Student Awareness, Recycling.

Page 1 of 1 | Total Record : 10