cover
Contact Name
Azhar Aziz Lubis
Contact Email
azharlubis@unib.ac.id
Phone
+6281392472763
Journal Mail Official
unib.press@unib.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu Jalan W.R. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu 38371
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Triadik
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 08538301     EISSN : 2745777X     DOI : 10.33369/triadik
TRIADIK is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by FKIP University of Bengkulu. It is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews, and book reviews on education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 22 No. 2: Oktober 2023" : 10 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas III SD Negeri 07 Kota Bengkulu Inzoni, Inzoni; Yulistiawati, Yulistiawati; Agusdianita, Neza
TRIADIK Vol. 22 No. 2: Oktober 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v22i2.33568

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar Matematika dengan penerapan Model Make A Match di kelas III SDN 07 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran tematik serta hasil tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Hal ini dibuktikan pada siklus I dan II sudah meningkat dibandingkan dengan saat pra siklus, dan memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yaitu Keberhasilan aktivitas proses pembelajaran oleh siswa dikatakan baik, apabila setiap observasi siswa dalam setiap siklus semuanya memberikan respon baik dengan keterangan telah dilaksanakan dengan baik serta Nilai rata-rata siswa ≥ 70 dan meningkat setiap siklus sehingga Ketuntasan belajar klasikal tercapai yaitu 89,65%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas III SDN 07 Kota Bengkulu.
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Polinomial Kelas XI IPA 5 di SMAN 1 Kota Bengkulu Susanti, Desi; Yensy, Nurul Astuty; Yeni, Yuli Arma
TRIADIK Vol. 22 No. 2: Oktober 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v22i2.33573

Abstract

Abstrak Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran problem based learning pada materi polinomial kelas XI IPA 5 SMA N 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Observasi Peserta didik dan Lembar Tes Pengetahuan pada materi Polinomial. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif menggunakan persentase hasil belajar klasikal. Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning membuat peserta didik belajar untuk menghadapi masalah pada dunia nyata untuk memulai pembelajaran. Sebelum peserta didik mempelajari konsep/materi, peserta didik akan diberikan sebuah masalah yang harus dipecahkan. Oleh karena itu, untuk memecahkan masalah tersebut peserta didik akan memiliki kesadaran terhadap kebutuhan pengetahuan baru yang harus dipelajari untuk memecahkan masalah yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi polinomial kelas XI IPA 5 SMA N 1 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari presentasi ketuntasan pada siklus I sebesar 70 % meningkat menjadi 86,67 % pada siklus II. Berdasarkan kesimpulan tersebut, saran yang dapat disampaikan adalah sebaiknya guru mencari metode yang tepat sesuai dengan materi yang akan diajarkan kepada peserta didik. Guru hendaknya selalu melakukan refleksi setelah melakukan proses pembelajaran.
Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Menggunakan Media Pembelajaran Sandpaper Latter Supianti, Luki; Kurniah, Nina; Akzaiti, Misni
TRIADIK Vol. 22 No. 2: Oktober 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v22i2.33579

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis anak kelompok B setelah diterapkan media sandpaper letters setiap siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tes kemampuan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan penggunaan media sandpaper letters, kemampuan menulis anak siklus I persentase hasil observasi rata-rata yang didapatkan sebesar 61%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 74,90% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis anak kelompok B meningkat dengan menggunakan media pembelajaran sandpaper latter.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik dengan Menerapkan Problem Based Learning Model Berbantuan Simulasi PhET Fitriadi, Prasetyo; Medriati, Rosane; Sahmid, Sahmid
TRIADIK Vol. 22 No. 2: Oktober 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v22i2.33581

Abstract

Abstrak Artikel ini melaporkan hasil penelitian peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan simulasi PhET. Subjek pada penelitian ini adalah 33 peserta didik dari kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus pembelajaran. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan simulasi PhET dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dimana pada indikator kemampuan memahami masalah meningkat dari 75,76% meningkat menjadi 100% di siklus II. Pada indikator menyusun rencana penyelesaian mengalami peningkatan dari 51,52% di siklus I menjadi 90,91% di siklus II. Pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian mengalami peningkatan dari 45,45% di siklus I menjadi 84,85% di siklus II. Pada indikator melihat kembali mengalami peningkatan dari 45,45% di siklus I menjadi 84,85% di siklus II.
Improving Junior High School Students' Vocabulary Mastery through Wordwall.net Media Faradila, Nandatul; Lapita, Yuni; Fadhli, Muhammad
TRIADIK Vol. 22 No. 2: Oktober 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v22i2.33582

Abstract

Abstract This research attempted to investigate the effectiveness of using Wordwall.net media to improve junior high school students' vocabulary mastery. This research carried out classroom action research (CAR). Thirty students of class VIII.E at SMPN 7 Kota Bengkulu in the academic year of 2022/2023 were the research subjects. The instruments used were vocabulary test, observation checklist, and note. The results showed the improvement in students' vocabulary test that was proven in the percentage of students who passed the Minimum Mastery Criterion (KKM) from the pre-cycle to cycle 2. The improvement of classroom situations during the teaching-learning process also occurred in terms of students' attention, activeness, and confidence in learning English. Thus, wordwall.net is a potential medium to teach English vocabulary.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKN dengan Mengunakan Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Mayasari, Retno; Harlena, Neti; Dadi, Sri
TRIADIK Vol. 22 No. 2: Oktober 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v22i2.33588

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV D SD Negeri 82 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksaanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar 65,38%. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 88,46%. Dari hasil tersebut maka di buatlah judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKN dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar di Kelas IV D SD Negeri 82 Kota Bengkulu”.
Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik terhadap Hasil Belajar dalam Materi Pencegahan Pergaulan Bebas Kelas VIII D SMPN 10 Kota Bengkulu Agung, Muhammad; Asdiono, Asdiono; Pujianto, Dian
TRIADIK Vol. 22 No. 2: Oktober 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v22i2.33612

Abstract

Abstrak Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi belajar dan kualitas pembelajaran di kelas. Subyek penelitian tindakan kelas yaitu peserta didik kelas VIII D SMPN 10 Kota Bengkulu sejumlah 29 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023, yaitu pada bulan Mei. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil pre test, nilai rata – rata hasil belajar peserta didik 51,20% dengan kategori sangat rendah 10,35%, 44,80% rendah, sedang 20,70%, tinggi 24,15% dan sangat tinggi pada persentase 0,00%. Hasil persentase ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan peserta didik dalam memahami serta penguasaan pelajaran penjas materi pencegahan pergaulan bebas sebelum diterapkan metode index card match rendah. Nilai rata-rata hasil post test adalah 76,72% maka hasil belajar penjas materi pencegahan pergaulan bebas setelah diterapkan metode pembelajaran index card match mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibanding sebelum penerapan metode index card match. Persentase hasil belajar penjas materi pencegahan pergaulan bebas peserta didik meningkat yakni sangat tinggi 17,25%, tinggi 79,30%, sedang 3,45%, rendah 0,00% dan sangat rendah 0,00%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan metode index card match terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran penjas materi pencegahan pergaulan bebas. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif yang diperoleh serta hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran index card match berpengaruh terhadap hasil belajar penjas materi pencegahan pergaulan bebas pada peserta didik kelas VIII D SMPN 10 Kota bengkulu.
Penerapan Finger Painting untuk Meningkatkan Kreativitas pada Anak Usia Dini Kelompok B6 TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu Indriyani, Mona; Suryadi, Didik; Puspasari, Eka
TRIADIK Vol. 22 No. 2: Oktober 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v22i2.33613

Abstract

Abstrak Kreativitas menjadi salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan pada anak usia dini karena kreativitas sangat dibutuhkan agar nantinya anak dapat menjadi individu yang kreatif dan mampu melihat suatu masalah dari berbagai arah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan finger painting. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah 15 anak dengan sampel penelitian yaitu anak kelompok B6. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah kegiatan finger painting diberikan terjadi peningkatan pada kreativitas anak. Hal ini dibuktikan pada akhir siklus I didapatkan hasil 58,6% dan pada akhir siklus II didapatkan hasil 80,6%. Maka dari capaian keberhasilan yang ditargetkan sebanyak 75% dapat disimpulkan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak.
Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VB SD Negeri 09 Kota Bengkulu Agustin, Neli; Sari, Deyenti Permata; Muktadir, Abdul
TRIADIK Vol. 22 No. 2: Oktober 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v22i2.33615

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA serta aktivitas siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 09 Kota Bengkulu yang berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar dan aktivitas siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 59,2% dan aktivitas siswa dengan rata-rata 14,5 dikategorikan cukup aktif. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 81,4% dan aktivitas siswa dengan rata-rata 19 dikategorikan aktif.
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Indriyani, Rika; Amir, Hermansyah; Karlisa, Ice Dwi
TRIADIK Vol. 22 No. 2: Oktober 2023
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/triadik.v22i2.33616

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar peserta didik dalam materi larutan penyangga di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model Kemmis dan McTaggart, yang melibatkan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sampel penelitian terdiri dari 38 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu pada tahun ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen observasi proses pembelajaran dan instrumen post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pencapaian hasil belajar klasikal peserta didik sebesar 23,3%. Pada siklus I, persentase hasil belajar klasikal mencapai 63,1%, kemudian meningkat menjadi 86,4% pada siklus II.

Page 1 of 1 | Total Record : 10