cover
Contact Name
Ahmad Kadir KIlo
Contact Email
ahmad@ung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jjec@ung.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Educational Chemistry
ISSN : 26557606     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical education research, results of thought and research, instructional methods, and laboratory experiments.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022): February" : 10 Documents clear
Analisis Miskonsepsi Materi Pereaksi Pembatas Menggunakan Tes Three Tier Multiple Choice Polamolo, Adelia Nur; Lukum, Astin; Sukamto, Kostiawan
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 1 (2022): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i1.13180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi pereaksi pembatas kelas XI IPA MAN 1 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes Three Tier Multiple Choice. Tes instrumen yang digunakan telah diuji menggunakan uji validitas konstruk dan uji reliabel. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPA MAN 1 Kota Gorontalo dengan jumlah sampel 178 siswa yang diambil dari 5 kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami miskonsepsi diseluruh indikator dengan kategori miskonsepsi 1 (MK1) memiliki persentase sebesar 12,2%, miskonsepsi 2 (MK2) memiliki persentase sebesar 9,4%, dan miskonsepsi 3 (MK3) memiliki persentase sebesar 34,6%.
Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Hidrokarbon Dilapanga, Harsya Wiriawan; Paputungan, Mardjan; Tangio, Julhim S.; La Kilo, Jafar
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 1 (2022): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i1.13405

Abstract

Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri 4 Gorontalo Pada Materi Hidrokarbon. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan M.Si dan Pembimbing II Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi Hidrokarbon. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 4 Gorontalo yang berjumlah 3 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes two tier multiple choice. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa untuk indikator mengidentifikasi unsur-unsur dalam senyawa karbon kategori cukup paham konsep sebesar 42.11%, untuk indikator mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon kategori kurang paham 29.24%, untuk indikator membedakan atom karbon primer, sekunder, tersier dan kuartener kategori tidak paham konsep 12%, untuk indikator mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan kategori tidak paham 17.54%, untuk indikator memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna kategori tidak paham 17.54% dan untuk indikator menentukan titik didih dan hubungannya dengan Mr kategori kurang paham konsep 24.56%. dan untuk indikator menentukan isomer dalam senyawa hidrokarbon kategori tidak paham konsep sebesar 10.53%.
Analisis Motivasi Belajar pada Materi Asam Basa Selama Masa Pandemi Covid-19 Daing, Hardianti; La Kilo, Akram; Iyabu, Hendri; Alio, La
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 1 (2022): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i1.13240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar pada materi asam basa siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gorontalo selama masa pandemi Covid-19. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gorontalo. Responden penelitian 150 siswa. Instrumen yang digunakan adalah quesioner dengan wawancara motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik siswa. Hasil penelitian ditemukan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa secara keseluruhan memiliki tiga kategori yaitu kategori sangat tinggi, tinggi dan cukup tinggi, untuk aspek motivasi belajar intrinsik siswa yaitu keinginan diri sebesar 84%, kepuasaan sebesar 87%, kebiasaan baik sebesar 84% dan kesadaran sebesar 80%. Untuk rata-rata dari motivasi belajar intrinsik siswa memperoleh nilai 84% dengan kategori sangat tinggi sedangkan untuk aspek motivasi belajar ekstrinsik siswa yaitu pujian sebesar 81%, nesehat sebesar 85%, semangat sebesar 82%, hadiah sebesar 77%, hukuman sebesar 79% dan meniru sesuatu sebesar 86%. Untuk rata-rata dari motivasi belajar ekstrinsik siswa memperoleh nilai 82% dengan kategori tinggi.
Analisis Model Mental Siswa dalam Mentransformasikan Konsep Laju Reaksi Melalui Multipel Representasi Pikoli, Masrid; Sukertini, Kadek; Isa, Ishak
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 1 (2022): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i1.13515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model mental siswa dalam mentrasformasikan konsep laju reaksi melalui multipel representasi siswa SMA Negeri 1 Limboto. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel berjumlah 150 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes diagnostik two tier multiple choice, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase model mental yang dimiliki siswa adalah: model mental Inisial (36,2%), model mental Sintetik (29,4%) dan model mental Saintifik (34,4%). Multipel representasi siswa dalam memahami konsep laju reaksi masih sangat rendah pada level submikroskopik. Penyebab terbentuknya model mental siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Pembelajaran dengan Model Discovery Learning Berbasis Chemdraw untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ikatan Kovalen Syawal, Apriyanto; Laliyo, Lukman Abdul Rauf; Sihaloho, Mangara; Munandar, Haris
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 1 (2022): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i1.13222

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep ikatan kovalen siswa kelas X IPA 3 di SMA Negeri 1 Suwawa dengan model pembelajaran discovery learning berbasis chemdraw. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Suwawa pada materi ikatan kovalen dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 di SMA Negeri 1 Suwawa yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Tes yang digunakan adalah tes uraian dengan jumlah soal 5 nomor tiap siklus. Pengukuruan pemahaman konsep siswa dianalisis dengan cara menghitung persentase berdasarkan jumlah skor siswa yang dibagi dengan skor total dan dikalikan 100% dengan kriteria tingkat pemahaman tinggi, sedang, dan rendah. Hasil presentase pemahaman konsep pada siklus I sebesar 73,1% dan meningkat pada siklus II sebesar 95,2% sehingga telah memenuhi indikator kinerja sebesar 85%. Hal ini juga didukung oleh kegiatan guru dan kegiatan siswa yang mengalami peningkatan yang awalnya pada siklus I persentase kegiatan guru dari 40,7% dengan kategori cukup menjadi 95,7% dengan kategori sangat baik dan persentase kegiatan siswa dari 39,1% dengan kategori kurang menjadi 94,1% dengan kategori sangat baik.
LKM Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual dan Motivasi Belajar Kimia Saija, Maryone; Beay, Lazarus Kalvein
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 1 (2022): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i1.13492

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap pemahaman konseptual dan motivasi belajar mahasiswa. Sampel penelitian adalah mahasiswa pada Jurusan Pendidikan MIPA STKIP Gotong Royong Masohi yang mengambil mata kuliah Kimia Dasar 1 berjumlah 107. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control group. Kelompok eksperimen menggunakan LKM berbasis inkuiri terbimbing (n=55) dan kelompok kontrol yang belajar menggunakan LKM tradisional (n=52). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) LKM berbasis inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa, terlihat dalam perolehan mean skor posttest mahasiswa dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara berturut-turut adalah 74.09 dan 65.73, selisih lebih besar 8.36 untuk kelompok eksperimen; dan (2) LKM berbasis inkuiri terbimbing dapat menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa.
Identifikasi Pemahaman Konsep Mahasiswa Tingkat Multi-Representasi Pada Materi Asam Karboksilat Musa, Weny J.A; Ampile, Nurindah Dewi Harini; Rumape, Opir
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 1 (2022): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i1.13302

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep tingkat representasi makroskopik, mikroskopik dan simbolik mahasiswa pada materi asam karboksilat. Instrumen yang di gunakan adalah Three-tier multiple choice. Subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa prodi Pendidikan Kimia UNG Angkatan 2019 dengan jumlah sampel sebanyak 43 mahasiswa. Data penelitian di peroleh dari jawaban mahasiswa pada soal tes asam karboksilat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengalami miskonsepsi 1 (MK1) sebesar 14,65%, dan miskonsepsi 2 (MK2) sebesar 16,23%. Jumlah siswa yang paham konsep diperoleh sebesar 20,32% dan tidak paham konsep berjumlah 48,80%.
Pengaruh Strategi Joyful Learning Melalui Chemical Bonding Game Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Yusuf, Risciana; Bialangi, Nurhayati; Kunusa, Wiwin Rewini; Paputungan, Mardjan
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 1 (2022): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i1.12725

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Joyful Learning melalui Chemical Bonding Game terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eeksperimen dengan desain “Pretest-Posttest group Design”. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Instrumen tes dalam bentuk objektif. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat pengaruh pembelajaran Joyful Learning menggunakan Chemical Bonding Game. Hasil penelitian pada pretest rata-rata kelas eksperimen 23,18 dan kelas kontrol 25,21 masih sangat rendah, pada posttes rata-rata kelas eksperimen 76,788 dan kelas kontrol 67,242. Hasil hipotesis menunjukan thitung = 3,601 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 64 diperoleh ttabel = 1,669. Berdasarkan hasil uji hipotesis, jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Joyful Learning dengan menggunakan media Chemical Bonding Game memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Pengaruh Strategi REACT Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Larutan Penyangga Suleman, Nita; Naiyo, Marlina H.; Duengo, Suleman; Kilo, Ahmad Kadir
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 1 (2022): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i1.13634

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 55 siswa terbagi pada kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran strategi REACT (Relating, Experiencing, Applayng, Cooperatif, dan Transfering) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 15 soal valid dan hasil reliabilitas tes adalah 0,8454 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 53 diperoleh thitung sebesar 5,695 lebih besar dari ttabel yaitu 1,674 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran berstrategi REACT terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi larutan penyangga. Adapun data aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, dengan rata-rata kelas eksperimen 80,345% sedangkan pada kelas kontrol 68,942%. Sedangkan pada aspek psikomotor kelas eksperimen sebesar 75,431% termasuk dalam kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 48,750% termasuk kategori masih kurang.
Identifikasi Miskonsepsi Ikatan Kimia Menggunakan Diagnostic Test Multiple Choice Berbantuan Certainty of Response Index Karim, Fadila; Ischak, Netty Ino; Mohamad, Erni; Aman, La Ode; Salimi, Yuszda K.
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 1 (2022): February
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i1.13239

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Kabila pada materi ikatan kimia dengan menggunakan instrumen Diagnostic test multiple choice berbantuan Certainty of response index. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah Three-tier multiple choice. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila dengan jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Data penelitian ini di peroleh dari jawaban siswa pada soal three-tier multiple choice dan diolah berdasarkan pola jawaban siswa yang kemudian di kelompokan ke dalam kategori paham konsep , miskonsepsi error 1, miskonsepsi error 2, miskonsepsi error 3 dan tidak paham konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa kategori miskonsepsi error 1 (MK1) 3,22%, miskonsepsi error 2 (MK2) 8,55%, dan kategori miskonsepsi error 3 (MK3) 19,34%. Sedangkan paham konsep 12,55% dan tidak paham konsep 56,32%.

Page 1 of 1 | Total Record : 10