Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan Biologi dan Biologi.
Articles
9 Documents
Search results for
, issue
"Vol 8, No 1 (2023): Bioedusiana"
:
9 Documents
clear
The Biology Conceptual Knowledge of The High School Student in Aceh
Lubis, Silvi Puspa Widya;
Paidi, Paidi;
Samsuar, Samsuar;
Muzana, Syarifah Rahmiza;
Meutia, Putri Dini;
Elyza, Ferlya;
Suryadarma, I Gusti Putu
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 1 (2023): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37058/bioed.v8i1.10091
Conceptual knowledge is an important component in learning biology as one of the achievements of the cognitive domain. This study aimed to describe students' conceptual knowledge in learning biology. This research was descriptive research using the survey method. This research was conducted at the Public Senior High School, Aceh Besar, Aceh in 2019. The research subjects were 135 students of class X SMAN in Aceh Besar. The sampling technique was the total sampling technique. Data collection was done through test techniques. The test technique was carried out to measure the achievement of conceptual abilities. The test instrument used was multiple choice taken from ecosystem material. The data analysis used was inferential analysis to determine the difference in the achievement of students' conceptual knowledge in schools with the accommodated variables, namely based on gender. The results obtained indicate that the results of the study obtained a value of p = 0.000 (p 0.05), so there is a significant difference between the gender of female and male students. The average value of the achievement of conceptual knowledge of students of class X IPA SMA Negeri in Aceh Besar where the female students were 7.56 and male students were 4.32. It can be concluded that the conceptual knowledge of female students is higher than male students
Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Prezi pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya untuk Siswa SMP Kelas VII
Utami, Rizki;
Yeni, Laili Fitri;
Yuniarti, Anisyah
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 1 (2023): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37058/bioed.v8i1.10087
Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif berbasis Prezi pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya di SMP Negeri 16 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan pada 21 Mei sampai 7 November 2022. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki tiga tahapan yaitu Analisis (analysis), Perancangan (design), dan Pengembangan (development). Instrumen dan pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis metode skala dengan modifikasi skala Likert yang dilanjutkan dengan analisis Aiken V. Dari hasil penilaian terhadap multimedia interaktif berbasis Prezi pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya yang telah dikembangkan dinilai sangat valid dengan skor keseluruhan aspek rata-rata sebesar 0,97 dengan kategori sangat layak, penilaian tiap-tiap aspek yaitu aspek pembelajaran sebesar 0,96 dengan kategori sangat layak, penilaian pada aspek tampilan sebesar 0,98 degan kategori sangat layak, dan penilaian pada aspek isi sebesar 0,96 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan skor yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif berbasis Prezi pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungan dikategorikan sangat valid sehingga layak untuk digunakan sebagai desain media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran pendidikan biologi.
Uji Efektivitas Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Sistem Pernapasan dan Sistem Ekskresi di Kelas VIII SMP
Yudiningsih, Yudiningsih;
Adnan, Adnan;
Palennari, Muhiddin
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 1 (2023): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37058/bioed.v8i1.10092
Video pembelajaran berbasis kontekstual dikembangkan untuk menghasilkan bahan ajar yang bersifat valid, praktis dan efektif serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Reserch and Development (RD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE atau model dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data penelitian terdiri atas (1) data kevalidan melalui penilaian validator ahli menggunakan instrumen angket validasi, (2) data kepraktisan melalui observasi keterlaksanaan video pembelajaran menggunakan angket observasi keterlaksanaan dan menggunakan angket respon guru dan peserta didik, (3) data keefektifan diperoleh melalui angket motivasi dan kemandirian. Guru IPA dan Peserta didik Kelas VIII SMPN 15 Makassar sebgai subjek penelitian untuk mengetahui kepraktisan video pembelajaran kontekstual. Hasil analisis data validitas produk penelitian diperoleh 4.7 (sangat valid), hasil analisis kepraktisan produk oleh guru 85% (sangat praktis) dan peserta didik 90% (sangat praktis) dan hasil analisis keefektifan dilihat dari motivasi 88% (sangat baik) dan kemandirian 88% (sangat baik). Berdasarkan analisis data tersebut video pembelajaran berbasis kontekstual bersifat valid, praktis dan efektif.
Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Virus Di Kelas X
Amin, Muhammad Taufik;
Harahap, Risma Delima
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 1 (2023): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37058/bioed.v8i1.10088
Minat sangat menentukan hasil belajar siswa baik secara akademik maupun non akademik. Minat belajar siswa menurun dikarenakan faktor cara belajar yang kurang berkesan dan faktor media pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas X MIA-1 dan X MIA-2 di SMA Negeri 2 Bilah Hilir pada mata virus. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X MIAS-1 dan X MIA-2 dengan total sebanyak 65 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu pengumpulan data triangulasi menggunakan angket, observasi, dan wawancara sebagai data pendukung. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan empat indikator didapatkan yaitu perasaan senang siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 74,57 %, perhatian siswa terhadap pelajaran sebesar 78,37%, ketertarikan siswa terhadap pembelajaran sebesar 77,58%, dan keterlibatan siswa terhadap pembelajaran sebesar 74,51%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan minat belajar siswa kelas X MIA-1 dan X MIA-2 di SMA Negeri 2 Bilah terhadap materi virus adalah sangat tinggi.
Pengembangan E-Modul Berbasis Mobile Menggunakan Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan
Rozi, Fahrur;
Khasanah, Ana Meilyani Khusnatul
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 1 (2023): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37058/bioed.v8i1.10093
Penggunaan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka di SMA. Kegiatan pembelajaran di dalam kelas masih banyak siswa yang kurang fokus terhadap materi yang diberikan guru, dikarenakan kurangnnya penggunaan bahan ajar sehingga proses belajar mengajar di kelas belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar e-modul menggunakan aplikasi canva pada mata pelajaran Biologi kelas X untuk mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (RD). Model pengembangan 4D Thiagarajan, Semmel dan Semmel, (1974) terdiri dari 4 tahap, yaitu: tahapan Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) and Disseminate (penyebaran). Subyek penelitian ini meliputi 1 ahli media, 1 ahli materi dan 34 peserta didik kelas X SMA. Hasil dari pengujian produk yang dikembangkan berupa analisis instrumen, e-modul dinyatakan “Sangat Layak†digunakan sebagai bahan ajar dengan perolehan nilai keseluruhan aspek yaitu oleh ahli media sebesar 83%, ahli materi sebesar 90%, uji kelompok kecil 91% dan uji lapangan sebesar 88%. Jadi berdasarkan hasil yang diperoleh, maka bahan ajar e-modul menggunakan aplikasi Canva pada mata pelajaran Biologi di kelas X SMA layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran di kelas.
Komparasi Pendekatan Brainstorming Teknik Round-Robin dengan Pendekatan Saintifik Metode Diskusi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis & Keaktifan Siswa
Rifa, Maryani Sabda;
Rahayu, Hanum Mukti;
Setiadi, Anandita Eka
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 1 (2023): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37058/bioed.v8i1.6386
Pembelajaran daring di SMA Negeri 2 Simpang HIlir selama  pandemi covid-19 menyebabkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa berkurang.  Belajar tatap muka baru dilaksanakan pada semester ganjil TA 2022/2023. Hal tersebut terlihat dari  kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa tersebut masih kurang, dihat dari kemampuan menyampaikan pendapat, melakukan tanya jawab, dan diskusi. Sehingga diperlukan pendekatan dan metode pembelajaran yang dapat memacu kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa. Salah satunya  menggunakan pendekatan brainstorming teknik round-robin dan pendekatan saintifik metode diskusi. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa dengan kedua pendekatan dan metode tersebut. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan  bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan  XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 2. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa di kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Nilai Gain kemampuan berpikir kritis  kelas eksperimen 1 lebih tinggi (10,19) disbanding  kelas eksperimen 2 (5,36) dengan hasil uji U Mann-Whitney 0,825 (tidak terdapat perbedaan). Keaktifan siswa kelas eksperimen 1 lebih tinggi (70,45) dibandingkan kelas eksperimen 2 (54,45) dengan hasil uji U Mann-Whitney yaitu 0,914 (tidak terdapat perbedaan). Dapat disimpulkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa yang ajar menggunakan pendekatan brainstorming teknik round-robin dibandingkan dengan yang diajar menggunakan pendekatan saintifik metode diskusi, tetapi dari hasil uji statistik menunjukan kedua pendekatan tidak menunjukan perbedaan yang signifikan.
Implementasi E-Book Berbasis Hots Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Literasi Digital dan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah
Saputra, Gede Ngurah
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 1 (2023): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37058/bioed.v8i1.10085
Kemampuan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Namun, proses pembelajaran belum sepenuhnya menerapkan media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Pembelajaran di sekolah masih didominasi oleh guru dan peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan yang dikemukakan tersebut adalah dengan mengimplementasikan E-book berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi E-book berbasis HOTS pengaruhnya terhadap kemampuan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menilai literasi digital dan soal pretest posttest untuk melihat kemampuan berpikir tingkat tinggi. Perangkat telah divalidasi ahli oleh pakar dan validasi empirik di kelas lain diluar kelas perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan E-book berbasis HOTS terhadap kemampuan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi hal ini dibuktikan diperoleh nilai perhitungan untuk uji hipotesis adalah 0,00 0,05. Hasil kemampuan literasi digital di kelas eksperimen memperoleh rerata nilai 74% kategori baik dan kelas kontrol memperoleh rerata nilai 52% kategori kurang. Kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen memperoleh nilai 0,67 kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh nilai 0,06 kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang mengimplementasikan E-book berbasis HOTS berpengaruh positif terhadap keterampilan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci:  E-book berbasis HOTS; Literasi digital; Berpikir tingkat tinggi;
Profil Literasi Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Wajo Berdasarkan Perbedaan Tempat Tinggal
Yani, Ahmad
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 1 (2023): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37058/bioed.v8i1.10089
Rendahnya ketidakpedulian manusia berdampak pada tingkat pencemaran lingkungan di danau Tempe.  Berdasarkan pencemaran lingkungan yang terjadi di danau Tempe diperlukan pengetahuan, sikap, dan perilaku literasi lingkungan pada siswa. Peran serta dari siswa yang bermukim di sekitar danau Tempe diharapkan mampu menjaga dan melestarikan lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk mengetahui tingkat profil literasi lingkungan berdasarkan perbedaan tempat tinggal yang bermukim di daerah danau Tempe dan yang berada di daerah perkotaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil literasi lingkungan berdasarkan perbedaan tempat tinggal siswa.  penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA IT SMA Negeri 3 Wajo. Sampel penelitian ini menggunakan 30 siswa. Siswa yang tinggal di daerah perkotaan berjumlah 16 siswa dan yang tinggal di daerah sekitar danua Tempe berjumlah 14 siswa. Teknik sampling penelitian ini menggunakan random sampling. Instrumen penelitian ini berupa lembar pretes-postest literasi lingkungan.  Berdasarkan  hasil analisis, hasil nilai pretest literasi lingkungan siswa yang tinggal  di daerah perkotaan memperoleh nilai 44 termasuk kategori sangat kurang dan postest 84 termasuk kategori cukup baik. Sedangkan siswa yang tinggal di daerah sekitar danau Tempe memperoleh nilai pretest  61 termasuk kategori cukup baik dan posttest memperoleh nilai 93 termasuk kategori sangat baik.  Berdasarkan indikator profil literasi lingkungan termasuk kategori cukup baik.   Profil literasi lingkungan siswa terdapat perbedaan yang tinggal di daerah perkotaan dan yang tinggal di daerah sekitar danau Tempe. Hasil nilai literasi lingkungan yang tinggal di daerah danau Tempe sangat baik dan yang tinggal di daerah perkotaan nilai literasi lingkungan cukup baik
Persepsi Guru dan Siswa Pada Pembelajaran Daring Serta Interelasi Antara Self Efficacy Dengan Penguasaan Konsep Siswa
Sari, Vivi Kurnia;
Lengkana, Dewi;
Yolida, Berti
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 8, No 1 (2023): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37058/bioed.v8i1.10086
Adanya peralihan proses kegiatan belajar mengajar dari sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran daring tentu memberikan perubahan yang cukup signifikan. Pembelajaran daring menuntut siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran karena guru tidak bisa mengawasi proses belajar mereka secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa, self-efficacy, penguasaan konsep, serta interelasi antara self-efficacy dengan penguasaan konsep siswa kelas X MIPA pada pembelajaran daring. Desain yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian terdiri atas 3 guru biologi dan 118 siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Seputih Surabaya yang dicuplik dari populasi dengan menggunakan teknik total sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni semester genap tahun 2021. Data kuantitatif berupa penguasaan konsep siswa kelas X materi perubahan lingkungan diperoleh menggunakan soal, sedangkan data kualitatif berupa persepsi guru, persepsi siswa, dan self-efficacy siswa menggunakan angket dalam bentuk google form. Data persepsi, self-efficacy dan penguasaan konsep dianalisis deskriptif, sedangkan interelasi self-efficacy dengan penguasaan konsep dianalisis inferensial dengan Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru berkategori baik (67,28%). Persepsi siswa berkategori baik (69,71%). Self-efficacy siswa berkategori tinggi (67,87%). Penguasaan konsep berkategori tinggi (39%). Terdapat hubungan yang positif antara self-efficacy dengan penguasaan konsep siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Seputih Surabaya dengan derajat hubungan yang rendah.