Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan pendidikan multibahasa; analisis wacana; sastra dan pengajaran; bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA); dan penerbitan dan budaya.
Articles
41 Documents
Search results for
, issue
"2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV"
:
41 Documents
clear
Implementasi E-Modul Berbasis Exe Learning pada Materi Puisi untuk Siswa Kelas VII MTs Sunan Kalijaga
Ubaidillah, A. Shafir;
Werdiningsih, Dyah;
Busri, Hasan
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.19105/ghancaran.vi.11724
Media pembelajaran merupakan suatu proses yang harus ada untuk mengembangkan model pembelajaran pada kurikulum merdeka, diketahui bahwa pada kelas VII MTs Sunan Kalijaga media pembelajaran yang digunak sudah cukup beragam, namun untuk pemanfaatan sarana teknologi informasi yang disediakan kurang dimanfaatkan dengan baik, sehingga guru terus melakukan upaya untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan tepat sasaran. Salah satu upaya guru bahasa Indonesia yakni dengan penerapan e-modul berbasis Exe Learning, sehingga tujuan dari penelitian ini yakni untuk dapat mendeskripsikan bagaimana implementasi penggunaan e-modul berbasis Exe Learning pada materi puisi serta kelebihan dan kekurangan media pembelajaran ini pada saat di implementasikan. Model dari penelitian ini yakni metode kualitatif deskripif. Penelitian ini menghasilkan bahwa E-modul berbasis Exe Learning ini ianggap sangat efektif karena penggunaan e-modul berbasis Exe Learning ini memiliki beberapa manfaat untuk siswa dan guru serta dapat meningkatkan minat, kreatifitas dan motivasi belajar siswa serta meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada saat dilakukannya tes tentang materi puisi. Namun aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan yang juga harus dikembangkan selanjutnya yakni penggunaan yang harus dengan pc atau laptop sehingga sulit diakses oleh siswa yang tidak memiliki laptop/pc diluar sekolah.
Prototipe Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik Audio Visual Bermuatan Nilai Antikorupsi untuk Siswa SMA
Wulan, Andi Naga;
Subyantoro, Subyantoro;
Wagiran, Wagiran
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.19105/ghancaran.vi.11725
Media pembelajaran berbasis teknologi menjadi sarana untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang materi pelajaran sekaligus menginternalisasi nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembuatan prototipe media komik audio visual bermuatan nilai antikorupsi sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia. Media komik audio visual ini dibuat dengan berbantuan artificial technology (AI). Penelitian ini dilakukan dengan studi literatur. Hasil temuan menunjukkan bahwa perkembangan media komik audio visual masih stagnan, padahal media tersebut memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, belum banyak media pembelajaran yang bermuatan nilai karakter antikorupsi di Indonesia. Maka dari itu, media komik audio visual bermuatan nilai antikorupsi akan memberi sumbangasih dan kemaslahatan yang besar dalam menciptakan generasi yang berpendidikan dan berkarakter.
Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Menulis Kritis melalui Teknologi Literasi Digital
Albaburrahim, Albaburrahim;
Suyono, Suyono;
Widyartono, Didin
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.19105/ghancaran.vi.11728
This research aims to describe the implementation of the inquiry learning model in critical writing through digital literacy technology. This research is also to determine the implementation of inquiry learning in critical writing by utilizing digital literacy technology. This research method uses research and development methods used in this research. Based on development standards for learning system design, this investigation was carried out procedurally. The procedure includes preparation, implementation and evaluation stages. The data collection in this research was through classroom observations, student and teacher interviews, as well as analysis of student written work produced through digital literacy technology. Data analysis in this research involved collecting, processing and interpreting data from students' literacy activities and written production. Data can be presented in the form of interactions on digital literacy platforms, student responses, or the quality of written results. The results of this research show that the inquiry learning model can be useful in making it easier for students to write critically, supported by the existence of digital literacy technology which has developed rapidly. Digital literacy technologies enable quick and easy access to a wide range of information sources in critical writing contexts.
Pemanfaatan Teknologi dalam Model Pembelajaran Olah Alur pada Pembelajaran Menulis Cerpen
Ulfah, Anisa;
Jesica, Elena;
Fitriyah, Lailatul;
Amalia, Ghaitsa Shofa Putri;
Yulianingtyas, Mita;
Amelya, Putri Dewi
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.19105/ghancaran.vi.11731
The use of technology in learning is something that educators need to continue to innovate so that the learning process is in line with current developments. The use of this technology can be developed in selecting learning models because it is a learning component used to support the achievement of learning success. The Olah Alur learning model is a learning model developed by optimizing the use of technology and using modeling methods to emphasize short story literacy activities as a reference in producing a new short story according to the characteristics and needs of students. The purpose of this research is to explain the use of technology used in the Flow Process learning model. The method used in this research is descriptive qualitative method. Based on the results of data analysis, it was found that there were five uses of technology in the Olah Alur learning model, including the use of website spinner, Google Drive, PowerPoint, digital LKPD, and social media. These media are used as an effort to improve the quality of learning to write short stories at Al-Mubtadiin Babat Lamongan Integrated Middle School. Thus, it can be concluded that the use of technology is used as a medium and learning resource for students to be able to provide quality experiences.
Psikolinguistik, Neurolinguistik, dan Metafora Kognitif Komputer dalam Perkembangan Bahasa Teknologi Kecerdasan Buatan
Maulida, Siti Zumrotul;
Aidha, Fakhriyyah Asmay;
Khoirunnisa, Krismonika
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.19105/ghancaran.vi.11734
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi psikologi perkembangan bahasa pada sistem teknologi kecerdasan buatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang akan dimanfaatkan untuk menganalisis hasil tulisan mahasiswa yang diparafrase menggunakan tiga aplikasi kecerdasan buatan yaitu aplikasi Chat GPT, Aizzy AI, dan Perplexity AI. Analisis data pada penelitian ini berbasis teks dan wacana berdasarkan struktur pembangun semantik, morfologi, dan sintaksisnya. Proses pengolahan data pada penelitian ini memanfaatkan pencarian sederhana terkait kata kunci tertentu untuk mendapatkan hasil parafrase dari ketiga aplikasi kecerdasan buatan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya perbedaan yang signifikan. Signifikansi yang ditemukan berupa pengolahan kebahasaan dari teks yang diparafrase menggunakan pencarian kata kunci yang sama, baik yang menggunakan aplikasi Chat GPT, Aizzy AI, dan Perplexity AI.
Pendidikan Karakter Sufistik dalam Cerita Anak Bergambar Awas Manusia Karya Ahmad Mustofa Bisri Berbasis Elektronik
Anwar, Fikrul;
Busri, Hasan
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.19105/ghancaran.vi.11735
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan karakteristik sufi. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang mendeskripsikan suatu fenomena yang telah ditemukan. Pemerolehan data yang diambil diperoleh dari buku elektronik cerita bergambar dengan judul Awas Manusia karya Ahmad Mustofa Bisri. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data melalui tahap membaca, mencatat, dan dokumentasi. Penelitian ini penting dilakukan untuk menggambarkan dari hasil data yang ditemukan, karena ada dua komponen dari data yang terdapat dalam buku tersebut, yaitu karakteristik dari seorang sufi, antara lain kepedulian, ramah, dan rendah hati, keduanya menjadi dasar sifat manusia ketika berinteraksi kepada masyarakat dan lingkungannya, sehingga manusia akan memiliki sifat pentingnya akan perdamaian dan menjauhi perselisihan. Menariknya karakter kepedulian, ramah, dan rendah hati yang digambarkan oleh seorang penulis adalah seekor binatang,buku elektronik bacaan untuk anak dengan judul Awas Manusia menceritakan dunia binatang yang dapat dengan mudah mengedukasi dalam perkembangan karakter anak.
Implementasi Aplikasi KBM Sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa MTs Al-Amiriyyah Darussalam Banyuwangi
Istiqomah, Fina Zaidatul;
Rani, Abdul
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.19105/ghancaran.vi.11736
Penggunaan media pembelajaran memudahkan guru dalam penyampaian proses pembelajaran. Media yang baru dan mudah mampu merangsang siswa dalam menghasilkan hasil pembelajaran yang maksimal. Seperti halnya pemanfaatan media pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan aplikasi KBM. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan aplikasi KBM sebagai media pembelajaran menulis cerpen siswa kelas IX MTs Al-Amiriiyah Darussalam Blokagung Banyuwangi. 2) kekurangan dan kelebihan penerapan aplikasi KBM sebagai media pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas IX MTs Al-Amiriiyah Darussalam Blokagung Banyuwangi. Metode penelitian ini menggunakan jenis Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, analisis data yang digunakan adalah Interaktif Model Milles dan Huberman meliputi: pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi metode, teknik dan teori. Hasil penelitian ini adalah dalam penerapannya mempunyai beberapa langkah, di antaranya membuat akun gmail, masuk dalam fitur menulis, desain cerita baru, mulai menulis cerita, publikasi. Adapun, kendala dan solusi dalam proses penerapan aplikasi KBM berbasis web, di antaranya sarana dan prasarana, terbatasnya akses internet dan durasi waktu.
Wujud Satuan Ekspresi Populer pada Wacana Berita Online di Era Teknologi
Hasanah, Arinal;
Yuniawan, Tommi;
Baehaqie, Imam
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.19105/ghancaran.vi.11737
Banyaknya anak remaja yang yang tidak dapat terlepas dari teknologi tersebut membuat para portal online news bermunculan dengan menyajikan beragam topik berita dalam kehidupan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan makna satuan ekspresi populer pada wacana berita online portal Hipwee.com di era teknologi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu memaparkan bagaimana bentuk satuan ekspresi populer pada wacana berita online di era teknologi khususnya portal Hipwee.com. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan wujud satuan ekspresi populer atau bahasa gaul dalam wacana berita online Hipwee.com yang diklasifikasikan atau dikelompokkan menjadi lima pola, yaitu (1) singkatan; (2) akronim; (3) kata yang mengalami kliping; (4) kata yang berasal dari bahasa asing atau daerah; dan (5) pembentukan kata baru. Sedangkan orientasi portal Hipwee.com menggunakan bahasa gaul adalah untuk merangkul dan menarik minat pembaca milenial.
Kajian Model Pembelajaran Word Square terhadap Pembelajaran Bahasa di Sekolah
Kusumawati, Hesty
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.19105/ghancaran.vi.11738
Penelitian ini mengkaji tentang model pembelajaran word square terhadap pembelajaran Bahasa. Tujuannya adalah mendiskripsikan pengaruh dan efektifitas penggunaan model ini pada pembelajaran Bahasa sehingga menjadi alternatif bagi pendidik untuk menggunakan model ini. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif karena penelitian ini menggunakan jurnal terindeks google scholar sebagai sumber data. Dalam proses analisis data peneliti hanya mengambil data dari jurnal 5 tahun terakhir yaitu 2019-2023. Dalam penelitian ini diperoleh 14 jurnal bereputasi dengan penerapan model word square pada berbagai jenis pembelajaran Bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Bahasa Jepang dan Bahasa Prancis. Penelitian ini juga membahas dampak dari model pembelajaran ini yaitu berdampak pada penguasaan kosakata, membaca pemahaman, hasil belajar dan keterampilan berbicara.
Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa melalui Transformasi Digital Berbasis E-Learning
Bawamenewi, Arozatulo;
Waruwu, Yaredi
GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV
Publisher : Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.19105/ghancaran.vi.11739
Tujuan penelitian ini untuk mengimplementasikan aplikasi e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta dapat meningkatkan antusias mahasiswa dalam proses pembelajaran secara luring. Standar kualitas pembelajaran yang lebih konsisten dengan sistem e-learning adalah mutlak diperlukan untuk mengantisipasi perkembangan zaman dengan dukungan teknologi informansi menuju era industry 4.0 dan society 5.0.Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Subjek penelitian dosen dan mahasiswa. Semua subjek yang dipilih dapat menjadi sampel karena teknik sampel jenuh yang digunakan. Teknik pengumulan data melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi media pembelajaran E-learning melalui website Universitas Nias. Instrumen penelitian dimodifikasi oleh peneliti yakni penggunaan tools aplikasi e-learning, media pembelajaran online, dan manfaat e-learning pada pembelajaran bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi E-learning dapat diterapkan dalam proses pembelajaran secara luring dengan beberapa manfaat yakni akses fleksibel, pemilihan materi, self-paced learning, interaktif, akses sumber daya luas, efisiensi biaya, pembelajaran diversifikasi, rekam jejak pembelajaran, lingkungan belajar, mengurangi hambatan geografis serta mampu memberi kesempatan berkolaborasi antar mahasiswa dari titik lokasi geografis untuk untuk memehami secara mendalam wejangan dari berbagai sumber.