cover
Contact Name
Jurnal Tarbiyah Al-Awlad
Contact Email
tarbiyah.alawlad@uinib.ac.id
Phone
+6285274713400
Journal Mail Official
tarbiyah.alawlad@uinib.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidauyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Jl. Prof Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Kuranji Kota Padang Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
ISSN : 20868065     EISSN : 2723004X     DOI : https://doi.org/10.xxx/xxxx
Core Subject : Education,
Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ibtidaiyah
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2023): Vol 13 Nomor 2 (2023)" : 10 Documents clear
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Untuk Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Nearpod Di Kelas III Sekolah Dasar Utari, Masmelda; Elvinas, Rini
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 2 (2023): Vol 13 Nomor 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i2.7383

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik untuk pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi nearpod di kelas 3 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode R&D dengan model penelitian ADDIE. Tahap analisis mengungkapkan permasalahan mendasar dalam pengembangan bahan ajar. Pada tahap desain, dilakukan desain produk untuk bahan ajar. Pada tahap pengembangan, evaluasi ahli terhadap buku teks mendapat skor 0,99% dalam materi, 0,86% dalam media, dan 1,06% dalam bahasa kategori yang valid. Tahap implementasi dilakukan dengan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Tes kepraktisan guru mendapat skor 0,85% dalam kategori sangat praktis, dan tes kepraktisan siswa mendapatkan skor 0,85% dalam kategori sangat praktis. Uji keefektifan dilakukan di SDN 09 Air Tambang dan SD IT Fathur Ilmi Kabupaten Pesisir Selatan terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari pengetahuan dan mencapai nilai prediksi baik sebesar 84,44 dan 83,33. Keterampilan mendapat skor 3,63 dan 3,44, predikat sangat baik dan baik, dan skor sikap 3,67 dan 3,50, predikat sangat baik. Fase evaluasi, di mana saran dan kontribusi ahli dianalisis dan dievaluasi selama fase validasi buku teks yang dikembangkan. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulannya adalah bahwa bahan ajar tematik untuk pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi nearpod layak digunakan untuk menunjang hasil belajar peserta didik, dengan kategori valid, praktis dan efektif untuk digunakan di kelas 3 Sekolah Dasar.
Pengembangan Modul Berbasis Arias Pada Materi Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Kelas 2 SD/MI Mahmud, Mahmud; Basit, Abdul; Ramanda, Ramanda
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 2 (2023): Vol 13 Nomor 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i2.8308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemahaman konsep pelajaran Ilmu Pendidikan Alam (IPA) pada peserta didik. Kurangnya pemahaman konsep tersebut dianggap sebagai hambatan utama dalam memahami pembelajaran. Salah satu faktor penyebab rendahnya pemahaman konsep peserta didik adalah kekurangan bahan ajar atau sumber materi yang dapat dijadikan pedoman pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada pengembangan suatu bahan ajar, yakni modul berbasis ARIAS, dengan tujuan meningkatkan pemahaman konsep peserta didik secara valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi model pengembangan 4D oleh Thiagarajan Sammel dan Semmel. Model ini melibatkan empat tahap, yakni pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun, penelitian ini hanya mencakup tahap pengembangan (develop), di mana modul dikembangkan dan kemudian diuji validitas serta praktikalitasnya. Instrumen yang digunakan untuk mengukur validitas terdiri dari lembar validasi dan angket yang diberikan kepada ahli materi/isi, ahli media, dan ahli bahasa. Sementara itu, instrumen praktikalitas melibatkan lembar praktikalitas dan angket yang disebarkan kepada pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis ARIAS pada materi sistem peredaran darah manusia memenuhi kriteria sangat valid, dengan rata-rata nilai validitas mencapai 86,9%. Begitu juga dengan praktikalitas, di mana modul ini dinilai sangat praktis dengan rata-rata 93,2%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil menghasilkan modul berbasis ARIAS yang valid dan praktis, yang dapat efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam (IPA).
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PjBL Terhadap Kompetensi Pengetahuan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Parwati, Leni; Roosyidah, Fauziyyah; Rahmawati, Dwi Nur Umi
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 2 (2023): Vol 13 Nomor 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i2.7308

Abstract

IPA merupakan salah satu cabang ilmu yang memiliki peran dalam kehidupan, khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Salah satu model pembelajaran yang mampu mendorong peserta didik memahami dan meningkatkan pengetahuan pembelajaran adalah model pembelajaran berbasis proyek yaitu project based learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimen, menggunakan teknik posttest only control design. Populasi penelitian peserta didik kelas IPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IPA 1 untuk kelas eksperimen dan siswa kelas IPA 2 untuk kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik dalam penguasaan materi IPA hasil signifikan (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,011 yang berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran, PjBL, kompetensi Pengetahuan, IPA.
Pembelajaran Abad 21 Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD N 2 Lubuk Buaya Padang Ramadhani, Santi; Basit, Abdul; Jannah, Raudhatul
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 2 (2023): Vol 13 Nomor 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i2.7385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran abad 21 menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD Negeri 2 Lubuk Buaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian adalah hasil ulangan harian, jawaban LKPD, jurnal pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data meliputi tes (lisan dan tertulis), instrumen penelitian berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, siswa mampu bekerja sendiri dan mampu memecah permasalahan sendiri sehingga siswa lebih cepat dan mudah untuk mengingat materi pelajaran tersebut. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada siklus I mencapai 65,20 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata yaitu 80,40.
Upaya Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Tingkat Dasar Melalui Tahap Pembiasaan apriyanda, Apri Yanda; Putri, Setria Milda; Jannah, Raudhatul
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 2 (2023): Vol 13 Nomor 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i2.7366

Abstract

Dewasa ini, adanya sistem digitalisasi hampir dalam segala aspek kehidupan, tak terkecuali dalam aspek pendidikan. Perkembangan teknologi secara langsung memberikan dampak positif, namun secara tidak lagsung menjadi tantangan sendiri bagi peserta didik. dalam pendidikan masa kini tidak hanya berfokus pada pemanfaatan teknologi, akan tetapi minat baca peserta didik harus diperhatikan untuk menyongsong kemajuan teknologi tersebut. Oleh karena itu, Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan minat membaca peserta didik setelah diimplementasikan kegiatan literasi sekolah melalui pembiasaan membaca. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SD di Kabupaten Dharmasarya. teknik pengumpulan data observasi, kusioner dan studi pustaka. Pada akhir penelitian didapatkan gambaran kemampuan literasi membaca peserta didik, bagaimana pelaksanaan kegiatan lietrasi berjalan dalam menumbuhkan minat membaca serta faktor pendukung dan penghambat selama kegiatan literasi membaca dilaksanakan.
Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar Dorisno, Dorisno; Ayunis, Ayunis; Efendi, Rinja; HB, Zulfahmi
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 2 (2023): Vol 13 Nomor 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i2.8307

Abstract

Berfikir kreatif di Indonesia masih tergolong rendah, salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang tidak mempertimbangkan kebutuhan peserta didik yang berbeda-beda, pemerintah sudah mencanangkan kurikulum Merdeka yang identik dengan pembelajaran berdiferensiasi, pembelajarannberdiferensiasi diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensasi terhadap berfikir kreatif, mengetahui hal yang membuat berfikir kreatif meningkat setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensasi dan kendala-kendala dalam penerapan pembelajan berdiferensiasi di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan metode systematic literature review (SLR) yang terdiri 5 tahapan yakni merumuskan masalah, mencari literatur (identifikasi), memilih hasil pencarian literatur yang sesuai dengan quality assessment (penyaringan dan kelayakan), analisis hasil literatur dari artikel yang lolos quality Assesment, membuat kesimpulan penelitian. Hasil analisi data menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensasi memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan berfikir kreatif peserta didik, meningkatnya berfikir kreatif peserta didik karena pembelajaran berdiferensiasi mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik, meningkatkan minat serta motivasi belajar peserta didik, kendala dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar ialah memerlukan waktu yang Panjang, kendala dalam memahami kebutuhan peserta didik yang berbeda dan kesulitan dalam pengelolaan kelas yang besar.
Efektifitas Media Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Islam Khaira Ummah Padang Rahmatika, Ulva; Yuliantika, Sonya; Frasandy, Rendy Nugraha
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 2 (2023): Vol 13 Nomor 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i2.7541

Abstract

This research was motivated by students' low understanding of concepts, especially in mathematics learning. One of the reasons for the low understanding of students is the lack of use of learning media in the learning process and educators not using alternative media such as learning video media. Learning video media is an alternative that can be used to attract students' attention to learning. The aim of the research is to determine the effectiveness of using learning video media on understanding mathematical concepts in fourth grade students at Khaira Ummah Islamic Elementary School, Padang. This type of research is quantitative with a quasi-experimental method. This research design is a static two group design. The population used was class IV of SD Islam Khaira Ummah Padang using purposive sampling techniques for sampling. The selected sample consisted of two classes, the experimental class and the control class. The data for this research are the scores for understanding mathematical concepts in fourth grade students at Khaira Ummah Padang Islamic Elementary School using and without using learning video media. The instrument of this research is a test. The analytical requirements tests carried out are the normality test and homogeneity test. The results of this research can be seen from the average score for understanding mathematical concepts without using learning video media for class IV Islamic Elementary School Khaira Ummah Padang, namely 78.70. The average score for understanding mathematical concepts using learning video media for class IV Islamic Elementary School Khaira Ummah Padang is 91.05. Based on the t-test, the results of this tcount are compared with ttable at degrees of freedom (dk) = (n-2) at the 95% significance level. Tcount > Ttable (5.5>1.71) then the hypothesis H0 is rejected and H1 is accepted. Based on the results of this research, it can be concluded that the understanding of mathematical concepts of fourth grade students at Islamic Elementary School Khaira Ummah Padang using video learning media is higher than without using video learning media.
Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Strategi Question Answer Relationships (QAR) Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kota Padang Ingriza, Resva; Basit, Abdul; Besral, Besral
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 2 (2023): Vol 13 Nomor 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i2.7384

Abstract

Perkembangan minat baca siswa madrasah ibtidaiyah sangat rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi kurangnya minat siswa dalam membaca sehingga kemampuan membacanya pun sangat rendah. Siswa mampu membaca namun tidak memahami inti dari bacaan yang dibacanya. Guru seringkali mengalami kesulitan dalam menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa madrasah ibtidaiyah kelas V dalam menjawab pertanyaan, menceritakan kembali isi bacaan dan menyimpulkan isi bacaan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dan kinerja guru dengan menggunakan strategi QAR. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Actions Research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata membaca pemahaman mengalami peningkatan. Kondisi awal dengan nilai rata-rata 59, meningkat pada siklus I menjadi 74, siklus II 81 dan di siklus III menjadi 88. Penggunaan strategi QAR dengan arahan guru secara langsung memberikan efek positif yaitu siswa aktif melakukan kegiatan prabaca, saat baca dan pascabaca serta memotivasi siswa untuk berpikir tingkat tinggi dengan merespon pertanyaan yang digunakan dalam strategi QAR. Dengan demikian, disarankan pada guru madrasah ibtidaiyah untuk menggunakan strategi QAR sebagai salah satu solusi meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.
Analisis Implementasi Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di SD/MI Frasandy, Rendy Nugraha; Dewi, Tri Ratna; Septikasari, Resti
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 2 (2023): Vol 13 Nomor 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i2.7378

Abstract

This study aims to analyze how the application of the Discovery Learning Model in improving students' critical thinking skills in thematic learning in SD/MI. The research method used is library research with the type of research, namely qualitative research, which uses journal articles as the main object. The data sources used in this research are 8 (eight) journal articles about the application of the Discovery Learning model in improving students' critical thinking skills in thematic learning in SD/MI. The data analysis technique used in this study is the Content analysis method. The results of the analysis of 8 (eight) journal articles on the application of the Discovery learning model to improve students' critical thinking skills in thematic learning in SD/MI found an increase in students' critical thinking skills in thematic learning in SD/MI after the implementation of the Discovery learning model. This happens because at the time of applying the steps of the Discovery learning model there are indicators of critical thinking skills put forward by Ennis, namely providing simple explanations that occur during problem statement activities, Building basic skills occurs during date collaction activities, giving action occurs during activity date processing, concludes that it occurs during verification activities, and finally, has confidence that occurs during generalization activities. As well as being a reference for learning models for teachers to improve students' critical thinking skills in thematic learning in SD/MI, even more so on the subject matter of natural science and Mathematics besides that the Discovery learning model is highly recommended to be applied in high grade IV (four), because in the application of the Discovery learning model in grade IV (four) get very good results in improving students' critical thinking skills in elementary/MI thematic lessons.
Peran Orangtua Terhadap Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini NASUTION, RISKHA HANIFA; Frasandy, Rendy Nugraha
Tarbiyah al-Awlad Vol 13, No 2 (2023): Vol 13 Nomor 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v13i2.7343

Abstract

The large number of cases of sexual violence that occur against children require special attention, especially from parents. The role of parents is to provide children with knowledge from an early age regarding sexual violence in accordance with their development. This article serves as a guide and increases knowledge for readers about the importance of the role of parents in preventing cases of sexual violence in early childhood. With the literature review method using sources from various research results that have been carried out. Establishing effective communication between children and parents is one way for parents to provide knowledge to prevent sexual violence against children. Parents are the figures closest to children so that children have more freedom and ease to ask questions or tell stories.

Page 1 of 1 | Total Record : 10