cover
Contact Name
tedy ardiansyah
Contact Email
tedy.ardiansyah@unindra.ac.id
Phone
+6287728003460
Journal Mail Official
tedy.ardiansyah@unindra.ac.id
Editorial Address
Jl. Nangka no.58 C (TB Simatupang), kelurahan tanjung barat kecamatan jagakarsa jakarta selatan 12530
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal USAHA
ISSN : -     EISSN : 27462471     DOI : 10.30998
Business entrepreneurship Entrepreneurship kontekstual : Social entrepreneurship Public entrepreneurship Political entrepreneurship Ethnic entrepreneurship Agripreneurship Agropreneurship Rural entrepreneurship Urban entrepreneurship Minority entrepreneurship Spiritual entrepreneurship Economy entrepreneurship
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2024): Juni" : 10 Documents clear
Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Suci, Alifia Mayang; Tarigan, Deo Vany; Nirwana, Frenia Cahya; Manurung, Marys Yeremia; Simanungkalit, Risnawati; Ardiansyah, Tedy
Jurnal USAHA Vol 5, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i1.2846

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap kinerja usaha. Penulis menggunakan metode eksperimen pada penelitian ini. Metode ini digunakan untuk mengetahui perbandingan kelas kontrol dengan kelas eksperimen dalam pendidikan kewirausahaan terhadap kinerja usaha. Sampel dibawah diambil dari populasi sekolah dengan jumlah sampel sebanyak 30. Teknik sampling yang dilakukan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian yang dilakukan penulis ditemukan bahwa nilai belajar responden dan dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, kemudian dilanjutkan dengan uji t hitung pada derajat signifikan α = 0,05. Hasilnya diperoleh t hitung pada derajat signifikan sebesar 4,493 dan T tabel sebesar 2,045, dilanjutkan dengan dibandingkan itu. Hasilnya t hitung > t tabel (4,493 > 2,045). Artinya hipotesis diterima dan pernyataan tersebut mengatakan bahwa pendidikan kewirausahaan benar-benar memberikan pengaruh terhadap kinerja usaha. 
Analisis Trend Posisi Kredit Umkm Pada Bank Umum Untuk Skala Menengah Di Indonesia Teruna, Dipa; Ardiansyah, Tedy
Jurnal USAHA Vol 5, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i1.3002

Abstract

Bila dilihat dari periode selama 7 tahun dimulai dari tahun 2017 sampai 2023 untuk UMKM skala mikro dan kecil mengalami peningkatan setiap tahun, hal ini berlawanan dengan UMKM skala menengah yang besifat dinamis yaitu naik dan turun angka posisi kredit dalam setiap tahunnya. UMKM Skala menengah juga mempunyai arti dalam membantu perekonomian negara. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Trend Kredit UMKM pada bank umum untuk skala menengah dengan menggunakan linier dan non linier yaitu Tren Linear, Tren Kuadratik, Tren Pertumbuhan Eksponensial, dan Tren S-Curve. Hasilnya dapat memberikan dugaan atau forecast dalam beberapa tahun kedepan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dimana dilaksanakan selama dua bulan, yaitu dari Maret hingga April 2024. Pengumpulan data dilakukan secara purposive dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Indonesia, Kementerian Perdagangan, serta publikasi lainnya. Data yang terkumpul kemudian diolah secara manual menjadi tabel sederhana menggunakan Microsoft Excel dan selanjutnya dianalisis menggunakan Minitab 21.Hasil yang didapatkan dari dugaan atau forecast menggunakan model yang terbaik yaitu non linier pendekatan tren kuadratik dimana menampilkan periode 3 tahun kedepan dengan result adanya penurunan defisit secara masih pada posisi kredit UMKM skala menengah pada bank umum di Indonesia.
ANALISIS SWOT PADA UMKM SATE AYAM DAN SATE KAMBING MADURA CAK ABDUL Sa'adah, Alfiyan Syahrotus; Ningsih, Rita; Vernia, Dellia Mila
Jurnal USAHA Vol 5, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i1.2497

Abstract

Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaplikasian analisis SWOT pada sebuah UMKM di bidang makanan, yaitu Sate Ayam dan Sate Kambing Madura Cak Abdul yang berlokasi di depan Stasiun Gongdangdia, Jakarta Pusat. Wawancara langsung dilakukan untuk mendapatkan informasi primer mengenai UMKM yang dimiliki oleh Pak Abdul yang sudah berdiri sejak 2012 silam. Dengan pengalaman berdagang belasan tahun, Pak Abdul banyak menemui rintangan dan halangan dalam menjalankan usahanya. Oleh karena itu, peneliti menganalisis bagaimana pemakaian analisis SWOT dalam strategi dagang yang dilakukan Pak Abdul selama menjalankan UMKMnya. Dengan menggunakan kajian literatur dan hasil wawancara langsung, besar harapan penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi lanjutan.
Pengaruh BOPO dan NPL terhadap Financial Suistainability pada PT BPR Artha Parama periode 2016-2023 hidayati, nurul; Prasetya, Bangun Putra
Jurnal USAHA Vol 5, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i1.2890

Abstract

Banking Companies such as PT BPR Artha Parama experienced an increase in NPL ratios after the emergence of the Covid 19 pandemic, although currently the pandemic has passed, Banking Companies are still experiencing difficulties to reduce NPL ratios. NPLs at banks can experience a significant increase because the covid pandemic has resulted in a decrease in income from debtors with businesses in various sectors including tourism, trade, agriculture, fisheries, etc. The debtor must reschedule his credit or restructure so that the credit quality becomes less good. This study aims to determine the Effect of BOPO and Non Performing Loan (NPL) on Financial Sustainability at PT BPR Artha Parama for the 2016-2023 period. This study used a quantitative approach. The study population is PT BPR Artha Parama with an observation period of 2016 to 2023. The sample selection technique uses the purposive sampling method. The data analysis method used is multiple linear regression analysis. The results showed that BOPO had a significant effect on the Financial Sustainability Ratio, while Non-Performing Loans (NPL) did not have a significant effect on the Financial Sustainability Ratio.
Urgensi Learning Organization dengan Peran Kepemimpinan Digital dan Penerapannya sebagai Budaya Organisasi Novianti, Reva; Rahardja, Sam'un Jaja; Muhyi, Herwan Abdul; Purbasari, Ratih
Jurnal USAHA Vol 5, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i1.2516

Abstract

  Suatu perusahaan terdiri dari kumpulan manusia di dalamnya yang akan selalu dituntut untuk beradaptasi sebab manusia tidak akan bisa lepas dari perkembangan teknologi sehingga diharuskan terus bergerak menuju perubahan. Manusia penuh dengan rasa penasaran serta memiliki banyak keinginan dan kebutuhan yang berubah-ubah akan mengakibatkan iklim organisasi bisnis yang dinamis. Hal ini menjadi tantangan bagi perusahaan untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia yang ada dengan membangun budaya organisasi pembelajar atau learning organization. Penelitian ini merupakan sebuah kajian literatur dari berbagai sumber dan rujukan penelitian terdahulu. Penting bagi perusahaan untuk mempersiapkan diri pada era digital ini dengan kepemimpinan digital yang akan membangun budaya organisasi untuk meningkatkan kemampuan adaptif pada karyawan sehingga akan berdampak baik bagi peningkatan kinerja mereka.    
Strategi Manajemen Keuangan dan Digital Marketing Terhadap Peningkatan Omset Penjualan Produk Askhar, Bayu Malikul; Winarsih, Tri; Fauzi, Maulidza Nur
Jurnal USAHA Vol 5, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i1.2897

Abstract

Strategi dalam manajemen keuangan dan pemasaran digital sangatlah penting. Kajian ini akan membahas pentingnya integrasi antara strategi manajemen keuangan yang efektif dan pemasaran digital yang inovatif bagi UMKM, khususnya produk KF Skin di Kabupaten Lamongan. Dalam persaingan pasar yang semakin ketat dan pengaruh digital yang signifikan, UMKM perlu memahami dan menerapkan strategi yang terintegrasi untuk meningkatkan omset penjualan mereka. Manajemen keuangan yang akan membantu UMKM dalam pengelolaan arus kas, biaya pengendalian, dan perencanaan keuangan, sementara pemasaran digital memungkinkan UMKM untuk mencapai target pasar yang lebih luas dan memperkuat visibilitas merek mereka. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam dengan manajer UMKM KF Skin dan observasi langsung. Dengan menggabungkan kedua aspek ini secara holistik, UMKM dapat meningkatkan daya saing, menjangkau pasar yang lebih luas, dan memperluas omset penjualan produk kecantikan mereka.
Board Director Diversity and Corporate Innovation : A Library Research Megayanti, Putri; Purnomo, Margo; Purbasari, Ratih
Jurnal USAHA Vol 5, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i1.2779

Abstract

Diversity among board members tends to foster a knowledge base for the company and encourage interaction between different knowledge and competencies. Diversity can also improve better performance such as creative and innovative ideas, as well as good problem solving. The purpose of this study is to understand the concept of board diversity on corporate innovation. The method used is an exploratory literature study of the results of previous research on board diversity and corporate innovation. The results from various sources show that the diversity of the board of directors in the company has a significant and insignificant effect on corporate innovation. 
Kartu Kredit Pemerintah: Inovasi dan Dukungan Pengembangan Transaksi Berbasis Digital Biswan, Ali Tafriji; Adiswastika, Sinta
Jurnal USAHA Vol 5, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i1.2901

Abstract

Di era kekinian adalah penting bagi sektor publik mengembangkan sistem pembayaran belanja tanpa uang tunai (cashless) seiring perkembangan teknologi keuangan. Penerbitan kartu kredit pemerintah (corporate credit card) merupakan inovasi penting mengurangi risiko kehilangan aset berwujud kas. Studi ini bertujuan untuk meninjau penggunaan uang persediaan melalui kartu kredit pemerintah untuk pembayaran belanja pemerintah. Metode kualitatif digunakan untuk memahami bagaimana implementasi penggunaan kartu kredit pemerintah melalui observasi dan wawancara. Hasil studi menunjukkan bahwa objek studi menerapkan prosedur uang persediaan kartu kredit pemerintah sesuai dengan peraturan berlaku. Kesesuaian ini sangat dipengaruhi tata kelola pembukuan yang sudah baik. Dalam pengelolaan belanja, objek studi merasa terbantu dengan adanya inovasi uang persediaan kartu kredit pemerintah, meskipun saat studi dilakukan masih terdapat kendala penerapannya, terutama belum semua rekanan memiliki mesin yang menerima pembayaran kartu kredit.
Pengaruh Higher Order Thinking Skill (HOTS) terhadap Minat Kewirausahaan Siswa SMA JAKARTA Maryati, Maryati; Aulia, Haliza; Amelia, Wanda; Mauristhie, Florist; Ardiansyah, Tedy
Jurnal USAHA Vol 5, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v5i1.2817

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap minat kewirausahaan siswa SMA Jakarta. Fokusnya adalah pada bagaimana kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti analisis, sintesis, evaluasi, dan kreativitas mempengaruhi minat seseorang dalam memulai atau mengembangkan usaha. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan eksperimen, sampel diambil dari populasi SMA Jakarta dengan jumlah sample sebanyak 60 siswa yang dibagi menjadi 2 kelas (kelas kontrol dan kelas eksperimen). Hasil penelitian menunjukan nilai rata – rata tersebut yaitu rata – rata kelompok kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kelas kontrol. Kelas Kontrol memiliki Median = 69,1, Modus = 69,5, dan Simpang baku = 115,15. Sedangkan kelompok eksperimen memiliki Median 67,16, Modus = 81.1, dan Simpangan baku = 88,53. Pengujian persyaratan analisis pada uji normalitas eksperimen menggunakan uji Liliefors diperoleh nilai tertinggi pada Lh = 0,160715 sedangkan nilai Lt = 0,161. Jelaslah bahwa Lh < Lt maka disimpulkan variabel penelitian berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Pada uji normalitas kontrol nilai Lh = 0,15659, sedangkan nilai Lt= 0,161. Jelaslah bahwa Lh > Lt maka disimpulkan variabel penelitian berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Kata kunci: HOTS, Fokus, Kewirausahaan, Kreativitas.  ABSTRACTThis research aims to determine the influence of Higher Order Thinking Skills (HOTS) on the entrepreneurial interest of Jakarta high school students. The focus is on how higher-level thinking skills such as analysis, synthesis, evaluation, and creativity influence a person's interest in starting or developing a business. This research method uses an experimental approach, samples were taken from the Jakarta high school population with a sample size of 60 students divided into 2 classes (control class and experimental class). The results of the research show that the average value of the experimental class group is higher than that of the control class group. The Control Class has Median = 69.1, Mode = 69.5, and Standard Deviation = 115.15. Meanwhile, the experimental group had a Median of 67.16, Mode = 81.1, and Standard Deviation = 88.53. Testing the analytical requirements in the experimental normality test using the Liliefors test obtained the highest value at Lh = 0.160715 while the value for Lt = 0.161. It is clear that Lh < Lt, it can be concluded that the research variables come from a normally distributed population. In the control normality test, the Lh value = 0.15659, while the Lt value = 0.161. It is clear that Lh > Lt means it can be concluded that the research variables come from a normally distributed population. Keywords: HOTS, Focus, Entrepreneurship, Creativity.
Keputusan Pembelian pada MR. DIY Lumajang yang dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Putri, Nur Latifa Isnaini; Amanatullah, Fahim; Robustin, Tri Palupi
Jurnal USAHA Vol 5, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i1.2904

Abstract

MR. DIY yang ada di Lumajang berdiri sejak 2022. MR.DIY bersaing dengan ACE Hardware dan IKEA dalam pasar perabotan rumah tangga dan perkakas di Indonesia. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah melalui peningkatan kualitas produk, penentuan harga yang tepat, dan strategi promosi yang efektif. Penelitian ini akan mencoba menguji bagaimana masing-masing variable seperti kualitas produk, harga, dan promosi akan mempengaruhi keputusan pembelian di MR. DIY Lumajang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian yang bersifat kuantitatif dengan menggali hubungan assosiatif. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Teknik sampling yang digunakan ialah accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di MR.DIY Lumajang, (2) harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di MR.DIY Lumajang, (3) promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di MR.DIY Lumajang.

Page 1 of 1 | Total Record : 10