Articles
58 Documents
Search results for
, issue
"Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025"
:
58 Documents
clear
PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN HOSPITALITY PADA USAHA MIKRO DI KAWASAN PESISIR PANTAI LOMBOK BARAT
Lestari, Baiq Anggun Hilendri;
Isnawati, Isnawati;
Effenndy, Lukman;
Suhaedi, Wirawan
GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36728/ganesha.v5i2.4594
Hospitality menunjukkan hubungan antara wisatawan dengan tuan rumah ‘penjual jasa layanan’ dengan keramah-tamahan, perhatian dan kebaikan kepada siapa pun yang memerlukan (Sujatno dan Suyantoro, 2011:3). Namun faktanya menunjukkan bahwa hospitality ini masih rendah di Indonesia (Towoliu.dkk, 2023), tidak terkecuali di Lombok Barat yang menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Lombok. Oleh karena itu sikap Hospotality ini menjadi permasalahan di sektor pariwisata. Diperlukan kegiatan sosialisasi dan latihan dengan harapan dapat memberikan peningkatan pengetahuan dalam hospitality yang baik dan berkesan bagi pengunjung wisata pantai wilayah Lombok Barat. Metode pelaksanaan menggunakan tiga (3) tahapan: 1) Pengajaran, yaitu penyajian materi yang diberikan berupa pengertian dan pentingnya hospitality dan tata cara bersikap dalam menyambut tamu ataupun pengunjung wisata; 2) Simulasi, yaitu dengan cara role play. Para peserta secara bergantian bermain peran; 3) Evaluasi, untuk mendapatkan feedback terkait materi yang disampaikan dan serta komitmen peserta untuk mempraktikkan materi yang diperoleh aktivitas pariwisata sehari-hari. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada hari Jumat 30 Agustus 2024 di Desa Melase, Lombok Barat. Diikuti oleh warga melase yang berjualan di pesisir Pantai Melase, Senteluk Lombok Barat, serta para karyawan hotel di wilayah Senggigi seperti di Qunci Villa dan The Chandi Hotel Senggigi. Diiukti oleh 10 orang peserta perwakilan dari para pedagang pesisir Pantai dan karyawan hotel di wilayah Lombok barat. Kegiatan pengabdian berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati oleh tim PKM dengan mitra atau peserta, hasilnya menyimpulkan bahwa hospitality tidak hanya dipengaruhi oleh Tingkat Pendidikan, namun pengaruh lingkungan tidak kalah pentingnya dalam membentuk karakter seseorang, terutama dalam hoslpitality
PELATIHAN SERTIFIKASI PENGELOLAN MEDIA SOSIAL KEPARIWISATAAN
Metris, Diksi;
Rasyiddin, Ahmad;
Siahaan, Febri Sari;
Yusuf, Muhammad;
Priyanto, Rofik
GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36728/ganesha.v5i2.4617
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sebagai respons terhadap tantangan transformasi digital di sektor pariwisata, khususnya untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan media sosial di kalangan pelaku usaha wisata binaan Kabupaten Donggala. Topik ini dipilih karena perkembangan digital marketing yang semakin pesat menjadi kunci dalam promosi destinasi wisata, sehingga diperlukan peningkatan kapasitas dan inovasi dalam pembuatan konten yang menarik serta pengelolaan media sosial yang profesional. Metode pengabdian yang digunakan mengedepankan pendekatan partisipatif melalui pelatihan interaktif, diskusi kelompok, dan praktik langsung dalam pembuatan portofolio digital. Peserta, yang terdiri dari 20 pelaku usaha wisata binaan, diajak untuk menerapkan konsep-konsep digital marketing dan strategi media sosial secara langsung dalam pembuatan konten yang relevan dengan kekayaan alam dan budaya lokal. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kreativitas peserta serta kemampuan mereka untuk mengintegrasikan strategi digital dalam promosi pariwisata, yang diukur melalui portofolio tugas yang disusun secara individual. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu dan infrastruktur digital yang belum merata, kegiatan ini berhasil membangun semangat kolaboratif dan kesadaran akan pentingnya digitalisasi usaha wisata. Hasil tersebut menegaskan bahwa pengembangan kompetensi digital marketing merupakan langkah strategis untuk meningkatkan daya saing pariwisata lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.
INOVASI DAN ALIH TEKNOLOGI PENGOLAHAN PELET ENCENG GONDOK BAGI MITRA HINATA KOI
Habibi, Azwar Riza;
Kabalen, Nicholaus Wayong;
Sapoetra, Yudistira Arya
GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36728/ganesha.v5i2.4620
Hinata koi terletak di desa jabung kecamatan talun kabupaten blitar dekat dengan waduk wlingi raya, merupakan kelompok pembudidaya ikan koi. Kelompok Hinata koi memiliki motivasi dan keinginan agar semua anggota kelompok memiliki hasil budidaya koi yang baik. Budidaya ikan memang menawarkan peluang bisnis yang menjanjikan akan tetapi permasalahan adalah dalam pakan ikan dengan harga malal. Adanya enceng gondok pada waduk wlingi raya dapat menjadikan solusi pakan alternatif pada ikan. Enceng gondok akan menjadi pakan alaternatif dengan cara menjadikan tepung dan dibuat menjadi pelet ikan. Adanya pengolahan lanjut dapat meningkatkan value dan difersifikasi produk berupa pellet ikan dengan bahan tepung enceng gondok. Kegiatan disiminasi dan alih teknologi pengolahan enceng gondok menjadi pellet ikan Bersama mitra dengan metode disiminasi dan alih teknologi pengolahan enceng gondok. Teknologi yang digunakan adalah penggiling, ekstruder pelet (mesin pelet) dan pengering pellet yang melibatkan mitra kelompok Hinata koi. Adanya kegiatan ini dapat menjadikan pakan alternatif untuk ikan dan meningkatkan pengetahuan mitra dalam pengolahan pellet ikan dalam upaya penekanan biaya produksi dan nilai tambah untuk mitra.
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMASARAN PRODUK PADA UMKM GALERY-IMAEY SEMARANG
Widiyanti, Widiyanti;
Tunjungsari, Ratna;
Budiartono, Agung
GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36728/ganesha.v5i2.4639
Perubahan akan selalu terjadi dalam setiap aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam aspek ekonomi dan bisnis, sehingga sebagai pelaku bisnis sangat perlu untuk senantiasa mampu beradaptasi. Semakin banyaknya bermunculan usaha sejenis, menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis untuk memiliki strategi yang tepat dalam implementasi bisnis proses yang dilakukan agar tetap bisa eksis dan mampu memenangkan persaingan. Metode pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pendampingan dan pelatihan tentang pentingnya optimalisasi pemasaran bagi UMKM karena dapat membantu memasarkan produk mereka dengan lebih mudah dikenal oleh konsumen sehingga memudahkan dalam mendapatkan pelanggan, menghemat biaya promosi dan meningkatkan kecepatan transaksi sehingga membuka potensi keuntungan yang lebih besar, dilanjutkan pelatihan dan diskusi tentang materi yang disampaikan sampai mitra benar-benar memahami tentang pentingnya memaksimalkan kebermanfaatan adanya digital marketing dan media sosial seperti facebook, whatsapp, instagram, tik tok, dan youtube yang menciptakan peluang lebih luas dan terbuka. Pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang akan dilakukan ini bertujuan untuk mendampingi mitra mengoptimalkan kebermanfaatan digital marketing untuk memaksimalkan keuntungan, dan mengupayakan strategi kelangsungan usaha, dan tujuan jangka panjang secara berkelanjutan dalam kondisi ketidakpastian yang melingkupi. Pemanfaatan Digital marketing notabene selain dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan mampu mendukung efisiensi biaya pemasaran, juga membuat ruang dan waktu pemasaran tidak terbatas. Selain itu digital marketing bersifat real time, sehingga pelaku bisnis dapat langsung memperhatikan minat dan feed back dari pasar yang dituju.
MINDFUL LEARNING BAGI KONSELOR SEKOLAH: MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Mufidah, Elia Firda;
Farid, Dimas Ardika Miftah;
Wirastania, Aniek;
Hartanti, Jahju
GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36728/ganesha.v5i2.4725
Mindful Learning adalah pendekatan yang menawarkan pada penekanan kesadaran penuh dan fokus dalam melaksanakan setiap proses selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Mindful learning dapat diimplementasikan pada berbagai bidang terutama yang berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Bimbingan dan Konseling memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu memfasilitasi para siswa dalam menlaksanakan proses pembelajaran di sekolah. Implementasi mindfull learning dalam layanan Bimbingan dan Konseling akan dapat dilakukan dengan baik ketika para guru diberikan pelatihan mindfull learning guna meningkatkan kualitas layanan. Pelatihan Guru Bimbingan dan Konseling ini dilakukan dalam kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan menggunakan metode Community-Based Participatory Research (CBPR). Community-Based Participatory Research (CBPR). Kegiatan pelatihan mindfull learning ini dilakukan secara webinar dan diikuti oleh 290 peserta. Pelatihan Mindfull learning pada guru Bimbingan dan Konseling mampu memberikan wawasan kepada peserta untuk menginsersikan konsep mindfull learning dalam RPL Bimbingan dan Konseling.
PELATIHAN BRANDING DI SMK MA'ARIF 1 KRETEK BANTUL
Adiyanto, Wiwid;
Testymona Gifta Setiawan;
Amelia Nuriani;
Naufal Daffa Saputra;
Durrotun Nafisah
GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36728/ganesha.v5i2.4732
Pengabdian kepada masyarakat ini fokus pada program pengembangan pengetahuan tentang branding di SMK Ma'arif 1 Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. SMK Ma'arif 1 Kretek memiliki potensi unggul dalam bidang otomotif dan tata busana. Permasalahannya terletak pada belum dimaksimalkannya branding sekolah di media digital. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan cara menyelenggarakan pelatihan dan pembuatan video profile sekolah yang melibatkan pihak internal SMK Ma'arif 1 Kretek, mulai dari guru, staf, hingga siswa-siswinya. Pelatihan yang dilakukan mengusung tema Brand New Day: Melangkah Menuju Era Digital. Program kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap. Perama, pra pelaksanaan yang mencakup observasi, wawancara, perumusan masalah, dan persamaan persepsi. Tahap kedua, pelaksanaan yang mencakup pelatihan branding melalui media digital dan pembuatan video profile sekolah. Tahap ketiga, evaluasi yang mencakup tinjauan ulang dari kegiatan yang diselenggarakan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman terkait branding dari peserta. Hal itu bisa menjadi titik masuk untuk pengembangan branding yang berkelanjutan.
PELATIHAN PEMBUATAN KARYA ECOPRINT PADA SISWA SD SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN SDN 52 KOTA BENGKULU
Kurniawati, Ike;
Amaliyah, Yuli;
Sari, Ratna;
Nur'aini.RY, Wahyutri;
Adilah, Faizah
GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36728/ganesha.v5i2.4734
Pelatihan pembuatan karya ecoprint di sekolah dasar adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan konsep seni ramah lingkungan kepada siswa-siswa di tingkat dasar. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa kelas IV SDN 52 Kota Bengkulu. Kegiatan dimulai dengan pendahuluan tentang apa itu ecoprint dan pentingnya praktik seni yang ramah lingkungan. Para siswa diperkenalkan dengan konsep bahan-bahan alami yang dapat digunakan dalam ecoprint, seperti daun, bunga, dan rempah-rempah. Tim Pengabdi memperlihatkan secara langsung kepada siswa bagaimana cara membuat karya ecoprint. Setelah demonstrasi, para siswa diberi kesempatan untuk mencoba membuat karya ecoprint sendiri. Setelah selesai membuat karya ecoprint. Dilakukan sesi diskusi untuk menggali pengalaman siswa selama proses pembuatan. Kegiatan ditutup dengan merangkum pembelajaran yang didapat oleh siswa selama pelatihan. Siswa juga diminta untuk memamerkan karya-karya mereka, sehingga dapat memberi inspirasi kepada siswa lainnya. Terakhir, dilakukan evaluasi terhadap kegiatan pelatihan ini. Kegiatan pelatihan ini tidak hanya mengajarkan keterampilan seni kepada siswa, tetapi juga meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya menjaga lingkungan serta memanfaatkan sumber daya alam secara bertanggung jawab
PENDAMPINGAN PERENCANAAN DESAIN REST AREA DESA PACALAN KECAMATAN PLAOSAN KABUPATEN MAGETAN
Krisnawati, Eny;
Hartanto, Tri;
Yuuwono, Bamban;
Rully, Rully;
Setyo Wibowo, Angga;
Ridlwanulhaq, Faiz
GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36728/ganesha.v5i2.4737
Desa Pacalan yang terletak di kecamatan Plaosan kabupaten Magetan, provinsi Jawa Timur. Dahulunya desa Pacalan adalah tanah “perdikan†Keraton Jogjakarta yang terletak di lereng Gunung Lawu. Desa ini memiliki sumberdaya alam dan budaya yang memiliki potensi untuk diolah, dimanfaatkan, dan dikembangkan sebagai daya tarik wisata. Sebagai pamasok sayuran untuk wilayah sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur, juga adanya objek wisata umbul, maka desa pacalan cukup potensial untuk dikembangkan menjadi desa wisata. Guna mendukung desa Pacalan menjadi desa wisata perlu suatu sarana atau fasilitas transportasi sebagai area transit kendaraan wisatawan. pemenuhan kebutuhan kehidupan masyarakat sekitar yang harus dilestarikan keberadaannya. Rest Area merupakan salah satu sarana transportasi yang digunakan sebagai area transit wisatawan. sehingga rest area ini dapat berfungsi sebagai area berdagang dalam rangka memperkenalkan hasil bumi desa Pacalan. Dalam strategi pengembangan pariwisata khususnya desa wisata, langkah awal dalam upaya perencanaan kegiatan berbasis masyarakat adalah penyusunan master plan objek wisata yang ada di desa Pacalan tahap kedua pengembangan desain Rest Area dengan konsep keberlanjutan. Perencanaan desain Rest Area ini dirancang dan direncanakan dengan konsep keberkelanjutan sehingga dapat memberikan manfaat secara terus menerus kepada peningkatan kualitas hidup masyarakat desa Pacalan.
EKSPLORASI POTENSI OLAHAN NANGKA DALAM MENDUKUNG PARIWISATA KULINER DESA PAGELARAN KABUPATEN MALANG
Mariana, Rina Rifqie;
Gunawan, Aditia Gustiana;
Umam, Nada Itorul;
Wibowotomo, Budi;
Rohajatien, Ummi
GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36728/ganesha.v5i2.4743
This community service activity is a continuation of the 2023 program, which focused on empowering sugarcane sap processing. This year, the activities were expanded to empower the potential of jackfruit in Pagelaran Village, where the fruit, its straw, and seeds have not been fully utilized. The training was conducted by three lecturers and a culinary arts student on September 19, 2024, involving 28 participants from SMEs and farmers, along with three village officials. The material included the production of processed products such as young jackfruit floss, jackfruit seed strudel, jackfruit seed mochi cake, and jackfruit straw dodol. Additionally, branding and digital marketing training through social media and marketplace platforms were provided. This program aims to increase the market value of local products and support the village’s culinary tourism. Participants expressed positive feedback for this initiative
PENATAAN FASILITAS KEBERSIHAN SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG PARIWISATA BERKELANJUTAN DI PANTAI PADANG GALAK
Alam, Helmy Syakh;
Putra, A.A Gede Adi Mega;
Gede Krisna Citha Dharma Wacika;
Satya, Putu;
Diego, Bintang
GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5 No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36728/ganesha.v5i2.4754
Pantai Padang Galak merupakan salah satu destinasi wisata di Bali yang memiliki potensi besar dalam mendukung sektor pariwisata berkelanjutan. Namun, rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dan minimnya fasilitas tempat sampah menjadi tantangan utama dalam menjaga ekosistem pantai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penataan fasilitas kebersihan melalui penambahan tempat sampah dan poster himbauan terhadap peningkatan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan pantai. Metode yang digunakan adalah observasi lapangan dan pendekatan partisipatif melalui implementasi proyek sosial selama satu bulan. Hasil menunjukkan adanya pengurangan signifikan terhadap volume sampah yang berserakan di sekitar pantai serta peningkatan kesadaran pengunjung dan pedagang terhadap pentingnya menjaga kebersihan. Penataan fasilitas kebersihan terbukti efektif sebagai langkah awal dalam mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan.