Articles
19 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4 No 2 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga"
:
19 Documents
clear
Hubungan antara Kesehatan dan Perkembangan Personal pada Remaja di Sekolah Menengah Atas
Permanadita, Aditia;
Carsiwan;
Ma’mun, Amung;
Hambali, Burhan;
Syarifatunnisa
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 2 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i2.1130
Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui adanya hubungan antara kesehatan dan perkembangan pribadi remaja di sekolah menengah Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode survey korelasi,penelitian ini ingin mengetahui hubungan antara kesehatan dan perkembangan pribadi pada remaja. partisipan dalam penelitian ini saya ambil dari beberapa siswa di SMA di kota Bandung dengan jumlah responden 370 siswa. Rata-rata usia 16-17 tahun Responden pria sebanyak 174 siswa (47%) dan wanita sebanyak 196 siswa (56%). instrumen yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket (kusioner) sebua pertanyaan mengambil data kesehatan dan perkembangan pribadi. hasil survei terdapat hubungan dan perkembangan pribadi menggunakan uji koefesien korelasi.
Analisis Perbandingan Olahraga Tradisional dan Olahraga Modern Terhadap Sport Values (Sportivitas dan Fair Play) di SMPN 50 Kota Bandung
Fauzan, Rifqi Daffa';
Rohmah, Oom;
Ma’mun, Amung;
Syarifatunnisa;
Alhammadi, Nurwahid
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 2 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i2.1133
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan sportivitas dan fair play pada olahraga tradisional dan modern di SMPN 50 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Popuplasi dari penelitian ini yaitu siswa dan siswi yang aktif kelas (VIII) di SMPN 50 Kota Bandung dengan jumlah sampel 203 orang, yang terdiri dari 118 perempuan (58%) dan 85 laki-laki (42%). Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa survey dan angket yang terdiri dari 30 butir pertanyaan, instrumen yang dikembangkan oleh (Whitehead, Telfer, and Lambert, 2013), berkaitan dengan sikap dan nilai dalam olahraga dikalangan remaja. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan adanya perbedaan antara olahraga tradisional dan olahraga modern pada peserta didik terhadap sportivitas dan fair play.
Pengaruh Permainan Sirkuit Terhadap Hasil Belajar Gerak Dasar Lompat di Sekolah Dasar
Salsabiila, Yusrina;
Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 2 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i2.1227
Terbatasnya sarana dan prasarana di sekolah serta pemberian materi yang kurang beragam untuk siswa membuat pembelajaran PJOK tidak dapat tersampaikan dengan baik oleh guru. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan untuk menambah pengalaman gerak siswa melalui permainan sirkuit. Pemberian tugas gerak yang beragam mampu menambah pengalaman gerak siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif dan psikomotor. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh hasil belajar gerak dasar lompat melalui permainan sirkuit dan mengetahui besarnya pengaruh peningkatan hasil belajar gerak dasar lompat melalui permainan sirkuit pada siswa kelas 5 SD Islam Mufidah. Penelitian ini berjenis eksperimen semu dengan desain one group pre-test post-test. Sampel penelitian ini yaitu 32 siswa kelas 5 SD Islam Mufidah Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes pengetahuan dan keterampilan dengan pemberian treatment berupa permainan sirkuit. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif meliputi mean, standar deviasi, varian. Pada statistik inferensial berupa uji normalitas, uji t-test sejenis, dan peningkatan. Setelah dilaksanakan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh hasil belajar gerak dasar lompat melalui permainan sirkuit dan besarnya pengaruh peningkatan hasil belajar gerak dasar lompat melalui permainan sirkuit yaitu sebesar 0,26% pada hasil tes psikomotor siswa kelas 5 SD Islam Mufidah Surabaya.
Pengaruh Latihan Squat Thrust Terhadap Kekuatan Otot Tungkai, Otot Lengan dan Otot Pinggang dalam Permainan Handball
Mufti, Abdul;
Hermawani, Irwan;
Arifin, Z.
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 2 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i2.1300
Rendahnya kemampuan kekuatan otot pada atlet handball porda Garut menjadi latar belakang masalah penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan squat thrust terhadap kekuatan otot tungkai, otot lengan dan otot pinggang dalam permainan handball. Jenis penelitian desain pre eksperimen dengan one group pre-test end post-tes design. Populasi atlet handball porda Garut berjumlah 16 pemain. Pengambilan sampel di lakukan dengan teknik purposive sampling yakni 13 pemain. Pengumpulan data dengan melaksanakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) dengan squat jump, push up, dan back up. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t (Independent Sample T-Test) taraf signifikan H1 = 0,05. Dari analisis data diperoleh hasil : terdapat pengaruh yang signifikan latihan squat thrust terhadap kekuatan otot tungkai yang awalnya 32.54 menjadi 60.69. Terdapat pengaruh latihan squat thrust terhadap otot lengan yang awalnya 30.31 menjadi 40.08. Terdapat pengaruh latihan squat thrust terhadap otot pinggang yang awalnya 34.54 menjadi 43.54. Bisa kita lihat dari rata-rata ini bahwa ada perubahan setelah melakukan treatment metode latihan squat thrust terhadap kekuatan otot tungkai, otot lengan dan otot pinggang dalam permainan handball.
Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Lari Estafet Siswa Kelas VI di SDN Tanah Kali Kedinding V-579
Satrio Nugroho, Mohamad;
Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro;
Eni Pudji Erdiana
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 2 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i2.1308
Penelitian ini berjudul: “Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Lari Estafet Siswa Kelas VI di SDN Tanah Kali Kedinding V-579”. Dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani melalui permainan lari estafet siswa kelas VI SDN Tanah Kali Kedinding V-589 Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sebanyak 2 siklus melalui instrumen Bleeptest sebagai pree-test dan post test. Jumlah siswa yang mengikuti penelitian ini sebanyak 22 siswa dengan 8 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Hasil pre-test menunjukkan bahwa 21.5% siswa laki-laki berada dalam kategori "Baik," 78.5% dalam kategori "Sedang," dan tidak ada yang masuk kategori "Kurang." Sementara itu, 12.5% siswa perempuan berada dalam kategori "Baik," 25% dalam kategori "Sedang," dan 62.5% masuk kategori "Kurang." Hasil post-test menunjukkan bahwa 28% siswa laki-laki berada dalam kategori "Baik Sekali," 57% dalam kategori "Baik," dan 15% dalam kategori "Sedang." Sementara itu, 37.5% siswa perempuan berada dalam kategori "Baik Sekali," 62.5% dalam kategori "Baik," dan tidak ada yang masuk kategori "Sedang." Hasil ini menunjukkan adanya keberhasilan treatment permainan lari estafet dalam peningkatan kebugaran jasmani siswa kelas V SDN Tanah Kali Kedinding V-579 Surabaya.
Kegiatan Mahasiswa Olahraga di Luar Kampus: Upaya Pencapaian Indikator Kinerja Utama
Anam, Khoiril;
Aprilia Nur Azmi, Dina;
Kusuma Putri, Wanda;
Muafi, M. Syahrul
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 2 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i2.1311
Mahasiswa Departemen IKOR sebenarnya memiliki banyak pengalaman di luar kampus, seperti kegiatan penelitian dan pengabdian dosen, praktik kerja lapangan, kuliah kerja nyata, dan kepanitiaan dalam berbagai kejuaraan olahraga. Banyak juga mahasiswa IKOR yang menjadi atlet berprestasi. Hal ini dapat dijadikan sebagai prestasi IKU 2 FIK UNNES. Sayangnya, banyak aktivitas dan prestasi mahasiswa IKOR yang belum terdata secara lengkap, sehingga masih banyak data aktivitas yang belum terdeteksi. Padahal hal inilah yang dapat meningkatkan pencapaian Indikator Kinerja Utama FIK UNNES dalam bidang kemahasiswaan. Hal ini sangat perlu diteliti, karena jika tidak akan dapat mempengaruhi pencapaian Indikator Kinerja Utama FIK UNNES dari segi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mensurvei seluruh kegiatan mahasiswa IKOR di luar kampus dengan menggunakan instrumen angket. Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) hasil penelitian ini berada pada level 1, dimana penelitian ini menyangkut kajian untuk menganalisis aktivitas mahasiswa Ilmu Keolahragaan di luar kampus sebagai bentuk dukungan pencapaian Indikator Kinerja Utama FIK UNNES Tahun 2023 Penelitian ini sesuai dengan road map penelitian FIK dan juga sesuai dengan road map penelitian UNNES yang berciri Konservasi.
Tingkat Motivasi Siswa Kelas 7 Terhadap Pembiasaan P5 Senam Pagi di SMPN 4 Lembang
Sinta Tiara Yuniar;
Nadila Maesara;
Selly Feranie
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 2 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i2.1377
Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat motivasi siswa kelas VII SMPN 4 Lembang dalam mengembangkan projek P5 kurikulum merdeka. Senam pagi telah menjadi bagian penting dari pendidikan jasmani di sekolah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan siswa. Untuk mengetahui lebih jelas motivasi siswa SMPN 4 Lembang dalam melakukan kegiatan senam pagi, dilakukan pengumpulan data terhadap 153 siswa kelas 7 dengan metode survei analisis dan sebuah quisioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menunjukkan motivasi positif terhadap program senam pagi dan berhasil membangkitkan motivasi tinggi siswa kelas 7 dengan hasil (60,78 %) pada sebaran persentase siswa tersebut termasuk dalam kategori “tinggi”, siswa dengan tingkat motivasi (30,07%) tergolong “sangat tinggi” dan (9,15%) tergolong “cukup tinggi”, yang juga cukup signifikan. Faktor-faktor seperti dukungan sekolah, interaksi social siswa, dan persepsi efektivitas program semuanya mempunyai dampak yang signifikan terhadap tingkat motivasi siswa. Temuan ini memberikan wawasan tentang pentingnya dukungan sekolah dan interaksi social siswa dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam program olahraga pagi.
Implementasi Karakter Pemimpin Dalam Kegiatan Aktifitas Fisik Mahasiswa PJKR
Eka Rizky Andini;
Dhafin Razaqa Apriliano;
Epit Pitria;
Putri Dwi Amalia;
Adam Sulton Auliya;
Mochamad Whilky Rizkyafni
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 2 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i2.1641
Dalam suatu kegiatan, pemimpin menjadi sosok yang sangat dibutuhkan untuk mengatur jalannya kegiatan tersebut, tetapi untuk menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah, karena banyak sekali hambatan-hambatan yang ada pada diri kita, sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk menerapkan karakter pemimpin pada Mahasiswa PJKR 2023. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner sebagai media pengumpulan data responden, data yang sudah didapatkan akan dijadikan bahan analisis. Berdasarkan hasil dari data responden, sebanyak 39% mahasiswa PJKR 2023 takut menjadi pemimpin, ketakutan untuk memimpin itu dikuatkan dengan berbagai alasan, seperti tidak percaya diri, malu, takut salah dan grogi. Oleh karena itu, untuk menerapkan karakter pemimpin harus adanya kepercayaan terhadap dirinya sendiri dan berani mencoba terhadap hal yang belum kita lakukan, karena dengan percobaan tersebut kita dapat tahu apa yang kita akan evaluasi ke depannya. Kesimpulan penelitianya adalah dengan kegiatan aktivitas fisik kita dapat menerapkan membangun karakter luhur seseorang dan meniptakan nilai-nilai kepemimpinan dan membentuk mental yang kuat bagi mahasiswa.
Peran Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Olahraga Pencak Silat di Masa Depan
Azmi Apthiandy Fadhlilah;
Muhammad Ihsan Abdillah;
Fardan Yumna Riyadi;
Meli Suryani;
Ronald Rivaldo;
Mochammad Whilky Rizkyanfi
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 2 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i2.1642
Penelitian ini membahas peran bahasa Indonesia dalam pengembangan olahraga Pencak Silat di masa depan. Fokus utama adalah bagaimana bahasa memengaruhi aspek-aspek kunci dalam olahraga tersebut, dengan tujuan memajukan dan melestarikan pencak silat sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia. Metode penelitian menggunakan survei dengan partisipasi lebih dari 30 anggota dan pelatih pencak silat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia berdampak positif pada perkembangan atlet dan praktisi silat, sementara sedikit yang percaya bahwa bahasa tersebut menghambat komunikasi. Kesimpulan menyatakan bahwa bahasa Indonesia memiliki peran vital dalam komunikasi, pengajaran, penelitian, dan pelestarian nilai budaya dalam konteks olahraga pencak silat.
Bentuk Komunikasi Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Disabilitas Tunarungu di SLB Kota Bandung
Putra, Andika;
Eva Sri Gumilang;
Lukmannul Haqim Lubay;
Dian Budiana;
Gano Sumarno
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 2 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i2.1655
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya komunikasi yang dimiliki oleh guru terhadap pembelajaran siswa tunarungu di SLB kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik sampling yaitu teknik random sampling. Instrumen data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan mengadaptasi dari jurnal terdahulu. Guru yang mengajar di SLB kota Bandung menggunakan teori akomodasi komunikasi, dimana guru dapat memodifikasi atau merancang suatu cara berkomunikasi dengan siswa penyandang disabilitas tunarungu dengan sebaik mungkin dan juga dapat dipahami oleh semua siswanya tersebut dan juga dapat berkomunikasi secara verbal dan nonverbal. Dimana peneliti melakukan penelitian melalui observasi SLB di kota Bandung yang dimana peneliti mengambil 5 SLB dari 10 SLB yang ada di kota Bandung yang bertujuan untuk memperoleh informasi atau data yang di inginkan. Bentuk komunikasi guru berupa komunikasi verbal, komunikasi nonverbal dan Bahasa isyarat. Dapat disimpulkan bahwa bentuk komunikasi guru terdiri dari dua bentuk cara berkomunikasi yaitu komunikasi verbal dan nonverbal.