Articles
39 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4 No 3 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga"
:
39 Documents
clear
Peningkatan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Melalui Permainan Pada Siswa Kelas VA SDN Putat Gede I/94 Surabaya
Kurnain, Brilian Alvin;
Nurhayati, Faridha;
Asmorohadi, Agus
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 3 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i3.1057
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar lari jarak pendek pada siswa kelas VA SDN Putat Gede I/94 Surabaya tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan pendekatan permainan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/ACR) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian ini diselesaikan selama dua periode. Dalam penelitian ini, siswa kelas VA SDN Putat Gede I/94 Surabaya tahun ajaran 2022/2023 yang diikuti sebanyak 32 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes tulis, serta tes keterampilan lari jarak pendek. Data adalah produk dari pembelajaran keterampilan, sikap, dan pengetahuan baru. Dalam penelitian ini digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan persentase untuk menemukan pola dalam kegiatan belajar. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: Penerapan pendekatan permainan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VA SDN Putat Gede I/94 Surabaya tahun ajaran 2022/2023.
Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Platform Baamboozle Dalam Pembelajaran PJOK Pada Siswa Kelas 2 UPT SD Negeri 144 Gresik
Demokratis, Titis;
Dinata, Vega Candra;
Arifin, Zainal
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 3 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i3.1074
Karena menggunakan model pembelajaran yang kurang beragam, siswa dapat merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, pemanfaatan model pembelajaran edugames bernama baamboozle dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang berada di kelas 2 UPT SD Negeri 144 Gresik melalui pemanfaatan platform pembelajaran edugames baamboozle. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif dengan mengadopsi model Kemmis & Taggart. Populasi subjek penelitian terdiri dari 20 siswa yang berada di kelas 2 UPT SD Negeri 144 Gresik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan angket. Setelah itu, data tersebut dianalisis secara deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Pemanfaatan platform pembelajaran edugames baamboozle untuk mata pelajaran PJOK telah meningkatkan motivasi belajar siswa, dalam proses pembelajaran siswa diberi akses ke platform baamboozle dan dikelompokkan menjadi tim untuk bekerja sama., yang membuat mereka menjadi lebih aktif dan antusias dalam belajar. Sebelum dilakukan tindakan, presentase motivasi belajar siswa masih dalam kategori yang sangat kurang (54%). Namun, setelah dilakukan siklus I, terjadi peningkatan yang signifikan sehingga naik ke kategori yang cukup (74%). Hasil akhir menunjukkan bahwa motivasi belajar PJOK siswa berada pada kategori yang sangat baik (89%). Penilaian motivasi belajar siswa menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif.
Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Permainan Bola Kasti Kelas V Di SDN Gayungan II
Nugraha, Ariya Seta;
Indahwati, Nanik;
Widiyanti, Novilia Puspa
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 3 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i3.1076
Permainan kasti merupakan permainan tradisional yang banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia. Pada permaian kasti terdapat nilai karakter yang mampu diterapkan dikehidupan sehari-hari. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan berdasarkan pengalaman ketika penulis melakukan praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP), dimana terjadi banyak penyimpangan yang dilakukan oleh peserta didik di SDN Gayungan II. Tentunya Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan untuk mengetahui adakah pengaruh dari Penerapan Pendidkan Karakter Melalui Permainan Bola Kasti Kelas V Di SDN Gayungan II. Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metodologi kuantitatif, penelitian yang dilakukan adalah pseudo-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah desain one-group pre- dan post-test. Sampel penelitian ini termasuk tiga puluh enam murid dari kelas lima. Teknik analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah standar deviasi, mean, varian, uji normalitas, t-test sampel sejenis dan juga besarnya peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data yang terdiri dari 36 jumlah sampel kelas V dapat disimpulkan adanya pengaruh penerapan pendidikan karakter melalui permainan bola kasti kelas V di SDN Gayungan II terjadi peningkatan yang terbilang efektif dalam meningkatkan nilai karakter disiplin sebesar 6,48% dan sangat meningkatkan nilai kerjasama sebesar 66,67% yang artinya terdapat pengaruh dari Penerapan Pendidkan Karakter Melalui Permainan Bola Kasti Kelas V Di SDN Gayungan II.
Upaya Peningkatkan Variasi Gerak Dasar Lari Jarak Pendek menggunakan Tugas Gerak Lari ABC pada Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 144 Gresik
Utama, Nindi Prasetya;
Candra Dinata, Vega;
Arifin, Zainal
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 3 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i3.1088
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar sprint pada peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 144 Gresik Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 144 Gresik tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi pembelajaran gerak dasar sprint. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan persentase. Prosedur penelitian menggunakan tahapan siklus siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: bahwa kemampuan gerak dasar lari cepat meningkat dari 4 peserta didik atau 14,3% pada kondisi awal menjadi 15 peserta didik atau 53,6% pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 21 peserta didik atau 75%.pada akhir siklus kedua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar sprint di kelas IV UPT SD Negeri 144 Gresik pada Tahun Pelajaran 2022/2023.
Meningkatkan Hasil Belajar PJOK dengan Menggunakan Media Puzzle Maker di UPT SD Negeri 144 Gresik
Anggono, Galuh Febri;
Dinata, Vega Candra;
Arifin, Zainal
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 3 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i3.1090
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas V.A UPT Sekolah Dasar Negeri 144 Gresik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus melalui pendekatan media Puzzle Maker. Berdasarkan hasil penelitian sebelum tindakan rata-rata nilai murid 45,41 (Kurang Baik), ketuntasan individual diperoleh hanya 6 murid dan ketuntasan klasikal 16,66%; pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar 63,66 (cukup), ketuntasan individual diperoleh 14 murid dan ketuntasan klasikal 58,33%; dan pada siklus II nilai rata-rata 81,33 (baik) dan ketuntasan klasikal sebanyak 24 murid atau 100%. Dengan demikian penggunaan media Puzzle Maker berhasil atau dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan murid kelas V.A UPT Sekolah Dasar Negeri 144 Gresik. This research is motivated by the low learning outcomes of Physical Education, Sport and Health. This study aims to improve the learning outcomes of class V.A UPT Grade 144 Gresik Elementary School. This study uses Classroom Action Research (CAR) with two cycles through the Puzzle Maker media approach. Based on the results of the research before the action, the average student score was 45,41 (not good), individual mastery was obtained by only 6 students and classical mastery was 16.66%; in cycle I the average score of learning outcomes was 63.66 (enough), individual mastery was obtained by 14 students and classical mastery was 58,33%; and in cycle II the average score was 81.33 (good) and the classical completeness was 24 students or 100%. This the use of Puzzle Maker media is successful or can improve the learning outcomes of Physical Education Sports and Health for class V.A UPT SD Negeri 144 Gresik students.
Upaya Meningkatkan Kelincahan Pada Kebugaran Jasmani Siswa Dengan Menggunakan Permainan Lari Angka Delapan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pamekasan
Reynaldy, Edwin Nofrian;
Wahyudi, Hery;
Sidik, Abdurachman
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 3 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i3.1101
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research). Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kelincahan pada siswa melalui permainan lari angkka delapan atau shuttle run di SMP Negeri 4 Pamekasan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa siswi SMP Negeri 4 Pamekasan yang berjumlah 32 anak, yaitu 23 laki-laki dan 9 perempuan. Data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan lari angka delapan atau Shuttle run dapat meningkatkan kelincahan siswa di SMP Negeri 4 Pamekasan. Hal ini dapat dibuktikan dari kelincahan anak yang mengalami peningkatan dari Siklus I dan telah melampaui target keberhasilan pada Siklus II. Hasil kelincahan anak pada Siklus I mencapai 19 % pada Siklus II melalui kegiatan pembelajaran menggunakan permainan lari bolak-balik kelincahan anak mencapai 84 % dapat melampaui target yang ditetapkan yaitu 75%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya peningkatan pada kelincahan peserta didik melalui permainan lari angka delapan.
Upaya Peningkatan Kebugaran Jasmani Melalui Metode Permainan Aktif Dadu Lempar Pada Siswa Kelas II SDN Sidoklumpuk Sidoarjo
Lisvianto, Jodie Daniel;
Wijaya, Andhega;
Alifia, Esty
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 3 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i3.1107
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diartikan bahwa Di SDN Sidoklumpuk Sidoarjo, kebugaran jasmani siswa kelas II meningkat karena penggunaan permainan dadu aktif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dan melibatkan 60 siswa sebagai subjek. PTK merupakan metode penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya untuk memperbaiki praktik pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran. PTK memerlukan tindakan atau intervensi berulang selama jumlah waktu yang telah ditentukan. dan diikuti dengan refleksi dan evaluasi. Dalam penelitian ini, permainan aktif dadu digunakan sebagai intervensi untuk meningkatkan kebugaran fisik siswa. Dengan menggunakan permainan ini, terlibat dalam aktivitas fisik yang menyenangkan dan merangsang siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi dalam kegiatan olahraga. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diartikan bahwa penerapan permainan aktif dadu dapat meningkatkan keberhasilan siswa dalam meningkatkan kebugaran fisik. Pada siklus I, mempresentasikan keberhasilan siswa adalah 75% dengan 45 siswa yang telah tuntas dan 15 siswa yang belum tuntas. Namun, setelah selesai siklus II, menunjukkan keberhasilan meningkat menjadi 91% dengan 55 siswa yang telah tuntas dan 5 siswa yang belum tuntas. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan permainan aktif dadu dalam pembelajaran olahraga dapat meningkatkan partisipasi siswa dan membantu meningkatkan kebugaran fisik mereka. Dalam hal ini, permainan aktif dadu dianggap sebagai cara yang efektif dan menyenangkan untuk memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan olahraga.
Analisis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran PJOK Di SMP Laboratorium Percontohan UPI
Faujiyah, Faujiyah;
Nugraha, Eka;
Ma’mun, Amung;
Syarifatunnisa, Syarifatunnisa
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 3 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i3.1134
Penelitian ini memiliki tujuan guna menjelaskan pelaksanaan Pendidikan karakter pada mata pelajaran PJOK di SMP laboratorium percontohan upi. Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan Miles dan Huberman pengolahan data menggunakan pdel interaktif dengan kondensasi data, demonstrasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai karakter yang diterapkan dan ditanamkan pada proses pembelajaran PJOK oleh guru PJOK adalah mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, penerapan 5S (sapa, sopan, santun, senyum, salam) dalam bersikap. (2) Nilai karakter yang diterapkan dan ditanamkan pada proses evaluasi pembelajaran PJOK oleh guru PJOK adalah mandiri, jujur, dan kerja keras. (3) Nilai karakter yang diterapkan dan ditanamkan pada materi pembelajaran PJOK oleh guru PJOK adalah peduli sosial, mandiri, kerja keras, dan disiplin.
Perbandingan Minat Siswa Terhadap Olahraga Modern dan Olahraga Tradsional di Kabupaten Toli-Toli
Gunawan, Gunawan;
Arisandi, Arisandi
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 3 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i3.1212
Di zaman modern ini olahraga tradisional semakin terlupakan oleh anak-anak, karena di zaman sekarang anak-anak lebih memilih permainana yang canggih seperti bermain game online. Sedangakan olahraga tradisional sudah jarang dilakukan bahakan sekolah-sekolah jarang sekali memperkenalkan siswanya dengan olahraga tradisional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan minat siswa terhadap olahraga modern dan olahraga tradisional di MTsN DDI Tinigi, dan juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa dan seberapa besar perbandingan minat siswa terhadap olahraga mdern dan olahraga tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode studi komparatif, populasi penelitian ini adalah siswa MTsN DDI Tinigi yang berjumlah 225 siswa. Adapun Teknik yang digunakan adalah Teknik cluster sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian menggunakan angket/kuesioner. Sampel dari penelitian ini adalah 65 siswa kelas 8 yang terdiri dari 3 kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukan Perbandingan Minat Siswa Terhadap Olahraga Modern dan Olahraga Tradisional di MTs DDI Tinigi dengan perbandingan olahraga modern sebesar (72,2%) dan olahraga tradisional sebesar (70,0%). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulkan bahwa ada Perbandingan Minat Siswa Terhadap Olahraga Modern dan Olahraga Tradisional sebesar (2,2%). Diharapkan para guru tidak hanya mengenalkan siswa kepada olahraga modern akan tetapi olahraga tradisional pun harus sering dipelajari diseokolah agar siswa-siswi juga bisa memahami dan mengetahui tentang olahraga tradisional
Pengaruh Latihan Variasi Squat Dan Latihan Variasi Lunges Terhadap Power Otot Tungkai Pada Tendangan Dollyo Chagi
Habsyi, Faisal Al;
Mokoagow, Ahmad;
Hadjarati, Hartono;
Haryanto, Arief Ibnu
Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 4 No 3 (2024): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55081/jumper.v4i3.1243
Penerapan latihan pliometrik dinilai dapat meningkatkan power otot tungkai. Ada beberapa jenis latihan pliometrik yang dapat diterapkan untuk peningkatan power otot tungkai yaitu squat dan lunges, namun perlu dipertimbangan mana yang cocok diterapkan dalam upaya meningkatkan power otot tungkai pada tendangan Dollyo Chagi Taekwondo. Tujuan penelitian ini yaitu membandingkan mana yang lebih baik antara latihan squat dan lunges dalam upaya meningkatkan power otot tungkai pada tendangan Dollyo Chagi Taekwondo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain two group pre test – post test. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet Eagle Taekwondo Club (ETC) yang berjumlah 16 atlet. Sampel penelitihan ini menggunakan seluruh atlet yang ada di Eagle Taekwondo Club (ETC) dan dibagi menjadi dua grub squat dan lunges menggunakan metode random. Instrumen penelitian ini menggunakan vertical jump test. Adapun analisis data menggunakan uji t. Hasilnya, penelitian ini mengungkapkan bahwa kedua jenis latihan ini memiliki hasil positif. Namun untuk latihan squat memiliki hasil yang lebih baik daripada lunges. Peneliti lebih cenderung merekomendasikan latihan squat dalam upaya untuk meningkatkan power otot tungkai.