cover
Contact Name
E Sutandar
Contact Email
Erwin_sutandar@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
fanypuspabella@student.untan.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. E-mail: jmts@teknik.untan.ac.id
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : https://dx.doi.org/10.26418/jelast.v9i1.53691
Core Subject : Engineering,
Pesatnya perkembangan di dunia pendidikan mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap bangunan tinggi sebagai sarana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bersumber pada Standar Nasional Indonesia (SNI 1726-2019) mengenai Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, Kota Pontianak termasuk ke dalam daerah dengan gempa ringan. Setiap perancangan bangunan di Kota Pontianak saat ini harus memperhitungkan parameter gaya gempa. Sehingga dilakukan perhitungan struktur gedung 7 lantai Sekolah Santu Petrus untuk mendapatkan dimensi komponen struktur yang tahan terhadap beban gempa. Perancangan gedung ini merupakan struktur beton bertulang dengan Sistem Rangka Pemikul Momen dan dimodelkan dengan bantuan program analisis struktur. Struktur dianalisis terhadap beban yang bekerja pada gedung tersebut. Pada analisis pengaruh gempa, gedung ini termasuk kategori desain seismik KDS D, maka dalam analisisnya akan mengikuti persyaratan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Hasil kontrol perilaku struktur terdapat ketidakberaturan struktur tipe 2 dan 3 serta ketidakberaturan vertikal struktur tipe 2. Dimensi struktur pelat lantai setebal 100 mm, balok induk 300/600 mm dan 450/800 mm, balok anak 300/600 mm dan 200/400 mm, serta kolom persegi 700/700 mm dan kolom bundar diameter 700 mm. Fondasi yang digunakan adalah fondasi dalam tiang pancang karena sesuai dengan kondisi tanah di Kota Pontianak.
Arjuna Subject : -
Articles 49 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024" : 49 Documents clear
ANALISIS KEBUTUHAN AIR DI PETAK TERSIER DESA LIMBUNG KECAMATAN SUNGAI RAYA Meliana, Fitri; Nurhayati, Nurhayati; Gunarto, Danang
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v11i3.83381

Abstract

Desa Limbung memiliki lahan yang cukup luas untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan meningkatkan pasokan makanan. Masyarakat memanfaatkan lahan kosong untuk media tanam dan dijadikan sebagai sumber penghasilan. Tanaman memerlukan air selama proses pertumbuhannya, oleh sebab itu kebutuhan air menjadi faktor yang dapat menentukan kualitas dan kuantitas produktivitas tanaman. Hal yang harus diperhatikan dalam sektor pertanian adalah kebutuhan air tanaman dapat terpenuhi. Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan air tanaman pada petak tersier yang terletak di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, berupa kebun campuran masyarakat setempat yang ditanami tanaman palawija dan papaya. Input dari penelitian ini menggunakan data primer yaitu pola tanam dan data sekunder yaitu data curah hujan dan iklim tahun 2010 sampai 2022 dari stasiun BMKG Supadio. Evapotranspirasi potensial dihitung menggunakan metode Penman-Monteith. Evapotranspirasi dikalikan dengan koefisien tanaman untuk mendapatkan nilai pengunaan konsumtif. Berdasarkan hasil analisis nilai kebutuhan air maksimum terjadi pada bulan September sebesar 4,39 liter/detik sedangkan kebutuhan air minimum terjadi pada bulan November sebesar 1,89 liter/detik.
Rencana Reklamasi Bentuk Lain Dengan Memanfaatkan Lahan Bekas Tambang Emas Menjadi Kolam Budidaya Perikanan Pada Wilayah Usulan Pertambangan Rakyat Di Desa Sungai Besar, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Sidiq, Braja Tejha; Purwoko, Budhi; Mukhtar, Wahdaniah
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v11i3.84700

Abstract

Kecamatan Matan Hilir Selatan merupakan daerah yang memiliki Sumberdaya bahan tambang yang memiliki potensi untuk dapat ditambang. Usaha penambangan mineral seperti emas telah memberikan pengaruh terhadap masyarakat sekitar. Adanya lubang bekas tambang (void) yang ditinggalkan pada akhir kegiatan pertambangan, saat ini mendapatkan perhatian yang cukup serius bagi masyarakat sekitar. Lubang bekas tambang tersebut setelah dilakukan penambangan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar untuk dimanfaatkan dalam meningkat nilai ekonomi, sosial dan lingkungan, serta ekosistem kawasan disekitar penambangan. Berdasarkan hal itu, maka tujuan penelitian ini adalah merencanakan pemanfaatan lahan bekas tambang menjadi kolam budidaya perikanan bagi masyarakat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan melakukan pengamatan langsung dan pengambilan data di lapangan berupa data kondisi kolam, kondisi topogafi, kondisi geologi lokal, serta sampel air. Hasil yang diperoleh adalah luas lubang bukaan tambang, nilai baku mutu air serta rencangan dimensi saluran yaitu dengan Panjang saluran 84 m, kemiringan dinding saluran (α) 60 °, kedalaman saluran (d) 1,0318 m, ketebalan air (h) 0,5318 m, lebar dasar saluran (b) 1,1865 m, lebar bagian atas saluran (B) 1,8033 m, panjang dinding saluran (a) 1.1914 m.
EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL EMPAT LENGAN MENGGUNKAN METODE PKJI 2023 DAN SOFTWARE VISSIM (STUDI KASUS : JL. BRIGJEND KATAMSO - JL. D.I PANJAITAN - JL. LETJEND S. PARMAN - JL. KARYA TANI KOTA KETAPANG) Budiarti, Ade Tia; Widodo, Slamet; Azwansyah, Heri
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v11i3.83050

Abstract

Simpang bersinyal empat lengan Jalan Brigjend Katamso "“ Jalan D.I. Panjaitan "“ Jalan Letjend. S. Parman "“ Jalan Karya Tani merupakan simpang yang padat dan banyak dilalui oleh kendaraan, karenanya diperlukan pengevaluasian kinerja persimpangan. Pengevaluasian ini menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 dan software VISSIM. Pada kondisi eksisting tahun 2023 menggunakan metode PKJI 2023 didapat derajat kejenuhan 1,00 dengan tingakat pelayanan LOS F. Sedangkan pada software VISSIM diperoleh tingkat pelayanan LOS F. Selanjutnya dilakukan 8 alternatif dengan alternatif terbaik adalah alternatif 8 yaitu perubahan dari simpang bersinyal menjadi bundaran dan pelebaran semua ruas jalan pada semua lengan simpang. Pada kondisi eksisting dengan alternatif 8 menggunakan metode PKJI 2023 didapat derajat kejenuhan yaitu 0,65 dengan tingkat pelayanan yaitu LOS B. Sedangkan software VISSIM didapat tingkat pelayanan yaitu LOS A. Pada kondisi proyeksi 5 tahun dengan alternatif 8 menggunakan software VISSIM didapat tingkat pelayanan yaitu LOS B. Pada kondisi proyeksi 10 tahun dengan alternatif 8 menggunakan software VISSIM didapat tingkat pelayanan yaitu LOS B.
KAJIAN TEKNIS PENJADWALAN PEMELIHARAAN KOLAM PENGENDAPAN (TAILING POND) PT. MEKKO METAL MINING KABUPATEN LANDAK PROVINSI KALIMANTAN BARAT Pontiraba, Christian; MS, Murad; Nirmala, Azwa
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v11i3.83934

Abstract

PT. Mekko Metal Mining (PT.MMM) adalah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, khususnya bauksit. Sesuai dengan Permen ESDM no.25 tahun 2018, perusahaan tambang wajib untuk melakukan peningkatan kadar bauksit yang akan dijual melalui proses pencucian. Untuk mendukung hal tersebut PT.MMM membangun washing plant sebagai sarana pencucian dan membuat tailing pond sebagai sarana sumber air serta pengelolaan limbah. Untuk meminimalisir pendangkalan pada kolam pengendapan dilakukan maintenance pada kolam pengendapan. Pada penelitian ini bertujuan untuk menentukan penjadwalan pemeliharaan pada tiap-tiap kolam pengendapan serta menghitung biaya operasional perawatan kolam pengendapan.Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah Metode Analisis Kuantitatif. Tahapan awal dimulai dengan inventarisasi data primer dan sekunder. pengolahan data  yang diperlukan adalah Perhitungan Curah Hujan Rencana, Perhitungan Intensitas Curah Hujan, Perhitungan Debit Air Limpasan, Perhitungan Debit Air Hujan, Perhitungan Persen Solid, Perhitungan Kecepatan Pergerakan Partikel Tailing, Perhitungan Kecepatan Pengendapan, Perhitungan Persentase Pengendapan, Volume Total Pengendapan, Perhitungan Produktivitas Alat Gali, Perhitungan Waktu dan Biaya Pemeliharaan KolamKolam dilakukan pengerukan pada saat volume kolam terisi setengah didapat waktu perawatan kolam pengendapan pada kolam 1 adalah setiap 641 hari, kolam 2 setiap 1729 hari, kolam 3 setiap 4027 hari, kolam 4 setiap 4999 hari, kolam 5 setiap 5000 hari. Waktu pengerukan apabila menggunakan 1 Long Arm membutuhkan waktu untuk kolam 1 selama 33,5 jam, kolam 2 selama 73,5 jam, kolam 3 selama 44,4 jam, kolam 4 selama 38 jam, kolam 5 selama 48 jam.Untuk biaya operasional kolam 1 Rp.17.001,250, kolam 2 Rp.36.692,250, kolam 3 Rp.22.533,000, kolam 4 Rp.19.285,000, kolam 5 Rp.24.360,000.
ANALISIS OPTIMALISASI PRODUKTIVITAS DAN KINERJA PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PROYEK (STUDI KASUS PENINGKATAN JALAN PANDAN "“ MERARAI KECAMATAN TEBELIAN KABUPATEN SINTANG Burhanudin, Burhanudin; Syahrudin, Syahrudin; M.Nuh, Safarudin
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v11i3.84759

Abstract

Alat berat memegang peranan penting di dalam suatu proyek, terutama proyek konstruksi dengan skala besar. Tujuan dari penggunaan alat berat berat untuk mempermudah pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan manual dan dengan skala yang besar sehingga berpengaruh pada optimalisasi produktivitas, waktu dan biaya. Alat berat yang ditinjau pada Pekerjaan Peningkatan Jalan Pandan "“ Merarai yaitu Excavator, Dump Truck, Motor Grader, Vibratory Roller, Asphalt Finisher, Tandem Roller, dan Pneumatic Tired Roller. Kemudian dilakukan perhitungan produktvitas pada setiap alat berat dengan membuat simulasi 3 kombinasi alat berat, pada kombinasi 1 menggunakan alat berat yang terdapat pada lapangan yang digunakan pada pekerjaan Peningkatan Jalan Pandan "“ Merarai, sedangkan pada komibinasi 2 dan kombinasi 3 menggunakan alat berat yang direncanakan. Dari hasil perhitungan didapatkan hasil kombinasi alat berat yang optimal dari segi biaya dan waktu adalah kombinasi 3 pada pekerjaan Agregat semen Kelas A (CTB) menngunakan 1 unit Excavator dengan kapasitas 0,92 m ³, 20 unit Dump Truck dengan kapasitas 8 m ³, 1 unit motor grader, 1 unit Vibratory Roller. Pada pekerjaan Lapisan Pondasi Tanpa Penutup Aspal (LPA) menggunakan menggunakan 1 unit Excavator dengan kapasitas 0,92 m ³, 20 unit Dump Truck dengan kapasitas 8 m ³, 1 unit motor grader, 1 unit Vibratory Roller. Pada pekerjaan Pengasapalan Lataston Lapisan Aus (HRS-WC) menggunakan 25 unit Dump Truck, 1 unit Asphal Finisher, 1 unit Tandem Roller, 1 unit Pneumatic Tired Roller. Total waktu pengerjaan 29 hari dengan biaya sebesar Rp.646.670.508.  
EVALUASI PENURUNAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA JAM KERJA LEMBUR Qomaria, Siti; Lusiana, Lusiana; Rafie, Rafie
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v11i3.84719

Abstract

Waktu penyelesaian yang cepat dan akurat sangat penting dalam proyek konstruksi. Oleh karena itu, jam kerja menjadi solusi untuk mengimbangi lamanya proyek konstruksi. Namun penggunaan lembur juga dapat menurunkan produktivitas. Penelitian ini mengkajid pengaruh jam kerja terhadap produktivitas tenaga kerja pada proyek pembangunan gedung asrama haji pontianak. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan produktivitas jam kerja normal dan jam kerja lembur pekerja proyek konstruksi. Kegiatan yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah bekisting balok. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi lapangan pada proyek pembangunan gedung asrama haji pontianak (work sampling). Analisis dilakukan berdasarkan hasil nilai produktivitas, angka persentase perbandingan dan metode uji independent sample t-test. Hasil perbandingan persentase pada penelitian ini menunjukkan bahwa produktivitas mengalami penurunan sebesar 3,16% pada jam kerja lembur. Pada analisis uji independen sample t-test diperoleh nilai signifikan sebesar 0,472 yang berarti hasil tersebut lebih besar dari 0,05 sehingga tidak terdapat perbedaan hasil kerja yang signifikan antara jam kerja normal dengan jam kerja lembur.Kata kunci : Produktivitas, Jam kerja lembur, Tenaga Kerja
ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI KE KAMPUS OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS TANJUNGPURA Eliza, Elenne Mardatry; Azwansyah, Heri; Said, Said
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v11i3.83871

Abstract

Universitas Tanjungpura merupakan institusi tinggi negeri dengan populasi mahasiswa yang besar dan tersebar di berbagai lokasi tempat tinggal. Kondisi ini menyebabkan meningkatnya kebutuhan sarana transportasi untuk mendukung pergerakan mahasiswa antara tempat tinggal dan kampus. Pola perjalanan harian mahasiswa menunjukkan tren yang menarik, semakin meningkatnya penggunaan jasa transportasi online sebagai pilihan alternatif dari kendaraan pribadi. Penelitian bertujuan mengkaji ciri-ciri perjalanan, aspek-aspek yang berpengaruh, serta pola pemilihan moda transportasi beroda dua di kalangan mahasiswa Universitas Tanjungpura. Pengumpulan data dilakukan di lingkungan Universitas Tanjungpura menggunakan metode survei, secara online  melalui google form maupun offline . Metode analisis menggunakan deskriptif kuantitatif, metode deskriptif bertujuan memaparkan karakteristik pemilihan moda transportasi, sedangkan metode kuantitatif bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pilihan moda transportasi mahasiswa menggunakan Software JASP. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi logistik Y = - 4.019 + 4.012 X1+ 0.703 X2  - 0.634 X3+ 3.352 X4  - 0.320 X5+ 1.390 X6  - 1.726 X7  . Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, teridentifikasi empat variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan moda transportasi, yaitu kepemilikan kendaraan pribadi (X1), jarak (X2), jenis tempat tinggal (X6), dan pertimbangan biaya (X7). Probabilitas pelajar menggunakan kendaraan pribadi menuju kampus adalah 95%, sementara pelajar yang menggunakan ojek online menuju kampus adalah 5%.Kata Kunci : Mahasiswa, Moda Transportasi, Regresi Logistik Biner, Transportasi Online.
STUDI TENTANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PERTAMBANGAN EMAS RAKYAT DI KECAMATAN MANDOR KABUPATEN LANDAK Wijaya, Oscardinata; Aprillia, Ricka; Herlambang, Yoga
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v11i3.84733

Abstract

Pertambangan Rakyat di Kecamatan Mandor Kabupaten Landak merupakan salah satu kegiatan pertambangan emas skala kecil yang dilakukan oleh kelompok masyarakat dengan teknik semprot dan sedot serta pengolahan emas dengan metode amalgamasi. bahaya dan risiko dapat terjadi pada setiap tahapan pekerjaan sehingga perlu dilakukan identifikasi potensi bahaya untuk memperoleh data likehood dan severity kemudian dilakukan pembobotan untuk mentukan rekomendasi pengendalian yang sesuai. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assasment, and Risk Control). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi langsung dilokasi penambangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, risiko yang teridentifikasi sebayak 22 potensi bahaya yang mungkin terjadi, tingkat risiko dengan nilai tertinggi pada aktivitas penambangan dan pengolahan emas yaitu, pekerja tertimbun material (high risk) dan keracunan akibat penggunaan merkuri pada proses amalgamasi dan pembakaran amalgam (high risk). Rekomendasi pengendalian risiko berdasarkan hierarki pengendalian meliputi eliminasi, substitusi, teknis, administratif dan alat pelindung diri.
STUDI KEBUTUHAN SARANA ANGKUTAN BUS PADA TRAYEK PUTUSSIBAU "“ BADAU KABUPATEN KAPUAS HULU Fachriansyah, Chairul; Mukti, Elsa Tri; Said, Said
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v11i3.83411

Abstract

Pesatnya pertumbuhan penduduk dan meningkatnya aktivitas ekonomi-sosial menyebabkan terjadinya perubahan pola hidup masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu, sehingga berdampak pada peningkatan mobilitas, oleh karena itu ketersediaan transportasi bus untuk menjangkau wilayah lain menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pergerakan dengan menghasilkan sebaran pergerakan penumpang dan mengoptimalkan jumlah armada bus khususnya pada rute trayek Putussibau"“Badau. Metode analisis data yang dilakukan meliputi Analisis MAT dengan metode iterasi Furness untuk mengetahui jumlah sebaran pergerakan penumpang dengan data yang digunakan diperoleh dari penyebaran kuesioner penumpang, dan Analisis Load Factor Break Even untuk menentukan jumlah kendaraan optimal dengan data yang digunakan diperoleh dari hasil survey naik-turun penumpang, waktu keberangkatan dan kedatangan kendaraan, dan pengeluaran biaya operasional kendaraan. Didapatkan hasil dari penelitian ini bahwa jumlah penumpang per hari sebanyak 17 penumpang, waktu keberangkatan dan kedatangan kendaraan pada setiap wilayah, dan pengeluaran BOK per tahunnya sebesar Rp831.751.000,00. Studi ini diakhiri dengan kesimpulan bahwa berdasarkan perhitungan Analisis MAT dengan metode iterasi furness didapat jumlah sebaran pergerakan penumpang bus PT. PERINTIS per tahunnya sejumlah 6308 pergerakan, dan berdasarkan Analisis Load Factor Break Even didapat jumlah armada bus yang optimal beroperasi untuk saat ini yaitu sebanyak 2 armada bus dari total 3 armada bus yang beroperasi.
ANALISIS KINERJA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL (STUDI KASUS: JALAN RAYA SOSOK "“ JALAN TAYAN, DI KECAMATAN TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU) Purwansih, Deta Mardiana; Widodo, Slamet; Said, Said
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v11i3.83983

Abstract

Kecamatan Tayan Hulu merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Sanggau. Di KecamatanTayan Hulu terdapat simpang dengan klasifikasi jenis simpang tak bersinyal. Simpang yang akan dianalisis dalampenelitian ini merupakan daerah komersial yang memiliki persimpangan 3 lengan. Tujuan pada penelitian iniadalah mengetahui volume arus lalu lintas dan kinerja lalu lintas persimpangan pada kondisi eksisting dan prediksi5 tahun mendatang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Adapun hasil dari analisis berupa jumlah volume arus lalulintas tertinggi dan kinerja lalu lintas berupa kapasitas (C), derajat kejenuhan (DS), tundaan (D) dan peluangantrian (QP). Hasil analisis volume arus lalu lintas tertinggi terjadi pada hari Sabtu, pukul 17.00-18.00 denganjumlah kendaraan 1.334 smp/jam. Kinerja lalu lintas pada kondisi eksisiting diperoleh C sebesar 3.249 smp/jam,DS sebesar 0,41, D sebesar 8,15det/smp, dan QP sebesar 8-19 %. Kinerja lalu lintas proyeksi 5 tahun mendatangdiperoleh C sebesar 3.265 smp/jam, DS sebesar 0,63, D sebesar 9,32 det/smp dan QP sebesar 11-35%, dengantingkat pelayanan jalan LOS B. Kinerja lalu lintas pada persimpangan masih dalam keadaan baik.

Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 3 (2025): JeLAST Edisi Agustus 2025 Vol 12, No 2 (2025): JeLAST Edisi Juni 2025 Vol 12, No 1 (2025): JeLAST Edisi Februari 2025 Vol 11, No 4 (2024): JeLAST Edisi Desember 2024 Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024 Vol 11, No 2 (2024): JeLAST Edisi Juni 2024 Vol 11, No 1 (2024): JeLAST Edisi Februari 2024 Vol 10, No 4 (2023): JeLAST Edisi Desember 2023 Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023 Vol 10, No 2 (2023): JeLAST Edisi Juni 2023 Vol 10, No 1 (2023): JeLAST Edisi Februari 2023 Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022 Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022 Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022 Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022 Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021 Vol 8, No 2 (2021): JeLAST Juni 2021 Vol 8, No 1 (2021): JeLast Edisi Februari 2021 Vol 7, No 3 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2020 Vol 7, No 2 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2020 Vol 7, No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2020 Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019 Vol 6, No 2 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2019 Vol 6, No 1 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2019 Vol 5, No 3 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2018 Vol 5, No 2 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2018 Vol 5, No 1 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2018 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2017 Vol 3, No 3 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2016 Vol 2, No 2 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2016 Vol 1, No 1 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI FEBRUARI 2016 Vol 2, No 2 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI JUNI 2015 Vol 3 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI DESEMBER 2015 Vol 1, No 1 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN Vol 3, No 2 (2014): VOL 3 NO 2 DESEMBER 2014 Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Edisi Februari 2014 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil UNTAN Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan More Issue