cover
Contact Name
Rano A
Contact Email
ojslppmumht@gmail.com
Phone
+6285860798718
Journal Mail Official
ranoagustino@thamrin.ac.id
Editorial Address
Universitas Mohammad Husni Thamrin Kampus A Lantai 2, Jl. Raya Pondok Gede No.23-25 Jakarta Timur 13550
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 27163911     EISSN : 27210472     DOI : 10.37012
Core Subject : Economy,
Covering of original research on Economic Management and Accounting studies using an interdisciplinary perspective.
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi" : 23 Documents clear
Pengaruh Target Market, Positioning dan Promotion terhadap Keputusan Pembelian di CV.Maestro Ahmad Darda; Ahmad Rojikun
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i1.1389

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh target market terhadap keputusan pembelian, mengetahui pengaruh positioning terhadap keputusan pembelian dan mengetahui pengaruh promotion terhadap keputusan pembelian. Selain itu juga mengetahui pengaruh target market, positioning dan promotion secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian di CV. Maestro. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh secara langsung dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 80 kepada responden. Metode pengambilan sampel adalah non probabilitas dengan teknik purposive sampling. Responden adalah laki-laki dan wanita. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif. Temuan dari penelitian ini adalah pertama, Target Market (X1) mempengaruhi Keputusan pembelian (Y) secara signifikan. Temuan kedua yang menyatakan bahwa Positioning berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian secara signifikan. Temuan ketiga menyatakan bahwa Promotion berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian secara signifikan. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa Target Market (X1), Positioning (X2) , dan Promotion (X3)  secara serentak mempengaruhi Keputusan pembelian (Y) secara signifikan. 
Pengaruh Brand Awareness dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil di Carmudi.Co.Id Hasan Basri; Fitriyah Fitriyah; Reni Febrianti
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i1.1482

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand awareness dan promosi secara parsial dan secara serempak terhadap keputusan pembelian mobil di carmudi.co.id area Jakarta. Metode pengolahan data yang digunakan penelitian adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 24. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yang diambil dari pelanggan yang melakukan pembelian mobil di carmudi.co.id selama bulan Maret sampai Mei 2018. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh, variabel brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, terbukti nilai t-hitung (11,906) lebih besar dari nilai t-tabel (1,672), variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian terbukti nilai t-hitung (3,927) lebih besar dari nilai t-tabel (1,672), dan secara simultan, brand awareness dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil di carmudi.co.id area jakarta dengan nilai F-hitung (319,083) lebih besar dari nilai F-tabel (3,16) dengan presentase sebesar 0,918 (91,8%).
Pengaruh Knowledge dan Influencer terhadap Literasi Investasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 Susiana Dewi Ratih; Esty Dita Pramesti; Evi Noviaty; Sutrisno Sutrisno
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i1.1414

Abstract

Masa pandemi covid-19, membuat masyarakat merubah cara hidup dengan kebiasaan baru, pembatasan sosial, membuat orang memanfaatkan media sosial secara daring dalam mendapatkan berbagai informasi serta melakukan aktivitas bisnis dan pembelajaran. Tingkat literasi investasi di masyarakat 23% dan terkait pasar modal literasi investasinya adalah 0.11%. Mahasiswa merupakan calon investor muda yang dapat berperan aktif dalam dunia investasi, harus memiliki literasi investasi. Sesuai teori Sosial Kognitif, literasi dilakukan melalui faktor knowledge dan faktor lingkungan, melalui penggunaan media sosial, khusunya kolaborasi dengan influencer di media sosial. Untuk itu diteliti  bagaimana pengaruh Knowledge dan  Influencer baik secara parsial maupun simultan  terhadap Literasi Investasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2022. Metode penelitian menggunaka metode kuantitatif, dengan populasi mahasiswa DKI Jakarta, dan sampel berjumlah 100 orang. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan Knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap Literasi Investasi Mahasiswa. Sedangkan penggunaan influencer tidak berpengaruh terhadap Literasi Investasi Mahasiswa. Knowledge dan Influencer secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Literasi Investasi Mahasiswa. Kesimpulannya, selama masa pandemi covid-19, ada peningkatan knowledge literasi investasi pada mahasiswa. Influencer di media sosial tidak berpengaruh. Knowledge dan influencer berkontribusi yaitu 13,6%, sisanya oleh variabel lain. 
Strategi Perusahaan Penerbangan Berbayar Murah dalam Meningkatkan Penjualan Tiket Marthaleina Ruminda Sitorus; Lut Mafrudo; Fernanda Audi Fakhri; Yuliantini Yuliantini; Rohana Sitanggang
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i1.1448

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan pada perusahaan penerbangan berbayar murah (low-cost carrier/LCC) agar dapat meningkatkan penjualan tiket pesawat. Metode yang digunakan dalam peneltian ini menggunakan analisis SWOT, dengan teknik analisis data yang digunakan analisis matriks SWOT 4 Kuadran, Matrik SWOT IFE dan EFE dan matriks Internal (IE). Hasil dari analisis matriks SWOT 4 kuadran menunjukan hasil faktor internal sebesar 2.20 dan hasil faktor eksternal sebesar 1.45 yang menunjukan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I yaitu strategi growth sehingga strategi yang digunakan adalah dengan menggunakan strategi agresif yaitu dengan penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Sedangkan untuk analisis matrik IE didapatkan berdasarkan total skor faktor internal (IFE) sebesar 2.83 dan total skor faktor eksternal (EFE) sebesar 2.66 menunjukan bahwa perusahaan berada pada sel V menunujukan bahwa perusahaan sudah berada dalam tahap menjaga dan mempertahankan (hold and maintain), strategi yang digunakan oleh perusahaan yaitu dengan cara penetrasi pasar dan pengembangan produk.
Dampak Kegiatan Bongkar Muat, Ketepatan Distribusi dan Produktivitas Peralatan Bongkar Muat General Cargo dalam Meminimalisasi Biaya Logistik pada PT XYZ Purbanuara Parlindungan Sitorus; Olghatra Putra Yohanes; Sri Handayani
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i1.1473

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis dampak kegiatan bongkar muat, ketepatan distribusi, produktivitas peralatan bongkar muat dan biaya logistik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode kuantatif yang digunakan adalah dengan melakukan pengambilan data yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner penelitian kepada pegawai jasa pada perusahaan logistik XYZ. Responden yang diperoleh pada penelitian ini adalah 65 responden. Data yang diperoleh peneliti selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS), dan diolah menggunakan perangkat lunak Smart PLS. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pada uji pengaruh langsung menghasilkan hipotesis penelitian yang diterima. Sedangkan pada uji hipotesis pengaruh tidak langsung terdapat satu hipotesis yang diterima yaitu pada uji hipotesis pengaruh kegiatan bongkar muat terhadap produktivitas paralatan melalui ketepatan distribusi muatan.
Potensi dan Strategi Pengembangan UMKM Halal di Indonesia Danarti Hariani
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i1.1492

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki potensi industri halal yang  cukup besar. Dengan jumlah muslim terbanyak, serta di dukung oleh UMKM. UMKM menjadi bagian penting dalam perekonomian Indonesia dengan penyerapan tenaga kerja terbesar yaitu 99.9 % dari total pelaku usaha di Indonesia. Potensi yang besar ini harus dimanfaatkan agar tidak tertinggal dengan negara lain. Industri halal di tingkat global terus mengalami pertumbuhan yang signifikan, tidak hanya di negara-negara mayoritas muslim, namun juga negara-negara nonmuslim karena Industri halal menawarkan konsep kebaikan untuk dikonsumsi, sehingga menjadi jaminan bahwa produk atau jasa yang dihasilkan mempunyai kualitas terbaik.  Hal ini  merupakan peluang bagi Indonesia untuk memanfaatkan peluang pasar industri halal global. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentfikasi potensi yang dimiliki Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dalam hal berperan sebagai produsen industri halal kelas dunia serta pengembangannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu melakukan analisis terhadap sumber-sumber informasi melalui berbagai literatur yang kemudian dilakukan analisis Strength Weakness Opporutnity Threat (SWOT)  untuk disusun dalam sebuah kerangka pembahasan sehingga  dapat disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi dan peluang pengembangan UMKM Halal  sangat besar karena didukung oleh aspek pasar, jumlah UMKM Halal, kesiapan kerangka kebijakan, dan peningkatan ekspor produk halal. Sektor pengengembangan potensial UMKM halal adalah di bidang makanan-minuman, fashion, farmasi dan kosmetika, travel, perhotelan pariwisata, media dan rekreasi film dan keuangan syariah. Berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi pengembngan UMKM halal antara lain: meningkatkan pendanaan, sertifikasi halal, kualifikasi SDM, penggunaan teknologi modern dan tepat guna, inovasi dan diversifikasi produk , transformasi digital, kolaborasi dengan industri dan institusi terkait dalam pengembangan serta branding melalui media teknologi dan informasi. 
Penerapan Sistem Pelayanan Trace To Tracking Shopee Express Pada PT. Nusantara Ekspress Kilat Di Service Point Jakarta Peter Rajagukguk; Bambang Haryono; Hardani Hardani; Arief Fadholi
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i1.1564

Abstract

Prosedur pengiriman barang merupakan sistem pengiriman yang ditetapkan operator, harus dipatuhi oleh konsumen ketika mengirim barang. Sistem  trace to tracking  memudahkan operator dan konsumen dalam memantau barang yang dikirim tiba ditujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengiriman barang pelanggan shopee melalui Shopee Express, tahapan pengiriman, pihak yang terlibat selama melaksanakan pengiriman,  serta mengetahui kendala apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasi kendala pada PT Nusantara Ekspress Kilat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data  observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pengiriman barang di Shopee Express dimulai dari penginputan saat buyer check out. Melakukan handle seller, membuat laporan mulai dari laporan rekapitulasi total paket, observasi, laporan isu dan sampai follow seller sampai dengan tahap pengiriman barang/paket oleh team operasional ke buyer. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa prosedur pengiriman barang di Shopee Expres dalam periode penelitian mengalami penurunan paket dalam proses Inbound di masing – masing service, hingga 30% dari bulan sebelumnya. Hambatan yang sering terjadi saat proses pengiriman paket, salah lokasi pengiriman paket yang menimbulkan komplain dari buyer dan kerugian ongkos kirim, adanya salah tempel nomor resi sehingga paket tertukar, salah rute dan keterlamatan pick up paket oleh team first mile.  
Analisis Implementasi Kebijakan Pelaporan Keuangan Berkelanjutan pada Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank Gatot Hery Djatmika; Putu Tirta Sari Ningsih; Budi Harsono; Dian Ayu Destiani
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i1.1572

Abstract

Kebijakan keuangan berkelanjutan telah menjadi salah satu topik modern yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir yang mampu menarik perhatian investor, perusahaan, pemerintah dan peneliti. Kebijakan keuangan berkelanjutan perlu diterapkan pada setiap bisnis untuk menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, termasuk lembaga jasa keuangan seperti perusahaan asuransi. Namun sedikit karya ilmiah yang meneliti penerapan kebijakan keuangan berkelanjutan yang lebih luas di sektor asuransi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dipadukan dengan analisis trend. Dimana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penelitian dilakukan pada PT Sompo Insurance Indonesia yang merupakan salah satu lembaga jasa keuangan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan serta wajib menerapkan kebijakan keuangan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan trend kinerja aspek Ekonomi, Sosial dan Lingkungan yang dilaporkan dalam laporan keuangan keberlanjutan yang merujuk pada peraturan OJK No. 51/POJK.03/2017. Hasil dari penelitian ini menunjukan PT Sompo Insurance Indonesia secara umum telah menerapkan kebijakan keuangan berkelanjutan sesuai dengan standar peraturan OJK selama dua periode dimulai sejak diwajibkan pada tahun 2020. Kinerja dan trend dari aspek ekonomi, sosial dan lingkungan sedikit banyak terdampak oleh pandemi Covid-19. Mengingat laporan keberlanjutan merupakan jenis laporan yang wajib dipublikasikan untuk masyarakat, PT Sompo Insurance Indonesia perlu meningkatkan kualitas laporannya dengan menambahkan informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan citra perusahaan.
Pengembangan UMKM Snack Nuruto dalam Social Media dan Digital Marketing Lady Lady; Antony Sentoso; Fidia Fidia; Peter Macnico; Mutiara Kamilatunnaimah; William William
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i1.1566

Abstract

Bisnis kuliner telah menjadi tren populer dengan prospek yang menjanjikan dan memberikan dampak positif pada perekonomian lokal. Nuruto Egg Rolls, sebuah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang didirikan oleh Sidik Yunianto dan istrinya, mengkhususkan diri dalam produksi egg roll yang lezat. Namun, UMKM ini menghadapi tantangan dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif. Tantangan tersebut meliputi kurangnya pemahaman dalam mengelola platform media sosial, kesulitan dalam menciptakan konten menarik, meningkatkan interaksi dengan pengikut, membangun citra merek yang kuat, dan sumber daya terbatas untuk melakukan pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi dalam mengumpulkan informasi dan data yang valid, serta analisis kualitatif dilakukan dengan mengumpulkan, menyusun, dan menginterpretasikan data deskriptif dan non-numerik seperti teks, gambar, atau rekaman audio. Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi praktis guna mengatasi tantangan tersebut dan meningkatkan efektivitas pemasaran Nuruto Egg Rolls di platform media sosial. Dengan menerapkan solusi yang disarankan, seperti membuat konten digital marketing yang tepat sasaran di sosial media Nuruto Egg Rolls, Merancang whatsapp bussines UMKM, Website UMKM hingga ke Linktree. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya dampak positif terhadap UMKM Nuruto Egg Rolls dengan feedack yang positif dari pak Sidik, selaku pemilik UMKM dalam pengembangan dan peningkatan engagement maupun awareness dari UMKM Nuruto Egg Rolls terhadap pengguna sosial media dan pelanggan dari produk Nuruto Egg Rolls.
Pengaruh Inflasi, Kurs Nilai Tukar, Jumlah Uang Beredar terhadap Harga Saham PT Bumi Serpong Damai Tbk Tahun 2017-2020 Putu Tirta Sari Ningsih; Muhammad Gusvarizon; Noormi Aprillia
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v4i1.1569

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Inflasi, Kurs Nilai Tukar dan Jumlah Uang Beredar terhadap Harga Saham PT. Bumi Serpong Damai Tbk. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data runtun waktu (time series) dan data sekunder yang diperoleh dari website Badan Pusat Statistik dan Bank Indonesia. Teknik pengambilan sample menggunakan metode purposive sampling denga data bulanan dan periode penelitian dari bulan Januari tahun 2017 sampai dengan Desember tahun 2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan melakukan uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji autokorelasi) dan uji hipotesis t-statistik serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara Bersama-sama dengan tingkat signifikan 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel Inflasi memiliki nilai koefisien korelasi yang positif dan tidak signifikan terhadap Harga Saham PT. Bumi Serpong Damai Tbk. Kurs Nilai Tukar secara parsial memiliki nilai koefisien korelasi yang negatif dan signifikan terhadap Harga Saham PT. Bumi Serpong Damai Tbk. Dan Jumlah uang Beredar (M2) secara parsial memiliki nilai koefisien korelasi yang negatif dan signifikan terhadap harga saham PT. Bumi Serpong Damai Tbk. Sementara itu secara simultan variabel bebas Inflasi, Kurs Nilai Tukar dan Jumlah uang Beredar secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu Harga Saham PT. Bumi Serpong Damai Tbk. Koefisiensi determinasi dari penelitian diperoleh besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yang dapat diterangkan oleh model dalam persamaan ini sebesar 0.799742 atau sebesar 79%. Hal ini menujukan bahwa variabel Inflasi, Kurs dan Jumlah Uang Beredar mampu menjelaskan naik/turunnya harga saham PT Bumi Serpong Damai sebesar 79% sedangkan sisanya sebesar 21% dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini.

Page 1 of 3 | Total Record : 23