cover
Contact Name
muhammad amran
Contact Email
muh.amran@unm.ac.id
Phone
+6285299249197
Journal Mail Official
muh.amran@unm.ac.id
Editorial Address
Kampus UNM Tidung, Jalan Tamalate, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, 90223
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
ISSN : -     EISSN : 28077016     DOI : https://doi.org/10.26858/pjppsd
Core Subject : Education,
JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2024): Oktober" : 10 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas III UPT SPF SDN Percontohan PAM Kota Makassar Jinanah, St. Marhamah Indal; Makkasau, Andi; Ruriani, Ruriani
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i2.66375

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas III UPT SPF SDN Percontohan PAM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dirancang dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah 25 orang peserta didik kelas III Al-Madinah UPT SPF SDN Percontohan PAM, Kota Makassar semester ganjil 2024/2025. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III UPT SPF SDN Percontohan PAM, Kota Makassar. Peningkatan persentase hasil belajar murid yang tuntas dari 44% menjadi 88%. Dari hasil penelitian  ini dapat disimpulkan  bahwa  terjadi  peningkatan hasil  belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas III UPT SPF SDN Percontohan PAM, Kota Makassar.
Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar Berbasis Video Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III YR, Sthevaniocy; Usman, Hikmawati
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i2.66293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring peserta didik melalui media cerita bergambar berbasis video pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III UPT SPF SDN Percontohan PAM. Metode penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK), yang berjumlah 25 peserta didik tahun ajaran 2024/2025. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes membaca nyaring, observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan observasi aktivitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata tes membaca nyaring peserta didik pada Siklus 1 yaitu 60 kategori cukup dengan persentase belajar klasikal 32%, keterlaksanaan pembelajaran Siklus 1 rata-rata 72% dengan kategori baik, dan pada aktivitas peserta didik rata-rata 75% dengan kategori baik. Dan pada Siklus 2 nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik dari hasil tes membaca nyaring yaitu 80 kategori sangat baik dengan persentase 88%, keterlaksanaan pembelajaran pada Siklus 2 rata-rata 94% dengan kategori sangat baik, dan pada aktivitas peserta didik rata-rata 88% dengan kategori sangat baik. Dilihat dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca nyaring peserta didik melalui media cerita bergambar berbasis video pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III UPT SPF SDN Percontohan PAM dimana peningkatan yang terjadi dari Siklus 1 ke Siklus 2 yaitu sebesar 20%. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian dimana Siklus 1 diperoleh hasil belajar peserta didik sebesar 60% dan Siklus 2 diperoleh hasil belajar sebesar 80%
Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Quantum Teaching Materi Rantai Makanan Kelas V Syawaluddin, Ahmad; amran, muhammad; IDUL, IDUL
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i2.57796

Abstract

tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN 19 Malewang Kabupaten Pangkep. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 19 Malewang Kabupaten Pangkep. Tehnik pengumpulan data menggunakan dokumen, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: nilai rata-rata pada pra siklus diperoleh sebesar 35%, pada siklus I sebesar 65% dan pada siklus II diperoleh sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa model pembelajaran Kuantum Teaching mampu meningkatkan hasil belajar IPA.
PENERERAPAN MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V Rahman, Hardianto; amran, muhammad; Amiluddin, Zulfikar
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i2.66291

Abstract

Studi ini untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL). Dalam pembelajaran tematik, serta menialai pengaruhnya terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas V di UPT SPF SDN Percontohan PAM, dengan menggunakan metode Quasi Experimental Design, populasi dalam penelitian ini seluruh siwa kelas V di UPT SPF SDN Percontohan PAM, dengan sampel sebanyak 27 siswa yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian menggunakan lembar obsevasi dan tes tertulis yang berupa pretest dan posttest yang meliputi 10 soal pilihan ganda serta 5 soal essai. Hasil penelitian di temukan bahwa penggunaan model PBL pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori baik dan berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa. Hal ini di buktikan oleh hasil temuan dari hasil pengamatan dari kategori baik menjadi sangat baik. Melalui model pembelajaran ini siswa di tuntut agar lebih aktif terlibat dan berperan dalam proses belajar, yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan kemampuan berfikir kritis mereka.
Elevating Gen-Z’s Scientific Literacy through Interactive Learning Multimedia Natsir, Siti Zahra Mulianti; Rubini, Bibin; Ardianto, Didin; Karimatunnisa, Karimatunnisa
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i2.68634

Abstract

The study explores the effectiveness of interactive learning multimedia in boosting Gen-Z’s scientific literacy. There were 46 Gen-Z were involved from 2 (two) junior high school in Makassar. The research design was one group pretest-posttest design and the data collection used a set of scientific literacy test (multiple choices) and a questionnaire on the attitude towards science. There were 3 (three) domains of scientific literacy were measured namely; competency, knowledge, and attitude towards science. The result proves that the interactive multimedia is effectively enhance Gen-Z’s scientific literacy with n-gain value of average is 0,62 or in moderate category. The interactive multimedia was implemented using problem- based learning method which also contributed to the improvement of gen-Z’s scientific literacy. Moreover, the interactive multimedia is equipped with learning material including simulations which organized according to the students’ need as well as the existence of virtual laboratory allowed Gen-Z’s to sharpening their understanding about the given material. Ultimately, the presence of digital interactive multimedia is unconsciously taking part to the government’s initiatives to enhance the digital literacy among the citizens in education sector.  KeyThe study explores the effectiveness of interactive learning multimedia in boosting Gen-Z’s scientific literacy. There were 46 Gen-Z were involved from 2 (two) junior high school in Makassar. The research design was one group pretest-posttest design and the data collection used a set of scientific literacy test (multiple choices) and a questionnaire on the attitude towards science. There were 3 (three) domains of scientific literacy were measured namely; competency, knowledge, and attitude towards science. The result proves that the interactive multimedia is effectively enhance Gen-Z’s scientific literacy with n-gain value of average is 0,62 or in moderate category. The interactive multimedia was implemented using problem- based learning method which also contributed to the improvement of gen-Z’s scientific literacy. Moreover, the interactive multimedia is equipped with learning material including simulations which organized according to the students’ need as well as the existence of virtual laboratory allowed Gen-Z’s to sharpening their understanding about the given material. Ultimately, the presence of digital interactive multimedia is unconsciously taking part to the government’s initiatives to enhance the digital literacy among the citizens in education sector.  Keywords: Gen-Z; Interactive Learning Multimedia, Substance Pressure, Scientific Literacy
Penerapan Permainan Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III UPT SD Inpres 12/79 Kampuno Silviani, Andi; Saydiman, Saydiman; Salam, Rosdiah
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i2.57941

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa. Adapun rumusan masalahnya bagaimanakah penerapan permainan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III UPT SD Inpres 12/79 Kampuno Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permainan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III UPT SD Inpres 12/79 Kampuno Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan permainan kartu kata dan kemampuan membaca. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas kelas III UPT SD Inpres 12/79 Kampuno Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone yang berjumlah 20 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai pada siklus I yaitu berada pada kategori cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III UPT SD Inpres 12/79 Kampuno Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.
Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Kegiatan Ice Breaking Pada Kelas 1 UPT SPF SD Negeri Tidung Nawir, Zulyadi; Syawaluddin, Ahmad; Putrawan, Muh Rizah
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i2.66292

Abstract

Penelitian ini membahas mengenati apakah kegiatan ice breaking di kelas 1 UPT SPF SD Negeri Tidung dapat meningkatan konsentrasi belajar anak. UPT SPF Negeri Tidung menjadi lokasi penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui tiga metode utama, yaitu dokumentasi, wawancara, dan observasi. Penelitian ini melibatkan 20 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam satu siklus yang terbagi menjadi dua pertemuan. Kegiatan ice breaking yang dilakukan di UPT SPF SD Negeri Tidung terbukti efektif dalam meningkatkan konsentrasi anak. Melalui gerakan koordinasi tubuh dan ekspresi diri seperti bernyanyi dan bertepuk tangan, anak-anak tidak hanya terhibur, tetapi juga melatih motorik dan mengenal emosi mereka. Kegiatan ini juga membantu anak-anak mengatasi kebosanan dan mengendalikan diri, sehingga lebih fokus saat belajar. Hasilnya pun nyata, konsentrasi anak meningkat signifikan dari 40% menjadi 95% setelah melakukan ice breaking. Ini menunjukkan bahwa ice breaking merupakan metode yang baik untuk meningkatkan konsentarsi anak di sekolah.
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 RAPPANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG Pirdani, Ojeng; Nurhaedah, Nurhaedah; Aras, Latri
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v3i4.57794

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa melalui penggunaan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 4 Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang terdiri dari 20 siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan Teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil tes pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 62 dan ketuntasan klasikal 44%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81 dan ketuntasan klasikal 87%. Aktivitas belajar mengajar guru dan siswa pada siklus I pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V SD Negeri 4 Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang.
Pengaruh Media Interaktif Keping Kata Terhadap Pemahaman Imbuhan Pada Peserta Didik Kelas V SD Rahman, Hardianto; Bahar, Bahar; Rasyid, Syahdara
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i2.66281

Abstract

Penelitian ini membahas tantangan siswa kelas lima di UPT SPF SD Percontohan PAM dalam memahami imbuhan bahasa Indonesia, khususnya awalan. Metode pengajaran tradisional, bahkan dengan bantuan video, belum memberikan hasil yang optimal, terbukti dari kesalahan siswa yang terus-menerus dalam memahami imbuhan. Kurangnya alat pembelajaran interaktif diidentifikasi sebagai faktor penyebab. Siswa juga menghadapi kesulitan dalam menerapkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada masalah bahasa kontekstual. Untuk meningkatkan pengalaman belajar mereka, penelitian ini mengusulkan implementasi media pembelajaran interaktif bernama Keping Kata. Tujuannya adalah untuk membangun suasana belajar yang lebih menarik dan mampu menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, sehingga mereka terdorong untuk aktif belajar dan pada akhirnya meningkatkan pemahaman mereka tentang imbuhan dalam bahasa Indonesia. Efektivitas Keping Kata akan dievaluasi melalui observasi dan analisis interaksi siswa dan hasil belajar.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Firdaus, Firdaus; Asriadi, Asriadi; Ismail, Risma Wati
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i2.61215

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas  Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan media Augmented Reality (AR). Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Desain. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata Pre-test 39,77 dan rata-rata Post-test 80,68. Angket respon siswa diperoleh rata-rata 91,19 dan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 95. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test  menujukkan data pre-test dan post-test berdistribusi normal. Hasil uji Levene statistic menunjukkan data pre-test dan post-test homogen. Hasil uji Paired Samples Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar Matematika siswa sebelum dan setelah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan media AR. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan media AR efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 224 Pattiro Riolo.

Page 1 of 1 | Total Record : 10