Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP)
Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP) is a forum for publication of the results of community service carried out by researchers, academics, and the wider community. The JPP journal aims to explore the problems and solutions faced by the Indonesian people in achieving prosperity. JPP Journal is an online journal dedicated to the publication of high-quality community service articles that focus on social issues, community economic development, and increasing the expertise and scientific capacity of the Indonesian people. The JPP journal is published 4 times a year, namely March, June, September, and December.
Articles
69 Documents
Sosialisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru di SDN 1 Brumbung Kecamatan Jepon Kabupaten Blora
Husna Sholihah;
Nurul Istiqomah
Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP) Vol. 1 No. 1 (2022): September 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (301.759 KB)
|
DOI: 10.55927/jpp.v1i1.1294
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan media interaktif, sehingga guru bisa lebih kreatif dalam menyampaikan materi kepada siswa. Pendekatan klasikal dilakukan pada saat pemberian teori tentang pengembangan media pembelajaran yang benar dan pendekatan individual dilakukan pada saat latihan membuat media pembelajaran. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu sosialisasi dengan melakukan ceramah bervariasi, demonstrasi, dan tes. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes untuk mengetahui perlu tidaknya melakukan sosialisasi ini. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini sudah sesuai dengan target yang direncanakan di awal, yaitu para peserta sosialisasi sudah bisa membuat media interaktif sesuai dengan yang diajarkan dan mereka mampu menerapkan materi yang disampaikan pada saat melakukan tes.
Sosialisasi Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Marlina HK;
Rofi Shafwan;
Muhammad Hafiz Fathony
Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP) Vol. 1 No. 1 (2022): September 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (297.681 KB)
|
DOI: 10.55927/jpp.v1i1.1305
Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna dan meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam bentuk sosialisasi model pembelajaran, yaitu model pembelajaran kooperatif. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di SDN Mangkauk 3 Kabupaten Banjar. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 08 September 2022 dengan melibatkan seluruh guru yang terdapat di sekolah tersebut dengan jumlah 11 orang. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mensosialisasikan atau memberikan pemahaman tentang penerapan model pembelajaran kooperatif dalam proses pembelajaran di kelas, dan dapat meningkatkan motivasi bagi guru-guru dalam hal melakukan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Materi yang dipaparkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Course Review Horray.
Upaya Meningkatkan Omzet Penjualan Melalui Pemahaman Aplikasi Digital pada Masa Pandemi untuk Pedagang Kaki Lima (Wilayah Komplek Mulawarman) di Banjarmasin
Rina;
Apriya Santi;
Riris Ambarwati;
Aris Setia Noor
Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP) Vol. 1 No. 1 (2022): September 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (299.898 KB)
|
DOI: 10.55927/jpp.v1i1.1340
Banyaknya perusahaan yang melakukan pemutusan tenaga kerja pada karyawannya sehingga berdampak kepada pendapatan mereka yang menyebabkan penurunan daya konsumsi masyarakat, diikuti juga dengan pembelajaran online. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pedagang kaki lima di area Komplek Mulawarman yang 70% penghasilan mereka tergantung pada siswa siswi yang berbelanja di tempat mereka. Hal tersebut menjadi fenomena setelah adanya kebijakan belajar secara online tersebut pendapatan mereka turun drastis sampai 50% lebih. Diharapkan dengan adanya pengabdian kepada masyarakat melalui pendampingan tersebut sehingga menjadi solusi alternatif dan meningkatkan omzet penjualan dengan cara pemahaman penggunaan aplikasi digital melalui penggunaan WhatsApp (WA) dan Instagram dimana target sasaran yang ingin dicapai adanya kenaikan omzet minimal 30% setelah mereka menggunakan aplikasi tersebut. Jadi dalam hal ini mereka tidak hanya tergantung pada siswa dan siswi yang datang di tempat dagangan mereka, tetapi diharapkan pangsa pasar mereka bertambah luas dengan penjualan yang sudah bergeser ke bisnis online, target luaran yang ingin dicapai adalah mempublikasikan pendampingan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sehingga dapat dijadikan acuan bagi para pedagang yang lain.
Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Pedagang Produk Pengolahan Ikan (Empek – Empek) Melalui Tampilan Produk dan Status Jejaring Sosial dalam Menarik dan Mempertahankan Pelanggan di Banjarmasin
Apriya Santi;
Rina;
Farida Yulianti;
Rizka Zulfikar
Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP) Vol. 1 No. 1 (2022): September 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (304.025 KB)
|
DOI: 10.55927/jpp.v1i1.1341
Peningkatan mutu pelayanan merupakan upaya yang harus mereka lakukan dengan cara menjaga kualitas bahan baku, kebersihan, serta pelayanan yang ramah kepada pelanggan sehingga hal tersebut merupakan kunci utama para pedagang untuk menarik dan mempertahankan pelanggan yang baru maupun lama, sehingga segala upaya yang dilakukan dengan cara memperbaiki tampilan fisik dan mempromosikan produk yang mereka tawarkan agar terlihat menarik di status jejaring sosial, sehingga merangsang bagi para pelanggan untuk mereka melakukan pembelian kepada para pedagang tersebut. Didalam Pengabdian disini target yang ingin dilakukan kepada pelaku usaha / pedagang tersebut yaitu melakukan pendampingan secara bertahap dalam upaya perubahan yang lebih baik lagi dalam hal mutu pelayanan melalui perubahan tampilan fisik dan menggunakan status jejaring sosial untuk menarik dan mempertahankan pelanggan yang baru dan lama, dimana target dari pengabdian disini sebanyak 70% mereka melakukan berbagai macam perubahan tersebut. Dimana dalam teknik pengumpulan mitra adalah dengan cara setiap mitra diberikan penyuluhan di 4 titik lokasi yang berbeda bersama dengan tim pengabdian kepada masyarakat dan mahasiswa yang terlibat untuk memberikan masukan masukan yang bermanfaat kepada para pelaku usaha tersebut.
Pengembangan Literasi Melalui Kegiatan KODIE Mengajar Pada Anak Panti Asuhan di Kota Medan
Linda Teresia Sinaga;
Sumaria Sitanggang;
Ratih Situngkir;
Debby Siregar;
Widya Sihombing
Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP) Vol. 1 No. 1 (2022): September 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (331.076 KB)
|
DOI: 10.55927/jpp.v1i1.1345
KODIE FE UNIMED melaksanakan program yaitu KODIE Mengajar. Program ini diselenggarakan oleh Divisi Pengabdian Masyarakat KODIE FE UNIMED. KODIE Mengajar ini dilaksanakan di lima panti asuhan sekitar Medan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengayomi, memberikan edukasi, dan meningkatkan budaya literasi kepada anak-anak di panti asuhan. Sebelum dilaksanakan kegiatan ini, terlebih dahulu pihak pengabdian masyarakat membagi volunteer menjadi lima tim yang akan ditempatkan ke masing-masing panti asuhan yang sudah menjalin kerja sama. Dalam proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, peneliti melihat bahwa antusiasme anak-anak dalam belajar sangat tinggi. Kegiatan proses belajar mengajar ini berjalan dan terealisasi dengan baik sehingga berdampak positif bagi anak-anak, pihak panti serta para volunteer.
Pendampingan Penerapan Strategi Bisnis pada Coffee Shop Tradisional di Kalimantan Tengah
Noorjaya Nahan;
Vivy Kristinae;
Achmad Syamsudin
Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP) Vol. 1 No. 1 (2022): September 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (327 KB)
|
DOI: 10.55927/jpp.v1i1.1347
Pengabdian masyarakat di bidang manajemen pemasaran, untuk meningkatkan strategi bisnis bagi para pelaku usaha kopi tradisional di Kalimantan Tengah. Meningkatkan kinerja usaha dengan variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan. Hasil analisis 200 responden di warung kopi tradisional dan dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk original dan cita rasa klasik berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kinerja bisnis. Selanjutnya, hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan signifikan dalam meningkatkan kinerja bisnis. Implikasinya dapat meningkatkan pendapatan dan konsumen, dengan strategi bisnis menjaga kualitas produk dan selalu memperhatikan kualitas pelayanan.
The Axiology Aspect should be Encouraged, Not the Jargon as Kampung Inggris Sawai
Thobias Sarbunan
Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP) Vol. 1 No. 2 (2022): December 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (681.752 KB)
|
DOI: 10.55927/jpp.v1i2.2085
The Kampung Inggris study aimed to pinpoint distinctive features of the conceptual and methodological underpinnings of the English course. This article's chronology was primarily based on information on incentives for community service in Sawai village and the inability that preceded the service. It was demonstrated that the expansion of organizations that provide English language courses was not only reliant on the objectives and linguistic skills of the initiator.
Dissemination of Healthy Lifestyles to Improve HR Quality and Performance at Bina Cipta High School
Bangkit Seandi Taroreh;
CH Desi Kusmindari;
Poppy Indriani;
Rolia Wahasusmiah;
Darwin
Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP) Vol. 1 No. 2 (2022): December 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (639.546 KB)
|
DOI: 10.55927/jpp.v1i2.2189
The purpose of community service activities is to increase knowledge about healthy lifestyles to improve the quality of human resources and performance at Bina Cipta High School. The method used is through socialization which consists of three stages, namely planning, implementation and evaluation. Data collection techniques through questionnaires with quantitative data analysis. Socialization was given to 32 people consisting of 30 students and 2 teachers. The result of this activity is an 87% increase in knowledge about healthy lifestyles to improve the quality of human resources and performance, including: 1) the importance of a healthy lifestyle to support sports achievements and scholarship opportunities, 2) the application of ergonomics in the office, 3) improving the quality of human resources in the era of 5.0, 4) implementation of a sharia-based economy, 5) promotion towards integrated Islamic schools.
Introduction and Training of Database Systems for Vocational High School Students in Palembang City
Evi Yulianingsih;
Febriyanti Panjaitan;
Fatmasari;
Helda Yudiastuti;
Nurul Adha
Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP) Vol. 1 No. 2 (2022): December 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (405.713 KB)
|
DOI: 10.55927/jpp.v1i2.2190
In ICT needed to learn database management. One application in database management is MySQL. The service team conducted an analysis of the community's needs regarding the application of the ICT application, especially at SMKs in the city of Palembang. In practice, service participants at SMK are accompanied by tutorials where the presenters conduct demonstrations by working on the material that has been prepared, which then the participants follow and implement the material simultaneously with the presenters. In the end, the service team found that the participants had gained knowledge and skills from this training activity. This can be seen from the feedback given by the participants where 78% of the participants stated that they understood the material provided well and the material presented was very useful.
Socialization of Fintech and Product Branding for Bina Cipta High School Students
Dwi Maharani;
Dewi Sartika;
Desi Misnawati;
Sabeli Alya;
Afriyudi
Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP) Vol. 1 No. 2 (2022): December 2022
Publisher : PT FORMOSA CENDEKIA GLOBAL
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (626.673 KB)
|
DOI: 10.55927/jpp.v1i2.2196
The purpose of community service activities is to increase knowledge about fintech and product branding for Bina Cipta High School students. The method used socialization through planning, implementation and evaluation. Data collection techniques using a questionnaire. Quantitative data analysis. Subjects amounted to 30 people. The results of community service showed an 83% increase in knowledge about fintech and product branding for Bina Cipta High School students consisting of material 1) media socialization of healthy living among students, 2) fintech and opportunities, 3) product branding in the media, 4) fintech applications in Indonesia, 5) the concept of fintech.