cover
Contact Name
Chica Oktavia
Contact Email
chicaoktavia04@gmail.com
Phone
+6285250204365
Journal Mail Official
jurnalmahasiswasipilummetro@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lembayong 5 A / Ki Hajar Dewantara No. 116 Kota Metro Lampung - 34111
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
JUMATISI : Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil
Core Subject : Engineering,
Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil (Jumatisi) Universitas Metro diterbitkan secara berkala dua kali dalam peta pada bulan Juni dan Desember. Jumatisi merupakan kumpulan dari Tugas Akhir penelitian mahasiswa berbagai disipliln ilmu dibidang struktur, transportasi, hidrologi sumber daya air, geoteknik dan manajemen konstruksi dengan tujuan untuk dipublikasikan.
Articles 58 Documents
ANALISA STRUKTUR KOLOM DAN BALOK BAJA DITINJAU DARI KEKUATAN DAN BIAYA PADA GEDUNG KANTOR PLN DISTRIBUSI LAMPUNG Suhendra Adi Saputra; Masykur Masykur; Sari Utama Dewi
JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2020): JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1233.365 KB) | DOI: 10.24127/jumatisi.v1i1.209

Abstract

Perencanaan suatu struktur gedung harus memperhitungkan gaya-gaya yang terjadi,serta direncanakan sesuai standar dan ketentuan yang berlaku. Analisis struktur atasgedung kantor PLN Distribusi Lampung menggunakan bahan material baja yang mengacupada Tata Cara Perencanaan Struktur Baja untuk Bangunan Gedung (SNI 03-1729-2002)dan Spesifikasi untuk Bangunan Gedung Baja Struktural (SNI 1729:2015). RencanaAnggaran Biaya menggunakan analisis harga satuan yang berlaku di kota BandarLampung tahun 2017 dan menggunakan anlisa SNI tahun 2008.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kembali struktur kolom dan balokbaja, dan untuk mengetahui berapa rencana anggaran biaya (RAB) struktur kolom danbalok berdasarkan metode pelaksanaan pekerjaan dan material yang digunakan padaGedung Kantor PLN Distribusi Lampung.Analisis struktur atas meliputi perencanaan kolom, balok. Sedangkan plat lantaidianggap sebagai beban. Perencanaan struktur direncanakan menggunakan material bajaIWF. Profil baja yang digunakan untuk kolom (K 300x300x10x15), balok menggunakanprofil (B500x200x10x16). Selain itu, dilakukan perhitungan Rencana Anggaran Biaya(RAB) untuk struktur kolom, dan balok untuk mengetahui berapa besar biaya yangdigunakan dalam perencanaan suatu struktur baja. Perhitungan RAB menggunakanAnalisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) kota Bandar Lampung tahun 2017.Dari hasil analisis yang dilakukan didapat bahwa profil kolom yang digunakan aman darisegi kekuatan, tetapi boros dari segi dimensi dan profil di anggap terlau besar dan darihasil perhitungan RAB struktur kolom dan balok baja yaitu sebesar Rp.1.135.636.948,92,(SatuMilyarSeratusTigaPuluhLimaJutaEnamRatusTigaPuluhEnamRibuSembilanRatusEmpatPuluhDelapanKomaSembilanDuaRupiah).
ANALISIS SISTEM DRAINASE UNDERPASS UNILA BANDAR LAMPUNG Ryan Rizki; Eri Prawati; Ida Hadijah
JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2020): JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1163.106 KB) | DOI: 10.24127/jumatisi.v1i1.211

Abstract

Underpas merupakan jalur lalu lintas yang berbentuk terowongan yang dibangun dibawah tanah. Tujuannya adalah untuk mengurangi penumpukan kendaraan dan kemacetan.Bentuk konstruksinya yang menurun memungkinkan air hujan langsung mengalir ke areatersebut. Tentu masalah tersebut akan sangat mempengaruhi kerusakan dari Underpas itusendiri dan akan mengakibatkan tergenangnya daerah sekitar saluran drainase.Pembangunan drainase pada proyek ini bertujuan untuk melindungi badan jalandari limpasan air hujan dan limpasan dari area sekitar rencana jalan sehingga umur rencanajalan dapat dicapai. Pada awal perencanaan sistem dainase perlu direncanakan skemasaluran drainase yang dibuat dengan memperhatikan tinggi – rendah elevasi – elevasipermukaan lahan.Adapun langkah analisis yang akan dilakukan adalah perhitungan hidrologi yangterdiri dari analisa cacthment area, intensitas hujan, debit rencana dan kemudiandicocokan dengan analisa hidrolika yang terdiri dari perhitungan dimensi saluran, dimensigorong-gorong dan kapasitas pembuangan saluran drainase.Berdasarkan hasil analisis saluran pembungan dan box tampungan pada rencanaunderpass, metode analisis yang digunakan metode rasional dengan analisa periode ulang2 tahun Qp = 0,023 m³/dtk, periode ulang 5 tahun Qp = 0,030 m³/dtk, dan periode ulang 10tahun Qp = 0,034 m³/dtk. Kapasitas saluran drainase underpass dijalan Zainal AbidinPagar Alam sebesar drainase persegi =120 x 1,3 x 1,3 = 202,8 m3dan drainase pipa beton3=145 x 1,0 = 145 m, elevasi hilir saluran +142,765 dan elevasi hulu +142,765, sedangkanair luapan sungai saat banjir yang masuk kesaluran drainase tersebut paling maksimum dielevasi +142,315 sebesar 171,11 m3dan dengan demikian tersedia ruang jagaan kelebihanair disaluran drainase sebesar = 101,4m3.
ANALISA POLA PEMBERIAN AIR IRIGASI DI DAERAH SALURAN KBH 14 A KANAN DESA SIDODADI KECAMATAN SEKAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR Sigit Nur Eka Putra; Masheri Masherni; Eri Prawati
JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2020): JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.184 KB) | DOI: 10.24127/jumatisi.v1i1.212

Abstract

Pada saat masuk musim tanam gadu atau musim tanam pada saat kemarau, para petanibanyak yang mengeluhkan bila air irigasi yang ada tidak mencukupi untuk melakukanpenanaman padi. Oleh karena itu harus dicari penyebab utama dari kekurangan airtersebut.Penelitian analisa pemberian air irigasi ini dilakukan di areal persawahan yang dialirisaluran irigasi KBH 14 A Kanan, yang berada di desa Sidodadi Kecamatan SekampungLampung Timur. Penelitian ini meliputi jumlah debit air yang masuk pada salurantersebut, jumlah kehilangan air yang terjadi dan juga tingkat efisiensi penyaluran yangterjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah air yang masuk padasaluran tersebut sudah memenuhi kebutuhan air yang ada atau belum, dan juga untukmengetahui apakah saluran tersebut masih layak digunakan atau tidak.Dari hasil penelitian debit air rata-rata yang masuk pada musim tanam gadu 2017 padaperiode pengolahan adalah sebesar 23,00 ltr/dt, pertumbuhan 14,99 ltr/dt, dan pemasakan10,54 ltr/dt. Sedangkan jumlah kehilangan air yang terjadi saat pengolahan sebesar 3,881ltr/dt, saat pertumbuhan sebesar 3,401 ltr/dt, saat pemasakan 3,131 ltr/dt. Sehinggakebutuhan air total saat pengolahan sebesar 22,24 ltr/dt, saat pertumbuhan sebesar 19,24ltr/dt, saat pemasakan sebesar 10,69 ltr/dt. Terahir tingkat efisiensi penyaluran yang terjadisaat periode pengolahan adalah 83 %, petumbuhan sebesar 77 %, dan pemasakan sebesar70%
PERENCANAAN REHABILITASI TANGGUL PENAHAN BANJIR SUNGAI WAY SEPUTIH KECAMATAN SEPUTIH SURABAYA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PROVINSI LAMPUNG Ahmad Safi'i; Eri Prawati; Yusuf Amran
JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2020): JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1194.161 KB) | DOI: 10.24127/jumatisi.v1i1.213

Abstract

Pada akhir bulan Februari 2018, terjadi banjir yang cukup besar di daerah IrigasiRawa Seputih Surabaya, banjir ini diakibatkan curah hujan yang tinggi yangmengakibatkan sungai way seputih tidak mampu menampung debit banjir tersebut,akibatnya tanggul penahan banjir berfungsi untuk melindungi lahan persawahan rawatersebut dari luapan sungai way seputih tidak mampu menahan debit banjir tersebut, yangmengakibatkan tanggul penahan banjir jebol di beberapa titik. Penelitian ini bertujuanuntuk merehabilitasi tanggul penahan banjir yang mampu menahan debit banjir yang akanterjadi pada periode ulang tertentu,dan menentukan faktor keamanan pada lereng tanggulyang direncanakan.Hasil perhitungan debit banjir rancangan pada daerah irigasi rawa seputih surabayadidapatkan debit banjir rancangan dengan kala ulang 2 tahun adalah 3272,96 m3/det, kalaulang 5 tahun adalah 3917, 26 m3/det, kala ulang 10 tahun adalah 4267,30 m3/det, kalaulang 25tahun adalah 4744,08 m3/det, kala ulang 50 tahun adalah 5095,09 m3/det, kalaulang 100 tahun adalah 5434,40 m3/det. Penelitian ini menggunakan debit banjir dengankala ulang 5 tahun, sehingga didapatkan tinggi jagaan untuk tanggul adalah 1,2 m, lebarmercu tanggul 5 m, tinggi tanggul 6,4 m. Untuk menghitung faktor keamanan lerengmenggunakan data pengujian tanah di lokasi penlitian didapatkan nilai faktor keamanan(FK) yaitu sebesar 2,902 > 1,5 hal itu menunjukan bahwa tanggul stabil dan aman terhadappotensi kelongsoran. Berdasarkan perhitungan debit rembesan didapatakan debit rembesanpada tubuh tanggul sebesar = 3,128 x 10-73m/det.
PEMELIHARAAN JALAN BERBASIS KINERJA PERKERASAN MENGGUNAKAN METODE LIFE CYCLE COST Raedi Amirul Haq; Dadang Iskandar; Ida Hadijah
JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2020): JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1314.171 KB) | DOI: 10.24127/jumatisi.v1i1.214

Abstract

Dalam analysis period bertambahnya umur jalan dalam jangka waktu terus-menerus akan menyebabkan kondisi perkerasan menurun, dalam studi kasus ini penelitiandi lakukan di jalan Lintas Sumatera – Lampung (STA 44+000 – 46+150) denganmengambi sampel jalan terparah secara visual. Jalan nasional merupakan jalan arteridan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan antar ibukotaprovinsi dengan volume lalu lintas yang sangat tinggi, penelitian ini di lakukan di lokasikerusakan yang bahkan bisa menyebabkan kemacetan. Oleh karena itu di perlukanpemeliharaan/peremajaan jalan secara rutin dan terus menerus agar umur layan jalanbertambah tentunya dengan biaya ekonomis dan efisien. Dengan skala penilaian PavementCondition index untuk menentukan jenis pemeliharaan yang di lakukan. Titik kerusakanyang teridentifikasi dari 6 lokasi yaitu sebanyak 25 titik kerusakan, 17 titik kerusakan yangakan di buat skenario pemeliharaan jalan.Di buat skenario pemeliharan sebanyak 3 skenario dan memiliki umur 7 tahun dandi lakukan treatment patching, thin overlay, dan overlay di hitung pengaruh tingkat repo 7day BI sebesar 5,08 % terhadap estimasi biaya pemeliharaan skenario pertama di perolehNPV sebesar Rp 235.564.877, skenario kedua di peroleh NPV sebesar Rp 505.634.236,dan skenario ketiga di peroleh NPV Rp 574.936.861.Pemeliharaan jalan yang berpotensi dalam efisiesnsi biaya dihitung benefit costterhadap nilai sisa yang di kurangkan dalam tiap tiap tahun pemeliharaan di dapat hasilskenario pertama diperoleh nilai sisa benfit sebesar Rp 939.420.837, skenario keduadiperoleh nilai sisa benfit sebesar Rp 737.946.147, dan untuk skenario ketiga di perolehnilai sisa benfit sebesar Rp 600.048.853.
ANALISIS DINDING PENAHAN TANAH / RETAINING WALL UNDERPASS UNILA BANDAR LAMPUNG Ahmad Jaelani; Yusuf Amran; H. Arminsyah Gumay
JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Vol 1 No 2 (2020): JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1168.701 KB) | DOI: 10.24127/jumatisi.v1i2.3665

Abstract

Kawasan di kota Bandar Lampung yang mempunyai tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu direncanakan suatu insfrastruktur yang dapat mengurai kepadatan lalu lintas yaitu dengan membuat underpass. Pembangunan underpass diharapkan tidak merusak konstruksi jalan dan infrastruktur lainnya disekitar proyek. Oleh karena itu sebelum dilakukan galian tanah untuk underpass, maka perlu dilakukan penanaman dinding penahan tanah agar tanah disamping underpass tetap stabil. Konstruksi dinding penahan tanah yang digunakan pada proyek tersebut adalah secant pile. Namun pelaksanaan secant pile membutuhkan waktu pelaksanaan yang panjang karena harus melakukan pengeboran dan pengecoran di tempat yang sama dan tidak dapat dilakukan secara bersamaan dalam satu titik bore pile. Selain itu untuk melanjutkan pada pembuataan bore pile yang bertulang, harus menunggu bore pile pengapitnya cukup keras. Berdasarkan seluruh uraian yang disajikan dalam tugas akhir “Analisis Dinding Penahan Tanah / retaining wall underpass Unila Bandar Lampung ini beserta perhitungan dapat diambil kesimpulan : Dari perhitungan analisa, Stabilitas terhadap penggulingan (FS guling 2,046 > 2.0 aman, stabilitas terhadap pergeseran 2,134 > 1.5 aman dan untuk nilai eksentrisitas e < B/6 0,51 < 0,50 untuk keruntuhan daya dukung tanah 3,93 > 3.0 aman.
ANALISIS DEBIT BANJIR DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) SAMPEAN BONDOWOSO JAWA TIMUR Angga Prasetyo; Eri Prawati; Agus Surandono
JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Vol 1 No 2 (2020): JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1845.152 KB) | DOI: 10.24127/jumatisi.v1i2.3666

Abstract

Daerah Aliran Sungai (DAS) suatu kawasan yang dibatasi oleh titik-titik tinggi di mana air yang berasal dari air hujan yang jatuh, terkumpul dalam kawasan tersebut. Air pada DAS merupakan aliran air yang mengalami siklus hidrologi secara alamiah, sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi. Selama berlangsungnya daur hidrologi, yaitu siklus air dari permukaan laut ke atmosfer kemudian ke permukaan tanah dan kembali lagi ke laut. Proses terjadinya siklus hidrologi dibedakan menjadi 3 (tiga) yaitu siklus pendek, siklus sedang dan siklus panjang. Debit banjir rancangan merupakan debit banjir terbesar tahunan dengan suatu kemungkinan terjadi kala ulang tertentu, atau debit dengan suatu kemungkinan periode ulang tertentu. Dalam menghitung Analisis Debit banjir rancangan pada penelitian DAS Sampean Kabupaten Bondowoso Jawa Timur yang memiliki luas daerah sebesar 1254,48 km2 dengan panjang sungai 35,12 km dilakukan perhitungan hidrograf banjir dengan metode Hidrograf Satuan Sintetik Nakayasu. Hasil perhitungan debit banjir rancangan menggunakan HSS Nakayasu di dapat nilai sebesar kala ulang 2 tahun adalah 7759,08 m3/detik, untuk kala ulang 5 tahun adalah 9773,87 m3/detik, untuk kala ulang 10 tahun adalah 11534,87 m3/detik, untuk kala ulang 25 tahun adalah 14273,82 m3/detik, untuk kala ulang 50 tahun adalah 16652,00 m3/detik, untuk kala ulang 100 tahun adalah 19572,58 m3/detik, untuk kala ulang 200 tahun adalah 22875,96 m3/detik, dan untuk kala ulang 1000 tahun adalah 32903,04 m3/detik.
ANALISIS PENGARUH BUNDARAN TERHADAP KINERJA PERSIMPANGAN (Studi Kasus Jl. Pattimura, Jl. Dewi Sartika, Jl.Ra Kartini) Regendra Alfatih; Agus Surandono; Septyanto Kurniawan
JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Vol 1 No 2 (2020): JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1248.963 KB) | DOI: 10.24127/jumatisi.v1i2.3669

Abstract

Transportasi memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat modern, dimana teknologi yang berkembang dengan pesat serta laju pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, Perencanaan simpang yang berbentuk bunderan merupakan bagian dari jalan raya yang amat penting.volume kendaraan yang melintas semakin meningkat sehingga persimpangan ini diperkirakan kedepannya memiliki arus lalu lintas akan semakin padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kondisi perencanaan bundaraan jalan serta mencari hubungan persamaan antara volume kendaraan dengan pengaruh bundaran, kemudian memberikan pemecahan masalah yang ada di bundaran yang sesuai dengan tigkat pelayananarus laluliintas di lokasi penilitian. Adapun langkah analisis yang akan dilakukan adalah menghitung smp, yang terdiri dari (C) pada jam sibuk / tertinggi dan (C0) Pada Jam non sibuk / Terendah dan dicocokan dengan Kondisi pola arus lalu lintas atau kinerja yang terjadi pada bundaran. Dari hasil analisis yang dilakukan didapat nilai yang terdiri dari (C) pada jam sibuk / tertinggi untuk di jalan pattimura 6852,9 smp/jam, di jalan dewi sartika 596,4 smp/jam, dan di jalan ra kartini 596.4 smp/jam. Sehingga Kondisi pola arus lalu lintas atau kinerja yang terjadi pada bundaran 29 pada tahun 2019 ini masih terbilang memenuhi kapasitas yang tersedia, karena telah disesuaikan dengan peraturan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997.
ANALISIS PENAMBAHAN ZAT ADDITIVE (POLIMER) TERHADAP KUAT TEKAN BETON Sigit Hernowo Putra; Agus Surandono; Sari Utama Dewi
JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Vol 1 No 2 (2020): JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (816.616 KB) | DOI: 10.24127/jumatisi.v1i2.3670

Abstract

Berdasarkan hasil kuat tekan rata – rata beton yang nilai kuat tekan beton meningkat seiring dengan umur beton. Untuk beton normal pada umur 7 hari mengalami kuat tekan beton rata-rata mencapai 187,403 kg/cm2 dan pada umur 28 hari mencapai 298,372 kg/cm2. Sedangkan beton yang ditambahkan zat addtive polimer sebesar 0,2%, peningkatan kuat tekan beton pada umur 7 hari sebesar 202,689 kg/cm2 dan pada umur 28 hari sebesar 298,938 kg/cm2. Adapun penambahan zat Additive 0,4% mengalami peningkatan kuat tekan beton pada 7 hari sebesar 218,543 kg/cm2 dan pada umur 28 hari sebesar 314,791 kg/cm2 dan penambahan zat additive 0,6% mengalami penurunan di umur 7 hari sebesar 129,087 kg/cm2 tetapi di umur 28 hari menigkat sebesar 339,703 kg/cm2 dan penambahan zat additive 0,8% di umur 7 hari sebesar 201,557 kg/cm2 dan pada umur 28 hari sebesar 339,127 kg/cm2. Disini kita dapat melihat kuat tekan rata-rata yang paling optimum pada umur 28 hari yaitu campuran 0,6% yaitu 339,703 kg/m2 .Dikarnakan pengunaan kadar zat additive 0,2%, 0,4%, terlalu sedikit sehingga mempengaruhi nilai slump sedangkan penggunaan kadar zat additive 0,8% terlalu banyak sehingga mempengaruhi kuat tekan beton dan meyebabkan kuat tekan menjadi turun. Maka semakin tinggi penggunaan kadar zat addtive, maka semakin rendah pula nilai slump yang dihasilkan.
ANALISIS TATA RUANG PARKIR RUMAH SAKIT MARDI WALUYO KOTA METRO Fakhri M Gufron; Leni Sriharyani; Ida Hadijah
JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Vol 2 No 1 (2021): JUMATISI: Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1033.424 KB) | DOI: 10.24127/jumatisi.v2i1.3678

Abstract

Pada area parkir Rumah Sakit Mardi Waluyo pun, masih menggunakan tempat parkir yang seharusnya diperuntukkan untuk parkir, contohnya pada pintu masuk UGD (Unit Gawat Darurat), yang memang di peruntukkan untuk pasien yang harus mendapatkan penanganan medis yang cepat, tetapi dengan adanya parkir yang menutupi pada pintu masuk ruang UGD sangat menghambat pasien yang seharusnya membutuhkan penanganan cepat. Pola tata ruang parkir di Rumah Sakit Mardi Waluyo, masih banyak ditemukkan pola parkir / pemodelan parkir yang berbeda – beda yang masih memungkinkan bisa menjadi penyebab terjadinya penumpukkan kendaraan parkir pada Rumah Sakit Mardi Waluyo Kota Metro. Dari analisis tata ruang parkir rumah sakit mardi waluyo kota metro untuk karakteristik ruang parkir akumulasi parkir roda dua didapat pada hari senin 241 kendaraan dan roda empat didapat pada hari selasa 108 kendaraan, durasi parkir didapat lamanya waktu parkir untuk roda empat terdapat pada hari selasa yaitu 138,42 menit dan roda dua terdapat pada hari rabu 175,41 menit, kapasitas parkir kend/jam didapat hasil terbesar untuk roda empat terdapat pada hari senin 90,93 kend/jam dan roda dua pada hari selasa 52,60 kend/jam. Ketersediaan parkir untuk roda empat terdapar pada hari selasa 1134 kend dan roda dua terdapat pada hari rabu 1438 kend. Indeks parkir didapat hasil terbesar untuk roda empat pada hari selasa 97,2% dan roda dua terdapat pada hari senin 217,1%, untuk turn over pada roda empat terdapat pada hari selasa 0,47 PTO dan roda dua terdapat pada hari senin 0,79 PTO, kebutuhan ruang parkir didapat hasil perhitungan untuk roda empat 732 SRP dan roda dua 1377 SRP, untuk pola sudut parkir Rumah Sakit Mardi Waluyo Kota Metro masih dikatakan cukup dengan menggunakan pola sudut parkir sebelumnya yaitu 45°.