cover
Contact Name
Supriadi
Contact Email
supriadi_fkip@unram.ac.id
Phone
+6287824990414
Journal Mail Official
jpimi.unram@gmail.com
Editorial Address
Gedung E2 Lantai 2, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 83125
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia
Published by Universitas Mataram
ISSN : 28280865     EISSN : 28280768     DOI : https://doi.org/10.29303/jpimi.v1i2.1471
Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia (JPIMI) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini memuat artikel hasil pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan inovasi pendidikan, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan masyarakat atau pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk mengcover masalah yang berkaitan langsung dengan berbagai disiplin ilmu atau ruang lingkup di lapangan, kemudian menyebarluaskan hasil pemikiran, ide, atau gagasan konseptual dan hasil pengabdian yang telah dicapai pada wilayah layanan melalui publikasi jurnal. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia menerima manuskrip atau naskah artikel kedalam format pengabdian masyarakat terkait bidang keilmuan yang relevan mencakup: Kependidikan Matematika dan Sains Sosial Pertanian dan Peternakan Keolahragaan Bahasa Bisnis dan Ekonomi Teknik dan Kejuruan Kesenian Ciri khas dari publikasi jurnal pengabdian ini adalah kebaruan (novelty), kualitas, dan kebermanfaatan kepada khalayak umum.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2024): Edisi Februari" : 14 Documents clear
Sosialisasi Penguasaan Kaidah Kebahasaan Mahasiswa Sebagai Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Jenjang Pendidikan Menengah Hidayat, Rahmad; Asyhar, Mochammad; Wahyuni, Wika; Ramdhani, Marlinda; Febriani, Elya
Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia Vol. 3 No. 1 (2024): Edisi Februari
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpimi.v3i1.3008

Abstract

Penguasaan kaidah kebahasaan merupakan bagian integral dari pembelajaran Bahasa Indonesia yang berbasis teks. Pemberlakuan pembelajaran berbasis teks di jenjang pendidikan menengah yang juga selaras dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi tentu saja harus menghasilkan peserta didik yang mampu memahami dan menerapkan kaidah kebahasaan dengan baik. Namun, berdasarkan hasil penelitian, tingkat penguasaan kaidah kebahasaan mahasiswa di perguruan tinggi belum signifikan mencerminkan kemantapan pembelajaran berbasis teks khususnya kaidah kebahasaan di jenjang pendidikan menengah. Dengan demikian, diperlukan sosialisasi hasil penelitian sekaligus diskusi kelompok terpumpun untuk mengidentifikasi bagaimana gambaran pembelajaran kaidah kebahasaan dilakukan di jenjang pendidikan menengah. Gambaran yang dimaksud kemudian menjadi bahan evaluasi untuk dapat mengoptimalkan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam bentuk diskusi kelompok terpumpun bersama para guru Bahasa Indonesia SMA yang telah menerapkan pembelajaran berbasis teks di sekolah. Pada akhirnya, kegiatan pengabdian ini merumuskan beberapa catatan dan rekomendasi sebagai berikut: (1) tingkat penguasaan kaidah kebahasaan rendah disebabkan oleh ketidakoptimalan guru di jenjang pendidikan menengah dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, (2) ketidakoptimalan itu disebabkan oleh ketidakseimbangan beban tugas pokok dan fungsi guru dengan waktu guru melaksanakan tugas pokok dan fungsi, (3) sangat diperlukan strategi dan metode sederhana dalam penyampaian materi kaidah kebahasaan yang diakui kompleksitas kesulitannya.
Sosialisasi Penguasaan Kaidah Kebahasaan Mahasiswa Sebagai Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Jenjang Pendidikan Menengah Hidayat, Rahmad; Asyhar, Mochammad; Wahyuni, Wika; Ramdhani, Marlinda; Febriani, Elya
Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia Vol. 3 No. 1 (2024): Edisi Februari
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpimi.v3i1.3008

Abstract

Penguasaan kaidah kebahasaan merupakan bagian integral dari pembelajaran Bahasa Indonesia yang berbasis teks. Pemberlakuan pembelajaran berbasis teks di jenjang pendidikan menengah yang juga selaras dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi tentu saja harus menghasilkan peserta didik yang mampu memahami dan menerapkan kaidah kebahasaan dengan baik. Namun, berdasarkan hasil penelitian, tingkat penguasaan kaidah kebahasaan mahasiswa di perguruan tinggi belum signifikan mencerminkan kemantapan pembelajaran berbasis teks khususnya kaidah kebahasaan di jenjang pendidikan menengah. Dengan demikian, diperlukan sosialisasi hasil penelitian sekaligus diskusi kelompok terpumpun untuk mengidentifikasi bagaimana gambaran pembelajaran kaidah kebahasaan dilakukan di jenjang pendidikan menengah. Gambaran yang dimaksud kemudian menjadi bahan evaluasi untuk dapat mengoptimalkan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam bentuk diskusi kelompok terpumpun bersama para guru Bahasa Indonesia SMA yang telah menerapkan pembelajaran berbasis teks di sekolah. Pada akhirnya, kegiatan pengabdian ini merumuskan beberapa catatan dan rekomendasi sebagai berikut: (1) tingkat penguasaan kaidah kebahasaan rendah disebabkan oleh ketidakoptimalan guru di jenjang pendidikan menengah dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, (2) ketidakoptimalan itu disebabkan oleh ketidakseimbangan beban tugas pokok dan fungsi guru dengan waktu guru melaksanakan tugas pokok dan fungsi, (3) sangat diperlukan strategi dan metode sederhana dalam penyampaian materi kaidah kebahasaan yang diakui kompleksitas kesulitannya.
MENGOPTIMALKAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA KENTANG: KETERLIBATAN MASYARAKAT DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN DALAM MENGGALI POTENSI TINGGI TEPUNG KENTANG DI DESA WISATA SEMBALUN BUMBUNG Dharmayani, Ni Komang Tri; Yuanita, Emmy; Ulfa, Maria; Ningsih, Baiq Nila Sari; Sudirman, Sudirman; Septiyana, Maulida; Wardhana, I Gede Adhitya Wisnu
Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia Vol. 3 No. 1 (2024): Edisi Februari
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpimi.v3i1.3344

Abstract

Potatoes are one of the staple crops widely cultivated worldwide, with significant production, especially in Europe and North America. However, the economic potential of potatoes has not been fully harnessed, particularly in villages like Sembalun Bumbung, West Nusa Tenggara Province, Indonesia. This article outlines a community engagement approach aimed at enhancing the understanding and skills of the community in utilizing potato flour as a valuable local resource. The implementation methodology involves three main approaches: knowledge transfer, technology transfer, and mentoring. The activities encompass education, hands-on training, as well as testing and evaluating processed potato flour products, particularly noodles. The results of the program demonstrate high enthusiasm among participants, who have successfully produced high-quality potato flour and noodles. This program provides new opportunities for the community to utilize potatoes as an additional source of income and has the potential to significantly boost the village's economy.
Sosialisasi Pengemasan Produk SMART (Sehat, Menarik, Aman, Ramah Lingkungan, dan Tepat Sasaran) Bagi Masyarakat Desa Sembalun Bumbung Sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Jual Produk Lokal Di NTB Ningsih, Baiq Nila Sari; Sudirman, Sudirman; Dharmayani, Ni Komang Tri; Yuanita, Emmy; Ulfa, Maria
Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia Vol. 3 No. 1 (2024): Edisi Februari
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpimi.v3i1.3346

Abstract

Desa Sembalun Bumbung, yang terletak di lereng Gunung Rinjani, memiliki potensi alam besar dan diakui sebagai World Geopark oleh UNESCO. Meskipun desa ini menghasilkan berbagai produk pertanian dan perkebunan, kebanyakan produk hanya dijual dalam bentuk bahan mentah, terutama untuk wisatawan yang berkunjung langsung. Pengabdian ini berfokus pada upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga Desa Sembalun Bumbung dalam pengemasan produk pertanian dengan metode SMART (Sehat, Menarik, Aman, Ramah Lingkungan, dan Tepat Sasaran). Kegiatan ini melibatkan pendekatan transfer pengetahuan, transfer teknologi, serta pembinaan dan pendampingan. Produk yang menjadi fokus adalah kopi bubuk dan black onion, dengan pengemasan yang lebih inovatif dan estetis. Selain itu, pelatihan juga mencakup pembukaan toko online di e-commerce dan teknik copywriting. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pengemasan produk. Beberapa dari mereka bahkan tertarik untuk menjalankan bisnis online. Dengan pengemasan yang baik dan pemasaran yang tepat, produk hasil olahan dari Desa Sembalun Bumbung memiliki peluang untuk meningkatkan pendapatan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.
Sosialisasi Penulisan Artikel Ilmiah untuk Pengganti Skripsi pada Mahasiswa Universitas Mataram Gayatri, Marena Rahayu; Ghoffari, Lalu Hasan; Husni, Muhammad Naoval; Febrilia, Baiq Rika Ayu; Syarifudin, Abdul Gazir; Putra, Lalu Riski Wirendra; Wardhana, I Gede Adhitya Wisnu
Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia Vol. 3 No. 1 (2024): Edisi Februari
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpimi.v3i1.3532

Abstract

Keputusan terbaru dari Kemendikbud Ristek yang menghapus persyaratan penulisan skripsi bagi mahasiswa merupakan sebuah terobosan penting dalam konteks pendidikan tinggi di Indonesia. Salah satu aspek utama dari kebijakan ini adalah penggantian skripsi dengan publikasi jurnal ilmiah. Sejalan dengan inisiatif ini, Program Studi Matematika Universitas Mataram telah menjalin kerja sama dengan Gamatika Research Club untuk mendistribusikan informasi terkait. Kegiatan sosialisasi ini melibatkan dua narasumber yang ahli di bidangnya. Narasumber pertama memberikan panduan lengkap mengenai prosedur dan pedoman untuk menggantikan skripsi dengan publikasi ilmiah, termasuk tahapan-tahapan yang harus diikuti oleh mahasiswa. Narasumber kedua memberikan tips, motivasi, dan wawasan mengenai pentingnya menerbitkan publikasi ilmiah bagi mahasiswa, serta menjelaskan manfaat dan peluang yang dapat diperoleh dari proses ini. Dengan demikian, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada mahasiswa mengenai perubahan ini dalam tata cara penyelesaian studi tingkat sarjana di lingkungan perguruan tinggi.
Psikoedukasi Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Autis di SLB C Karya Ibu Palembang Flibex, Asox; Salsabiil, Mutiara
Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia Vol. 3 No. 1 (2024): Edisi Februari
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpimi.v3i1.3664

Abstract

Fenomena yang terjadi pada anak autis tipe III di SLB C Karya Ibu Palembang adalah kemampuan berbicara anak belum optimal. Hal ini ditunjukkan dengan anak hanya mampu mengucapkan beberapa kata saja seperti makan, tidur, kesal, tidak mau, dan sebagainya. Selain itu, anak jarang menggunakan bahasa verbal untuk berbicara dan harus mendapat rangsangan terlebih dahulu. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak di SLB C Karya Ibu Palembang ini adalah dengan menggunakan media flashcard. Flashcard merupakan peta yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yang berisi gambar, teks, atau simbol untuk membantu mengingatkan dan membimbing siswa pada suatu objek atau situasi (Haryanto, 2014). Hasil dari penggunaan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak autis yaitu terjadi peningkatan pada setiap aspek yang diamati serta ketertarikan anak pada kegiatan pembelajaran ini karena media yang digunakan berisikan gambar dengan warna yang menarik. Selain itu, cara pembelajaran kemampuan berbicara menggunakan media flashcard ini kebetulan juga belum pernah dilakukan oleh guru yang ada di SLB C Karya Ibu Palembang sehingga menjadi hal yang baru bagi mereka. Penggunaan media flashcard dapat digunakan dalam rangka upaya perbaikan dan peningkatan proses belajar mengajar dikelas. Selain itu dapat diimplementasikan sebagai alternatif media pembelajaran keterampilan berbicara bagi guru untuk diterapkan di SLB C Karya Ibu Palembang.
Edukasi Pentingnya Mengenal Stunting Secara Dini Sebagai Preventif Terjadinya Stunting pada Kelompok Ibu di Perumahan Binawidya, Tampan, Pekanbaru Ningrum, Tri Siwi
Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia Vol. 3 No. 1 (2024): Edisi Februari
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpimi.v3i1.3811

Abstract

Stunting is a condition of malnutrition that occurs in toddlers that can be associated with inadequate nutrition for a long time and repeatedly. Many cases of stunting occur in children under five. The fulfilment of adequate nutrition in toddlers both macro and micro nutrients is needed to minimise the occurrence of stunting. The role of parental knowledge, especially a mother, is very important in identifying symptoms of stunting early and fulfilling the nutritional needs of toddlers to prevent stunting in family members. By knowing the symptoms of stunting early, parents can anticipate the impact of stunting, while maternal knowledge about fulfilling toddler nutrition can prevent stunting in children. The partner in this PKM activity is a group of mothers in RT 02 RW 06 BinaWidya Housing, Tampan. The average mother in Bina Widya Housing has children under five and many do not know about stunting or management of stunting prevention management. This Community Service activity aims to increase mothers' knowledge about stunting. This PKM method uses lectures on stunting which include understanding stunting, causes, how to recognise the symptoms of stunting early and prevention of stunting. The results of PKM activities show an increase in mothers' knowledge about stunting
Digitalisasi Sistem Posyandu Ternak untuk Meningkatkan Produksi Peternakan di Desa Gumantar Kabupaten Lombok Utara Rohim, Abdul; Zahira, Dayana; Abdi, Wahyu Indra; Maulida, Siska; Rosida, Abidatur; Dewi, Apriani Puspita; Amali, Haswadi; Supardan, Supardan; Robiyansa, Robiyansa; Fikri, Haekal; Budiharta, Agus; Seyarano, Guran Lampa; Rosyidi, Muhammad Subhan Bahruddin; Gusairi, Muhammad
Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia Vol. 3 No. 1 (2024): Edisi Februari
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpimi.v3i1.3876

Abstract

Gumantar Village, located in Kayangan District, North Lombok Regency, is the only underdeveloped village in West Nusa Tenggara Province. After the 2018 earthquake, this village experienced severe impacts. Economic recovery after the Covid-19 pandemic and the Foot and Mouth Disease (FMD) outbreak gave rise to an initiative in the form of POSYANDU LIVESTOCK. Gumantar Village formed this institution with community cadres as the front guard for livestock services, especially ruminants. The ORMAWA HMP3IP PPK program played a role in the formation of this institution, which was inaugurated by the Head of the NTB Provincial Service on November 15 2022. Since the formation of the Livestock Posyandu, livestock management in villages has improved significantly, involving aspects of feed, waste, livestock management, health services, and artificial insemination technology . However, communication and services are still manual, encouraging the need for innovation. Therefore, a website-based application was created as a solution to improve livestock posyandu cadre services. The program is also focused on strengthening cadre capacity through training and collaboration with the local government, with the aim of creating superior human resources in posyandu as the village's front guard in dealing with livestock problems, increasing productivity and achieving farmer welfare.
Edukasi Pengolahan MPASI Gizi Seimbang Dalam Upaya Pencegahan Stunting Bagi Dharma Wanita Persatuan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur Dhani, Arini Rahma; Dhani, Arini; Nikmah, Nikmah; Yusnaeni, Yusnaeni
Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia Vol. 3 No. 1 (2024): Edisi Februari
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpimi.v3i1.3905

Abstract

Pada tahun 2022 Kementerian Kesehatan Indonesia mengadakan survey mengenai status gizi Indonesia, hasilnya 21,6% balita mengalami stunting. Provinsi dengan angka stunting tertinggi yakni provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni sebesar 37,8%. Stunting ini merupakan kondisi gangguan pertumbuhan dengan ciri-ciri tubuh pendek. Kejadian stunting merupakan dampak dari asupan gizi yang kurang, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, tingginya kesakitan, atau merupakan kombinasi dari keduanya. Stunting disebabkan oleh faktor multi dimensi dan tidak hanya disebabkan oleh faktor gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil maupun anak balita. Intervensi yang paling menentukan untuk dapat mengurangi pervalensi stunting oleh karenanya perlu dilakukan pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dari anak balita. Pengaruh stunting terhadap perkembangan kognitif dan prestasi belajar dimana selain mengalami gangguan pertumbuhan, anak dengan kondisi stunting juga mengalami gangguan dalam proses pematangan otak sehingga berdampak terhadap perkembangan kognitif. Pada Perpres Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting menyarankan untuk menyediakan MPASI Gizi seimbang. Kegiatan ini bertujuajn untuk mengedukasi pengolahan MPASI gizi seimbang dalam upaya pencegahan stunting bagi Dharma Wanita persatuan Badan Pemeriksa Keuangan perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Adapun Tahapan kegiatan ini adalah 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) evaluasi. Kegiatan edukasi ini terlaksana dengan baik dan respon peserta sangat antusias. Hal ini dibuktikan dengan hasil kepuasan materi sebesar 54% sangat puas dan kepuasaan terhadap narasumber sebesar 43% sangat puas.
Pengenalan Media ChemMag Bertema Etnokimia Lokal Sebagai Bahan Bacaan Tambahan pada Pembelajaran Kimia Bagi Siswa SMA/MA Rahmawati, Rahmawati; Sofia, Baiq Fara Dwirani; Loka, I Nyoman; Muntari, Muntari; Burhanuddin, Burhanuddin
Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia Vol. 3 No. 1 (2024): Edisi Februari
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jpimi.v3i1.3914

Abstract

Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi yang membutuhkan media yang bisa mewakili guru menyajikan informasi belajar kepada siswa sehingga pembelajaran kimia yang dianggap sulit dapat diatasi dengan adanya media yang telah banyak dikembangkan. Media pembelajran berupa majalah kimia dapat dijadikan sebagai sumber belajar alternatif dan dirasa lebih efektif dibandingkan modul cetak, buku dan bahan ajar lainnya. Survey di 3 lokasi sekolah, yakni SMAN 1 Labuapi Lobar, SMAN 2 Gerung, dan SMA Hang Tuah Mataram menunjukkan bahwa lebih dari 80% siswanya menyatakan suka dengan pelajaran kimia namu merasa kesulitan memahami pelajaran dan bahkan merasa bosan dengan penjelasan dari guru karena kurangnya media bacaan yang menarik dan menyenangkan. Solusi yang diberikan adalah mengenalkan kepada siswa media ChemMag, yakni suatu media pembelajaran kimia bebentuk majalah dengan konten konsep-konsep kimia pada proses pembuatan minyak kelapa. Pembuatan minyak kelapa adalah salah satu etnokimia lokal masyarakat Lombok yang sudah familiar bagi siswa setempat. Mengambil sampel di SMA 6 Mataram sebagai tempat untuk melaksanakan sosialisasi tentang media ChemMag seri ke-6 brtujuan untuk meningkatkan antusisme siswa dalam pembelajarn kimia. Hasil kegiatan sosialisais ini tergambar dari nilai respon siswa dan guru kimia di sekolah tersebut terhadap beberapa aspek penilaian. Aspek kemenarikan masuk kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 81.62%; dari aspek kemudahan penggunaan masuk kategori sangat praktis dengan nilai persentase 84.31%; dari aspek isi masuk kaegori sangat praktis dengan nilai kepraktisan 83.23%; dari aspek manfaat tergolong sangat praktis dengan persentase sebesar 83.27%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah: Siswa dan guru sangat tertarik dengan media majalah yang diperkenalkan; Respon siswa dan guru terhadap kegiatan sosialisasi media Chem Mag sangat bagus; Guru merasa tertarik untuk bekerjasama dengan tim pengabdian untuk mengembangkan media majalah pada tema yang lain di waktu yang akan datang.

Page 1 of 2 | Total Record : 14