cover
Contact Name
Joko Saefan
Contact Email
jokosaefan@gmail.com
Phone
+6281931931699
Journal Mail Official
upgrisphysicstoday@upgris.ac.id
Editorial Address
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Lontar Physics Today
ISSN : -     EISSN : 28280970     DOI : https://doi.org/10.26877/lpt
Core Subject : Science, Education,
LONTAR PHYSICS TODAY is a scientific journal published by the Physics Education Study Program, Universitas PGRI Semarang with the scope of all areas in the fields of physics and physics education. Lontar Physics Today papers will be published three times a year on February, June, and Nopember by Physics Education study program, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Central Java, Indonesia. Please read this guide carefully. Authors who wish to submit their manuscripts to the editors of the Lontar Physics Today must comply with the writing guidelines. If the submitted manuscript does not comply with the guidelines or is written in a different format, it will be rejected by the editor before further review. The editor will only accept manuscripts that meet the specified format.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2025): June 2025" : 10 Documents clear
Rancang Bangun Prototipe Alat Pengukur Intensitas Cahaya Digital Berbasis Sensor Light Dependent Resistor dengan Arduino Uno Lolowang, Efraim Jonathan; Lucas, Bill Ryan; Marianus, Marianus; Tumangkeng, Jeane Verra; Pawarangan, Ishak
Lontar Physics Today Vol 4, No 2 (2025): June 2025
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v4i2.23169

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat pengukur intensitas cahaya berbasis sensor Light Dependent Resistor (LDR) dan Arduino Uno yang mampu menampilkan hasil pengukuran secara real-time. Alat ini dirancang sebagai solusi alternatif untuk mengukur intensitas cahaya secara digital dengan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan tiga tahapan yakni perancangan alat, pembuatan alat dan uji coba dengan cara menguji alat terhadap berbagai tingkat pencahayaan. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengetahui tingkat akurasi dan konsistensi alat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat mampu memberikan hasil yang baik dan responsive dan mampu mendeteksi perubahan intensitas Cahaya dari lima kondisi berbda. Dengan pengembangan lanjutan dan kalibrasi yang lebih baik, alat ini berpotensi digunakan dalam berbagai aplikasi seperti sistem otomatisasi, pertanian, dan pendidikan.
Tren Penelitian IoT dalam Pembelajaran Berbasis STEM pada Pendidikan Fisika: Bibliometric Analysis Miladanta, Algi Nurahman; Rochman, Chaerul; Sukmawardani, Yulia; Nuryantini, Ade Yeti
Lontar Physics Today Vol 4, No 2 (2025): June 2025
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v4i2.23481

Abstract

Penelitian ini mengkaji tren penerapan Internet of Things (IoT) dalam pembelajaran fisika berbasis STEM. Tujuannya adalah untuk menelusuri perkembangan penelitian dalam konteks pendidikan serta mengungkap pola kolaborasi dan dampak ilmiahnya. Metode analisis bibliometrik digunakan dengan bantuan Publish or Perish (PoP) dan VOSviewer untuk mengumpulkan data kutipan, memetakan tren topik, dan memvisualisasikan jejaring kolaborasi. Analisis dari Google Scholar dan Scopus menunjukkan peningkatan minat terhadap integrasi IoT dalam pendidikan STEM, meskipun masih menghadapi tantangan dalam hal visibilitas dan dampak penelitian. Hasil temuan menegaskan pentingnya penguatan fokus pada implementasi IoT dalam pembelajaran fisika dan peningkatan kerja sama antara peneliti. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk lebih menekankan aspek penerapan, memperluas kolaborasi, serta meningkatkan kontribusi riset terhadap perkembangan pendidikan STEM. Kata kunci: Internet of Things, Pembelajaran Fisika, STEM, Bibliometrik
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Scratch Pada Materi Gerak Parabola Rakhmawati, Rakhmawati; Wahyuni, Siti
Lontar Physics Today Vol 4, No 2 (2025): June 2025
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v4i2.23551

Abstract

Sebagian pembelajaran fisika di sekolah masih bersifat konvensional, dengan fokus pada pemberian materi dan soal kepada peserta didik. Terdapat modul ajar yang digunakan sudah berbasis Discovery Learning, tetapi implementasinya belum optimal dan kurang memanfaatkan media pembelajaran interaktif. Akibatnya, kemampuan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik belum terlatih dengan baik selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan upaya penyediaan bahan ajar yang dapat mendorong hal itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul ajar berbasis Problem Based Learning  dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta self efficacy peserta didik melalui penerapan model PBL berbantuan Scratch pada materi gerak parabola. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Quasi-Experiment menggunakan teknik One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian terdiri atas 36 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen Demak, dengan pelaksanaan penelitian pada bulan Oktober hingga November 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis PBL dengan media Scratch dinyatakan layak digunakan oleh tiga validator ahli dengan skor rata-rata 91,3%. Implementasi model PBL berbantuan media Scratch juga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,39 termasuk dalam kategori sedang dan tingkat self efficacy peserta didik ke dalam kategori tinggi. Kata kunci: Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Self Efficacy
Geofisika dan Geokimia Lahan Gambut Terdegradasi Tanah Timbun Manik, Tetti Novalina; Purba, Santi Carolina; Khayanti, Yuni Sri; Haryanti, Ninis Hadi; Sudarningsih, Rusdiansyah; Siregar, Simon Sadok
Lontar Physics Today Vol 4, No 2 (2025): June 2025
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v4i2.23153

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis proyek yang valid dan praktis untuk melatihkan creative thinking skills dan self-regulated learning pada materi energi alternatif. Jenis penelitian ini adalah Design and Development Research (DDR) yang diadaptasi dari Richey Klien (2007) dengan menggunakan uji validitas yang terdiri atas validasi empiric dan validasi expert, serta uji kepraktisan yang terdiri atas uji keterbacaan, uji persepsi guru, dan uji respon peserta didik, uji keefektifan terdiri atas hasil analisis terlatihnya creative thinking skills dan self-regulated learning dalam kelompok kecil. Hasil uji validasi empiric dilihat berdasarkan keberhasilan produk biobaterai. Hasil uji validasi expert didapatkan rata-rata nilai dari ketiga expert sebesar 3,24, dengan rata-rata nilai pada aspek media dan desain diperoleh sebesar 3,32 dengan kategori sangat valid, dan aspek materi dan konstruk diperoleh sebesar 3,15 dengan kategori valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh skor rata-rata untuk uji keterbacaan sebesar 83,8% dengan kategori sangat praktis, uji persepsi guru sebesar 87,3% dengan kategori sangat baik, serta uji respon peserta didik sebesar 84,7% dengan kategori sangat baik, didapatkan rerata skor uji kepraktisan sebesar 85,3% dengan kategori sangat praktis. Uji keefektifan dilihat berdasarkan hasil analisis terlatihnya creative thinking skills diperoleh hasil 81% dan analisis terlatihnya self-regulated learning diperoleh hasil 83,6%. Telah dihasilkan LKPD untuk melatihkan creative thinking skills dan self-regulated learning yang valid, praktis, dan efektif dalam kelompok kecil.
Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis STEM-PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Wahyuningsih, Diana Arin; Marwoto, Putut; Wahyuni, Siti
Lontar Physics Today Vol 4, No 2 (2025): June 2025
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v4i2.23639

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis mobile learning dengan pendekatan STEM-PBL guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa kelas XI pada pokok bahasan termodinamika. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang diadaptasi dari model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Proses pengembangan dilakukan untuk menghasilkan dan mengevaluasi kelayakan dan efektivitas media pembelajaran. Uji coba dilakukan dalam dua tahap, yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Hasil validasi menunjukkan bahwa media tersebut masuk dalam kategori sangat layak. Efektivitas produk dianalisis menggunakan uji N-Gain, dengan hasil perolehan skor gain sebesar 0,59 pada uji coba skala kecil dan 0,62 pada uji coba skala besar, keduanya tergolong efektifitas sedang. Selain itu, aktivitas pembelajaran kolaboratif menunjukkan peningkatan dalam pengambilan keputusan bersama, penyelesaian tugas, menghargai pendapat orang lain, dan berbagi ide. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran fisika mobile yang dikembangkan dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dinilai layak digunakan.Kata kunci: STEM-PBL, Keterampilan Berpikir Kritis, Kolaborasi Abstract. This study aims to develop a mobile learning-based physics instructional media using the STEM-PBL approach to enhance the critical thinking and collaboration skills of Grade XI students on the topic of thermodynamics. The research employed a development method adapted from the ADDIE model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The development process was carried out to produce and evaluate the feasibility and effectiveness of the learning media. The trial was conducted in two stages: small-scale and large-scale testing. The validation results indicated that the media is categorized as highly feasible. The product's effectiveness was analyzed using the N-Gain test, with results showing a gain score of 0.59 in the small-scale trial and 0.62 in the large-scale trial, both classified as moderate effectiveness. Furthermore, collaborative learning activities showed improvements in joint decision-making, task completion, respecting others’ opinions, and sharing ideas. Based on the results, the mobile physics learning media developed with the STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) approach is considered feasible and suitable for classroom use.Keywords: STEM-PBL, Critical Thinking, Collaboration
Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Fluida Dinamis Fahrurrozi, Akmal; Rochman, Choirul; Sukmawardani, Yulia; Malik, Adam; Nasrudin, Dindin
Lontar Physics Today Vol 4, No 2 (2025): June 2025
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v4i2.23976

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Tasikmalaya menggunakan bantuan model pembelajaran logan avenue problem solving. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental dengan desain one-group pretest-posttest, peneliti melakukan pengukuran awal (pretest) terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik, kemudian perlakuan (treatment) berupa penerapan model pembelajaran   kepada subyek penelitian berjumlah 32 orang. rata-rata pretest peserta didik adalah sebesar 36, pretest dilakukan sebelum menerapkan model pembelajaran logan avenue problem solving (LAPS-heuristik) dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan nilai rata-rata posttest peserta didik adalah sebesar 75, posttest dilakukan setelah diterapkannya model pembelajaran logan avenue problem solving (LAPS-heuristik) dalam kegiatan pembelajaran. Nilai pretest dan posttest kemudian dianalisis untuk mengukur peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik sehingga diperoleh nilai N-gain. Nilai N-gain­ yang didapatkan adalah sebesar 0.62 yang berada dalam kategori sedang. Oleh karena itu, keterampilan pemecahan masalah peserta didik dapat dikatakan mengalami peningkatan dengan diterapkannya model pembelajaran logan avenue problem solving (LAPS-heuristik).Kata kunci: pemecahan masalah, logan avenue problem solving (LAPS), fluida dinamis Abstract. This study aims to determine the improvement of problem-solving skills in class XI MIPA MAN 1 Tasikmalaya students using the help of the Logan Avenue problem-solving learning model. The method used in this study is the Pre-Experimental method with a one-group pretest-posttest design, researchers conducted an initial measurement (pretest) of students' problem-solving skills, then treatment in the form of applying the learning model to 32 research subjects. The average pretest of students is 36, the pretest was conducted before applying the Logan Avenue problem-solving learning model (LAPS-heuristic) in learning activities. While the average posttest value of students is 75, the posttest was conducted after the application of the Logan Avenue problem-solving learning model (LAPS-heuristic) in learning activities. The pretest and posttest values were then analyzed to measure the improvement of students' problem-solving skills to obtain the N-gain value. The N-gain value obtained was 0.62 which is in the moderate category. Therefore, it can be said that students' problem-solving skills have increased with the implementation of the Logan Avenue problem-solving (LAPS-heuristic) learning model.Keywords: problem solving, logan avenue problem solving (LAPS), fluid dynamics
Analisis Keterampilan Computational Thinking dan Creativity pada Pembelajaran Fisika di SMA N 1 Pemalang Triana, Desy; Patonah, Siti; Nuroso, Harto
Lontar Physics Today Vol 4, No 2 (2025): June 2025
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v4i2.23769

Abstract

Pembelajaran fisika di SMA N 1 Pemalang menuntut kemampuan siswa untuk memahami konsep, menganalisis fenomena, dan memecahkan masalah secara sistematis dalam mendorong siswa menemukan pendekatan inovatif dan orisinal dalam menyelesaikan permasalahan fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan computational thinking dan creativity siswa pada pembelajaran fisika di SMA N 1 Pemalang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti akan mendriskripsikan analisis keterampilan computational thinking dan creativity siswa pada pembelajaran fisika. Teknik pengumpulan data untuk computational thinking menggunakan soal esai materi usaha dan energi. Keterampilan creativity siswa dengan menggunakan lembar observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum keterampilan computational thinking siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pemalang berada pada kategori sedang dengan rerata persentase 69,78%, sedangkan keterampilan creativity siswa berada pada kategori baik, dengan rerata 71,14%. Siswa menunjukkan kemampuan tinggi dalam mengkomunikasian . Hasil ini menunjukkan bahwa meskipun siswa telah memiliki kemampuan dasar dalam computational thinking dan creativity, terdapat beberapa aspek penting yang perlu ditingkatkan. Peningkatan ini dapat dilakukan melalui pendekatan pembelajaran fisika yang lebih terintegrasi dengan kegiatan yang menekankan untuk memecahkan masalah, merancang sistem, dan memahami perilaku manusia dengan menggunakan konsep-konsep dasar dalam ilmu computer.Kata kunci: Computational Thinking, Creativity, Pembelajaran Fisika, Deskriptif kualitatif, inovatif.Abstract. Physics learning at SMA N 1 Pemalang requires students to understand concepts, analyze phenomena, and solve problems systematically in encouraging students to find innovative and original approaches in solving physics problems. This study aims to analyze students' computational thinking and creativity skills in physics learning at SMA N 1 Pemalang. This study was conducted using qualitative descriptive research. Researchers will describe the analysis of students' computational thinking and creativity skills in physics learning. Data collection techniques for computational thinking used essay questions on work and energy material. Students' creativity skills were measured using observation sheets and questionnaires. The results of the study showed that in general, students' computational thinking skills in physics learning at SMA Negeri 1 Pemalang were in the moderate category with an average percentage of 69.78%, while students' creativity skills were in the good category, with an average of 71.14%. Students showed high abilities in communicating. These results indicate that although students have basic abilities in computational thinking and creativity, there are several important aspects that need to be improved. This improvement can be achieved through a more integrated approach to physics learning with activities that emphasize problem solving, system design, and understanding human behavior using basic concepts in computer science.Keywords: Computational Thinking, Creativity, Physics Learning, Qualitative Descriptive, innovative.
Investigasi Kesulitan Mahasiswa dalam Pembelajaran Berbasis Riset pada Perkuliahan Fisika Lingkungan Marianus, Marianus; Lahope, Kenny Setiawan
Lontar Physics Today Vol 4, No 2 (2025): June 2025
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v4i2.23654

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa fisika dalam pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah Fisika Lingkungan. Studi ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengidentifikasi akar permasalahan serta faktor-faktor yang berkontribusi terhadap hambatan belajar tersebut. Metode pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan observasi kelas untuk memperoleh pemahaman komprehensif mengenai pengalaman belajar mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada enam mahasiswa dan dua dosen pengampuh mata kuliah fisika lingkungan yang menerapkan pembelajaran berbasis riset. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara yang dilakukan langsung dengan mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah Fisika Lingkungan, observasi partisipatif saat proses pembelajaran berbasis riset berlangsung, serta studi dokumentasi terhadap laporan riset mahasiswa dan materi perkuliahan terkait. Teknik analisis data dilakukan menggunakan Model Miles dan Huberman yang melibatkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk mengidentifikasi pola-pola kesulitan yang muncul secara sistematis. Temuan yang didapati menunjukkan kurangnya kemampuan mahasiswa dalam menuliskan argumen-argumen ilmiah, pemilhan metode, pegumpulan data, dan analisis data menggunakan program yang tepat; dimana para mahasiswa masih perlu mengikuti pelatihan atau workshop mengenai teknik menulis karya ilmiah atau artikel riset agar menjadi lebih mahir dalam menganalisis data, serta perlu adanya peningkatan literasi digital.
Efektivitas Pendampingan Belajar terhadap Capaian Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 8 Surakarta Cahyani, Dwi Fitri; Ningrum, Faridhatul Fitriya; Khairina, Nesya Atika Nur
Lontar Physics Today Vol 4, No 2 (2025): June 2025
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v4i2.23459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendampingan belajar dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika, serta mengidentifikasi berbagai faktor yang memengaruhi kesulitan belajar fisika pada peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 8 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan merupakan kombinasi pendekatan kualitatif deskriptif dan kuantitatif, dengan desain pra-eksperimen tipe one group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kegiatan pembelajaran dan pemberian tes sebelum dan sesudah pendampingan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji statistik Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep fisika secara signifikan setelah pelaksanaan pendampingan belajar, meskipun sebagian kecil siswa mengalami penurunan skor. Dengan demikian, pendampingan belajar terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika pada siswa.Kata kunci: pendampingan belajar, pemahaman konsep, fisika, efektivitas Abstract. This study aims to examine the effectiveness of learning assistance in improving understanding of physics concepts, as well as identifying various factors that influence the difficulties of learning physics in class X-2 students of SMA Negeri 8 Surakarta. The research method used is a combination of descriptive qualitative and quantitative approaches, with a pre-experimental design of the one group pretest-posttest type. Data collection was carried out through observation of learning activities and giving tests before and after assistance. The collected data were then analyzed using the Paired Sample t-Test statistical test. The results of the study showed a significant increase in understanding of physics concepts after the implementation of learning assistance, although a small number of students experienced a decrease in scores. Thus, learning assistance has proven effective in improving students' understanding of physics concepts.Keywords: learning assistance, conceptual understanding, physics, effectiveness
Instructional Tasks for Fostering Scientific Creativity in Physics Education: A Systematic Review (2020–2024) Saefan, Joko; Kurniawan, Wawan; Rini, Nur Widya
Lontar Physics Today Vol 4, No 2 (2025): June 2025
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v4i2.24435

Abstract

This systematic literature review explores research on scientific creativity in physics education published between 2020 and 2024, with a particular focus on the intersection of instructional tasks and physics topics. Using PRISMA-based identification, screening, eligibility, and synthesis procedures, 130 initial records from Scopus were narrowed to 20 eligible studies that explicitly addressed both instructional task types and physics-related content. Instructional tasks were classified into seven categories as problem finding, open-ended problem solving, creative experiment design, hypothesis generation, modeling tasks, product improvement, and interdisciplinary tasks, while physics topics were coded from domain-specific subjects to broader categories. Findings indicate a strong dominance of modeling tasks, particularly when paired with general topics, reflecting their adaptability to varied instructional contexts and alignment with STEM or STEAM frameworks. In contrast, tasks such as creative experiment design and product improvement were less represented, and domain-specific topics appeared infrequently. This pattern suggests a tendency toward flexible but generalized approaches to fostering creativity, potentially at the expense of deep disciplinary engagement. The review highlights the need to diversify instructional tasks and embed creative learning within core physics content. These insights carry implications for curriculum design, teacher professional development, and future research aiming to balance interdisciplinary breadth with disciplinary depth in promoting scientific creativity in physics education.

Page 1 of 1 | Total Record : 10