cover
Contact Name
Imam Sujono
Contact Email
imamsujono@risetpress.com
Phone
+6281332486201
Journal Mail Official
contact@risetpress.com
Editorial Address
Jl. Raya Pagu, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur 64174, Indonesia
Location
Kab. kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Community Service and Society Empowerment
ISSN : 30217512     EISSN : 30217504     DOI : https://doi.org/10.59653/jcsse
Journal of Community Service and Society Empowerment (JCSSE) accepts articles on community service results in the fields of development, empowerment, community strengthening, and the results of activities or practical implementations of community service, empowerment, or strengthening that are problem-solving, comprehensive, meaningful, and sustainable, with clear goals. Various community services and empowerment activities must have novelty (have innovation and creativity) so that they do not just replicate the same activities in different places, have measurable results and impacts on society, and support the achievement of the goals set out in the Sustainable Development Goals (SDGs). The SDGs are a global action plan agreed upon by world leaders to end poverty, reduce inequality, and protect the environment. The SDGs contain 17 Goals and 169 Targets, so each article must be linked to these goals and targets (as stated in the contribution statement). Therefore, JCSSE accepts articles from Indonesian authors and other countries that have not been offered for publication elsewhere.
Articles 86 Documents
Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Klaborasi Kegiatan Belajar Mengajar Di Kober Azkiya Desa Tarumajaya, Kertasari, Kabupaten Bandung Hoerudin, Dani
Journal of Community Service and Society Empowerment Том 1 № 01 (2023): Journal of Community Service and Society Empowerment
Publisher : PT. Riset Press International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59653/jcsse.v1i01.174

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan memberikan kegiatan pembelajaran yang mampu menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak. Pendidikan anak usia dini merupakan suatu Pendidikan yang dilakukan pada anak sejak lahir hingga usia delapan tahun. Proses Pendidikan dan pembelajaran pada anak usia dini hendaknya dilakukan dengan tujuan memberikan konsep yang bermakna bagi anak melalui pengalaman yang nyata. Mutu Pendidikan merupakan tolak ukur untuk menilai keberhasilan sekolah dalam mengelola Pendidikan yang berkualitas. Untuk meningkatkan kualitas Pendidikan anak usia dini bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, pencapaian kualitas yang baik dapat dilakukan melalui berbagai macam strategi. Salah satu strategi adalah peningkatan mutu Pendidikan melalui kegiatan pembelajaran. Pengabdian masyarakat berupa kolaborasi kegiatan belajar mengajar, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas atau mutu Pendidikan melalui proses pembelajaran. Mitra pengabdian masyarakat ini adalah KOBER AZKIYA. Strategi peningkatan mutu Pendidikan anak usia dini yang dilakukan yaitu kolaborasi proses pembelajaran yang disampaikan pada anak. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan mahasiswa KKN STAI Darul Falah yang dibagai sesuai dengan rombel kelas, dilakukan dalam beberapa tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil temuan lapangan, program pengabdian ini memberikan manfaat cukup besar terhadap peningkatan mutu Pendidikan anak usia dini, khususnya pada KOBER AZKIYA. Sehingga program serupa penting sekali untuk dikembangkan.
Process of Identifying One's Life Calling At an Early Stage within the Youth Community of Gideon Cilegon Banten Sirait, Rajiman Andrianus
Journal of Community Service and Society Empowerment Том 1 № 01 (2023): Journal of Community Service and Society Empowerment
Publisher : PT. Riset Press International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59653/jcsse.v1i01.175

Abstract

The identification of one's life purpose is a significant undertaking that contributes to the development of an individual's sense of self and life trajectory. Certain individuals possess the capacity to ascertain their life's purpose from their formative years, thereby affording them a distinct advantage in cultivating vocations that imbue their lives with significance and personal gratification. This article examines the significance and consequences of early identification of one's life purpose, with a specific emphasis on the various components that contribute to this process, as explored through collaboration with the Youth Gideon community. As part of conducting this study, a thorough examination of existing literature is undertaken to assess the findings of prior research and get a comprehensive comprehension of the subject matter. The findings of this research review indicate several elements that have led to the early identification of life calling. These aspects encompass familial influences, educational background, personal interests, and life experiences. Furthermore, this paper examines the ramifications of early identification of life purpose on personal growth and offers suggestions for educators, researchers, and professionals to facilitate the exploration and discovery of life calling among young individuals.
Pelatihan dan Pendampingan Program Pertukaran Antar Budaya Melalui Jurnal Digital Manga Chat Untuk Guru dan Siswa di SD Tunas Harapan Bangsa Mardiana, Wiwik; Afkar, Taswirul; Feriyanto, Muhammad
Journal of Community Service and Society Empowerment Том 1 № 01 (2023): Journal of Community Service and Society Empowerment
Publisher : PT. Riset Press International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59653/jcsse.v1i01.184

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SD Tunas Harapan Bangsa Mojokerto. Kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris meningkatkan kemampuan komunikasi, refleksi, dan menulis guru dan siswa, Meningkatkan sosial dan emosional siswa dalam pembelajaran antar budaya, Meningkatkan kepercayaan diri siswa dan memperluas pemahaman terkait kebudayaan secara global. Hal ini ditujukan untuk menghindari terjadinya perundungan dan mengajarkan sikap saling menghargai akan perbedaan. Namun, siswa Sebagian besar belum berkesempatan untuk melakukan komunikasi dengan sesama siswa antar negara. Oleh karena itu, program ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa memiliki pengalaman untuk berkomunikasi baik secara tulis maupun lisan dengan siswa dan guru antar negara melaui digital journal dalam bentuk komik (Manga Chat). Solusi dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan sosialisasi dan pendampingan di Program Pertukaran Antar Budaya Melalui Jurnal Digital Manga Chat Untuk Guru dan Siswa Di SD Tunas Harapan Bangsa. Adapun luarannya adalah sertifikat dan submit artikel ilmiah.
Penguatan Program Aksi Baca Paksa Indonesia (ABPI) Di Komunitas Literasi Darussalam Di Ponpes Darussalam Blokagung Rofiq, Asngadi; Ridwan, Muhammad Hasbullah
Journal of Community Service and Society Empowerment Том 1 № 01 (2023): Journal of Community Service and Society Empowerment
Publisher : PT. Riset Press International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59653/jcsse.v1i01.226

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini : 1.Melakukan pengukuhan anggota Literasi Darussalam sebagai pelaksana program ABPI agar lebih solid, 2. Memaksimalakan Proses sosialisasi program ABPI unit yayasan PP. Darussalam Blokagung mulai SLTP sampai SLTA, 3. Merealisasikan Program Validasi Baca Paksa untuk meningkatkan kredibilitas peserta ABPI, 4. Mengaktifkan kembali Program Ngaji Literasi sebagai program penanaman wawasan literasi baca dan tulis. Pengabdian ini dilaksanakan di komunitas Literasi Darussalam di Ponpes Darussalam Blokagung. Metode pendampingan yang digunakan adalah melalui pendekatan Asset Based Communities Development (ABCD). Hasil dari pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan tentang peningkatan pengetahuan terkait, 1. Pengukuhan anggota Literasi Darussalam sebagai pelaksana program ABPI menjadi lebih solid, 2. Sosialisasi program ABPI unit yayasan PP. Darussalam Blokagung mulai SLTP sampai SLTA, menjadikan semua guru dan murid di unit Ponpes Darussalam Blokagung mengetahui program APBI, 3. Program Validasi Baca Paksa untuk meningkatkan kredibilitas peserta ABPI, menjadikan kridibilitas Peserta ABPI lebih diakui, 4. Pengaktifan kembali Program Ngaji Literasi sebagai program penanaman wawasan literasi baca dan tulis, menjadikan tingkat pemahaman pentingnya membaca lebih terjaga. 5. Pemberian sertifikat dan hadiah kepada para peserta ABPI, yang telah mencapai prestasi baca, dengan standar yang telah ditetapkan jumlahnya oleh pengurus ABPI. Ini juga menjadikan peserta ABPI lebih bersemangat meningkatkan lagi keliterasian bacanya.
Peningkatan Kualitas Hidup Lansia dengan Senam Lansia, Edukasi Gizi dan Pemeriksaan Kesehatan Yanny, Yanny; Mukarramah, Sitti; Mongkito, Rita Yanti Sam
Journal of Community Service and Society Empowerment Том 1 № 02 (2023): Journal of Community Service and Society Empowerment
Publisher : PT. Riset Press International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59653/jcsse.v1i01.232

Abstract

Lanjut usia (lansia) merupakan kelompok masyarakat yang berusia 60-69 tahun. Sedangkan kelompok usia 45- 59 tahun disebut Pra-lansia. Edukasi mengenai kualitas hidup lansia sangat penting diberikan sejak kelompok umur Pra-lansia. Agar setelah memasuki usia lansia kualitas hidup dapat terjaga. Saat usia lansia terjadi penurunan fisiologis tubuh dan peningkatan risiko masalah kesehatan, seperti hipertensi, kencing manis, asam urat, obesitas, dan lain-lain. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan edukasi dan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi lansia di Kelurahan Maliaro Kota Ternate. Peserta pengabdian kepada masyarakat berlokasi di Kelurahan Maliaro Kota Ternate. Pengabdian ini dilaksanakan oleh organisasi Salimah (Persaudaraan Muslimah) PD Kota Ternate bekerjasama dengan Prokami Wilayah Malut. Bentuk kegiatan pengabdian berupa senam sehat lansia, edukasi gizi lansia dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan. Hasil pemeriksaan peserta menunjukkan gula darah umumnya normal (90-130 mg/dL) sebanyak 71,5% sedangkan hasil pemeriksaan tensi darah menunjukkan prahipertensi (systole : 120-139 mmHg, diastole 80-89 mmHg) sebanyak 57,1%. Dari hasil pemeriksaan tersebut perlu adanya perhatian peserta pengabdian untuk memperhatikan pola hidup dan asupan makanan sehat agar tekanan darah dapat kembali normal.
Role of Beta Bank Sampah Community in Plastic Waste Management in Hative Besar Village, Ambon City Kappy, Tresia M; Maimina, Steiven; Latue, Philia Christi; Rakuasa, Heinrich
Journal of Community Service and Society Empowerment Том 1 № 01 (2023): Journal of Community Service and Society Empowerment
Publisher : PT. Riset Press International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59653/jcsse.v1i02.237

Abstract

As an alternative solution to the waste problem, the development of waste banks is one of the social engineering activities that teach people to sort waste and foster public awareness in waste management. The purpose of this study was to determine the role of Beta Waste Bank in managing plastic waste in Hative Besar Village, Teluk Ambon District, Ambon City. The type of research used in this research is descriptive qualitative. This research was conducted in Hative Besar Village, Teluk Ambon District, Ambon City. The subjects in this study were the founders of Beta Bank Sampah and Beta Bank Sampah customers totaling 12 people. The variable in this study uses a single variable, namely the waste bank manager. The single variable will be described by referring to Permen LH No. 13 of 2012. In this study, researchers used several data collection techniques, namely, observation, interviews, questionnaires and documentation. Based on the results of the research conducted, Beta Bank Sampah is a community that is actively engaged in efforts to maintain environmental balance by carrying out the process of recycling plastic waste into economically valuable creations. good awareness efforts towards environmental cleanliness, especially towards the impact of the threat of plastic waste which is increasing along with the growth rate of society. and Beta Bank Sampah has helped the city government in realizing the clean Ambon program by reducing the use of plastic waste in people's lives.
Edukasi Hak Anak di Sekolah Menengah Pulau Terluar—Belakang Padang, Batam, Perbatasan Indonesia-Singapura Niko, Nikodemus; Yahya, Glory Yolanda; Rani, Marnia; Kustiawan, Kustiawan; Sakti, Tiara; Astriyanti, Mery Pemilia; Ahsan, Zikri Raudhatul; Pusfita, Dela
Journal of Community Service and Society Empowerment Том 1 № 02 (2023): Journal of Community Service and Society Empowerment
Publisher : PT. Riset Press International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59653/jcsse.v1i02.241

Abstract

Tulisan ini menyoroti perlunya perhatian khusus terhadap anak-anak yang tinggal di pulau ini, karena mereka sering menghadapi tantangan unik dan terbatasnya akses terhadap layanan pendidikan yang memadai. Dalam konteks ini, edukasi tentang hak anak menjadi sangat penting. Anak-anak di pulau ini memiliki hak yang sama dengan anak-anak di tempat lain untuk mendapatkan pendidikan berkualitas, kesehatan, perlindungan, dan partisipasi dalam proses pembelajaran. Tulisan ini akan membahas strategi dan upaya yang dapat dilakukan oleh sekolah menengah di Pulau Terluar Belakang Padang untuk memastikan bahwa hak-hak ini dihormati dan dipenuhi. Melalui penekanan pada edukasi hak anak, diharapkan para siswa di pulau ini dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang hak-hak mereka, mendorong partisipasi aktif dalam kehidupan sekolah, dan meningkatkan kualitas pendidikan mereka secara keseluruhan. Dengan meningkatnya kesadaran dan perhatian terhadap hak anak di sekolah menengah ini, diharapkan akan tercipta lingkungan pendidikan yang inklusif, adil, dan berdaya guna bagi anak-anak di Pulau Terluar Belakang Padang.
Peningkatan Kompetensi Digital Guru SMK Melalui In House Training Arifuddin, Arifuddin
Journal of Community Service and Society Empowerment Том 1 № 02 (2023): Journal of Community Service and Society Empowerment
Publisher : PT. Riset Press International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59653/jcsse.v1i02.244

Abstract

The aim of this community service activity is so that teachers at SMK Negeri 2 Parepare City have understanding and competence regarding the implementation of the independent curriculum. One of the materials is Increasing Digital Competence Through In House Training. The method used is coordination and synchronization with partners, namely the teachers of Negeri 2 Parepare, training and mentoring on the Digital Electronic Archives System system. The results obtained are 1) Increased information and insight among vocational school teachers, 2) Vocational school teachers also have skills in using digital-based filing system software, 3) More than 80% of vocational school teachers have excellent digital-based filing system skills. ..
Workshop Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar Ilham S, Muhammad; Ramadhani, Dita Mulyana; Hasanah, Uhwah; Kafrawi, Kafrawi; Nurfitri, Nurfitri
Journal of Community Service and Society Empowerment Том 1 № 02 (2023): Journal of Community Service and Society Empowerment
Publisher : PT. Riset Press International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59653/jcsse.v1i02.245

Abstract

Di zaman modern ini, guru dituntut untuk mampu mengembangkan pembelajaran sekreatif mungkin untuk memenuhi kompetensi pembelajaran. Guru diharapkan mampu menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Guru dapat membuat konten pembelajaran yang memuat teks, animasi, video, audio, hingga permainan sehingga media tersebut bersifat interaktif. Hal ini akan membuat guru semakin kreatif dan membuat suasana pembelajaran lebih menarik. Salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan keterampilan guru yaitu Workshop Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Kampung Baru Kabupaten Majene. Metode yang digunakan adalah tayangan, tayangan, dan tes. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes.Jumlah peserta dalam kegiatan ini yaitu 12 orang. Tujuan kegiatan ini adalah memfasilitasi guru dalam mengetahui, memilih, dan mengembangkan media pembelajaran interaktif. Hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa 100% peserta sangat setuju bahwa kegiatan Workshop membantu proses pembelajaran dan menambah pengetahuan tentang media pembelajaran interaktif.
Pelatihan Peningkatan Kewirausahaan Pada Masyarakat Kelurahan Lewaja Ilahi, Andi Alfianto Anugrah; Arifuddin, Arifuddin; Alimuddin, Firman
Journal of Community Service and Society Empowerment Том 1 № 02 (2023): Journal of Community Service and Society Empowerment
Publisher : PT. Riset Press International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59653/jcsse.v1i02.246

Abstract

Entrepreneurship Improvement Training in the Lewaja Village Community is a training program that aims to strengthen entrepreneurial skills among the local community. This program is designed to provide the knowledge, skills and support necessary for individuals in Lewaja Subdistrict to develop their own businesses. In this training, participants will learn important aspects of starting and managing a business, including business planning, marketing, financial management, and business development strategies. With this training, it is hoped that the people of Lewaja Village can increase their economic potential, create new jobs and contribute positively to local economic development. This program is a positive step in building community economic independence and reducing the unemployment rate in Lewaja Village.