cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
actualinsight21@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Published by Actual Insight
ISSN : -     EISSN : 29863147     DOI : https://doi.org/10.56393/jpkm.v1i1.1393
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan wadah pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini menjadi medium sharing, komunikasi dari insan-insan pengabdi bagi masyarakat. Jurnal ini adalah jurnal multidisiplin untuk mempromosikan hasil-hasil pengabdian dari para insan dosen, akademisi, cendikiawan, mahasiswa, guru, dan tenaga profesional yang memiliki dedikasi pada perkembangan dan kemajuan masyarakat. Fokus dan Ruang Lingkup Artikel yang dimuat dalam Karsa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis pemberdayaan desa, pengabdian dengan Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan, Pengembangan Masyarakat, tata kelola masyarakat.
Articles 83 Documents
Sosialisasi Level Kewarganegaraan Lingkungan Sebagai Upaya Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Bagi Mahasiswa Prodi PPKn FKIP ULM. Fatimah, Fatimah; Sarbaini, Sarbaini; Fahlevi, Reja
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/jpkm.v1i1.447

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan informasi tentang level kewargengaraan mahasiswa Prodi PPKn FKIP ULM, memberikan bimbingan cara mengidentifikasi masalah-masalah lingkungan yang ada disekitarnya, memberikan bimbingan mengimplementasikan kegiatan-kegiatan yang dapat memperbaiki alitas lingkungan disekitarnya. Metode yang digunakan adalah Pemberian informasi dalam bentuk sosialisasi melalui zoom meeting atau penyuluhan tentang konsep level kewarganegaraan kepada mahasiswa prodi PPKn FKIP ULM. Pada saat pelatihan, mayoritas mahasiswa dan masyarakat menerima dengan positif materi yang diberikan narasumber. Sebagian besar dari peserta begitu antusias mengikuti pelatihan, mereka banyak yang menyatakan jika masih banyak yang belum mengerti tentang konsep ataupun pelaksanaannya. Bahkan dari mereka tidak mengerti untuk apa konsep level kewarganegaraan ekologis ini. Hal ini tentunya membuka wawasan dan kesadaranm masyarakat bahwa pentingnya mereka memiliki pengetahuan. Berdasarkan simpulan yang dikemukan diatas, pelatih menyarankan kepada masyarkat agar selalu mulai peduli terhadap lingkungan sungai, agar lingkungan sungai kita tidak tercemar dan mengalami pendangkalan
Pelatihan dan Pendampingan Guru Ilmu Pengetahu Sosial Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Digital Putra, Arif Permana; Fauzan, Rikza; Widiansyah, Subhan
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/jpkm.v1i2.449

Abstract

Pendidik harus memastikan proses pembelajaran tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Solusinya, pendidik dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi. Media pembelajaran menempati posisi penting sebagai salah satu sistem pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran integrasi ilmu sosial. Persoalan prioritas Program Kemitraan Masyarakat dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kota Serang dan Cilegon yaitu pendidik kurang mampu merancang dan mendesain pembelajaran daring yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan perangkat atau media daring yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Salah satu yang diperlukan dalam inovasi media pembelajaran yaitu melalui media kelas seesaw berbantuan android. Sehingga peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital melalui pelatihan dan pendampingan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial yang kreatif dan inovatif dapat tercapai.
Inovasi Pengolahan Buah Pisang Sebagai Bentuk Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Masyarakat Dewi, Ratna Sari; Lestari, Ria Yuni; Nida, Qotrun
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/jpkm.v1i2.450

Abstract

Covid-19 merupakan salah satu faktor penyebab terganggunya aktivitas ekonomi masyarakat Indonesia. Dari kalangan pengusaha besar hingga masyarakat kecil terdampak krisis ekonomi, banyak pekerja yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dari perusahaan yang menyebabkan banyak pengangguran, kehidupan ekonomi di pedesaan pun terkena dampaknya. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat diperlukan penggalian potensi SDA (Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia. Agar SDA dan SDM bisa menghasilkan pendapatan masyarakat maka diperlukan pelatihan. Desa Citaman, Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang adalah suatu wilayah potensial penghasil pisang, terutama pisang raja dan pisang kepok. Pada umumnya penduduk menjual pisang matang hasil pemeraman ke pasar-pasar. Namun karena pisang matang cenderung tidak tahan lama atau cepat membusuk perlu pengolahan pisang mentah agar memberi nilai tambah ekonomi. Seiring dorongan krisis ekonomi yang berdampak pada masyarakat pedesaan, maka celah ini menjadi peluang untuk memberikan pelatihan mengolah pisang mentah yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. Manfaat pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan peserta dalam pembuatan keripik pisang 3 varian rasa, memberikan pengetahuan cara mengemas yang tahan lama dan menarik. Metode yang diterapkan kepada peserta yakni Ibu-Ibu Desa Citaman, Kecamatan Ciomas adalah dengan metode pelatihan. Pelatihan telah menghasilkan keripik 3 varian rasa yaitu original, cokelat dan matcha dengan kemasan yang menarik.
Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Dan Ketahanan Pangan Masyarakat Dalam Optimalisasi Singkong Sebagai Penguatan Economic Civic Juwandi, Ronni; Lestari, Ria Yuni; Nida, Qotrun
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/jpkm.v1i1.451

Abstract

Kegiatan pengabdian ini merupakan bentuk pelatihan kepada masyarakat dalam implementasi pengolahan hasil kebun singkong di daerah Desa Citaman, kec. Ciomas Kabupaten Serang. Urgensi pelaksanaan pengabdian di Ciomas adalah kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen kebun singkong untuk dapat dioptimalisasikan sebagai bentuk penguatan ketahanan pangan bagi masyarakat. Metode yang dilakukan adalah mengadakan pelatihan bagi masyarakat yang mayoritas bermata pencaharian petani. Tahapan yang dilakukan adalah memulai persiapan yaitu pengumpulan data warga yang memiliki mata pencaharian petani dan ketersediaan hasil panen singkong dari perkebunan. Selanjutnya, memulai tahap pelaksanaan dengan melibatkan penyuluh pertanian Desa Citaman untuk membantu memberikan pelatihan pengolahan mengenai potensi diversifikasi hasil panen singkong yang selama ini menjadi komoditas untuk dijual dengan harga yang sangat murah. Pelaksanaan pengabdian di atas juga mempunyai misi untuk mewujudkan ketahanan pangan sebagai salah satu misi Universitas dalam mengembangkan kualitas kehidupan masyarakat berbasis potensi kearifan lokal sebagai wujud kemandirian ekonomi warga negara (economic civic)
Kuliah Kerja Nyata Tematik Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Kirana, Shinta; Kurniawati, Nia; Rhosalina, Joura; Safitri, Ayu Eka Noer; Gunaningrum, Gunaningrum; Dato, Febrionia Maria Herviani Suki
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/jpkm.v1i1.500

Abstract

Semangat belajar anak usia dini merupakan faktor penting dalam kegiatan pembelajaran. Kerjasama antar pendidik dan wali murid diperlukan agar dapat memenuhi indikator pencapaian yang semestinya. Banyak faktor yang membuat semangat belajar anak usia dini turun, sehingga kesulitan menerima materi yang tertinggal. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui beberapa program: pertama, pengembangan edukasi dan meningkatkan semangat belajar anak di TK As-Suluk TK Al-Naba, dan RA Muslimat 22. Kedua, bimbingan belajar di panti asuhan Yasibu. Ketiga, parenting tumbuh kembang anak diseluruh lembaga PAUD Arjowinangun yang dilaksanakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas PGRI Kanju ruhan Malang. Lokasi pelaksanaan kegiatan KKN-T di kelurahan Arjowinangun Kabupaten Kota Malang. Metode pelaksanaan pengabdian ini melalui tatap muka sesuai dengan protokol kesehatan. Tujuannya adalah meningkatkan semangat belajar anak usia dini untuk mempersiapkan dalam pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT). Hasil dari kegiatan KKN-T mendapat skor 3 yaitu kegiatan terlaksana tepat sasaran, berjalan lancar, dan sesuai perencanaan.
Pola Asuh Orang Tua Terhadap Belajar di Rumah Untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Kepanjen Kabupaten Malang Nazilah, Firdatul; Nisak, Fitri Khoirun; Herawardani, Brigita Tadya; Handayani, Sa’adah; Imarta, Andini Dwi; Khoironi, Sinta Nuriyatul
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/jpkm.v1i1.501

Abstract

Upaya mengasuh anak merupakan tugas orang tua dalam sebuah keluarga yang berada di lingkungan masyarakat. Di dalam keluarga merupakan tempat utama, dimana anak berkembang dan dibesarkan oleh orang tua hingga menjadi pribadi yang dewasa dan mandiri. Menurut pandangan masyarakat pada umumnya sebuah keluarga itu adalah yang terdiri dari orang tua (suami-istri) dan anak. Hubungan yang terjalin antara anak dengan orang tua sangat ditentukan oleh sikap orang tua dalam mengasuh anak, proses pengasuhan yang dilakukan orang tua pada anak dan apa yang ditanamkan orang tua kepada anak sejak dini. Hal tersebut tertuju pada pola pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua yaitu suatu suatu metode yang dipilih dan dilakukan oleh orang tua dalam mengasuh anak. Pada dasarnya dalam sebuah keluarga memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan perilaku yang sesuai dengan aturan yang ada di lingkungan masyarakat atau disebut adat istiadat, jika di dalam keluarga itu menerapkan pola pengasuhan yang tepat pada anak, maka anak dapat mematuhi aturan yang sesuai dengan adat istiadat yang ada di lingkungannya begitupun sebaliknya pada anak.
Penyuluhan Guna Menggugah Kesadaran Dan Kepatuhan Membayar Pajak Melalui Permainan Edukatif Paku Hitam Mazid, Sukron; Ekawati, Mursia; Hakim, Sholihul; Prihastiwi, Dian Agustina
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/jpkm.v1i2.518

Abstract

Pengabdian ini memiliki konsen untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat membayar pajak. Guna mengedukasi pemahaman terhadap nilai-nilai dasar penting membayar pajak sesuai dengan konstitusi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pengabdiannya dengan permainan edukatif menggunakan alat peraga sebagai media melatih kognisi dan afeksi untuk meningkatkan knowledge (pengetahuan) dan awaraness (kesadaran). Model edukasi melalui materi PAKU HITAM yang tersosialisasi nantinya dapat meningkatkan kualitas pemahaman masyarakat. Transfer ilmu dari orang tua ke anak atau anak ke orang tua dengan cara pendekatan edukasi humanis, terencana, teratur, sistematis, menyenangkan dan sederhana. Pemahaman kesadaran membayar pajak di wilayah mitra butuh strategi yang mudah dipahami agar dapat memunculkan kesadaran dan kepatuhan hukum dalam membayar pajak demi kesejahteraan kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain materi, tim juga memonitor dan mengevalusi apakah materi yang telah tersalurkan dapat diimplementasikan dengan baik atau tidak. Evaluasi ini berfungsi sebagai tindak lanjut tim dalam membantu membentuk masyarakat melalui karakter yang berjiwa nasionalis dan patriotis.
Pendampingan Dalam Peningkatan Kesadaran Hukum Kepada Warga Desa Balesari Tentang Perlindungan Perempuan Dan Anak Prabowo, Wahyu; Bhakti, Indira Swasti Gama; Mulyani, Sri; Mazid, Sukron
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/jpkm.v2i1.1170

Abstract

Banyak sekali kasus pelecehan seksual terhadap anak yang melibatkan perempuan dan anak yang menjadi korbannya. Seperti akhir-akhir ini kerap terjadi kasus-kasus yang merugikan pihak perempuan dan anak yakni terror sprema, begal payudara, cross hijaber, perekaman video di fitting room, perdagangan perempuan dan masih banyak lagi. Namun, banyak kasus-kasus pelecehan seksual yang tidak dapat diselesaikan secara tuntas, sedangkan dampak terhadap korban sangat berdampak bagi diri si korban dan keluarga serta membawa trauma berkepanjangan. Meningkatnya kasus kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan juga dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran dan ketidaktahuan masyarakat akan hal tersebut. Bahkan, masyarakat beranggapan atau berpandangan bahwa kasus pelecehan seksual baik yang terjadi pada anak dan perempuan adalah aib keluarga yang harus ditutupi. Perlu untuk adanya pendampingan peningkatan kesadaran hukum bagi masyarakat tentang perlindungan perempuan dan anak.
Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Soal Hinger Order Thingking Skil Pada Guru-guru di MTSs Darussalam Ampiang Parak Handayani, Dina Fitria; Yuniarti, Lisa; Noprina, Winda
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/jpkm.v2i2.1215

Abstract

Pada kurikulum 2013 standar penilaian yang harus dibuat oleh guru adalah penilaian berbasis Hinger Order Thingking Skill. Guru dituntut siswa membuat siswa mampu berpikir kritis dan kreatif. Pelatihan penyusunan soal Hinger Order Thingking Skill ini dilatabelakangi oleh permasalahn kurangya permahaman guru dalam Menyusun soal-soal evaluasi pembelajaran masih berada pada tataran Lower Order Thingking Skill . Kegitaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pelatihan penyusunan soal berbasis Hinger Order Thingking Skill melalui metode ceramah, praktik terbimbing sehingga membuka pemahaman guru terhadap bagaimana kriteria dan penyusunan soal Hinger Order Thingking Skill serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan berdfikir guru dan sisswa sehingga tujuan pembeljaaran dapat tercapai dengan baik. Berdasarkan hasil pelatihan, diperoleh dari 35 orang guru yang mengikuti pelatihan, sebanyak 30 orang peserta mampu Menyusun soal Hinger Order Thingking Skill sesuai dengan tingkatan pembelajaran yang di ajarkan.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Menggunakan Alat Peraga Pembelajaran Bangun Ruang Maja, Ibnu; Oktanisa, Silvana; Marshinta, Fransisca Ully
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/jpkm.v2i2.1342

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Talang Kelapa. Kondisi awal menunjukkan siswa cenderung pasif, mengantuk, dan kurang fokus saat pembelajaran, sehingga mempengaruhi pemahaman mereka terutama pada jaring-jaring bangun ruang. Penekanan utama adalah mengatasi kurangnya pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi jenis-jenis bangun. Solusi diterapkan melalui pendekatan kooperatif tipe Jigsaw dengan penggunaan alat peraga matematika. Melalui simulasi, latihan berkelompok, diskusi, dan pengerjaan soal, siswa aktif terlibat dalam memahami konsep jaring-jaring bangun ruang. Pendekatan ini mendorong kolaborasi antar siswa dan meningkatkan tanggung jawab mereka terhadap pemahaman individu dan kelompok. Harapannya, siswa akan lebih terlibat, antusias, dan mampu membedakan jenis-jenis bangun serta memahami konsep matematika dengan lebih baik. Dengan demikian, pengabdian ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada pembelajaran matematika, merangsang partisipasi siswa, dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep jaring-jaring bangun ruang.