cover
Contact Name
Hadi Santoso
Contact Email
pemanas@mercubuana.ac.id
Phone
+6282123229004
Journal Mail Official
pemanas@mercubuana.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional
ISSN : 2985914X     EISSN : 29624533     DOI : http://doi.org/10.22441/pemanas
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Komputer dengan Prodi Teknik Informatika merupakan sebuah wadah jurnal yang mempunyai lingkup pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai tema bidang keilmuan selama masih berhubungan dengan rumpun ilmu komputer. Jurnal ini di terbitkan oleh Teknik Informatika Universitas Mercu Buana Jakarta secara berkala 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan April dan November.
Articles 90 Documents
SOSIALISASI HASIL PENELITIAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA KECANDUAN GAME ONLINE MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR Elsa Elvira Awal; Deden Wahiddin; Anis Fitri Nur Masruriyah; Hilda Yulia Novita
Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/pemanas.v3i1.19974

Abstract

Semenjak pandemi Covid-19 masuk di Indonesia, hampir semua kegiatan dilakukan secara daring, termasuk pembelajaran dari tingkat sekolah dasar sampai universitas. Dampak dari pembelajaran daring adalah kebosanan pada peserta didik, oleh sebab itu peserta didik banyak yang melakukan kegiatan lain untuk menghilangkan kebosanan dengan bermain game online. Kondisi mental pada peserta didik rata-rata masih labil sehingga mudah lepas kontrol ketika sedang bermain game online, sehingga banyak peserta didik yang kecanduan game online. Adapun bentuk kegiatan sosialisasi ini dilakukan melalui pengarahan tentang pengetahuan dasar mengenai game, di antaranya dampak positif dan negatif game online. Maka pada kegiatan pengabdian kepada masyarajat ini akan dilakukan sosialisasi aplikasi deteksi kecanduan game online dengan menggunakan metode certainty factor. Hasil dari sosialisasi yang dilakukan pada SMK N 1 Klari adalah memberikan pemahaman terhadap siswa/siswi tentang game online serta memahami dampak berbahaya jika tidak disikapi dengan bijak. Dengan aplikasi yang kamu berikan diharapkan para siswa/siswi mampu menggunakan game dengan sewajarnya.
Cyber Security Awareness di Lingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 215 DKI berdasarkan ISO 27001:2013 Rahmat Rian Hidayat; Muhammad Rifqi
Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/pemanas.v2i2.16009

Abstract

Pemanfaatan teknologi di berbagai sektor organisasi tidak lagi “hanya” menjadi faktor peningkatan daya saing. Tapi di samping itu, telah menjadi ancaman eksistensial. Informasi (data) merupakan aset yang berharga, sehingga perlindungan informasi sangat penting bagi suatu organisasi. Melihat semakin pentingnya peran informasi dalam organisasi, ancaman dan kerentanan informasi semakin meningkat dengan munculnya peretasan/bocoran informasi tertentu yang berdampak pada organisasi. Perkembangan teknologi yang pesat menyebabkan meningkatnya kejahatan dunia maya. Ke depan, proses bisnis organisasi akan lebih bergantung pada TIK. Dikhawatirkan personel dalam organisasi masih kurang melek IT dan kesadaran keamanan informasi, atau penggunaan teknologi informasi atau Sistem informasi tidak memenuhi standar internal organisasi. Dalam upaya setiap organisasi untuk melindungi informasi, kesadaran keamanan adalah peran yang sangat penting. Sayangnya, aspek ini seringkali kurang mendapat perhatian. Akibatnya, hal itu dapat menyebabkan ancaman kegagalan total dari semua upaya dan energi yang dikeluarkan untuk melindungi informasi organisasi. Oleh karena itu, kesadaran merupakan titik awal atau starting point bagi seluruh pegawai dalam organisasi untuk menekuni atau memahami pengetahuan keamanan teknologi informasi. Dengan kesadaran keamanan informasi, pegawai dapat fokus pada satu atau lebih kemungkinan masalah atau ancaman. Selain itu, perlu meningkatkan kesadaran seluruh karyawan, guru bahkan siswa. Pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan di SMPN 215 DKI Jakarta Barat ini diharapkan dapat meningkatkan literasi IT dan kesadaran keamanan informasi lebih baik lagi. Kata kunci: Security, Awareness, Cyber, Informasi, Data.
SOSIALISASI STRATEGI PEMANFAATAN WEB CANVA PEMASARAN DALAM MEMBANTU KINERJA TIM KADER PENGGERAK PKK KELURAHAN MERUYA UTARA Riri Fajriah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional Vol 3, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/pemanas.v3i2.21986

Abstract

Web Canva technology as a marketing tool is expected to help the PKK Movement Team draw up exciting and professional marketing materials. Socialization is carried out through interactive training, group discussion, and the creation of examples of marketing materials using Canva. Expected with this socialization and learning, the performance of the PKK Movement Team can be enhanced in achieving more effective and efficient marketing goals. Other benefits obtained from the results of socialization and training Web Canva to the PKK Team of The Northern Meruya are to help design the making of logos, posters, packaging design, to promo discount products, media video design digital-based learning as well as make presentation slides more interesting and interactive to give an explanation for the PKK team cadres about the performance realization of the already running PKK Team that can be presented more interesting through the digital template. The final result of the implementation of this PkM activity is the presence of digital transformation and the use of the internet in a healthy way in improving the quality of IPTEK-conscious society in the Meruya Northern Environment. In addition, the activities of dedication to the community are expected to provide significant benefits for the Northern Meruya Foundation, in particular for the PKK Movement Team in optimizing marketing strategies through the use of Web Canva technology. In addition, it is also expected to be an inspiration and example for other regions in increasing the use of information technology in the development of marketing for society.
Digital Marketing dengan menggunakan Google Bisnis untuk para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Palmerah Rahmat Rian Hidayat; Dhanny Permatasari Putri; Risma Bayu Putra
PEMANAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : PEMANAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/pemanas.v2i1.15142

Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are businesses engaged in trade, which involves entrepreneurship activities. MSME actors in the Palmerah sub-district registered around 160 MSMEs in 2020 with various business fields that they are interested in. One part of the existing UMKM business, for example in the field of fashion, MUA (makeup artist), Furniture, Decoration, video and photo services, selling books, culinary. This community service is carried out to assist MSMEs in increasing their knowledge and skills about digital marketing, especially tips on how to easily use features on Google for easy verification. The use of Google My Business is a good feature to increase sales, especially the identity of the MSMEs can be easily accessed. This community service was carried out in the Palmerah village by involving MSMEs and lecturers from Mercu Buana University in the Informatics Study Program. In the implementation of this service, it is held online (Zoom meeting). The participants were very enthusiastic, as evidenced by the response which stated that the overall event was very good and the material presented was very useful for MSME industry players. Keywords: MSME, Business, Online
WEBINAR PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PEMBELAJARAN ONLINE Eliyani Eliyani; Sabar Rudiarto; Anis Cherid
Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/pemanas.v3i1.19825

Abstract

Walaupun pandemi covid 19 sudah berakhir, pemanfaatan teknologi internet dalam pembelajaran akan terus dikembangkan. Bukan hanya karena tipe bencana lainnya memaksa dunia pendidikan untuk mengaktifkan mode pembelajaran online ini, namun beberapa keuntungan sistem pembelajaran ini menyebabkan berbagai institusi pendidikan mengambangkan model pembelajaran ini.  Pengalaman dalam penerapan metode pembelajaran online pada masa pandemi, memberikan beberapa pelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan pembelajaran online. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran online untuk berbagai pelaku pendidikan di Indonesia, baik tenaga pengajar termasuk guru atau dosen, pembelajar baik siswa maupun mahasiswa, dan orang tua atau masyarakat yang tertarik pada isu ini. Kegiatan ini diselenggarakan dengan mengundang pakar pendidikan online dari Universitas Islam Internasional Islamabad Pakistan dan dihadiri lebih dari 80 peserta dari Indonesia. Untuk meningkatkan pemahaman peserta akan materi yang diberikan, disediakan penerjemah karena materi disampaikan dalam Bahasa Inggris. Penyelenggaraan kegiatan berlangsung selama dua hari memanfaatkan media zoom meeting. Materi antara lain berfokus pada pemanfaatan e-learning, pemanfaatan gadget untuk pembelajaran, dan peningkatan efektivitas pembelajaran dari perspektif mahasiswa. Evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat.Kata Kunci: Pembelajaran, Online, Efektivitas, Efisiensi
PEMANFAATAN GOOGLE FORM DAN GOOGLE SPREADSHEET UNTUK TATA KELOLA DATA WARGA PONDOK MAHARTA RW 010 TANGERANG SELATAN Reza Avrizal; Heru Sulistiono; Nasrulloh Isnain
PEMANAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : PEMANAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/pemanas.v1i1.13638

Abstract

Banyaknya layanan publik yang gratis dalam memberikan analisis, survey dan pendataan yang menggunakan formulir online saat ini sangat bervariasi dan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri untuk setiap pengguna. Beberapa layanan formulir online seperti Survey Monkey, Google form, Zoho dan lainnya yang berlomba-lomba dalam memberikan layanan secara gratis. Kata gratis ini yang membuat pengguna harus pintar dalam memilihnya, ini dikarenakan adanya pendaftaran untuk mengisi profile kita sebelum bisa menggunakan layanan yang diberikan oleh sebuah formulir online dan terlebih lagi harus bisa mengakomodasi kebutuhan sebagai pengguna untuk memaksimalkan layanan formulir online. Google form adalah layanan dari Google yang memungkinkan Anda untuk membuat survey, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dicustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Jadi anda bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengikuti survei. Perumahan Pondok Maharta RW 010 yang memiliki 19 RT dan dihuni lebih dari 800 KK, para pengurus RW 010 belum memaksimalkan penggunaan teknologi.
MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE PREMIERE PRO UNTUK PROSES KEGIATAN PEMBELAJARAN Afiyati Afiyati; Sabar Rudiarto; Anis Cherid
Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/pemanas.v2i2.18361

Abstract

The purpose of the research was to find out the description of the process of making interactive multimedia based on Adobe Premiere Pro on Basic Competency in Managing the process of teaching and learning activities carried out at SMP Negeri 215 West Jakarta. This type of research uses the ADDIE research model (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate), but the author only adopts two stages, namely: analysis and design. This event was attended by 20 West Jakarta SMPN 215 teachers. The implementation of this event uses an approach method, namely presentation of material provided by the speaker, question and answer if there are socialization participants who still do not understand how Adobe Premiere Pro works. Based on the results of the Pretest and Posttest, it shows that after this socialization seminar all teachers can understand the use of Adobe Premiere Pro for making video processing programs that have 45 video effects and 12 audio effects that are used to change display patterns and create video and audio animations that you want to give to students. their students.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN SANTRI PADA PONDOK PESANTREN Kiki Ahmad Baihaqi; Ahmad Fauzi; Jamaludin Indra
Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional Vol 3, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/pemanas.v3i2.24777

Abstract

Technology has penetrated all fields, the technology in question is learning media and learning support applications. Especially in the world of Islamic boarding schools, which is religion-based education, so it balances religious education and technological education. With the pandemic, everything in education has changed, namely, what was previously only conventional and face-to-face-based, education that can be done in any condition that breaks the barriers of time and space. So training is needed to optimize the use of online-based learning support media. The training results from 30 out of 35 people successfully completed the training stages and the remaining 5 passed with improvements.
PELATIHAN CARA MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF DAN KONSTRUKTIF UNTUK GURU MATEMATIKA SMP YAPIS TIMIKA Subhanudin, Subhanudin; Rasul, A.; Sutirta, Habibi; Sonda, Ruben; Wabdaron, Densemina Yunita
Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/pemanas.v2i1.15378

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melatih guru-guru matematika SMP Yapis Timika, agar dapat membuat dan mengembangkan video pembelajaran matematika yang interaktif dan konstruktif. Tim pengabdian mengajak kerja sama guru-guru Matematika di SMP Yapis Timika, untuk melaksanakan kegiatan ini. Berdasarkan hasil suvei awal diperoleh bahwa masih sedikit guru matematika yang belum memanfaatkan dan mengembangkan video pembelajaran sebagai media pembelajaran yang interaktif dan konstruktif.  Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan yang dilaksanakan secara tatap muka dan secara online melalui aplikasi Google Meet. Pertemuan I dilaksanakan secara tatap muka pada tanggal 12 Januari 2021 di SMP Yapis Timik. Pertemuan II, III dan IV dilaksanakan secara online pada 15, 18 dan 29 Januari 2021. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru mampu membuat dan mengembangkan media pembelajaran matematika dengan menggunakan salah satu aplikasi Ms. Power Point, merekam media pembelajaran tersebut dengan menggunakan aplikasi, menambahkan intro video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Intro Maker, dan menggabungkannya dengan menggunakan aplikasi Bandi Cut sehingga menjadi salah satu video pembalajaran matematika yang interaktif dan konstruktif. Kesimpulan dari kegiatan pelatihan ini adalah guru dapat membuat dan mengembangkan video pembelajaran matematika yang interaktif dan konstruktif dengan baik.
PELATIHAN PEMANFAATAN GOOGLE WORKSPACE SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN PENGETAHUAN DALAM PEMBERDAYAAN KWT SUMUR MANGGA Yusuf Unggul Budiman; Miftah Faroq Santoso; Tiska Pattiasina; Ahmad Jurnaidi Wahidin
Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional Vol 3, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/pemanas.v3i2.20920

Abstract

Pemerintah Indonesia memberikan alokasi APDB/APBN yang lebih besar terhadap kaum perempuan sebagai bentuk komitmen terhadap pemberdayaan kaum perempuan, berdasarkan Undang-undang No.11 Tahun 2009 perempuan juga memiliki hak untuk mendapatkan kesempatan sosial. Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan wadah yang memberikan kesempatan bagi perempuan untuk ikut berpartisipasi dalam memajukan sektor pertanian. Pengetahuan tentang pengolahan data dan administrasi lainnya dimasa sekarang sangat penting diketahui oleh banyak orang terutama pada pengurus KWT Sumur Mangga. Pengolahan data sekarang ini tidak hanya dapat dilakukan menggunakan personal computer saja, namun dapat dilakukan menggunakan smartphone. Google workspace merupakan salah satu teknologi yang dapat digunakan secara mudah dan gratis untuk mengolah data dan dapat digunakan melalui smartphone. Bertujuan mewujudkan program KWT Sumur Mangga dalam meningkatkan pengetahuan pengurus tentang pengolahan data menggunakan google workspace, maka diselenggarakan kegiatan dalam pelatihan. Pelatihan yang melibatkan 20 peserta mendapatkan respon yang sangat baik, ditunjukan dari persentase hasil kuesioner yang didapat dari peserta, dimana 100% peserta puas akan pelatihan yang diberikan. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan sangat baik.