cover
Contact Name
Vicki Ahmad Karisman
Contact Email
vicki4karisman@gmail.com
Phone
+6282121037383
Journal Mail Official
vickiak@stkippasundan.ac.id
Editorial Address
Jl. Permana No. 32 B
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Aksara Raga
ISSN : 27159744     EISSN : 27764168     DOI : 10.37742
Jurnal Pengabdian Aksara Raga, jurnal Pengabdian pada Masyarakat terbitan STKIP Pasundan Cimahi, yang berdiri pada tahun 2019. Jurnal ini menerbitkan artikel hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup pendidikan, yang berkualitas tinggi untuk mendukung terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi. Penulis dapat memasukkan artikel ke dalam jurnal berbahasa Indonesia dan Inggris.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga" : 11 Documents clear
From Trainer to Game-Changer: Coaching Clinic Progresif Untuk Peningkatan Kualitas Pelatih Sepakbola Nurajab, Elzas; Pramdan, Kartono; Ferrari Valentino, Ricky; Eka Anggraeni S, Shepia
aksararaga Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i2.119

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini didasarkan pada kebutuhan mendesak untuk menyelaraskan kualitas pelatih profesional di Indonesia dengan standar kepelatihan global tingkat elit. Meskipun telah memegang Lisensi D, tantangan utama yang dihadapi oleh 300 pelatih yang menjadi peserta adalah adaptasi terhadap model taktis kontemporer, integrasi Sport Science berbasis data besar (Big Data), dan manajemen kinerja tinggi (High Performance Management). Tujuan PKM ini adalah menyelenggarakan Coaching Clinic Progresif untuk mentransformasi cara berpikir pelatih dari sekadar penyampai instruksi teknis (Trainer) menjadi arsitek strategi dan inovasi (Game-Changer) yang mampu memimpin tim di level tertinggi.Metode yang digunakan adalah Workshop Interaktif Tingkat Lanjut dan Studi Kasus Taktis. Materi difokuskan pada: (1) Periodisasi Taktis (Tactical Periodization) Berbasis Model Permainan, (2) Aplikasi Big Data dan Analisis Kinerja dengan Teknologi Terkini, (3) Manajemen Kepemimpinan dan Budaya Tim Elit, dan (4) Strategi Transfer Pemain dan Scouting Global. Kegiatan dilaksanakan selama 5 hari melalui sesi plenary, breakout group spesialisasi lisensi, dan sesi simulasi analisis pertandingan. Evaluasi PkM dilakukan melalui penilaian project analisis pertandingan sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 28% dalam kemampuan peserta menyusun Model Permainan Tim dan Laporan Analisis Kinerja Pemain, serta adopsi konsep Periodisasi Taktis oleh 85% peserta. Luaran PkM ini diharapkan menghasilkan rekomendasi kebijakan bagi Federasi dan publikasi ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi.
Nilai-Nilai Hukum Adat dan Kearifan Lokal Kampung Adat Kuta sebagai Media Pendidikan IPS melalui Program Pengabdian Masyarakat Halimah, Lili; Arnie Fajar; Heni Heryani; Ai Ratnahayati; Siti Hodijah
aksararaga Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i2.120

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan di Kampung Adat Kuta, Kabupaten Ciamis, dengan tujuan mengintegrasikan nilai-nilai hukum adat dan kearifan lokal sebagai media pembelajaran IPS. Kegiatan dilakukan melalui sosialisasi, diskusi partisipatif, dan pendampingan dengan melibatkan masyarakat serta pemangku adat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa nilai-nilai hukum adat, seperti kepatuhan terhadap norma adat, sanksi sosial, dan musyawarah, dapat dijadikan contoh konkret dalam pembelajaran IPS pada tema norma, hukum, dan kehidupan sosial. Sementara itu, nilai kearifan lokal berupa gotong royong, kepedulian lingkungan, dan solidaritas memperkuat materi IPS pada aspek interaksi sosial dan pendidikan karakter. Penerapan kedua aspek tersebut menjadikan pembelajaran IPS lebih kontekstual, relevan, dan bermakna bagi peserta didik. Luaran kegiatan berupa modul berbasis hukum adat dan kearifan lokal serta artikel ilmiah.
Pelatihan Metode Role-Playing Berbasis Culturally Responsive Teaching Bagi Guru PJOK dalam Menanamkan Nilai Sportivitas di Sekolah Menengah Pertama Budiman, Budiman; Hendya Alif Junanda; Diky Hadyansah; Muhammad Ilham Noer 'Alim
aksararaga Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i2.122

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru PJOK Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menerapkan metode role-playing berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk menanamkan nilai sportivitas pada siswa. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya sikap sportivitas siswa dalam pembelajaran PJOK yang lebih menekankan pada keterampilan teknis dibandingkan aspek afektif. Metode pelaksanaan dilakukan melalui analisis kebutuhan, pelatihan dalam bentuk workshop, micro teaching, pendampingan implementasi di kelas, evaluasi, dan tindak lanjut. Khalayak sasaran adalah 20 guru PJOK dari tiga SMP mitra di Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru sebesar 78% berdasarkan perbandingan skor pre-test dan post-test, serta keterampilan guru dalam micro teaching mencapai kategori baik (rata-rata skor 82 dari 100). Observasi kelas juga menunjukkan adanya peningkatan perilaku sportif siswa, khususnya dalam menerima kemenangan dan kekalahan.
Workshop Guru SD: Merancang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kreatif dengan Alat Sederhana Berbasis Prinsip Tenis Meja (Fokus: Pemanfaatan alat daur ulang/modifikasi untuk simulasi latihan tenis) Sony hasmarita, Sony Hasmarita; Ricky Wirasasmita; Yudi Hidayat; Mochammad Yusril Saputra
aksararaga Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i2.124

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru PJOK SD di Cimahi Utara dalam merancang pembelajaran kreatif menggunakan alat sederhana berbasis prinsip tenis meja, dengan memanfaatkan bahan daur ulang. Workshop ini dilaksanakan untuk mengatasi keterbatasan sarana olahraga di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah action research berbasis workshop dengan pendekatan pretest-intervensi-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 15 guru PJOK yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kompetensi guru: 93,3% peserta (14 guru) terampil membuat alat modifikasi dari bahan daur ulang, 80% (12 guru) mampu menyusun RPP kreatif, dan 60% (9 guru) menguasai teknik evaluasi keterampilan siswa. Selain itu, dihasilkan 45 alat tenis meja sederhana, modul panduan ber-ISBN, dan komunitas pembelajaran online yang aktif. Disimpulkan bahwa pendekatan workshop berbasis praktik langsung efektif meningkatkan kreativitas dan keterampilan guru dalam mengatasi keterbatasan sarana. Program ini juga memberikan dampak berkelanjutan melalui komunitas guru dan modul yang dapat diadopsi secara luas.
Dampak Psikologis Dan Kesehatan Akibat Membuang Sampah Sembarangan Terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat Cileunyi Kabupaten Bandung Syamsudar, Bangbang; Agus Santosa; Nancy Trisari Schiff; M, Ridhan
aksararaga Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i2.125

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas program penyuluhan mengenai dampak sampah terhadap perubahan perilaku masyarakat di Cileunyi, Kabupaten Bandung. Kesenjangan antara kesadaran dan praktik nyata dalam pengelolaan sampah menjadi fokus utama. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan desain pre-post test control group terhadap 20 responden masyarakat Kecamatan Cileunyi. Instrumen penelitian meliputi kuesioner, skala stres lingkungan, dan observasi. Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas responden (lebih dari 80%) telah menyadari hubungan antara sampah dengan risiko penyakit (DBD, diare), dampak lingkungan (banjir), serta dampak psikologis (stres, apatis). Temuan ini mendukung relevansi Broken Windows Theory dan pentingnya kesadaran diri (self-awareness). Setelah diberikan penyuluhan, 95% responden merasa lebih termotivasi untuk membuang sampah pada tempatnya. Disimpulkan bahwa meskipun kesadaran awal masyarakat sudah cukup baik, edukasi terstruktur secara signifikan meningkatkan motivasi yang menjadi jembatan menuju perubahan perilaku. Diperlukan strategi berkelanjutan yang mengintegrasikan peran individu, komunitas, dan pemerintah untuk membangun budaya hidup bersih.
Pelatihan Pembelajaran Fun Basketball Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Minat Dan Motorik Dasar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Cicalengka Yopi Meirijal, Yopi Meirijal; Hasmarita, Sony; Ishak, Muchamad
aksararaga Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i2.130

Abstract

Program Program pelatihan Fun Basketball berbasis permainan dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman guru PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Cicalengka serta mengevaluasi dampaknya terhadap minat dan motorik dasar siswa. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan desain sequential explanatory, melibatkan 10 guru sebagai sampel melalui teknik total sampling. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan kuesioner pre-test dan post-test, lembar observasi minat, dan TGMD-3, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara dan observasi terbuka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman guru yang signifikan, dari 70% berkategori "Kurang" menjadi 100% berkategori "Baik" dan "Sangat Baik". Sebanyak 90% guru melaporkan minat siswa "Meningkat Sangat Tinggi", dan 100% guru menyatakan terjadi peningkatan motorik dasar siswa, dengan 80% di antaranya pada kategori "Tinggi". Disimpulkan bahwa pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi guru serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan untuk mengoptimalkan minat dan perkembangan motorik dasar siswa. Model ini direkomendasikan untuk dikembangkan lebih luas.
Membangun Kesadaran: Pentingnya Pengetahuan Dasar Keselamatan Air Bagi Remaja Pristiawati, Ani; Mediana Maulidza Rizki; sriningsih
aksararaga Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i2.111

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dasar keselamatan air bagi siswa kelas X SMK PGRI 2 Cimahi melalui penyuluhan dan edukasi. Metode yang digunakan adalah survei dengan desain one group pre-test post-test. Sampel kegiatan berjumlah 50 siswa. Instrumen berupa angket pengetahuan keselamatan air sebanyak 20 butir soal. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji t berpasangan, ukuran efek (Cohen’s d), serta analisis pencapaian target peningkatan ≥30% dengan minimal 80% siswa. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pengetahuan siswa setelah penyuluhan, dengan rata-rata skor post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test (p < 0.001). Ukuran efek yang diperoleh termasuk kategori sangat besar (d = 3.20). Sebanyak 94% siswa mengalami peningkatan skor minimal 30%, melampaui target yang ditetapkan. Simpulan dari kegiatan ini adalah penyuluhan keselamatan air efektif dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa mengenai pencegahan kecelakaan di lingkungan perairan. Secara lebih luas, kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya keselamatan air serta mendorong terciptanya budaya sadar keselamatan (Safety Culture) di lingkungan sekolah.
Sosialisasi Dan Pendampingan Implementasi Sport Education Model (SEM) Sebagai Inovasi Pembelajaran Penjas Inklusif Bagi Guru Pjok Di Sekolah Dasar Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut muchamad ishak, muchamad ishak; Suhada; Gugun Gunawan; Nunu Nugraha
aksararaga Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i2.133

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru PJOK dalam mengimplementasikan Sport Education Model (SEM) sebagai inovasi pembelajaran penjas inklusif di Sekolah Dasar Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Model SEM dipilih karena kemampuannya mengakomodasi keberagaman siswa melalui pendekatan yang menekankan partisipasi aktif, tanggung jawab, dan pengalaman olahraga yang autentik. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan dengan desain pre-test dan post-test. Populasi penelitian adalah 15 guru PJOK SD, dengan sampel 10 guru yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket pemahaman SEM dan lembar observasi implementasi pembelajaran. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan perhitungan persentase dan kategorisasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman guru tentang SEM dari kategori "kurang" (48%) menjadi "baik" (82%) setelah pelatihan. Implementasi SEM dalam pembelajaran menunjukkan 70% guru berada pada kategori "baik" dalam menerapkan komponen-komponen SEM. Program pendampingan terbukti efektif meningkatkan kemampuan guru dalam menciptakan pembelajaran penjas yang inklusif dan bermakna. Disimpulkan bahwa sosialisasi dan pendampingan SEM dapat meningkatkan kompetensi guru PJOK dalam mengembangkan pembelajaran yang mengakomodasi keberagaman siswa di sekolah dasar..
Peningkatan Tatakelola Organisasi Olahraga Prestasi di Kabupaten Bandung Barat Rusmana, Ruslan; Dindin Bern Hardin; M. Yusuf Nursyamsi; Diky Komarudini; Nova Anggrillia
aksararaga Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i2.127

Abstract

Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas tata kelola organisasi olahraga prestasi di Kabupaten Bandung Barat. Permasalahan utama yang dihadapi organisasi olahraga di daerah ini adalah lemahnya sistem manajerial, kurangnya transparansi dan akuntabilitas, serta belum adanya perencanaan strategis yang berbasis indikator kinerja prestasi. Metode pelaksanaan PKM dilakukan melalui pendekatan partisipatif yang melibatkan pengurus cabang olahraga, KONI Kabupaten Bandung Barat, pelatih, dan tokoh olahraga. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi, pelatihan, diskusi kelompok, dan pendampingan penyusunan dokumen tata kelola organisasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta studi dokumentasi terhadap struktur organisasi, program kerja, dan sistem pembinaan atlet. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan pengurus organisasi olahraga dalam menerapkan prinsip good governance yang mencakup transparansi, akuntabilitas, efektivitas, dan partisipasi. Selain itu, tersusun draft Rencana Strategis (Renstra) dan panduan evaluasi kinerja organisasi olahraga yang dapat digunakan sebagai acuan oleh cabang olahraga di bawah naungan KONI Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan PKM ini memberikan dampak positif terhadap penguatan kelembagaan dan profesionalisme organisasi olahraga di tingkat daerah. Dengan adanya peningkatan tata kelola yang lebih baik, diharapkan pembinaan prestasi olahraga di Kabupaten Bandung Barat dapat berjalan lebih terarah, berkelanjutan, dan berdaya saing.
Isu-Isu Pembelajaran Penjas Dan Olahraga Di Era Digital akhmad sobarna, akhmad sobarna; Dedi Supriadi; Akhmad Olih Solihin; Yana Suryana; Rasina Hanifa
aksararaga Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Aksara Raga
Publisher : STKIP Pasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/aksararaga.v7i2.135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi isu-isu pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) yang dihadapi guru di era digital serta peningkatan literasi digital guru PJOK di Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan total sampling terhadap 30 guru PJOK. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara mendalam, dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert dengan lima kategori penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital guru PJOK berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor 55%, meningkat signifikan menjadi 82% setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Isu-isu utama yang dihadapi meliputi: (1) rendahnya literasi digital guru (60%), (2) keterbatasan sarana dan prasarana digital (70%), (3) kurangnya inovasi pembelajaran berbasis digital (65%), dan (4) minimnya pengalaman menggunakan platform digital (68%). Kesimpulannya, literasi digital menjadi kebutuhan mendesak bagi guru PJOK agar mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Rekomendasi meliputi peningkatan infrastruktur digital, pelatihan berkelanjutan, dan pembentukan komunitas guru berbasis teknologi.

Page 1 of 2 | Total Record : 11