cover
Contact Name
Farah Kristiani
Contact Email
farah@unpar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
subaktya.jurnal@unpar.ac.id
Editorial Address
LPPM - Universitas Katolik Parahyangan Jalan Ciumbuleuit 94 Bandung - Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
SUBAKTYA, Unpar Community Service Journal
ISSN : -     EISSN : 30484359     DOI : https://doi.org/10.26593/sucsj.v1i2.xxxx.xx-xx
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat (ABDIMAS) adalah jenis publikasi yang fokus pada kegiatan pengabdian pada masyarakat. Jurnal ini memuat artikel-artikel yang mengulas kontribusi dan penerapan pengetahuan dan keterampilan akademik dalam menyelesaikan permasalahan nyata dalam masyarakat. SUBAKTYA memiliki arti "berbakti" sehingga diharapkan kontribusi-kontribusi yang dituliskan dalam setiap artikel memiliki makna yang berarti dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar tempat dilaksanakannya kegiatan pengabdian.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 30 Documents
Mengangkat Pewacanaan Nasionalisme, Pancasila, dan Seni Simanjuntak, Mardohar Batu Bornok; Bolo, Andreas Doweng; Sirait, Asnita
SUBAKTYA: UNPAR COMMUNITY SERVICE JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2024): (JULI 2024) SUBAKTYA: UNPAR Community Service Journal
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26593/sucsj.v1i1.7928.9-19

Abstract

Pengabdian yang menyasar para seniman muda ini dimaksudkan untuk memperkuat landasan ideologis mereka dengan cara menanamkan Pancasila sebagai sebuah ideologi yang kokoh dalam bernegara. Penanaman ideologi ini dilakukan dengan tiga tema yang semuanya membentuk satu kesatuan: bagaimana prinsip Pancasila berperan dalam mengobati luka sejarah, bagaimana menerapkan gagasan besar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari lewat aktivitas yang berdampak pada masyarakat luas, dan terakhir bagaimana Pancasila dapat kita pergunakan untuk menafsirkan ulang makna kepahlawanan. Ketiga tema tersebut diberikan lewat seminar daring (webinar) yang dilakukan dengan cara mengundang ketua-ketua komunitas seniman muda atau perwakilannya. Kegiatan yang berlangsung dari bulan September hingga November 2020 ini melibatkan lima orang pakar, tiga orang dari Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (FSRD-ITB), satu orang dari galeri seni WOT BATU, dan satu orang dari Institut Seni Indonesia Padangpanjang (ISI Padangpanjang). Dari pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa para seniman yang aktif di dunia seni di Indonesia memiliki kepedulian yang mendalam tentang urgensi Pancasila dalam kaitannya dengan rasa nasionalisme bangsa ini. Dengan kata lain, integrasi Pancasila bukan hanya sebuah kewajaran, melainkan sebuah keharusan.
Pendampingan Pembelajaran Matematika Siswa SMA Santa Angela Bandung Kusnadi, Felivia; Kristiani, Farah; Sugiarto, Iwan; Fauzi, Rizky Reza
SUBAKTYA: UNPAR COMMUNITY SERVICE JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2024): (JULI 2024) SUBAKTYA: UNPAR Community Service Journal
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26593/sucsj.v1i1.7930.20-33

Abstract

Kebanyakan siswa ingin hidup mereka bermakna, yakni dengan mengetahui tujuan hidup serta cara untuk mencapai tujuan tersebut dengan mengembangkan minat dan bakat mereka dalam suatu bidang. Untuk mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki, para siswa memerlukan pembelajaran wawasan sejak dini. Salah satu cara yang telah dilakukan pihak sekolah ialah melalui tes minat dan bakat. Tes yang diberikan saat bangku kelas X atau XI tersebut belum tentu sesuai dengan keinginan mereka. Luaran dari hasil tes minat dan bakat mungkin membantu, namun belum tentu cocok ketika mereka sudah menempuh pembelajaran di bangku kuliah atau ketika mereka sudah bekerja nantinya. Hal ini diperparah dengan adanya pandemi COVID-19 yang memaksa semua proses belajar dan mengajar diselenggarakan secara daring. Minimnya interaksi antara siswa dan guru menyebabkan guru kurang dapat mengenal potensi yang sudah ada dalam diri setiap siswanya, sehingga para guru susah untuk memberikan saran dan masukan yang berguna untuk mengembangkan minat dan bakat anak tersebut. Kegiatan pendampingan pembelajaran matematika yang dikembangkan oleh beberapa dosen Program Studi Sarjana Matematika UNPAR mencoba membantu para siswa yang memiliki minat akan pelajaran matematika untuk mengenali potensi diri. Kegiatan ini diselenggarakan dengan memperkenalkan ilmu-ilmu dasar yang berhubungan dengan matematika. Tujuannya yakni untuk menarik minat para siswa dalam berkarir di bidang yang berhubungan dengan matematika.
Kegiatan Pengabdian Masyarakat Pribadi pada Unit Usaha Produk Olahan Rasta Ordo Salib Suci Indonesia Dewi, Lydia Mutiara
SUBAKTYA: UNPAR COMMUNITY SERVICE JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2024): (JULI 2024) SUBAKTYA: UNPAR Community Service Journal
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26593/sucsj.v1i1.7943.34-49

Abstract

Ordo Salib Suci (OSC) Indonesia merupakan ordo religius Katolik yang memiliki karya-karya dibidang keuskupan, pendidikan, rumah retret dan pendampingan mahasiswa. Untuk mendukung karyadan kehidupan mereka, OSC memiliki beberapa sumber pendanaan. Saat pandemi COVID-19melanda Indonesia, sumber pendanaan dari penjualan hasil produk olahan rasta adalah sumber yangdapat diandalkan untuk mendukung keberlangsungan karya pelayanan dan kehidupan ordo ini. Agarordo ini dapat terus berkarya, maka keputusan-keputusan manajerial yang diambil perlu didukungoleh wawasan yang tepat. Wawasan yang tepat dapat diperoleh dari rangkaian proses pengolahandata. Dalam penelitian ini, data yang diolah adalah data penjualan produk olahan rasta periodeAgustus 2021-2022, data hasil wawancara dengan para pihak yang berkepentingan, dan data yangdidapat dari observasi lapangan. Data penjualan diolah dengan menggunakan Pivot Table dankemudian hasilnya dianalisis lebih lanjut, sedangkan hasil wawancara dan observasi lapangandigunakan untuk merumuskan kebutuhan organisasi dan melengkapi hasil analisis data organisasi.Dari wawasan yang didapat, rekomendasi perbaikan sistem pencatatan data menjadi prioritas utamaagar di kemudian hari tersedia data yang berkualitas untuk diproses dan dianalisis lebih lanjutsebagai komponen pendukung dalam proses pengambilan keputusan.
REVITALISASI ARSITEKTUR PADA KAWASAN PANJUNAN SEBAGAI KAMPUNG WISATA WARISAN BUDAYA DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN PARIWISATA DI KOTA CIREBON Prayuko, Bregas Vikri; Arif, Kamal Abdullah; Herwindo, Rahadhian Prajudi; Pangestu, Mira Dewi; Lumunon, Austensean Stanislaus; Nurhidayah, Nurhidayah; Purnama, Iwan; Rachmansyah, Bima Sakti; Bangun, Patricia Grasella Savalen; Rayhansyah, Muhammad Azka; Alphadianto, Andanti Eveline Emmanuella; Wijaya, Aileen Febriani
SUBAKTYA: UNPAR COMMUNITY SERVICE JOURNAL Vol. 1 No. 2 (2024): (DESEMBER 2024) SUBAKTYA: UNPAR Community Service Journal
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26593/sucsj.v1i2.7957.1-15

Abstract

Kota Cirebon, di Jawa Barat, kaya akan sejarah dan budaya namun belum memiliki perkembangan yang pesat dalam aspek pariwisatanya. Kampung Panjunan potensial untuk dikembangkan, dengan kolaborasi antara Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon (STT Cirebon) dan Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) bertujuan meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap pengembangan pariwisata berbasis arsitektur dan budaya di Jawa Barat. Melibatkan Dinas Pariwisata Kota Cirebon dan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Cirebon. Panjunan memiliki Masjid Merah yang kaya budaya, dibangun tahun 1480, salah satu masjid tertua di Cirebon, memiliki potensi pariwisata religi dan budaya. Pemerintah kota mendukung pengembangan pariwisata dan wisata lokal. Keterlibatan masyarakat dimulai dengan mempelajari aspek sosial-budaya Panjunan, memetakan budayanya, mengidentifikasi karakteristik fisik dan spasial untuk menjaga akar sejarahnya, termasuk pembentukan desa wisata. Hasilnya termasuk rencana konseptual untuk pengembangan pariwisata Panjunan dan dokumen pendukung untuk revitalisasi daerah tersebut, berdampak pada aspek fisik, ekonomi, dan sosial-budaya kawasan Panjunan.
Literasi Aktuaria di SMA Kristen Trimulia Bandung Jaya Permana, Ferry; Lesmono, Dharma; Sugiarto, Iwan; Kristiani, Farah; Limansyah, Taufik
SUBAKTYA: UNPAR COMMUNITY SERVICE JOURNAL Vol. 1 No. 2 (2024): (DESEMBER 2024) SUBAKTYA: UNPAR Community Service Journal
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26593/sucsj.v1i2.7960.16-24

Abstract

Kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui Mendikbudristek pada tahun 2022 memberikan kebebasan pada sekolah dalam mengatur alokasi waktu dan materi pelajaran. Sementara itu siswa juga diberikan kebebasan memilih pelajaran yang sesuai dengan bakat dan minat, serta rencana karir yang akan dipilih. Kebebasan yang diberikan ini juga memberikan permasalahan bagi sekolah, guru dan siswa. Permasalahan tersebut antara lain terkait dengan kurangnya wawasan para siswa tentang berbagai profesi yang dapat ditekuni, lingkup pekerjaan, prospek karir, serta kaitannya dengan mata pelajaran yang harus dipilih untuk menunjang profesi tersebut. SMA Kristen Trimulia sebagai salah satu sekolah yang akan melaksanakan kurikulum Merdeka, menghadapi permasalahan yang sama. Salah satu upaya sekolah untuk mengatasi hal tersebut adalah mengundang berbagai mitra perguruan tinggi untuk memberi wawasan pada siswa tentang bidang studi yang ditawarkan. Kegiatan literasi aktuaria ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat beberapa dosen Program Studi Sarjana Matematika UNPAR. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan matematika dan statistika yang terkait dengan aktuaria, sesuai dengan tingkat pengetahuan mereka sebagai siswa SMA. Melalui kegiatan ini siswa diharapkan memperoleh wawasan terkait aktuaria dan profesi aktuaris, yang dapat membantu siswa untuk memutuskan apakah profesi aktuaris merupakan pilihan karir yang cocok untuk mereka.
Pengolahan Kue Ubi Keju Untuk Meningkatkan Ekonomi Ibu Rumah Tangga Di Desa Sei Mencirim Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang Sebayang, Minda; Suryani, Wan; Hidayani, Sri
SUBAKTYA: UNPAR COMMUNITY SERVICE JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2024): (JULI 2024) SUBAKTYA: UNPAR Community Service Journal
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26593/sucsj.v1i1.7967.1-8

Abstract

Ubi kayu (Manihot esculenta) merupakan tanaman pangan penting yang dapat ditemui dengan mudah di seluruh Indonesia. Pada panen raya, ubi kayu tidak dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga harga jualnya menjadi turun. Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat disekitar daerah yang merupakan sumber penghasil ubi kayu maka perlu dibuat nilai tambah atas ubi kayu tersebut hingga dapat memberikan nilai ekonomi terutama bagi ibu-ibu rumah tangga. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk membantu para ibu di Desa Sei Mencirim, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang untuk memberikan pelatihan tentang pengelolaan ubi kayu menjadi cake ubi keju dengan harga ekonomis dan dengan menggunakan peralatan yang seadanya. Kegiatan ini dirasakan sangat bermanfaat karena dapat dijadikan salah satu sumber pendapatan bagi para ibu yang ada di di Desa Sei Mencirim, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang.
Pendidikan Literasi Keuangan Siswa SD Menggunakan Game-board “Petualangan Anak Pintar” Gomulia, Budiana; Dewi, Vera Intanie; Barlian, Inge
SUBAKTYA: UNPAR COMMUNITY SERVICE JOURNAL Vol. 1 No. 1 (2024): (JULI 2024) SUBAKTYA: UNPAR Community Service Journal
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26593/sucsj.v1i1.7968.50-66

Abstract

Dalam kurikulum SD sudah terdapat pendidikan ekonomi, hitung keuangan, dan kewirausahaan di dalam pelajaran IPS atau Matematika, sebatas pengetahuan. Namun pendidikan literasi keuangan bagi anak usia dini lebih sesuai dilakukan sebagai upaya pembiasaan/pembudayaan “good habit”. Maka peneliti memandang perlu Pendidikan Literasi Keuangan bagi siswa SD untuk ditambahkan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan dilakukan oleh siswa kelas IV, V, VI di 5 SD Kota Bandung pada periode September-November 2021. Menggunakan game-board “Petualangan Anak Pintar”, permainan monopoli yang mengakomodasi 4 aspek pendidikan literasi keuangan. Selain siswa dapat belajar juga merasakan kegembiraan, di sini mahasiswa pendamping atau guru ikut berinteraksi dalam prosesnya. Kemampuan membaca-menulis-berhitung para siswa yang memadai menjadi prasyarat penting untuk melakukan permainan. Dalam mendukung pendidikan literasi keuangan di sekolah diperlukan fasilitas sejumlah game-board “PAP” yang mencukupi, dan peran mahasiswa pendamping.
Pembelajaran Berbasis Proyek STEM “Water Level Sensor” Dalam Mendukung Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Hutabarat, Christina Ester Manthalina; Wulanningtyas, Melania Eva; Hapsara, Satriya Ary; Yuliana, Erlin
SUBAKTYA: UNPAR COMMUNITY SERVICE JOURNAL Vol. 1 No. 2 (2024): (DESEMBER 2024) SUBAKTYA: UNPAR Community Service Journal
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26593/sucsj.v1i2.7974.40-47

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memperlengkapi guru melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis Proyek STEM untuk memperkuat Profil Pelajar Pancasila dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Pengabdian ini dilakukan di SMA Katolik Yos Sudarso Karawang dengan membawakan topik STEM yaitu merancang sensor alarm gempa dalam pembuatan Smart City. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru dapat menerapkan pembelajaran berbasis STEM pada pembuatan Smart City untuk memperkuat Profil Pelajar Pancasila dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Dengan mengintegrasikan proyek ini, siswa terlibat dalam pembelajaran interdisipliner yang mendukung siswa mampu bernalar kritis, mandiri, gotong royong, dan kreatif. Pendekatan ini direkomendasikan sebagai strategi dalam pelaksanaan kurikulum guna mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila. Keywords: Kurikulum Merdeka, P5, Pembelajaran Berbasis Proyek, STEM
Anak Belajar Fisika (ABF) 2023: Incredible Physics Sudarso, Yuanita Puspita Dewi; Flaviana, Flaviana; Siahaan, Haryanto Mangaratua; Sutanto, Sylvia Hastuti; Fidiani, Elok; Nugraheni, Neng Putri Lestari
SUBAKTYA: UNPAR COMMUNITY SERVICE JOURNAL Vol. 1 No. 2 (2024): (DESEMBER 2024) SUBAKTYA: UNPAR Community Service Journal
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26593/sucsj.v1i2.7975.25-39

Abstract

Anak Belajar Fisika (ABF) 2023 mengangkat tema “Incredible Physics” yang disingkat INDY dengan tema workshop secara garis besar dapat dibagi menjadi dua yaitu Fisika Terapan dan Fisika Teori. Topik ABF/INDY 2023 untuk masing-masing tema tersebut adalah: (1) Deep Learning dan Implemetasinya pada Hardware, dan (2) Quantum Computing. Salah satu dampak dari kegiatan pengabdian ini khususnya bagi para peserta adalah semakin bertambahnya wawasan ilmu fisika sesuai dengan bidang ilmu yang diminati, yang sebelumnya belum pernah atau belum secara mendalam dipelajari di sekolah. Berdasarkan angket sebelum kegiatan, terdapat 42% peserta yang sama sekali belum pernah mempelajari materi INDY 2023. Setelah mengikuti workshop, sebanyak 50% peserta menyatakan bahwa dapat memahami materi yang diberikan. Berdasarkan masukan peserta, seluruh peserta menginginkan untuk dapat diadakan lagi kegiatan ini, baik secara daring maupun luring. Dari angket tersebut muncul usulan tema yang cukup beragam, yang akan menjadi bahan pertimbangan penyelenggaraan kegiatan selanjutnya.
Seleksi Provinsi Non-Kompetisi Lomba Debat Bahasa Indonesia dan National Schools Debating Championship Secara Daring Nugroho, Pascal Alfadian; Christianto, Gunawan
SUBAKTYA: UNPAR COMMUNITY SERVICE JOURNAL Vol. 1 No. 2 (2024): (DESEMBER 2024) SUBAKTYA: UNPAR Community Service Journal
Publisher : Universitas Katolik Parahyangan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26593/sucsj.v1i2.8436.48-63

Abstract

LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) dan NSDC (National Schools Debating Championship) adalah kompetisi debat berjenjang yang telah dilaksanakan sejak tahun 2004. Pada tahun 2020, virus COVID-19 menyebar dan menyebabkan segala sesuatunya harus dilakukan dari rumah. Tim pengabdian beserta Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional) mengembangkan aplikasi yang memungkinkan seleksi provinsi untuk LDBI dan NSDC dilaksanakan secara daring dan terpusat, serta melibatkan 2.000-3.000 peserta dalam rentang waktu penjurian (oleh kurang lebih 50 juri) yang relatif singkat (sekitar satu minggu). Pengabdian ini berhasil dilaksanakan secara empat tahun, dan memberikan beberapa keuntungan, seperti efisiensi waktu dan inklusivitas. Tim pengabdian juga mendapatkan berbagai pelajaran dan pengalaman berharga dalam pelaksanaan, terutama dalam menangani aplikasi yang digunakan secara massal dan dalam waktu yang singkat.

Page 1 of 3 | Total Record : 30