cover
Contact Name
Ati Rosmiati
Contact Email
indexsasi@apji.org
Phone
+6281361123292
Journal Mail Official
atirosmiati15@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pulonas Baru, No. 6 Lawe Bulan , Kab. Aceh Tenggara, Provinsi Aceh
Location
Kab. aceh tenggara,
Aceh
INDONESIA
Tuwah Pande
ISSN : 29637953     EISSN : 29631254     DOI : 10.55606
Core Subject : Education,
Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran; menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang masalah terkini dan utama yang berhubungan dengan studi ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut : Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Biologi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan PKN, Pendidikan Agama, Pendidikan Seni Budaya, Psikologi Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran" : 15 Documents clear
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN LEMARI WAWASAN (LEMAS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LAWE ALAS TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 Yuni Kartika; James Marudut; Rekaza Akbar
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 2 No. 2 (2023): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v2i2.314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran lemari wawasan (lemas) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2022/2023. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 38 orang dan sampel berjumlah 38 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan one group pretest and postest design dengan analisis data menggunakan uji “t”. Dari pengelolahan data di peroleh nilai rata-rata tes awal kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa sebesar 47,10 dan termasuk dalam kategori kurang, dengan standar deviasinya sebesar 6,10 dan mengalami peningkatan nilai hasil tes akhirnya dengan nilai rata-rata sebesar 75 dan termasuk dalam kategori baik, dengan standard deviasinya sebesar 5,07. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung = 61,98 dan di konsultasikan dengan nilai t_tabel pada taraf signifikan 5% = 2,026 dengan demikian t_hitung> t_tabel atau 61,98 > 2,026 maka hipotesis di terima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ada efektivitas Media Pembelajaran Lemari Wawasan (Lemas) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2022/2023.
PENGARUH MEDIA ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KUTACANE TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 Mayang Rina; Irfan Johari; Septian Azwar
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 2 No. 2 (2023): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v2i2.315

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penengaruh media ular tangga pada pembelajaran menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kutacane Tahun Pembelajaran 2022/2023. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 81 orang dan sampel berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan one group pretest and postest design dengan analisis data menggunakan uji “t”. Dari pengelolahan data di peroleh nilai rata-rata tes awal pembelajaran menulis teks eksplanasi oleh siswa sebesar 55 dan termasuk dalam kategori kurang, dengan standar deviasinya sebesar 5,72 dan mengalami perubahan nilai hasil tes akhirnya dengan nilai rata-rata sebesar 78,67 dan termasuk dalam kategori baik, dengan standard deviasinya sebesar 4,14. Berdasarkan hasil nilai tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika di kaitkan dengan nilai KKM mata pelajaran bahasa Indonesia untuk SMP sebesar 70 maka pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa termasuk dalam kategori baik. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung = 8,01 dan di konsultasikan dengan nilai t_tabel pada taraf signifikan 5% = 2,045 dengan demikian t_hitung> t_tabel atau 8,01> 2,045 maka hipotesis di terima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media ular tangga pada pembelajaran menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kutacane Tahun Pembelajaran 2022/2023.
PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS DEBAT DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT SISWA KELAS X MAN I ACEH TENGGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 Mahpud Ansari; James Marudut; Irfan Johari
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 2 No. 2 (2023): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v2i2.317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Materi Ajar Teks Debat dengan Metode Cooperative Script Siswa Kelas X Man 1 Aceh Tenggara Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jumlah sempel dalam penelitian ini 26 yaitu kelas X ips 1 penelitian pre-eksperiment dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Metode tersebut menggunakan desain penelitian dengan melakukan pretest, perlakuan, dn postes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab terdahulu maka dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Materi Ajar Teks Debat dengan Metode Cooperative Script Siswa Kelas X Man 1 Aceh Tenggara Tahun Pembelajaran 2021/2022. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata tes awal pengembangan Materi Ajar Teks Debat siswa adalah sebesar 55.19 dengan standar deviasinya sebesar 5.80 dan mengalami peningkatan nilai hasil teks akhirnya dengan nilai rata-rata sebesar 80.58 dengan standar deviasinya sebesar 5.94 berdasarkan data hasil tes awl dan tes akhir siswa tersebut dan jika dikaitkan dengan nilai KKM bahasa indonesia untuk SMA sebesar 75, maka pengembangan materi ajar teks debat untuk tes akhir sisw termasuk dalam kemampuan baik. Selain itupada nilai tobservasi > ttabel yakni 15.38 >5,06 maka dengan demikian dari hasil pengujian hipotesis diatas diperoleh kesimpulan bahwa ada Pengembangan Materi Ajar Teks Debat Melalui Metode Cooperative Script Oleh Siswa Kelas X Man 1 Aceh Tenggara Tahun Pembelajaran 2021/2022
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BADAR TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 Nuri Rizki; James Marudut; Rekaza Akbar
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 2 No. 2 (2023): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v2i2.318

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam menulis surat lamaran pekerjaan oleh siswa kelas X1 sma negeri 1 badar tahun pembelajaran 2021/2022. Jumlah sampel dalam penelitian ini siswa 27 yaitu kelas X1 ipa inti.berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab terdahulu maka dapat disimpulkan bahwa ada kemampuan menganalisis kesalan berbahasa indonesia dalam menulis surat lamaran oleh siswa kelas x1 sma negeri 1 badar tahun ajaran 2021/2022. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata tes awal kemampauan menganalis kesalahan berbahasa indonesia dalam menulis surat lamaran siswa sebesar 81.67 dengan standar deviasinya sebesar 4.32 jika dikaitkan dengan nilai KKM mata pelajaran bahasa indonesia sebesar 75, maka kemampuana menganalisis kesalahan berbahasa indonesia dalam menulis surat surat lamaran untuk tes awal siswa termasuk dalam kategori baik. Dari pengujian hipotesis didapat, nilai> ttabel atau 98.37> 2.00 atau hipotesis diterima maka dengan demikian dari hasil pengujian hipotesis di atas diperoleh kesimpulan bahwa ada kemampuan menganalisis klesalahan berbahasa indonesia dalam menulis surat lamaran oleh siswa kelas X1 sma negeri 1 badar tahun ajaran 2011/2022
ANALISIS STILISTIKA NOVEL “API TAUHID” KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY Wira Rahmayani; Irfan Johari; Septian Azwar
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 2 No. 2 (2023): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v2i2.319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemakaian gaya bahasa, keunikan diksi dan penggunaan citraan pada novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan oleh Republika penerbit (PT Pustaka Abdi Bangsa) dengan tebal buku 588 halaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik baca dan teknik catat dalam pengumpulan data. Prosedur penelitian meliputi: (1) memahami jenis-jenis gaya bahasa, diksi dan citraan, kemudian membaca serta menelaah novel Api Tauhid, (2) mencatat data berupa gaya bahasa, diksi dan citraan, (3) mengklasifikasikan data yang telah diperoleh, (4) mendeskripsikan gaya bahasa, diksi dan citraan yang diperoleh dalam novel, (5) menyimpulkan hasil analisis. Hasil penelitian ini ditemukan sebanyak 90 penggunaan gaya bahasa secara keseluruhan, yakni majas perbandingan (majas asosiasi sebanyak 22 penggunaan gaya bahasa, majas metafora 4 penggunaan gaya bahasa, majas personifikasi 12 penggunaan gaya bahasa, majas antisipasi 2 penggunaan gaya bahasa, majas metonimia 1 penggunaan gaya bahasa, majas simile 3 penggunaan gaya bahasa, majas simbolik penggunaan gaya bahasa, majas alegori 4 penggunaan gaya bahasa) dan majas penegasan (majas repetisi 29 penggunaan gaya bahasa, majas klimaks 3 penggunaan gaya bahasa, majas anti klimaks 2 penggunaan gaya bahasa, majas apofasis 2 penggunaan gaya bahasa, majas koreksio 1 penggunaan gaya bahasa). Keunikan diksi terdapat pada leksikon bahasa arab sebanyak 49, leksikon bahasa asing (inggris & turki) sebanyak 24, leksikon bahasa jawa sebanyak 14. Penggunaan citraan sebanyak 48.
PENGARUH TEKNIK (MURDER) MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DETECT, EXPAND DAN RIVIEW DALAM PEMBELAJARAN BERDISKUSI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 LAWE ALAS TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 Marda Husni; Rekaza Akbar; Ati Rosmiati
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 2 No. 2 (2023): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v2i2.320

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik MURDER ( Mood, Understand, Recall, Detect, Expand dan Riview) Dalam Pembelajaran Berdiskusi Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yaitu suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa yaitu kelas IX 1 dan yang diambil menggunakan teknik purposif sampling atau pengambilan sampel yang ditentukan. Adapun alasan penelitian menggunakan teknik purposive adalah kelas tersebut merupakan kelas yang belum pernah dilakukan penelitian dengan judul yang sama. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: Mentabulasi skor tes awal, Mentabulasi skor tes akhir, Menentukan skor tertinggi dan skor terendah dari hasil tes awal dan tes akhir, Menghitung rata-rata skor variabel hasil tes awal dan tes akhir dengan rumus berikut. Tingkat kemampuan pembelajaran berdiskusi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara sebelum menggunakan teknik MURDER (Mood, Understand, Recall,, Detact, Expand dan Riview) memperoleh nilai rata-rata 62.05 dengan kategori kurang baik dan setelah menggunakan teknik MURDER (Mood, Understand, Recall, Detact, Expand dan Riview) memperoleh nilai rata-rata 81.05 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik MURDER (Mood, Understand, Recall, Detact, Expand dan Riview) pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara karena thitung > ttabel 7.33. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pembelajaran berbiskusi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara setelah menggunakan teknik MURDER (Mood, Understand, Recall, Detact, Expand dan Riview) lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik MURDER (Mood, Understand, Recall,, Detact, Expand dan Riview). Hal ini juga terlihat dalam pelaksanaan pembelajaran yang menampilkan suasana tenang dan fokus dalam pembelajaran berdiskusi.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN “DISEBUAH BANGKU SEMEN” KARYA IKA SEPTI MELALUI MEDIA SINEMA ELEKTRONIK OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KUTACANE TAHUN AJARAN 2021/2022 Tuti Alawiyah; Muhammad Supratman
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 2 No. 2 (2023): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v2i2.321

Abstract

Peningkatan Keterampilan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerpen “Disebuah Bangku Semen”Karya Ika Septi Melalui Sinema Elektronik Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kutacane skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen disebuah bangku semen karya ika septi melalui media sinema elektronik oleh siswa kelas XI SMA negeri 3 kutacane tahun pembelajaran 2021/2022.Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas SMA Negeri 3 kutacanre tahun pembelajaran 2021/2022 yang berjumlah 100 orang.Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-1 berjumlah 35 orang.yang dipilih dengan mengunakan metode eksperimen dengan rancangan one grup pretest dan post test disign dengan analisis data mengunakan uji “t”.dari hasil penelitian ini diperoleh data untuk nilai rata-rata tes awal keterampilan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen melalui media sinema elektronik dalah sebesar.
PENERAPAN METODE SMALL GROUP WORK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BADAR TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 Sri Malinda; Ati Rosmiati; Lusi Selvia Fitri
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 2 No. 2 (2023): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v2i2.322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada penerapan metode small group work terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Badar Tahun Pembelajaran 2021/2022. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Badar yang berjumlah 73 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan one group preetest and posttest design dengan analisis data menggunakan uji “t”. Adapun data yang diperoleh nilai rata-rata tes awal penerapan metode small group work terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi adalah sebesar 53,66 dan termasuk dalam kategori kurang, dengan standar deviansinya sebesar 5,76 dan mengalami peningkatan pada hasil tes akhirnya dengan nilai rata – rata 76,33 dengan standar deviansinya sebesar 3,72. Berdasarkan hasil nilai tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika dikaitkan dengan nilai KKM pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Badar sebesar 75, maka kemampuan siswa dalam penerapan metode small group work terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi untuk tes akhir siswa termasuk dalam kategori baik. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 16,66 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% adalah sebesar 1,699 dengan demikian thitung > ttabel atau 16,66 > 1,699 maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada penerapan metode small group work terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Badar Tahun Pembelajaran 2021/2022.
EFEKTIVITAS METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KELAS XI SMA NEGERI 2 LAWE BULAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 Siska Rahma Yanti; Ati Rosmiati; Sondang RM Tampubolon
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 2 No. 2 (2023): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v2i2.323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks prosedur melalui penerapan metode picture and picture pada siswa kelas kelas xi sma negeri 2 lawe bulan tahun pembelajaran 2022/2023. Adapun yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi yang berjumlah 19 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan one group pretest and postest design dengan analisis data menggunakan uji “t”. Dari pengelolahan data di peroleh nilai rata-rata tes awal pembelajaran menulis teks prosedur oleh siswa sebesar 33,68 dan termasuk dalam kategori kurang, dengan standar deviasinya sebesar 16,40 dan mengalami peningkatan nilai hasil tes akhirnya dengan nilai rata-rata sebesar 70,53 dan termasuk dalam kategori baik, dengan standard deviasinya sebesar 10,26. Berdasarkan hasil nilai tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika di kaitkan dengan nilai kkm mata pelajaran bahasa indonesia untuk sma sebesar 70 maka pembelajaran menulis teks prosedur siswa termasuk dalam kategori baik. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai t observasi = 8,30 dan di konsultasikan dengan nilai pada taraf signifikan 5% = 2,101 dengan demikian > atau 8,30 > 2,101 maka hipotesis di terima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan efektivitas metode picture and picture untuk meningkatkan pembelajaran menulis teks prosedur kelas xi sma negeri 2 lawe bulan tahun pembelajaran 2022/2023.
THE USE PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL (PWIM) TO IMPROVE STUDENTS’ DESCRIPTIVE TEXT WRITING CLASS VII SMP NEGERI 3 KUTACANE ACADEMIC YEAR 2021/2022 WIDYA HASNI; RAJA FAUZIAH; ABDUL HALIM
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 2 No. 2 (2023): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v2i2.324

Abstract

Abstract. This study deals with the use picture word inductive model to improve students’ descriptive text writing class VII SMP Negeri 3 Kutacane Academic Year 2021/2022. Its objective is to find out whether the use picture word inductive model has a significance effect in writing descriptive text.Population used in this study of class VII were 87 and samples used in this study were 28 students. The method used in this study is an experimental method with a one group as pretest and posttest design .This study was carried on using quantitave method. The data was analysed by using t-test.The researcher found the pretest mean = 44,64 , deviation standard = 6,37 and experienced an increase in the posttest mean = 78,57 deviation standart = 4,05. From this analysis, writer found that guided picture word inductive model has significane in teaching writing descriptive text. It can be proved by the result of the analysis showed that “ ” observed about 23,73 was higher than “ttable” about 2,052 with the level significance is 0,05% it implies that the teacher of English should use picture word inductive model in teaching writing descriptive text so that the teaching and learning process can be successful.

Page 1 of 2 | Total Record : 15