cover
Contact Name
Syarifatul Mafulah
Contact Email
syarifatul.m@gmail.com
Phone
+6282228467724
Journal Mail Official
syarifatul.m@gmail.com
Editorial Address
https://jpmas.upjb.ac.id/index.php/JP-MAS/about/editorialTeam
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JP-MAS)
Published by STKIP PGRI Jombang
ISSN : -     EISSN : 30265991     DOI : https://doi.org/10.32682/jp-mas
Jurnal Pengabdian ditujukan bagi dosen, peneliti, mahasiswa, praktisi, dan masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini menjadi wadah publikasi karya ilmiah hasil implementasi penelitian, penerapan iptek, pemberdayaan masyarakat, pelatihan, maupun program pengembangan lain yang memberikan dampak nyata bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat. Adapun scope JP-MAS adalah pendidikan, ekonomi, humaniora, kesehatan masyarakat, dan ilmu sosial.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2025): JP-MAS: Volume 7 Nomor 1 Edisi Mei 2025" : 8 Documents clear
workshop WORKSHOP MANAJEMEN KELAS DAN PRAKTIK PEMBELAJARAN INOVATIF DI SDN MANGUNHARJO 4 NGAWI Maruti, Endang Sri; Kurniawati, Rissa Prima; Cristi, Ferdinanda Reza Adji; Kalima, Kalima
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 7 No 1 (2025): JP-MAS: Volume 7 Nomor 1 Edisi Mei 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SDN Mangunharjo 4 Ngawi dalam manajemen kelas dan penerapan praktik pembelajaran inovatif. Permasalahan yang dihadapi di sekolah ini adalah kurangnya variasi metode pembelajaran serta kendala dalam pengelolaan kelas yang efektif. Workshop dilaksanakan melalui pendekatan partisipatif dengan metode ceramah interaktif, diskusi kelompok, simulasi, dan praktik langsung. Materi yang diberikan mencakup strategi manajemen kelas berbasis karakter, penggunaan media pembelajaran kreatif, dan model-model pembelajaran aktif seperti Project-Based Learning dan Problem-Based Learning. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terhadap konsep-konsep manajemen kelas serta keterampilan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang inovatif. Evaluasi dilakukan melalui observasi dan refleksi, yang menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta serta rencana implementasi yang konkret di kelas masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru-guru di lingkungan SD.
MEMBANGUN JIWA SOCIOPRENEURSHIP MASYARAKAT DESA REJENI, KREMBUNG SIDOARJO MELALUI PEMBUATAN DETERGEN Nurmilah, Rifa; Fikrati, Ama Noor; Hatiningrum, Esty Saraswati Nur; Boediono, Slamet; Umami, Rohmatul; FEBRIYANTI, RIRIN
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 7 No 1 (2025): JP-MAS: Volume 7 Nomor 1 Edisi Mei 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun Tujuan Pengabdian Masyarakat ini yaitu mendampingi para ibu- ibu PKK Desa Rejeni Kecamatan  Krembung  untuk memiliki pengetahuan tentang cara pembuatan detergen, serta upaya membantu peluang dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah memberdayakan ibu-ibu rumah tangga dengan melalui penyuluhan tentang cara pembuatan detergen, pemanfaatan dan bahaya dari masing masing bahan penyusunya, pelatihan proses pembuatan detergen serta pemasaran produk tersebut. Pengabdian Masyarakat telah dilaksanakan di Rejeni Kecamatan Krembung. Pengabdian masyarakat diikuti oleh 10 ibu-ibu PKK Desa Rejeni Kecamatan Krembung. Metode pengabdian masyarakat terdiri dari 2 metode yaitu pelatihan dan praktikum. Metode pelatihan dilakukan dengan cara memberikan pengetahuan dalam pembuatan sabun cuci piring, bahan-bahan yang digunakan. Metode praktikum dilakukan dengan cara mempraktikkan langkah-langkah pembuatan detergen cair cuci piring yang terdiri dari menimbang texapon, NaCl, asam sitrat, dan EDTA yang dilarutkan dalam air. Foam booster, pewarna, dan gliserin ditambahkan ke dalam larutan. Hasil dari pengabdian ini yaitumeningkatnya pemahaman peserta yang ditandai dengan peningkatan hasil pre-test dan post-testdengan nilai rata-rata sebesar 68 menjadi 82,5 serta peningkatan keterampilan dalam pembuatan detergen cair cuci piring aroma lemon
PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS PENGAJUAN KREDIT KEPADA PIHAK EKSTERNAL  KOPERASI UNITOMO Sofian, Nurhayati; Aulia, Yoosita; Handayani, Alberta Esti
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 7 No 1 (2025): JP-MAS: Volume 7 Nomor 1 Edisi Mei 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/dpqtpz37

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah ntuk memberikan pengetahuan dan keterampilan penyusunan  proposal kredit melalui  Studi Kelayakan Bisnis Usaha Koperasi Unitomo dengan menggunakan sumber  data-data Laporan Keuangan serta menyusun  Laporan Arus Kas dan dilengkapi dengan perhitungan  Ratio Keuangan. Kegiatan PKM Pelatihan  kepada  Pengurus  Koperasi ini meliputi pemberian materi Penyusunan Studi Kelayakan, Penilaian Studi Kelayakan, Analisis Kredit meliputi Analisis Calon Kreditur dan Analisis Ratio Keuangan, Proses Kredit Perbankan dan Analisis Proyeksi Arus Kas serta Latihan membuat Proposal Study Kelayakan Kredit. Pelatihan diharapakan memberikan manfaat  dapat meningkatkan  kemampuan analisis Studi Kelayakan Usaha Bisnis Koperasi yang lebih produktif, maju, berkarakter. PKM ini diikuti  oleh 5 Pengurus Koperasi Unitomo, yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Bendahara I, Wakil Bendahara, Sekretaris  serta  3 pegawai Koperasi Unitomo, yang terdiri dari Kepala Toko, Kepala Simpan Pinjam, dan Bagian Data. Acara Pelatihan Peningkatan Kualitas Pengajuan  Kredit Pada Pihak Eksternal Koperasi Unitomo pada Hari Rabu, Tanggal 7 Mei 2025.  Tempat pelaksanaan: Ruang Pengurus Koperasi Unitomo Jl. Semolowaru No 84  Surabaya.  Kegiatan pelatihan peningkatan kualitas pengajuan kredit pada pihak eksternal di Koperasi Unitomo telah berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi pengurus koperasi. Pengurus koperasi mendapatkan  pemahaman yang lebih mendalam mengenai prosedur dan persyaratan pengajuan kredit yang efektif dan sesuai dengan standar lembaga keuangan eksternal.  
PELATIHAN PEMBUATAN DENDENG IKAN SEBAGAI DIVERSIFIKASI OLAHAN IKAN LAUT DI DESA BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG Puspitaningsari, Mecca; Wahyuni, Dwi
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 7 No 1 (2025): JP-MAS: Volume 7 Nomor 1 Edisi Mei 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/6f9cce25

Abstract

Desa Besuki memiliki potensi hasil ikan laut yang melimpah karena mayoritas masyarakatnya bermatapencaharian sebagai nelayan dan pedagang ikan. Hasil ikan yang melimpah tersebut jika dijual harganya relatif murah, terkadang jika hasil tangkapan nelayan mendapatkan banyak dan tidak dapat terolah dengan baik akan menjadi bangkai yang mencemari lingkungan dan menumbuhkan bakteri bacillus, micrococcus, coryneform, pathogenyang menimbulkan penyakit. Melihat hal tersebut tim PKM menawarkan solusi ke masyarakat setempat melalui kegiatan pemberdayaan berupa pelatihan pengolahan ikan laut menjadi dendeng ikan sebagai diversifikasi olahan ikan laut. Adapun tujuan dari kegiatan PKM ini yaitu (1) untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengolahan hasil ikan, (2) sebagai diversifikasi produk olahan ikan laut, (3) meningkatkan nilai tambah produk hasil ikan laut, (4) memperpanjang masa simpan produk ikan laut. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan partisipatori yang melibatkan langsung mitra yaitu ibu-ibu PKK sebagai peserta pelatihan. Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam kegiatan PKM ini yaitu obsevasi, sosialisasi, praktek, dan evaluasi. Hasil PKM menunjukan bahwa pelatihan pembuatan dendeng ikan di Desa Besuki berhasil 90%, hal ini dibuktikan dari angket kepuasan yang disebarkan ke peserta pelatihan ibu-ibu PKK. Adapun manfaat yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu PKK, (2) adanya penambahan nilai ekonomi dari diversifikasi olahan hasil ikan laut yang semula hanya dijual mentah sekarang bisa dijadikan dendeng ikan yang dapat disimpan dan tahan lama, (3) menciptakan kemandirian ekonomi keluarga serta membuka peluang usaha baru yang semula ikan dijual mentah dengan harga murah setelah diolah menjadi dendeng ikan nilai jual ikan menjadi naik.  
PENDAMPINGAN PEMBUATAN AKUN MARKETPLACE (GRABMERCHANT) UNTUK MENJUAL PRODUK RENGGINANG SUPER BANJARSARI Retno Sulistyowati; Sulistyowati, Shanti Nugroho; Amri, Fahimul
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 7 No 1 (2025): JP-MAS: Volume 7 Nomor 1 Edisi Mei 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/h7hx4g33

Abstract

Transformasi digital dalam sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi strategi penting dalam menghadapi tantangan pemasaran di era digital, namun masih banyak pelaku UMKm yang belum memiliki pemahaman dan keterampilan dalam memanfaatkan platform digital untuk memperluas jangkauan pasar. kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan teknis pelaku usaha Rengginang Super Desa Banjarsari melalui pendampingan pembuatan akun marketplace GrabMerchant. Metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan, sosialisasi, pelatihan teknis serta monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta berhasil membuat akun GrabMerchant, menggunggah produk secara mandiri, dan mulai menerima pesanan dari platform tersebut. Kegiatan ini berkontribusi dalam mendorong pelaku usaha tradisional untuk beradaptasi dengan ekosistem digital secara lebih efektif. keberhasilan ini menunjukkan bahwa pendekatan praktis dan partisipatif dapat menjadi strategi pemberdayaan UMKM yang relevan, khususnya dalam memperkuat pemassaran produk lokal melalui teknologi digital
PELATIHAN PENGGUNAAN LMS BERDIFERENSIASI “SIAJAR” BAGI GURU SMA IT MISYKAT AL-ANWAR Oemi Noer Qomarijah; Safiil Maarif; Esty Saraswati Nur Hartiningrum; Muslimin; Slamet Boediono; Nurwiani; Rohmatul Umami
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 7 No 1 (2025): JP-MAS: Volume 7 Nomor 1 Edisi Mei 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/h17bfq82

Abstract

Pemahaman dan pemanfaatan teknologi nampaknya menjadi semakin penting dalam segala bidang, termasuk dunia pendidikan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah berpengaruh terhadap penggunaan alat-alat bantu mengajar di sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Media pembelajaran memfasilitasi hubungan antara pendidik dan siswa. Guru dapat menawarkan layanan kepada siswanya secara tidak langsung. SMA Islam Terpadu Misykat Al Anwar adalah satuan pendidikan dibawah naungan Dinas Pendidikan Propinsi jawa Timur. Pembelajaran di SMA Islam Terpadu Misykat Al Anwar menggunakan digital, siswa menggunakan laptop dan wifi. Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin memudahkan siswa maupun guru untuk mengakses berbagai macam informasi. Seperti hal nya siswa, ketika proses pembelajaran yang memanfaatkan internet maka siswa dapat dengan mudah mencari jawaban dari soal yang diberikan guru di internet. Begitu juga saat ujian atau ulangan yang memanfaatkan teknologi internet, siswa juga dapat dengan mudah mencari jawabannya di internet. Selain itu, kinerja guru juga dituntut harus selalu siap administrasi sebelum melakukan pembelajaran misalnya modul ajar, penilaian dan lain-lain. Solusi yang ditawarkan yaitu  dengan melaksanakan kegiatan pelatihan Penggunaan LMS Berdiferensiasi “Siajar” Bagi Guru SMA IT Misykat Al-Anwar. Dengan tujuan setelah dilaksanakannya kegiatan ini, para guru dapat menggunakan LMS Siajar dalam proses pembelajaran maupun dalam kegiatan adminitrasi. Di kegiatan ini, guru-guru diajari cara menggunakan LMS Berdiferensiasi “Siajar”.  . Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian  dibagi menjadi 5 tahap yaitu (1) tahap persiapan : melakukan survey awal, perizinan, sosialisasi dan penentuan lokasi kegiatan; (2) tahap pelaksanaan kegiatan: kegiatan akan dilaksanakan di ruang pertemuan SMA IT Misykat Al-Anwar; (3) tahap evaluasi: Evaluasi kegiatan dilakukan selama proses pelatihan berlangsung; (4) tahap pendampingan: Pendampingan dilakukan hingga guru dapat menggunakan LMS Berdiferensiasi “Siajar” dengan lancar ; (5) tahap pelaporan. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian dapat dijelaskan bahwa Bapak/Ibu guru sangat antusias dalam praktek menggunakan LMS Berdiferensiasi “Siajar” . Selain itu, kinerja guru di LMS Berdiferensiasi “Siajar” dapat lebih tertata dengan baik sehingga guru menjadi lebih semangat lagi dalam mengajar karena sudah dapat menyiapkan perangkat pembelajaran dan menyimpanya dengan baik serta media pembelajaran juga sudah siap. Yang lebih penting lagi, peserta menjadi lebih semangat lagi dalam mengajar karena semua perangkat pembelajaran sudah ada di LMS Siajar.
IMPLEMENTASI ALAT PERAGA LIGHT GEOBOARD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Rahman, Fatchiyah; Hatiningrum, Esty Saraswati Nur; Rofi’ah, Silvya Nurhidayatur
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 7 No 1 (2025): JP-MAS: Volume 7 Nomor 1 Edisi Mei 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/qy1nb918

Abstract

Pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka ini, guru sebaiknya menggunakan pendekatan matematika realistik. Pada pembelajaran di sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran matematika, tidak hanya penting untuk menggunakan berbagai pendekatan, tetapi juga alat peraga yang sesuai. Berdasarkan hasil observasi, dengan memberikan sebuah angket pemahaman siswa, dengan hasil bahwa sebagian besar siswa masih kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal pada materi luas bangun datar. Sehingga penggunaan alat peraga light geoboard diperlukan untuk mempermudah pemahaman siswa pada materi luas bangun datar. Metode pelaksanaan implementasi alat peraga pada pembelajaran matematika menggunakan alat peraga light geoboard dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu, pertama dengan melakukan sosialisasi kepada guru untuk mengenalkan light geoboard. Kedua melakukan pre-test siswa kelas V untuk mengetahui kemampuan awal dalam materi luas bangun datar. Ketiga melakukan penerapan light geoboard dalam pembelajaran untuk membantu siswa memahami konsep dan perhitungan luas bangun datar. Keempat melakukan post-test siswa untuk mengevaluasi pemahaman setelah pembelajaran dengan light geoboard. Kelima melakukan analisis hasil implementasi untuk menilai efektivitas alat peraga dalam meningkatkan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil kegiatan implementasi alat peraga light geoboard pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri Banjarsari, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini dapat terlihat dari rata-rata nilai pre-test 12,3 menjadi 83,2 saat post-test. 
Evaluasi dan Pengembangan Sistem Monitoring dan Evaluasi Prestasi Atlet Bulutangkis untuk Mengoptimalkan Hasil Kompetisi Pelamonia, Shandy Pieter; Nuryadi, Ach.; Hayati, Hayati; Mardhika, Riga
JP-MAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 7 No 1 (2025): JP-MAS: Volume 7 Nomor 1 Edisi Mei 2025
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Jombang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/xxvm2p38

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi sistem monitoring dan evaluasi prestasi atlet bulutangkis untuk mengoptimalkan hasil kompetisi di PB Platinum GOR Platinum Arena Araya Kota Malang. Permasalahan yang dihadapi adalah belum optimalnya sistem evaluasi dan monitoring tentang program Latihan yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi atlet dalam kompetisi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif dengan metode ceramah interaktif, diskusi kelompok, simulasi dan praktik langsung. Materi yang diberikan mencakup analisa jenis latihan, pemahaman tentang pemanasan dan pendinginan, sistem recovery, nutrisi sebagai pendukung prestasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman tentang sistem evaluasi dan monitoring tentang program latihan yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi atlet dalam kompetisi. Hasil refleksi menunjukkan adanya antusisme peserta tinggi tentang pemahamam atlet tentang evaluasi dan monitoring sehingga diharapkan adanya peningkatan prestasi pada kompetisi

Page 1 of 1 | Total Record : 8