cover
Contact Name
Annisa Junaid
Contact Email
annisa.junaid@gmail.com
Phone
+6282194098257
Journal Mail Official
jilmateks@umi.ac.id
Editorial Address
Panaikang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JILMATEKS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil
ISSN : 26557266     EISSN : 26557266     DOI : https://doi.org/10.33096
Core Subject : Engineering,
JILMATEKS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil merupakan media publikasi tulisan ilmiah yang dibentuk oleh tim pengelola jurnal Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia untuk mempublikasikan jurnal mahasiswa(i) teknik sipil berdasarkan hasil penelitian di bawah bimbingan dan arahan para dosen Program Studi Teknik Sipil dalam menghasilkan luaran penelitian yang inovatif dan memberikan kontribusi bagi kemajuan sains dan teknologi khususnya di bidang Teknik Sipil yang meliputi Teknik Struktur, Geoteknik, Teknik Transportasi, Teknik Keairan, dan Manajemen Konstruksi.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2022" : 16 Documents clear
Analisis Efektivitas Transportai Ojek Online sebagai Pilihan Moda Transportasi di Kecamatan Tamalanrea Marsellah, Ratri; Meronda, Irma Eki Saputri; Badaron, St. Fauziah; Syarkawi, Mukhtar Thahir; Arifin , Winarno
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 1 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/6wzt1197

Abstract

Mudahnya transportasi online tidak menutup kemungkinan ada banyak hal-hal yang perlu diperhatikan terutama yang mempengaruhi efetivitas dari penggunaan transportasi online (Grab). Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor- faktor yang mempengaruhi efektivitas terhadap pemilihan moda transportasi ojek online (Grab) di Kecamatan Tamalanrea dan menganalisis efektivitas jasa ojek online terhadap pemilihan moda transportasi, Metode analisis regresi linear berganda merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel biaya merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap pemilihan moda transportasi sebesar 25,5% dan variabel kualitas dan keselamatan merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling rendah terhadap pemilihan moda transportasi sebesar 25,3%. Tingkat efektivitas ojek online (Grab) secara signifikan dikatakan efektif mencapai 74.46% atau baik. Berdasarkan dari keempat variabel yang mempengaruhi efektivitas seperti variabel biaya, ketepatan waktu, kualitas dan keselamatan.
Pengaruh Aktivitas Kendaraan Bermotor Terhadap Kebisingan dan Polusi Udara di Kawasan Pusat Perbelanjaan Mall Panakukkang Makassar Pratangga, Angga; Ariati; Badaron, St. Fauziah; Syarkawi, Mukhtar Thahir; Maricar, Muh. Husni
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 1 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/bvsdax09

Abstract

Sumber utama kebisingan dan polusi udara di perkotaan yakni lalu lintas. Peningkatan jumlah aktivitas kendaraan bermotor disebabkan oleh meningkatnya taraf ekonomi masyarakat dan semakin murahnya harga kendaraan bermotor. Mall panakukkang merupakan mall terbesar di Kota Makassar. Lokasi mall yang strategis menambah daya Tarik masyarakat untuk berkunjung. Hal inilah yang menyebabkan tingginya kebisingan dan polusi udara di sekitar mall tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas kebisingan, polusi udara serta membandingkan dengan standar yang telah ditetapkan. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu metode empiris dan non empiris. Data yang digunakan yaitu volume lalu lintas, persentase kendaraan berat, kecepatan kendaraan, koreksi gradien jalan, koreksi jarak horizontal dan intensitas kebisingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebisingan maksimum yang terjadi sebesar 79,24 dimana hasil tersebut telah melampaui standar yang diizinkan sebesar 70 dB, sedangkan nilai emisi gas buang maksimum CO = 4.965 ppm, HC = 0,0009 ppm, NO2 = 4.026 pphm, dan PM = 18.874 µ/m3 dimana semua hasil perhitungan emisi gas buang masih di bawah baku mutu yang ditetapkan.
Limbah Plastik sebagai Subtitusi Agregat Kasar untuk Beton Ringan Auliya, Nurul Hikmah; Ahila, Nurzam; Hadi , Abd. Karim; Fadhil, Arsyad; BP., Muh. Syarif
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 1 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/m2009288

Abstract

Perkmbangan konstruksi di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup besar. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bahan penyusun beton juga ikut berubah. Salah satu contohnya yaitu dengan menggunakan bahan pengganti agregat kasar berupa plastik HDPE (High Density Polyethylene) dalam beton. Maka dari itu penulis mengkajinya dalam suatu tugas akhir berjudul Limbah Plastik sebagai Subtitusi Agregat Kasar untuk Beton Ringan. Metode mix design yang digunakan adalah SNI (Standar Nasional Indonesia) dengan menentukan sifat-sifat mekanik dari beton yaitu kuat tekan dan kuat tarik belah beton. Persentase penggunaan sebagian agregat dari limbah plastik, yaitu 0%; 2,5%; 5%; 7,5%; 10%, terhadap volume beton. Dimana mutu beton ringan dengan nilai (f’c) adalah sebesar 17 Mpa. Dari hasil pengujian pada kuat tekan dengan variasi plastik 0% dengan nilai rata-rata sebesar 17,14 MPa. Nilai kuat tekan yang tertinggi pada variasi agregat plastik 5% dengan nilai rata-rata sebesar 19,12 MPa. Dari hasil pengujian pada nilai kuat tarik belah yang terendah pada variasi agregat plastik 0% dengan nilai rata-rata 3,02 MPa. Dan nilai kuat tarik belah agregat plastik yang tertinggi ditentukan pada variasi agregat plastik 7,5% dengan nilai sebesar 4,80 MPa.
Analisis Penerapan Sistem Simpang Bersinyal pada Persimpangan Jl. Pajjaiang – Jl. Paccerakkang Kota Makassar Latuconsina, Ali Alwi G.; Maulana, Muhammad; Idrus, Yasnawi; Badaron, St. Fauziah; Maricar, Muhammad Husni
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 1 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/n37fjt95

Abstract

Dengan jumlah penduduk yang terus bertambah tiap tahunnya akan mempengaruhi aktivitas lalu lintas yang ada di kota Makassar. Hal ini dapat ditemukan pada salah satu simpang di kota Makassar yang terletak di Jl. Pajjaiang – Jl. Paccerakkang. Kemacetan yang terjadi pada simpang Jl. Pajjaiang – Jl. Paccerakkang disebabkan oleh hambatan samping yang tinggi pada ruas Jl. Paccerakkang, banyaknya kendaraan yang melanggar rambu lalu lintas, dan keterbatasan ruang gerak untuk pengguna jalan. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui kinerja pada simpang Jl. Pajjaiang – Jl. Paccerakkang dan merancang sistem simpang bersinyal untuk mengatasi kemacetan yang terjadi pada simpang Jl. Pajjaiang – Jl. Paccerakkang. Untuk menganalisa kinerja simpang dilakukan analisis menggunakan nilai kapasitas, derajat kejenuhan, dan tundaan simpang yang mengacu pada pedoman MKJI 1997. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai kapasitas C sebesar 5286 smp/jam, derajat kejenuhan DS sebesar 0,68, dan tundaan simpang D sebesar 11,34 smp/jam. Dengan tingkat pelayanan yang C berdasarkan nilai derajat kejenuhan dan B berdasarkan tundaan simpang. Untuk merancang sistem simpang bersinyal digunakan metode webster utnuk mendapatkan durasi lampu lalu lintas. Berdasarkan hasil analisis didapatkan waktu siklus C sebesar 54 detik pengaturan dengan 2 fase yaitu, fase utara dengan waktu hijau sebanyak 19 detik, merah sebanyak 32 detik, kuning sebanyak 3 detik, dan fase timur-barat dengan waktu hijau sebanyak 29 detik, merah sebanyak 22 detik, dan kuning sebanyak 3 detik.
Studi Penerapan Manajemen Sistem Transportasi untuk Menanggulangi Kemacetan Lalu Lintas di Kawasan Jalan Hj. Saripa Raya Kota Makassar Ahila, Syalsabilah; Purnama, Andi Puput; Said, Lambang Basri; Hafran, St. Maryam; Alkam, Rani Bastari
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 1 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/fh4zff90

Abstract

Kemacetan terjadi di salah satu kawasan ruas jalan Hj. Saripa Raya Kota Makassar utamanya pada waktu sibuk. Kawasan tersebut memiliki dua ruas dan dua simpang pada jarak yang berdekatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penyebab kemacetan pada kawasan ruas jalan Hj. Saripa Raya dan menganalisis bentuk penerapan manajemen sistem transportasi yang tepat untuk menanggulangi kemacetan lalu lintas pada kawasan tersebut. Penelitian observasional melalui survei lalu lintas dilakukan selama tiga hari meliputi survei geometrik jaringan jalan, karakteristik lalu lintas, dan inventarisir bagian pelengkap jalan utamanya yang berkaitan dengan lalu lintas. Metode analisis mengacu pada pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume lalu lintas tertinggi sebesar 2944 smp/jam dimana dapat diidentifikasi bahwa penyebab kemacetan di kawasan tersebut yaitu tundaan pada persimpangan jalan, keberadaan pedagang kaki lima pada bagian sisi jalan, parkir badan jalan, minimnya ketersediaan rambu lalu lintas, dan konflik antara gerakan lurus dan berbelok. Bentuk manajemen transportasi yang cocok diterapkan yaitu manajemen kapasitas dengan penerapan rekayasa ruang parkir bagi kendaraan dan penyediaan rambu lalu lintas. Selain itu, manajemen prioritas dari jalan minor ke mayor juga perlu diterapkan pada simpang tak bersinyal di kawasan ini.
Analisis Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Keberhasilan Proyek Gedung Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin Febrianty, Fhera; Alfihra, Dhea; Bachmid, Sofyan; Maricar, Muhammad Husni; Watono
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 1 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/46gb3t88

Abstract

Proyek Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin Makassar adalah suatu proyek dibidang konstruksi dimana resiko kecelakaan kerja yang dapat terjadi cukup tinggi. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 dimana Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) harus diterapkan apabila suatu proyek mempekerjakan tenaga kerja di atas 100 orang, hal ini karena SMK3 mengatur tentang penerapan - penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam upaya melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja dari potensi bahaya dapat terjadi di lapangan kerja. Adapun permasalahan yang ingin diketahui yaitu seberapa besar penerapan K3 terhadap keberhasilan pada proyek tersebut sehingga dapat dikatakan berhasil atau tidak berhasil. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui besarnya penerapan K3 terhadap keberhasilan proyek tersebut. Populasi pada penelitian ini adalah tenaga kerja pada proyek tersebut dengan pengujian data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan diolah menggunakan program Statistical Program for Social Science (SPSS) 20. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sebesar 13,2% bahwa tingkat keberhasilan proyek dalam penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada proyek pembangunan Rumah Sakit Universitas Hasanuddin adalah kurang optimal keberhasilan pelaksanaannya berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012.
Analisis Efektivitas dan Efisiensi Pengangkutan Barang Antar Pulau Dalam Menunjang Kebutuhan Masyarakat : Kasus Layanan dari dan ke Pulau Barang Lompo Adil, Alif Setyawan; Jufri, Muh. Luthfi; Salim, Abd. Kadir; Badaron, St. Fauziah; Salim
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 1 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/msrwef86

Abstract

Kota Makassar dikelilingi 18 pulau – pulau kecil dimana warga pulau harus menggunakan kapal motor penyeberangan (KMP) via laut untuk memenuhi kebutuhan pergerakannya. Sesuai dengan Tatralok dan PM.104 tahun 201, pelayanan pengangkutan harus dilakukan secara efektif dan efisien. Maksud dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas, efisiensi, peran, dan kinerja pengangkutan barang dari dan ke Pulau Barang Lompo dengan menggunakan metode Importance Peformance Analisys (IPA) untuk menganalisis variabel dan metode Customer Satisfaction Indeks (CSI) untuk mengetahui peran dan kinerja pengangkutan barang dari dan ke Pulau Barang Lompo menurut konsumen. Pada tinjauan variabel efektivitas pengangkutan barang dari dan ke Pulau Barang Lompo yang dikatakan cukup efektif adalah variabel Keselamatan (91,05%), Kenyamanan (91,07%), Pelayanan (94,07%) dan Peran dan Kinerja (94,22%), sedangkan Tingkat efisiensi pengangkutan barang dari dan ke Pulau Barang Lompo dapat dikatakan tidak efisien untuk keseluruhan variabel karena nilai output/harapan lebih besar dibandingkan dengan nilai input/kinerja. Untuk tingkat kepuasan pengguna jasa atau pelanggan dalam melakukan kegiatan pengangkutan barang dari dan ke Pulau Barrang Lompo adalah 67,29% artinya pelanggan merasa “puas” atas kinerja dari pengangkutan barang yang dilakukan.
Analisis Kelayakan Jalan Tol Refor20masi Makassar Ditinjau dari Aspek Teknis dan Sosial Ainun, A.Alfira; Novianti, Erwanda; Said, Lambang Basri; Massara, Asma; Massara, Watono
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 1 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/nbzznr22

Abstract

Peningkatan volume lalu lintas terus bertumbuh dari tahun ke tahun, ditopang oleh pesatnya perkembangan kendaraan di sekitar wilayah Kota Makassar khususnya pada ruas jalan tol. Lokasi penelitian ini adalah di Kota Makassar yaitu dijalan tol Reformasi Makassar – Maros (jalan tol seksi IV). Kondisi ini tentunya mempengaruhi kelayakan jalan tol dari segi teknis (kinerja jalan tol) maupun dari segi sosial (kenyamanan dan pelayanan pada jalan tol). Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis ulang untuk menentukan kelayakan dari jalan tol tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian survei lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data berdasarkan observasi dan angket. Metode yang digunakan pada sesi teknis adalah perhitungan kinerja jalan yaitu kapasitas, tingkat atau derajat kejenuhan, kecepatan arus bebas, waktu tampuh, kecepatan dan tingkat pelayanan, dan pada sisi sosial dianalisis dengan software statistic SPSS 15. Analisis statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, pembuatan model regresi logistik, dan pengujian model. Alat penelitian terdiri dari alat kalkulator manual, kamera, formulir pendataan dan komputer dengan spesifikasi yang memadai untuk melakukan analisis. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa jalan tol Reformasi Makassar layak secara teknis (kinerja jalan) dan sosial (kenyamanan dan pelayanan pada jalan tol).
Studi Eksperimental Kombinasi Besi dan Bambu Sebagai Tulangan Balok Beton Bertulang S., Abdul Rachmat Jumadi; Pertiwi, A.Viranthy Dian; Ashad, Hanafi; Fadhil, Arsyad; Maruddin, Mukti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 1 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/4dydy596

Abstract

Sebagai alternatif bahan bangunan, bambu diharapkan juga dapat menjadi pembangunan yang ramah lingkungan. Baja sebagai tulangan beton masih menghadapi sejumlah tantangan, termasuk biaya yang mahal. Oleh karena itu, perlu dicari alternatif baru pengganti tulangan baja pada beton. Berdasarkan hasil uji kuat tarik lentur, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya beban, lendutan, dan pengaruh penggunaan bambu dan besi sebagai tulangan balok beton bertulang. Hasil kuat tarik bambu pengujian mengungkapkan bahwa bahan memiliki elastisitas 17696,16 kg/cm2 dan kekuatan tarik 720,94 kg/cm2.Bambu (B) ditemukan mampu menahan beban maksimum 1,1 KN dengan defleksi maksimum 36,9 milimeter, sedangkan Besi (BS) ternyata mampu menahan beban maksimal 2,3 KN dengan defleksi maksimal 19,3 milimeter. Pengaruh penggunaan bambu pada besi adalah semakin banyak bambu yang digunakan sebagai tulangan, ia akan kurang mampu menerima beban dan akan lebih banyak membelok. Namun, kapasitas tulangan untuk menahan beban dan defleksi hampir menyamai tulangan yang seluruhnya terbuat dari besi jika lebih banyak besi digunakan selain bambu.
Studi Perbandingan Penggunaan Fondasi Tiang Pancang dengan Fondasi Bored Pile pada Pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia Iqbal, Andi M.; A, Adilah Qonitah; Ashad, Hanafi; Fadhil, Arsyad; Maruddin, Mukti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 1 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Januari 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/denazq79

Abstract

Penelitian ini membahas fondasi pada pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia yang menggunakan fondasi bored pile, dan dibandingkan dengan fondasi tiang pancang. Permasalahan yang sering timbul dalam perencanaan fondasi yaitu perbedaan daya dukung tiang dan kuantitas material pada fondasi bored pile dengan fondasi tiang pancang. Secara umum, tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perencanaan fondasi tiang pancang dan bored pile. Secara khusus, untuk mencapai tujuan keseluruhan ini, dibuat sub-tujuan yang merupakan seluk-beluk target pemeriksaan ini, antara lain: Mengetahui bagaimana merencanakan fondasi tiang pancang dan fondasi bored pile pada perencanaan substruktur Gedung Fakultas Kedokteran UMI, mengetahui perbandingan hasil desain antara fondasi tiang pancang dan bored pile, baik ditinjau dari aspek kuantitas material maupun aspek kapasitas. Dalam metode penelitian terdapat data umum, metode pengambilan data, dan data penunjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah tiang pada perencanaan tiang pancang lebih banyak empat buah dibanding perencanaan Bored Pile. Selain itu, ukuran diameter yang berbeda menghasilkan perbedaan total biaya perencanaan antar kedua jenis fondasi ini. Fondasi tiang pancang lebih murah Rp.790.596.032,70l dibanding dengan perencanaan Fondasi bored pile.

Page 1 of 2 | Total Record : 16