cover
Contact Name
Binar Winantaka
Contact Email
jurnalwuny@uny.ac.id
Phone
+62274586168
Journal Mail Official
jurnalwuny@uny.ac.id
Editorial Address
Gedung LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta Jalan Kolombo 1, Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah WUNY
ISSN : 01263854     EISSN : 27470547     DOI : https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i3
Jurnal Ilmiah WUNY mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan atau hasil pemikiran di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan budaya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah WUNY" : 9 Documents clear
PERSEPSI PESERTA DIDIK SMP KELAS VII TERHADAP PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS Salira, Ade Budhi; Logayah, Dina Siti; Holilah, Mina; Rakhman, M. Arief; Tianti, Tri; Darmawan, Rizal Akbar; Kirani, Kirani
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v5i2.64955

Abstract

Penggunaan augmented reality marak digunakan dalam dunia pendidikan sebagai media pembelajaran hal tersebut dapat membantu dalam meningkatkan proses pembelajaran dan minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini membahas mengenai persepsi peserta didik setelah menggunakan aplikasi augmented reality dismus selama pembelajaran berlangsung. Metode penelitian memakai deskriptif kuantitatif. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah satu kelas di setiap sekolah partisipan yaitu kelas VII-6 (SMP Negeri 51 Bandung), VII-H (SMP Negeri 13 Bandung), VII-C (SMP Labschool UPI) atau setara 80 orang dengan pengambilan data menggunakan angket yang disebar setelah proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan indikator ke pertama hingga terakhir rata-rata peserta didik menjawab setuju sebanyak 55% dan berada pada kategori tinggi sedangkan pada kategori sedang dengan persentase 38% ialah menjawab sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa augmented reality dismus dapat menjadi media pembelajaran IPS pada materi peninggalan kerajaan Hindu-Budha yang menarik dan inovatif.
PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI ASAM BASA Sari, Ayu Arum; Purwaningsih, Dyah
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v5i2.66387

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik LKPD Elektronik (e- LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi asam basa; (2) mengetahui kelayakan LKPD Elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi asam basa berdasarkan penilaian guru; (3) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dihasilkan adalah e-LKPD berbasis problem based learning pada materi asam basa berbantuan liveworksheets. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara guru, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi ahli, lembar uji kelayakan produk untuk guru, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk data kualitatif berupa saran dan masukan dari ahli pembelajaran, serta deskriptif kuantitatif dengan kategori penilaian ideal untuk data kuantitatif kelayakan produk dari penilaian guru dan respon peserta didik. eLKPD yang dikembangkan dinyatakan layak pada seluruh aspek meliputi aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Produk ini memiliki kriteria sangat baik (SB) menurut penilaian guru dengan persentase keidealan sebesar 89,71% dan berdasarkan respon peserta didik memperoleh persentase keidealan 92,11%.
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN IMPLEMENTASINYA DI PT PERTAMINA PERSERO Widiastuti, Ayu
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v5i2.65400

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) muncul dari adanya berbagai aktifitas perusahaan yang membawa dampak terhadap kualitas hidup manusia baik terjadinya pemanasan global, pencemaran lingkungan, kemiskinan dan penyakit menular yang memunculkan konsep tanggung jawab social bagi perusahaan. Perusahaan dituntut secara sadar tidak hanya mencari profit atau keuntungan semata. Akan tetapi juga harus memperhatikan keberlangsungan social di masyarakat. Implementasi program CSR mempunyai tiga fokus yang disebut 3P atau profit, planet dan people yang artinya, perusahaan yang baik tidak hanya memburu kepentingan ekonomi saja (profit), akan tetapi harus memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan (planet) dan kesejahteraan masyarakat (people). Tulisan ini merupakan telaah literatur tentang teori dan praktik pelakasaaan Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia yang akan membahas tentang konsep Corporate Social Responsibility (CSR), pentingnya penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) bagi perusahan sebagai tanggung jawab sosial, pendekatan terhadap penerapan CSR, argumentasi pro kontra terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) dan aktivitas CSR di PT Pertamina PerseroKata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), perusahaan, PT Pertamina Persero
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI ANIMALIA Sari, Lidya Puspita; Kurniawati, Atik
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v5i2.64607

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi animalia siswa kelas X IPS SMA tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA swasta di Yogyakarta. Setelah dilakukan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling, populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X program IPS dengan sampel penelitian yaitu kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Teknik pengumpulan data pada penelitian yakni dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen penelitian yang digunakan yakni perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Validitas instrumen yang dilakukan adalah validitas teoritis. Analisis data untuk pengujian hasil penelitian mengunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Mann-Whitney U dan Uji Wilcoxon untuk mengetahui pengaruh hasil tes kemampuan pemecahan masalah Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan uji Mann-Whitney-U pada nilai pretest diperoleh nilai signifikasi 0,197 (p>0,05) dan pada nilai posttest diperoleh nilai signifikasi 0,908 (p>0,05). Berdasarkan analisis uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,173 (p>0,05) dan 0,943 (p>0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Sejarah Untuk Meningatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 8 Bungo Futrie, Dila Wedyanida
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v5i2.50123

Abstract

Teknologi informasi sendiri memiliki keterkaitan dengan media social, media social di Indonesia cukup mempengaruhi pada lingkup pendidikan khususnya dalam pola pembelajaran. Siswa SMAN 8 Bungo merasa bahwa pembelajaran sejarah merupakan pembelajaran yang membosankan, sehingga dibutuhkan inovasi media pembelajaran guna meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana media social bermanfaat sebagai media pembeajaran sejarah untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMAN 8 Bungo. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan data yang didapatkan dari hasil observasi/pengamatan dan mempelajari dokumen-dokumen, jenis data dari tulisan ini adalah data yang didapat dari studi literature. Berdasarkan hasil observasi media social terbukti mampu meningkatkan minat belajar siswa, karena media social dianggap sebagai media yang menyenangkan dan segar, sehingga siswa menjadi antusias untuk mengikuti pembelajaran sejarah
Inovasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Sejarah Lokal di SMAN 1 Rasau Jaya Yafi, Reyhan Ainun
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v5i2.50120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi sejarah lokal dan inovasi materi sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah di SMA N 1 Rasau Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun lokasi penelitian yaitu SMA Negeri 1 Rasau Jaya. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut 1) pemahaman peserta didik terhadap materi sejarah lokal masih sangat minim. 2) Inovasi materi sejarah lokal sudah diterapkan oleh guru dengan memilih tema pendudukan Jepang di Kalimantan Barat yang terdapat di kelas XI dengan KD  3.4 yakni menganalisis sifat pendudukan Jepang dan respon bangsa Indonesia.
Analaisis Model Pembelajaran Inquiri Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Di SMA N 19 Bulukumba Fadli, Fadli
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v5i2.50124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan aktivitas belajar di SMA N 19 Bulukumba. penelitian ini dilakukan melihat kondidi peserta didik yang aktivitas belajaranya sanga menurung belakangan ini, begitu banyak problem dalam proses pembelajaran, sehingga perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitaif deskriktif yaitu jenis penelitian studi dokumen serta dilakukan pula okservasi awal sebagai acuan untuk menentukan penelitian. Dengan kata lain, dilakukan ovservasi sebagai langka awal kemudian mencari sumber-sumber tertulis maupun tak tertulis yang relevan denga penelitian. Hasil dari penelitian ini kita dapat mengetahuan bagaimana penerapan model pembelajaran inkuri yang mampu mengatasi perrmasalahan yang ada di sekolah SMA N 19 Bulukumba, kita dapat mengetahuai bagaimana aktivitas belajar peserta didik yang ada disekolah tersebut, dan kit dapat mengetahui pentingnya sebuah inovasi terhadap model pembelajaran yang diterapkan disekolah agar tercipta suasana pembelajaran yang efektif.
Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Materi Sistem Reproduksi Manusia berdasarkan Jenis Kelamin Tyas, Rizki Arumning
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v5i2.67049

Abstract

IPA merupakan mata pelajaran yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari karena objek IPA adalah segala sesuatu yang bersifat nyata dan konkret di alam semesta. Tetapi, tidak dapat dipungkiri, beberapa materi dalam IPA adalah materi yang abstrak dan tidak dapat diamati secara langsung, sehingga membutuhkan konstruksi konsep yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa kelas 9 SMP pada materi system reproduksi manusia yang dianalisis berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Al Fawwaz, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi dengan sampel 109 peserta didik kelas 9 yang terdiri dari 56 peserta didik perempuan dan 53 peserta didik laki-laki. Metode tes yang dilakukan adalah tes diagnosis dengan soal pilihan ganda sebanyak 30 nomor yang dilengkapi dengan alasan terbuka dan persentase tingkat keyakinan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 58% peserta didik perempuan dan 66% peserta didik laki-laki mengalami miskonsepsi. Konsep mengenai organ system reproduksi wanita serta upaya perlindungan diri dari penyakit system reproduksi merupakan konsep dengan rentang miskonsepsi paling tinggi.
PENTINGNYA INOVASI KURIKULUM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS LOKAL DI MAN 1 BOYOLALI Metrahultikultura, Metrahultikultura
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v5i2.50108

Abstract

Jenis penelitian ini kualitatif deskripstif dengan dengan kajian studi literatur, dimana menggali kepustakaan yang berupaya mendeskripsikan atau menggambarkan pentingnya inovasi kurikulum dalam pembelajaran sejarah berbasis lokal di MAN 1 Boyolali. Dalam penulisan ini penulis menggunakan berbagai sumber mulai dari jurnal, buku dan dokumen lainya yang relavan dengan kajian dalam penulisan ini. Studi ini berangkat dari oberservasi yang dilakukan  dengan peserta didik MAN 1 Boyolali tentang wawasan sejarah lokal atau daerah boyolali. Dari obervasi sedehana tersebut di dapatkan data bahwa kurang pengetahuan peserta didik MAN 1 Boyolali terhadap sejarah lokal Boyolali. Tulisan ini menjabarkan pentingnya pemahaman sejarah lokal bagi peserta didik  sebagai saran untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan mengetahui akar sejarah budaya daerahnya mengingat potensi kesejarahan di Boyolali yang besar. Untuk menjaga kelestarian sejarah dan menumbuhkan peserta didik yang mengetahui akan sejarah di Boyolali perlu adanya inovasi kurikulum pembelajaran sejarah berbabasis lokal di MAN 1 Boyolali

Page 1 of 1 | Total Record : 9