cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
ISSN : -     EISSN : 2502471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol.1, No.3, Maret 2016" : 30 Documents clear
PROSES KONEKSI MATEMATIKA SISWA BERKEMAMPUAN TINGGI DAN RENDAH DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR Khafidhoh Nurul Aini; Purwanto Purwanto; Cholis Sa’dijah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.3, Maret 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (720.424 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i3.6164

Abstract

Mathematical connection process is intended as students steps in connecting mathematics, it’s seen from result of the completion of tasks in writing and result of  student interviews. Connection aspects observed in this research is the connection between mathematical concepts (internal connection) and the connection between mathematics with outside mathematics or with everyday life (external connections). Type of research is descriptive qualitative. The purpose of this research to describe the connection process of students with high mathematical ability and students with low mathematical ability. The results showed that students with high mathematical ability have mathematical connection process more complete in problem solving steps rather than students with low mathematical ability who do not look back.Proses koneksi matematika dimaksudkan sebagai langkah-langkah siswa dalam melakukan koneksi matematika, dilihat melalui hasil penyelesaian tugas secara tertulis dan hasil wawancara siswa. Aspek koneksi yang diamati dalam penelitian ini adalah keterkaitan antara konsep-konsep matematika (koneksi internal) dan keterkaitan antara matematika dengan diluar matematika atau dengan kehidupan sehari-hari (koneksi eksternal). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses koneksi matematika siswa yang berkemampuan tinggi dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan tinggi memiliki proses koneksi matematika yang lebih lengkap pada langkah pemecahan masalah daripada siswa yang berkemampuan rendah yang tidak melakukan  look back.
PENGEMBANGAN MODUL GEOGRAFI PARIWISATA DENGAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MATERI EKOWISATA PESISIR DAN LAUT DI PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI MALANG Moh. Syafiudin; Sumarmi Sumarmi; I Komang Astina
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.3, Maret 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.259 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i3.6160

Abstract

This research is aimed to develop tourism geography module with project based learning for coastal and marine ecotourism material on tourism geography courses in Geography Education Studies Program, State University of Malang. Module are developed using the steps Borg & Gall 1983 simplified. Based on preliminary research results that consists of analysis of curriculum and requirements analysis indicates that tourism geography module with project based learning for coastal and marine ecotourism material need to be developed. The results of the validation expert stated that the module is very feasible to use in the learning process with a value of 86%. After trials small group and large group obtained the following facts: 1) required revision of language on aspects of typos, sentence structure, and punctuation. 2) understanding the test results show that students are able to understand the module, with the majority of the value of 85—100. 3) The results of the questionnaire responses the students concluded that the module is feasible to use in the learning process with a value of 78% in the small group trial and 80% in the big group trial.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul geografi pariwisata project based learning untuk materi ekowisata pesisir dan laut pada matakuliah Geografi Pariwisata Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Pengembangan modul menggunakan langkah-langkah Borg & Gall yang telah disederhanakan. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan yang terdiri analisis kurikulum dan analisis kebutuhan menunjukkan bahwa modul geografi pariwisata project based learning untuk materi ekowisata pesisir dan laut perlu dikembangkan. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa modul sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran dengan nilai 86%. Setelah uji coba kelompok kecil dan besar diperoleh fakta sebagai berikut: 1) diperlukan revisi bahasa pada aspek kesalahan ketik, struktur kalimat, dan penggunaan tanda baca. 2) hasil tes pemahaman menunjukkan bahwa mahasiswa mampu memahami modul, dengan nilai mayoritas 85—100. 3) Hasil angket tanggapan mahasiswa disimpulkan bahwa modul layak digunakan untuk proses pembelajaran dengan nilai 78% pada uji coba kelompok kecil dan 80% pada uji coba kelompok besar.
IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL Mitra Pramita; Sri Mulyati; Hery Susanto
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.3, Maret 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.893 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i3.6150

Abstract

This purpose of this research is to describe the process and the learning implementation on 2013 curriculum, social arithmetic lesson using contextual approach. The research used was descriptive qualitative research that had been done at Seventh grade students of SMPN 13 Banjarmasin. This research used contextual approach that had been designed on lesson plan and used student worksheet that had been arranged and was based on contextual approach. The result of this research showed that learning mathematic lesson social arithmetic with contextual approach which consist of seven components that are able to make students involve actively in teaching and learning process. This could be a guidance of one of alternative ways in learning mathematic activity by using contextual approach on junior high school in 2013 curriculum.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil implementasi desain pembelajaran pada kurikulum 2013 materi aritmetika sosial menggunakan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMPN 13 Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMPN 13 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kontekstual yang dirancang pada rencana pembelajaran dan menggunakan LKS yang telah disusun berdasarkan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika materi aritmetika sosial dengan pendekatan kontekstual yang memuat 7 komponen didalamnya mampu membuat siswa terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Hal ini bisa dijadikan pedoman sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual di SMP pada kurikulum 2013.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA Dwi Pudi Lestari; Ach. Fatchan; I Nyoman Ruja
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.3, Maret 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.037 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i3.6175

Abstract

The purpose of this study to find out the results for students at SMA 1 Gayam, class 11th IPS, material environment and sustainable development. This research was quasi experiment, using project based learning model based outdoor learning study. Based on the research results, shows geography student learning outcomes in SMA 1 Gayam increased visits from pretest control class is 57,33 while posttest 77,5. The results of the experiment are a class pretest 54,83 while posttest 76. Gain Score control class is 20,17 while the experiment class is 55,83. Based on the results of t-test analysis using SPSS 16.0 for windows shows significant value 0,000 which means H0 rejected and H1 be accepted, so learning to use the model Project Based Leaning based Outdoor Study effected to student lerning outcomes geography high school.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Gayam, kelas XI IPS, materi lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu, menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbasis Outdoor Study. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan hasil belajar geografi siswa di SMA Negeri 1 Gayam mengalami peningkatan dilihat dari pretest kelas kontrol adalah 57,33 sedangkan postest 77,5. Hasil pretest kelas eksperimen adalah 54,83 sedangkan postest 76. Gain Score kelas kontrol adalah 20,17 sedangkan kelas eksperimen 55,83. Berdasarkan hasil analisis uji-t menggunakan SPSS 16.0 for windows menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga pembelajaran menggunakan model Project based Learning berbasis Outdoor Study berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa SMA.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SEMESTER II DI SMA WAHID HASYIM MODEL LAMONGAN Ahmad Charis Chumaidi; Sulton Sulton; Sulthoni Sulthoni
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.3, Maret 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.062 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i3.6180

Abstract

This study uses the five steps of the development model of Lee and Owens. The data collection methods in this study are in the form of questionnaires, interviews, and tests. Data were analysed using two methods that are the analysis of qualitative data using content analysis and quantitative data using descriptive percentages. The product development is validated by experts of the subject matter and multimedia with a validity rate of 88,3%, the individual testing with a validity rate of 91,7%, the small group testing with a validity rate of 88,2%, and the field testing with a validity rate of 85,6% with a very worthy qualification and does not need revision. The overall data of the test results show that the media obtain a percentage of 88,44% with a very good category. This study concludes that the test subjects responded well to the media that is designed and developed specially for the senior high school students.Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee and Owens dengan lima langkah. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan dua cara, yaitu analisis data kualitatif yang menggunakan analisis isi dan analisis data kuantitatif yang menggunakan deskriptif persentase. Pengembangan produk ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli multimedia dengan tingkat kevalidan 88,3%, uji coba perorangan dengan tingkat kevalidan 91.7%, uji coba kelompok kecil dengan tingkat kevalidan 88,2% dan uji coba lapangan dengan tingkat kevalidan 85,6% dengan kualifikasi sangat layak tidak perlu revisi. Data keseluruhan dari hasil uji coba menunjukkan, media memperoleh presentase sebesar 88,44% dengan kategori sangat baik. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa subyek uji coba merespon dengan baik pada media yang dirancang dan dikembangkan khusus untuk siswa sekolah menengah pertama.
CHARACTERISTICS OF EFFECTIVE JUNIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHERS IN KABUPATEN PACITAN BASED ON STUDENTS’ AND TEACHERS’ PERCEPTIONS Diska Fatima Virgiyanti; Utami Widiati; Suharmanto Suharmanto
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.3, Maret 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.631 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i3.6159

Abstract

This survey study wasdan guru intended  to investigate the characteristics of effective English teachers in Kabupaten Pacitan based on students’ and teachers’ perceptions. The study involved  108 students and 12 teachers who were randomly selected from the available data from Education Office of  Kabupaten Pacitan, East Java. The data were collected using students’ questionnaire and  teacher-self assessment covering 37 items and interview guide asking about students’ and teachers’ perceptions about characteristics of effective Junior High School English teachers in Kabupaten Pacitan. The findings show that  students and  teachers have different perceptions on the characteristics of effective English teachers.Penelitian survey ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari guru Bahasa Inggris yang efektif di Kabupaten Pacitan berdasarkan persepsi guru dan siswa. Penelitian ini melibatkan 108 siswa dan 12 guru yang dipilih secara acak dari data yang diperoleh di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pengumpulan data menggunakan kuesioner siswa dan penilaian individu guru yang mencakup 37 soal dan panduan wawancara yang menanyakan tentang persepsi siswa6 dan guru tentang karakteristik dari guru Bahasa Inggris SMP yang efektif di Kabupaten Pacitan. Hasil temuan menunjukkan bahwa siswa dan guru mempunyai persepsi yang berbeda terhadap karakteristik dari guru Inggris yang efektif.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN CINTA LINGKUNGAN DENGAN STRATEGI PEMODELAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP Fendy Yogha Pratama; Yuni Pratiwi; Kusubakti Andajani
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.3, Maret 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.682 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i3.6171

Abstract

This research and development aims to produce instructional materials for exposition text writing which can improve students writing skill and environmental awareness. Research and development models used is the development model Four-D model (4D) from Thiagarajan, Dorothy, and Melvyn. 4D model consists of four stages, define, design, development and disemination. 4D models have been selected and systematic measures that are specifically designed to develop a teaching device. Results of readibility test, validation test, and testing of the product showed that the exposition text instuctional material can be implemented.Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar bermuatan cinta lingkungan untuk siswa SMP kelas VII yang layak dari segi isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Model penelitian dan pengembangan dalam tulisan ini mengadaptasi Four-D Model milik Thiagarajan, Semmel, & Semmel (1974). Sesuai namanya, Four-D Model memiliki empat tahap, yaitu Define (penetapan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Model ini dipilih karena memiliki langkah-langkah dan yang dirancang khusus untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil uji keterbacaan, uji validasi, dan uji coba, bahan ajar ini layak untuk diimplementasikan.
IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PROGRAM PENDIDIKAN KEJAR PAKET (STUDI MULTI SITUS DI PKBM BINTANG BANGSA KAB MALANG DAN KI HAJAR DEWANTARA KOTA MALANG) Aziz Shofi Nur Diansyah; Bambang Budi Wiyono; Maisyaroh Maisyaroh
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.3, Maret 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.728 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i3.6163

Abstract

Quality management is the need to be prepared to increase human resources in the face of the coming era. Packet education is one solution in addressing the equity of education in order to improve the quality of Indonesian human resources. Packet quality of education must also be prepared to organize a quality education. The quality of education is able to be implemented with the Packet meets the four aspects, namely leadership, quality aspects educator, aspects of service quality and customer satisfaction aspects. The synergy of these four aspects are key to the success of a quality education that is realized well.Manajemen mutu merupakan hal yang perlu disiapkan dalam meningkatkan SDM dalam menghadapi era yang akan datang. Pendidikan kejar paket merupakan salah satu solusi dalam mengatasi pemerataan pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Kualitas pendidikan kejar paket tentunya juga harus disiapkan untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu. Mutu pendidikan kejar paket mampu dilaksanakan dengan memenuhi empat aspek, yaitu aspek kepemimpinan, aspek mutu pendidik, aspek mutu layanan dan aspek kepuasan pelanggan. Sinergi dari keempat aspek merupakan kunci keberhasilan dari suatu mutu pendidikan yang terwujud dengan baik.
PENGARUH PRAKTIKUM DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL Fitria Rizkiana; I Wayan Dasna; Siti Marfu’ah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.3, Maret 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.382 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i3.6161

Abstract

This study aimed to compare the students' motivation that learned by two different methods viewed from prior knowledge. This study used the quasi-experimental design. Data were obtained from motivation questionnaire which consist of 31 point statements. Data were analyzed using two ways ANOVA. The results showed that: (1) there was differences in students' motivation that learned with hands-on and demonstration in guided inquiry learning, (2) student with high prior knowledge have better motivation in learning rather than students with low prior knowledge, (3) there was no interaction between learning methods and prior knowledge on students' motivation.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan 2 metode berbeda ditinjau dari kemampuan awal. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu. Data penelitian diperoleh dari angket motivasi yang terdiri atas 31 butir pernyataan. Data dianalisis menggunakan ANOVA dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan praktikum dan demonstrasi dalam pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) siswa dengan kemampuan awal tinggi memiliki motivasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kemampuan awal rendah, (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap motivasi belajar siswa. 
KECERMATAN SISWA MENGAMATI KATA KUNCI PADA SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN BERBALIK NILAI Meliyana Raharjanti; Toto Nusantara; Sri Mulyati
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1, No.3, Maret 2016
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.668 KB) | DOI: 10.17977/jp.v1i3.6169

Abstract

The student’s observation of the problem needs to be careful. More careful in the observation, more complete information obtained in solving the problems. This article describes about student’s observation precision of keywords in the given word problems about inverse proportion. The study involved 14 boys and 18 girls’students of 7th grade. Method of data collecting are test and interview. This study shows that only some of the keywords, i.e four of the seven key words, which is observed by the students. Most other keywords not identified by the students. This indicates that students are less careful in observing the keyword in problems. Ineffectiveness the choosen keywords by students have resulted that students indicated experiencing interference.Semakin cermat siswa mengamati soal, maka semakin lengkap informasi untuk menyelesaikan soal. Artikel ini mendeskripsikan kecermatan siswa mengamati kata kunci pada soal cerita materi perbandingan berbalik nilai. Penelitian ini melibatkan 14 siswa laki – laki dan 18 siswa perempuan kelas 7. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa hanya sebagian kata kunci, yaitu empat dari tujuh kata kunci, yang dicermati oleh siswa. Sebagian kata kunci lain tidak teridentifikasi oleh siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa kurang cermat dalam mengamati kata kunci pada soal. Ketidakefektifan kata kunci yang siswa pilih ini mengakibatkan siswa terindikasi mengalami interferensi.

Page 1 of 3 | Total Record : 30


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 8: AUGUST 2025 VOL 10, NO 7: JULY 2025 Vol 10, No 4: APRIL 2025 Vol 10, No 3: MARCH 2025 Vol 10, No 2: FEBRUARY 2025 Vol 10, No 1: JANUARY 2025 Vol 9, No 12: DECEMBER 2024 Vol 9, No 11: NOVEMBER 2024 Vol 9, No 10: OCTOBER 2024 Vol 9, No 9: SEPTEMBER 2024 Vol 9, No 8: AUGUST 2024 Vol 9, No 7: JULY 2024 Vol 9, No 6: JUNE 2024 Vol 9, No 5: MAY 2024 Vol 9, No 4: APRIL 2024 Vol 9, No 3: MARCH 2024 Vol 9, No 2: FEBRUARY 2024 Vol 9, No 1: JANUARY 2024 Vol 8, No 10: OCTOBER 2023 Vol 8, No 9: SEPTEMBER 2023 Vol 8, No 8: AUGUST 2023 Vol 8, No 7: JULY 2023 Vol 8, No 6: JUNE 2023 Vol 8, No 5: MAY 2023 Vol 8, No 4: APRIL 2023 Vol 8, No 3: MARCH 2023 Vol 8, No 2: FEBRUARY 2023 Vol 8, No 1: JANUARI 2023 Vol 7, No 12: DECEMBER 2022 Vol 7, No 11: NOVEMBER 2022 Vol 7, No 10: OKTOBER 2022 Vol 7, No 9: SEPTEMBER 2022 Vol 7, No 8: AGUSTUS 2022 Vol 7, No 7: JULI 2022 Vol 7, No 6: JUNI 2022 Vol 7, No 5: MAY 2022 Vol 7, No 4: APRIL 2022 Vol 7, No 3: MARET 2022 Vol 7, No 2: FEBRUARI 2022 Vol 7, No 1: JANUARI 2022 Vol 6, No 12: DESEMBER 2021 Vol 6, No 11: NOVEMBER 2021 Vol 6, No 10: OKTOBER 2021 Vol 6, No 9: SEPTEMBER 2021 Vol 6, No 8: AGUSTUS 2021 Vol 6, No 7: JULI 2021 Vol 6, No 6: JUNI 2021 Vol 6, No 5: MEI 2021 Vol 6, No 4: APRIL 2021 Vol 6, No 3: MARET 2021 Vol 6, No 2: FEBRUARI 2021 Vol 6, No 1: JANUARI 2021 Vol 5, No 12: DESEMBER 2020 Vol 5, No 11: NOVEMBER 2020 Vol 5, No 10: OKTOBER 2020 Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020 Vol 5, No 8: AGUSTUS 2020 Vol 5, No 7: JULI 2020 Vol 5, No 6: JUNI 2020 Vol 5, No 5: MEI 2020 Vol 5, No 4: APRIL 2020 Vol 5, No 3: MARET 2020 Vol 5, No 2: FEBRUARI 2020 Vol 5, No 1: JANUARI 2020 Vol 4, No 12: DESEMBER 2019 Vol 4, No 11: NOVEMBER 2019 Vol 4, No 10: Oktober 2019 Vol 4, No 9: SEPTEMBER 2019 Vol 4, No 8: AGUSTUS 2019 Vol 4, No 7: JULI 2019 Vol 4, No 6: JUNI 2019 Vol 4, No 5: MEI 2019 Vol 4, No 4: APRIL 2019 Vol 4, No 3: MARET 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 1: JANUARI 2019 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 11: NOVEMBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 7: JULI 2018 Vol 3, No 6: JUNI 2018 Vol 3, No 5: MEI 2018 Vol 3, No 4: APRIL 2018 Vol 3, No 3: MARET 2018 Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 2, No 12: Desember 2017 Vol 2, No 11: November 2017 Vol 2, No 10: Oktober 2017 Vol 2, No 9: September 2017 Vol 2, No 8: AGUSTUS 2017 Vol 2, No 7: JULI 2017 Vol 2, No 6: Juni 2017 Vol 2, No 5: Mei 2017 Vol 2, No 4: April, 2017 Vol.2, No.3, Maret 2017 Vol.2, No.2, Februari 2017 Vol.2, No.1, Januari 2017 Vol.1, No.12, Desember 2016 Vol.1, No.11, Nopember 2016 Vol.1, No.10, Oktober 2016 Vol.1, No.9, September 2016 Vol.1, No.8, Agustus 2016 Vol.1, No.7, Juli 2016 Vol.1, No.6, Juni 2016 Vol.1, No.5, Mei 2016 Vol.1, No.4, April 2016 Vol.1, No.3, Maret 2016 Vol.1, No.2, Februari 2016 Vol.1, No.1, Januari 2016 More Issue