cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Ilmiah POTENSIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25279270     EISSN : 26212382     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, mahasiswa S1 PAUD, peneliti, pengamat dan pemerhati seputar Pendidikan Anak Usia Dini. Terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): JANUARI" : 10 Documents clear
Penggunaan Media Vlog dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Anak Badrul Mudarris; Fathor Rozi; Nurul Islamiyah
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 7, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.7.1.%p

Abstract

Pandemi covid-19 telah membuat sistem pendidikan mengalami perombakan yakni dengan melaksanakan pembelajaran secara online sebagai bentuk social distancing guna memutus mata rantai penyebaran virus. Namun, pembelajaran secara online sedikit menyulitkan pelaksanaan materi perkembangan motorik terutama bagi anak usia dini. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji tentang penggunaan media vlog dalam mengembangkan motorik anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Pengumpulan data mengunakan observasi dan wawancara mendalam serta didukung dengan dokumentasi. Adapun lokasi penelitian berada di RA Nurul Hidayah Kalikajar Paiton Probolinggo. Teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media vlog yang digunakan untuk menjelaskan aktivitas motorik seperti mewarnai, menggambar, menggunting, dan bisik berantai dapat mengembangkan kemampuan motorik anak. Dengan demikian, anak mampu dan berani menggunting, menggambar, mewarnai, melompat, berlari, melempar benda dengan baik. Selain itu, anak menjadi lebih fokus dalam belajar, lebih imajinatif, serta lebih mudah untuk menemukan minat anak. Animasi dan beragam gambar berwarna yang tedapat dalam vlog juga mampu memotivasi anak untuk belajar. Implikasi dari penggunaan media vlog memberikan kemudahan bagi guru dalam mengajar dan siswa dengan mudah mencerna materi.
Pengaruh media realia terhadap pemahaman geometri anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021 Fani Karmita Sari; Lidia Oktamarina
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 7, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.7.1.11-22

Abstract

Pemahaman geometri merupakan salah satu tahap perkembangan kognitif yang harus dikuasai anak usia dini. Informasi yang menggunakan media konkret akan lebih mudah untuk dipahami oleh anak dari pada informasi yang bersifat abstrak. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Geometri Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quassy Eksperimental Desain, dengan pendekatan penelitian kuantitaif Nonequivalent Control Grup Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 anak, sampel pada kelas B1 15 anak dan kelas B2 15 anak di TK Nurul Iman Beringin Makmur I. Kelompok eksperimen menggunakan media realia dan kelompok kontrol menggunakan media papan tulis. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes tidak terstruktur. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis t test. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkan media realia dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 76,4 sedangkan kelompok kontrol 54,67, kemudian berdasarkan perhitungan uji t dimana nilai ttabel untuk taraf signifikansi 5% sebesar 2,048 . Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung>ttabel (5,871798>2,048), maka kesimpulan pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya media realia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman geometri anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara.Kata Kunci: Media Realia, Pemahaman Geometri
Penggunaan Model ASSURE Dalam Pengembangan Video Animasi Pengajaran Bahasa Inggris 2D Berbasis Studi Islam untuk Siswa Raudhatul Athfal Andri Saputra; M. Arif Rahman Hakim; Yuda Septian Kurniawan; Ade Riska Nur Astari; Ulya Rahmanita
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 7, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.7.1.23-34

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh para penulis di Enam Raudhatul Athfal yang ada di kota Bengkulu, semua institusi pendidikan tersebut masih merasa kesulitan dalam menemukan bahan ajar Bahasa Inggris yang sesuai ekpektasi para guru pengajar dan siswanya. Studi ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan tujuan menghasilkan produk pengajaran berupa video animasi dua dimensi (2D) berdurasi lima menit yang diharapkan dapat menjadi solusi dan bahan ajar tambahan bagi kelas Bahasa Inggris pada Raudhatul Athfal dikota Bengkulu. Penelitian pengambangan ini menggunakan model ASSURE yang telah melalui tahapan analisis pembelajaran, penentuan standar dan tujuan, pemilihan strategi, teknologi, media dan bahan ajar, serta mengikut sertakan partisipasi peserta didik. Dari segi konten bahan ajar, produk ini juga menambahkan nilai- nilai Islami kedalam materi yang disajikan. Berdasarkan pada hasil uji coba yang telah dilakukan di enam Raudhatul Athfal, produk ini mendapat respon positif dari 100% guru pengajar dan 90% siswa yang menyatakan produk bahan ajar yang dikembangkan menarik serta terbukti memiliki kebermanfaatan membantu lembaga dalam menyelesaikan beberapa permasalahan dalam proses kegiatan belajar mengajar
Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Permulaan pada Anak PAUD Himatul Ilmi Kabupaten Musi Rawas Dian Ramadan Lazuardi; Syukri Hamzah; Agung Nugroho
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 7, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.7.1.35-45

Abstract

Keterampilan membaca permulaan pada anak PAUD didasari pada perkembangan berfikir anak sehingga membutuhkan bahan ajar yang memungkinkan memotivasi anak. Materi ajar pada bahan ajar membaca permulaan lebih mengarahkan pada motivasi anak untuk meningkatkan minat membaca. Untuk itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar keterampilan membaca permulaan yang valid, praktis, dan efektif pada anak PAUD Hidatul Ilmi Kabupaten Musi Rawas. Metode penelitian Research and Development (R&D) dan digunakan model pengembangan bahan ajar Dick & Carey yang dibatasi sampai 8 tahap. Penelitian  yang menghasilakan produk baru berupa Bahan ajar Keterampilan Membaca Permulaan dan diuji tentang valid, praktis, dan efektif. Berdasararkan hasil penelitian diketahui kevalidan sebesar 81,25%, kepraktisan diketahui dari uji kecil, sedang dan besar. Sedangkan keefektifan bahan ajar diketahui sebanyak 6 orang 30% memperoleh nilai sangat baik (A) dengan skor 80-100, sebanyak 9 orang 45% yang memperoleh nilai 66-79 dengan kategori baik (B),  jumlah anak yang memperoleh nilai cukup (C)  1 orang 5% dengan skor 58, dan anak yang memperoleh nilai kurang (D) sebanyak 4 orang 20% dengan rentang nilai 46-55. berdasarkan hasil penelitian disimpulkan jika bahan ajar Keterampilan Membaca Permulaan sudah valid, praktis dan efektif bagi anak PAUD Hidatul Ilmi kabupaten Musi Rawas
Penerapan Metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Untuk Menstimulasi Kreativitas Pada Anak Usia Dini di Kelompok A Tri Ayu Gutiawati; Dian Kristiana; Rendy Setyowahyudi
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 7, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.7.1.46-55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode 3R untuk menstimulasi kreativitas pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk melihat Penerapan Metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) untuk Menstimulasi Kreativitas Pada Anak Usia Dini di TK Dharma wanita 1 Purwosari. Wawancara ditujukan kepada guru kelas kelompok A dan kepala sekolah. Dokumentasi dilihat dari kegiatan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang digunakan dapat menstimulasi kreativitas pada anak usia dini. Melalui penerapan ini anak mampu berkreasi sesuai dengan imajinasi mereka. Hal ini dapat dilihat dari 12 anak kelompok A TK Dharma Wanita 1 Purwosari, 8 diantaranya dapat berkreasi sesuai dengan imajinasinya hanya ada 4 anak yang belum bisa berkreasi secara maksimal.
Kegiatan Mozaik Untuk Menstimulus Kemampuan Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Alam Berbasis 3R Arida Yuan Nadila; Dian Kristiana; Rendy Setyowahyudi
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 7, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.7.1.56-63

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan kegiatan mozaik untuk menstimulus kemampuan anak usia dini menggunakan bahan alam berbasis 3R. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Dilakukan dengan menggunakan tahapan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Data hasil penelitian kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif. Dari penelitian ini menunjukkan kegiatan mozaik menggunakan serutan pensil, kegiatan mozaik menggunakan parutan kelapa, dan kegiatan mozaik menggunakan daun kering yang dapat digunakan dalam menstimulus kemampuan anak usia dini yaitu 1) Aspek motorik halus yang terlihat anak mampu melakukan gerakan menjimpit, menempel dan memotong dan juga mampu mengkoordinasikan mata dan gerakan tangan, 2) Aspek kognitif yang terlihat anak mampu mengenal warna dan mengenal bentuk, 3) Aspek sosial emosional yang mana anak mampu bersabar dalam antrian mengambil lem, dan anak bangga dengan karya yang mereka hasilkan.
Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Individual Differences Henni Anggraini; Sarah Emmanuel Haryono; Siti Muntomimah; Rina Wijayanti; Mochammad Ramli Akbar
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 7, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.7.1.64-74

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan dengan membekali mahasiswa soft skill maupun hard skill yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Pengembangan kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dengan berbasis individual differences diharapkan mahasiswa dapat memahami karakter dan keberagaman peserta didik sebagai dasar untuk mampu berperan sebagai tenaga pendidik dan kependidikan, konsultan bidang PAUD serta teacherpreneur. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah 123 mahasiswa dari Angkatan 2017-2021, dan 16 dosen yang mengajar di Prodi PG-PAUD. Tahapan pelaksanaan penelitian meliputi: Focus group discussion, lokakarya, pembuatan instrumen, survey lapangan, pengolahan dan analisis data, seminar hasil/sosialisasi. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 minggu di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang memuat aspek strategi implementasi kurikulum, yaitu: perencanaan, dokumen kurikulm, SDM, administrasi, sarana prasarana, dan iklim budaya. Hasil uji validasi yang dilakukan terhadap 30 item, didapatkan 27 item valid, dan 3 item tidak valid, maka tim peneliti memutuskan untuk menggunakan 27 item yang valid untuk proses pengambilan data. Hasil reliabilitas menunjukkan 0,758 yang dapat dikategorikan bahwa angket yang disebarkan reliable untuk menggambarkan strategi implementasi kurikulum
Language Acquisition On Children Through Singing In Gunungkidul Rochmat Budi Santosa; Novianni Anggraini; Fithriyah Nurul Hidayati; Rindiani Rindiani
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 7, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.7.1.99-107

Abstract

Language acquisition is an unconscious process in understanding and learning language. In general, language acquisition occurs in children through exposure to those around them. One effective exposure for language acquisition is through song. This study aims to identify the role of using the singing method for language acquisition in early childhood, be it phonological, morphological, or syntactic acquisition. This research is qualitative research with naturalistic techniques. The data collection used in-depth observation and interviews. The sample of this research is the students of Early Childhood Education (PAUD) Nur Insani, Piyaman, Wonosari, Gunungkidul who are 3-4 years old. The results showed that by using the singing method, students were able to: a) acquire several phonemes and even some were able to distinguish these phonemes, b) use suffixes, and c) express simple declarative, imperative, and interrogative sentences.
Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Motorik Halus Sri Saparahayuningsih; Mona Ardina; Anni Suprapti; Badeni Badeni
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 7, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.7.1.75-86

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam mata kuliah metodologi pengembangan motorik halus Anak Usia Dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program studi Pendidikan Guru PAUD Semester 5 tahun Akademik 2020/2021 yang mengambil mata kuliah Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini sebanyak 72 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan tes hasil belajar. Teknik analisis menggunakan uji statistik dengan rumus rata-rata, uji t dan uji r. Hasil penelitian yang diperoleh 1). terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar setelah mahasiswa mendapat perlakuan tindakan kelas dengan model pembelajaran berbasis proyek (p<0,05), 2) setelah diberikan tindakan dengan model pembelajaran berbasis proyek terdapat rerata kenaikan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar mahasiswa 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar mahasiswa, 4) besaran peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan kemampuan berpikir kreatifnya memiliki hubungan negatif yang lemah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka bagi peneliti berikutnya untuk meneliti model pembelajaran berbasis proyek dengan cara tatap muka agar peneliti dapat membimbing mahasiswa secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga hambatan-hambatan penggunaan berpikir kreatif untuk memecahkan masalah dapat diatasi
Implikasi Quranic Zone Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Muhammad Mushfi El Iq Bali; Firsta Bagus Sugiharto; Kardiana Metha Rozhana; Syarqiyah Syarqiyah
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 7, No 1 (2022): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.7.1.87-98

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi memiliki dampak positif dan negatif. Positifnya, memberikan kemudahan aksesibilitas dan updating pengetahuan. Dampak negatif bagi perkembangan anak, yaitu kemudahan memperoleh informasi-informasi yang memiliki nilai-nilai negatif. Banyak beredar di internet video tindak kekerasan dan asusila serta video pergaulan remaja di luar negeri yang tidak sesuai dengan karakter dan budaya bangsa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan zona pendidikan berbasis Alquran (Quranic Zone) dalam membentuk karakter anak usia dini di TK Al-Quran An-Nadwah. Pendekatan penelitian kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan Implikasi Quranic Zone terhadap pembentukan karakter anak usia dini di TK Al-Qur’an An-Nadwah. Lokasi di TK Al-Qur’an An-Nadwah Kalianget Banyuglugur Situbondo dengan subyek penelitian 47 siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Beberapa aktivitas pembelajaran dalam membentuk karakter qurani anak usia dini di TK yaitu melalui pembelajaran etika dalam membaca doa, surat-surat pendek, melaksanakan shalat wajib, melalui kisah nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai inspirasi untuk mengikuti sikap dan perilaku beliau dalam kehidupan sehari-hari, dan memberikan penghargaan pada siswa yang memiliki karakter baik dan memberikan hukuman pada siswa yang memiliki karakter tidak baik. Dapat disimpulkan bahwa pembentukan karakter qur’ani anak usia dini di TK ini menggunakan metode dialog, kisah, perumpamaan, keteladanan, dan metode targhib dan tarhib.

Page 1 of 1 | Total Record : 10