cover
Contact Name
Fajri Basam
Contact Email
fajribasam@unismuh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpd@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Dasar
ISSN : 26151723     EISSN : 26151766     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan / atau kuantitatif di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2: OKTOBER 2024" : 12 Documents clear
KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN Syahriani, Nur; Santoso, Sedya
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol. 7 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v7i2.14995

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik perkembangan anak usia sekolah dasar dan mengetahui bagaimana implikasinya dalam pembelajaran. Perkembangan anak akan berlangsung secara optimal jika berkembangnya sesuai dengan fase dan tugas perkembangannya masing-masing. Anak usia 6 sampai dengan 12 tahun dalam kategori usia Sekolah Dasar. Pada usia ini, anak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Beberapa aspek yang berkembang pesat pada usia SD meliputi perkembangan fisik, motorik, kognitif, Bahasa, sosio-emosional, serta agama dan moral. Metode penelitian yang digunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan dengan menggunakan metode library research atau studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti buku referensi, hasil penelitian sebelumnya yang sejenis, artikel, catatan, serta berbagai jurnal yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pentingnya bagi pendidik dan orang tua untuk memahami karakteristik perkembangan anak dalam berbagai aspek ini agar dapat memberikan dukungan yang sesuai dalam proses pembelajaran dan pertumbuhan mereka kearah yang lebih baik.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Hastuti, Sri Sundhea; Labudasari, Erna; Jannah, Widia Nur
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol. 7 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v7i2.15165

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV B B SDN I Keduanan dengan materi luas melalui model Contextual Teaching and Learning, adapun indikator dari kemampuan pemahaman konsep matematika, yaitu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklarifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, memberikan contoh dan bukan contoh dari sebuah konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep, menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu, dan mengaplikasikan konsep atau alogaritma pada pemecahan masalah. Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber dari penelitian ini adalah siswa Kelas IV B B SDN I Keduanan yang berjumlah 19 siswa yang kemudian diambil 9 siswa berdasarkan kriteria penilaian tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu tes. Tes digunakan untuk menentukan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Teknik analisis data terbagi menjadi 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dapat berjalan efektif dengan menggunakan 5 tahapan diantaranya yaitu Relating (Menghubungkan), Experiencing (Pengalaman), Applying (Penerapan), Coorperating (Berkoordinasi) dan Transfering (Menstranfer). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang masuk kriteria tinggi (47%), kriteria sedang (37%) dan kriteria rendah (16%). Mayoritas siswa mengalami kesulitan pada soal nomor 9 dan 10 dengan indikator kemampuan pemahaman konsep yang terdapat pada indikator ke 7 yaitu mengaplikasikan konsep atau alogaritma pada pemecahan masalah.Kata kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Model Contextual Teaching And Learning, Materi Luas.
PENGARUH MULTIMEDIA BERBASIS FUN LEARNING MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA DI SDN 1 CEMPAKA Kurniasih, Dwi Ghina; Jannah, Widia Nur; Rahayu, Fanny Septiany
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol. 7 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v7i2.15531

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan guna menguji pengaruh multimedia berbasis fun learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi kekayaan budaya Indonesia di SDN 1 Cempaka, melalui desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Peneliti menguji peserta didik melalui pemberian soal pretest dan posttest guna melihat perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah diberi treatment. Penelitian ini menggunakan sampel satu kelas dengan teknik samplingnya purposive sampling. Teknik ini dipilih berdasarkan sasaran penelitian yang mempunyai karakteristik yang sesuai dengan tujuan penelitian. Untuk itu, peneliti memilih kelas empat SD Negeri 1 Cempaka dengan jumlah 45 peserta didik sebagai sampel penelitiannya. Penelitian ini mengimplementasikan instrumen soal pretest dan posttest pilihan ganda yang berjumlah 15 butir soal, wawancara kepada wali kelas, dan kuesioner respon peserta didik terhadap penerapan multimedia berbasis fun learning yang berjumlah 15 item pernyataan. Instrumen ini sudah dipastikan kevalidannya oleh ahli. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dibuktikan bahwa multimedia berbasis fun learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan melalui pengujian uji non parametrik yaitu menggunakan uji wilcoxon, dimana signifikansi signifikannya sebesar 0,000 yang artinya taraf signifikansi ≤ 0,005. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang mana membuktikan adanya pengaruh penerapan multimedia berbasis fun learning terhadap hasil belajar materi kekayaan budaya Indonesia karena nilainya meningkat apabila menerapkan multimedia berbasis fun learning dalam pembelajarannya.
ANALISIS KETERAMPILAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG Pertiwi, Regita Indah; Yandari, Indhira Asih Vivi; Firdaus, Firdaus
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol. 7 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v7i2.15614

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan numerasi peserta didik kelas V SD pada materi bangun ruang di SDN Tembong 2, Kota Serang. Fokus penelitian untuk mengetahui keterampilan numerasi peserta didik mencakup kemampuan merumuskan masalah, menerapkan konsep, menafsirkan jawaban serta menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat keterampilan numerasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas dan 28 peserta didik kelas V. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil latihan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan numerasi peserta didik dalam pemahaman konsep dasar dan keterampilan numerasi peserta didik kelas V masih rendah, hasil rekapitulasi nilai latihan secara keseluruhan mengindikasikan bahwa keterampilan numerasi secara umum masih belum merata. Pada latihan 1 memiliki tingkat kelulusan yang tinggi (89%) sedangkan latihan 2, kelulusan menurun drastis menjadi (60,71%). Rata-rata nilai pada latihan 1 adalah 84,5, sementara pada latihan 2 adalah 71,89. Pembelajaran numerasi pada materi bangun ruang balok dan kubus sudah baik. Ketika peserta didik dihadapkan soal latihan mengidentifikasi bangun ruang dengan warna, peserta didik tampak lebih antusias dan mudah memahami soal karena lebih visual dan konseptual. Sebaliknya ketika peserta didik diberikan soal menghitung volume balok dan kubus, memerlukan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep dasar dan hitungan bangun ruang balok dan kubus. Faktor pendukung keterampilan numerasi peserta didik yaitu: lingkungan belajar yang kondusif, pemberian apresiasi dan motivasi, pemilihan strategi dan media pembelajaran yang tepat, sedangkan faktor penghambatnya yaitu: peserta didik kurang paham konsep dasar matematika, ketidak pekaan orang tua, mudah kehilangan fokus belajar.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MEDIA UTAGORONG TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SD 2 TENGGELES Aini, Alvina Noor; Pratiwi, Ika Ari; Kuryanto, Moh Syafruddin
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol. 7 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v7i2.15680

Abstract

Penelitian ini menguji efektivitas model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) berbantuan media UTAGORONG (Ular Tangga Gotong Royong) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD 2 Tenggeles. dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik satu sama lain sehingga peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Media pembelajaran ular tangga merupakan permainan papan dengan menggunakan bidak, dadu, dan papan ular tangga yang dapat dimainkan untuk semua kalangan dan harus dimainkan oleh dua orang atau lebih. Pada penelitian ini akan menggunakan media pembelajaran ular tangga yang memuat materi gotong royong (UTAGORONG). Desain eksperimen pretest-posttest dengan satu kelompok digunakan. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model NHT berbantuan media UTAGORONG berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa (p<0,05) dengan nilai koefisien uji t-test sebesar -16,811.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN MANUKAN KULON SURABAYA Unnazikah, Dzia; Zuhdi, Ulhaq; Sofiya, Ana
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol. 7 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v7i2.15842

Abstract

Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi panca indera manusia yang rendah dalam pembelajaran menjadi pendorong penelitian ini. Oleh karena itu, peneliti mengusulkan untuk menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTK-K) terdiri dari empat tahapan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama melibatkan TaRL dengan menyesuaikan bahan ajar dengan tingkat pemahaman peserta didik, sedangkan siklus kedua berfokus pada evaluasi dan perbaikan strategi berdasarkan hasil siklus pertama. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B SDN Manukan Kulon Surabaya yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan metode kuantitatif untuk meningkatkan perbaikan sebelum dan sesudah penerapan serta kualitatif untuk menilai perubahan dinamika pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan dari 74,07% pada siklus I menjadi 85,18% pada siklus II. Implikasi TaRL memberikan perlakuan yang tepat kepada peserta didik berdasarkan tingkat kesiapannya untuk meningkatkan minat belajar, motivasi, aktivitas dan pencapaian hasil belajar.
ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS VOLUME BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS 5 SD 3 GOLANTEPUS Amaliyah, Fitriyah
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol. 7 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v7i2.15894

Abstract

Mathematical reasoning ability is an important ability for students to solve problems.This study aims to analyze students abilities in using mathematical reasoning as a basis for implementing and improving concepts and methods of teaching mathematical reasoning. This study is a qualitative study with a descriptive exploratory method. The subjects of the study are 24 students from 5th grade at SD 3 Golantepus, Mejobo, Kudus. Data collection techniques include observation, written tests, and interviews. The written test consists of 5 essay questions about the volume of three-dimensional shapes in mathematics. The questions were designed based on indicators of mathematical reasoning ability, which include presenting mathematical statements in writing, diagrams, and drawings, making conjectures and performing mathematical manipulations, organizing and justifying the correctness of solutions, and drawing conclusions. The students work was then assessed using a rubric for evaluating mathematical reasoning ability, and the results were categorized into levels of students' mathematical reasoning abilities. The findings show that 12,5% of students from 5th grade at SD 3 Golantepus fall into the high category, 70,8% into the medium category, and 16,7% into the low category. This indicates that most students have a good level of understanding in mathematical reasoning
PENERAPAN TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA HOLE IN ONE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA Sagasya, Denisa Putri; Suprayitno, Suprayitno; Nuraini, Arfiani Ika
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol. 7 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v7i2.15948

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN Lidah Wetan 4 melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan bantuan media permainan Hole in One. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, 55,56% peserta didik mencapai kategori motivasi tinggi, sementara pada siklus II, jumlah ini meningkat menjadi 77,78%, dengan tambahan 11,11% peserta didik yang mencapai kategori sangat tinggi. Penerapan model Team Games Tournament dengan media Hole in One terbukti dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan motivasi peserta didik. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang inovatif di sekolah dasarKata Kunci: motivasi belajar, Team Games Tournament, media pembelajaran, Hole in One, matematika
EDUKASI ANATOMI (SI TOMI) BERBASIS QUICK RESPONSE CODE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA Mardhiyah, Ainaul; Taufik, Taufik; Munawir, Munawir
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol. 7 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v7i2.16237

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kurangnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi anatomi tubuh manusia pada pelajaran IPA, khususnya pada tingkat sekolah dasar. Para siswa sering menghadapi kesulitan dalam memahami konsep-konsep anatomi secara visual, yang berdampak pada prestasi belajar mereka. Masalah ini menjadi dasar untuk dikembangkannya sebuah media pembelajaran berbasis teknologi yang lebih interaktif dan dapat memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam. Berdasarkan analisis kebutuhan dan permasalahan tersebut, dikembangkanlah media pembelajaran inovatif, yakni SI TOMI (Sistem Edukasi Anatomi berbasis Quick Response Code) yang bertujuan untuk meningkatkan pencapaian belajar siswa melalui pendekatan multimedia yang interaktif. Penelitian ini menerapkan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan tahapan sistematis mulai analisis kebutuhan hingga pengujian keefektifan produk. Media yang dikembangkan ini sudah divalidasi para ahli serta diuji coba kepada guru dan siswa untuk menilai tingkat kepraktisan dan efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SI TOMI sangat valid dengan persentase validitas sebesar 89%, serta sangat praktis digunakan dalam pembelajaran dengan tingkat kepraktisan sebesar 94%. Pengujian efektivitas menggunakan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pencapaian belajar siswa, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 59,20 dan post-test 83,73. Hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan signifikan dengan besarann nilai 0,000. 
PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN MODEL PJBL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERTEMAKAN KERAGAMAN NUSANTARA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V Sholeh, Moh.; Ikawati, Nur Laili Ikawati; Nugraha, Wimawantika Hapsari; Saputri, Oktavia Wahyuni; Rofiki, Imam
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol. 7 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v7i2.16265

Abstract

Tema Keragaman Nusantara di kelas V SD adalah langkah awal yang krusial dalam menanamkan kesadaran akan keberagaman budaya sejak dini.Salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran adalah dengan mengadopsi inovasi teknologi, seperti pengembangan  E-Modul  interaktif. Dengan mengintegrasikan model Project Based Learning melalui E-Modul, peserta didik tidak hanya menerima informasi, tetapi juga terlibat langsung dalam proses belajar, sehingga pemahaman mereka terhadap konsep keragaman menjadi lebih mendalam dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikenal juga R&D. Dengan tujuan mengembangkan E-Modul interaktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang bertemakan Keragaman Nusantara pada peserta didik kelas V. Hasilnya bahwa E-Modul  berbasis PjBL sangat praktis digunakan dalam pembelajaran baik dari aspek penggunaan, materi, desain, kebermanfaatan, dan juga aspek bahasa.

Page 1 of 2 | Total Record : 12