cover
Contact Name
Raflis
Contact Email
raflisdrs@gmail.com
Phone
+628126632761
Journal Mail Official
journalpendidikanscholastic@gmail.com
Editorial Address
Redaksi Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Gedung Fakultas Sastra, Universitas Ekasakti Jalan Veteran Dalam No.26, Padang, Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Published by Universitas Ekasakti
ISSN : 25795449     EISSN : 25976540     DOI : https://doi.org/10.36057
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan scholastic merupakan Jurnal tentang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan scholastic (JIPS) Menerbitkan jurnal ilmiah secara berkala pada bulan April, Agustus dan Desember. JIPS menerbitkan makalah penelitian, makalah Pendidikan. Edisi pertama JIPS diterbitkan pada tahun 2017. Jurnal ini dikelola oleh Fakultas Sastra, Universitas Ekasakti, Padang, Sumatra Barat, Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic" : 13 Documents clear
Menggali Peran Filsafat Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Tahun 2024 Ekaputri, Melani; Febriosa , Selma; Amelia, Nur; Zora, Fera
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36057/jips.v8i3.691

Abstract

Kurikulum Merdeka 2024 menitikberatkan pada pengembangan karakter peserta didik sebagai tujuan utama pendidikan. Hal ini mendorong perlunya menggali peran filsafat pendidikan dalam membentuk karakter siswa. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menggali peran filsafat pendidikan dalam membentuk karakter peserta didik terutama pada kurikulum merdeka tahun 2024. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat pendidikan berperan penting dalam mencapai tujuan pengembangan karakter peserta didik lewat adanya Kurikulum Merdeka, yaitu dengan menyediakan kerangka berpikir untuk memahami tujuan pendidikan, memilih metode pembelajaran yang efektif, dan mengintegrasikan nilai-nilai moral dalam pembelajaran. Filsafat pendidikan membantu memahami bahwa pendidikan bukan hanya tentang penguasaan pengetahuan, tetapi juga tentang pembentukan karakter dan nilai-nilai luhur yang sejalan dengan konsep "Profil Pelajar Pancasila". Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran yang aktif, kreatif, dan berpusat pada siswa, yang sejalan dengan aliran pragmatisme dalam filsafat pendidikan. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai moral dalam pembelajaran, pendidikan dapat membantu siswa menjadi individu yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan berdedikasi tinggi.
Analisis Peran Evaluasi dalam Pembelajaran di Sekolah Ramasari, Autry Dian; Jannah, Miftahul; Agustina, Sri Peby; Zora, Fera
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36057/jips.v8i3.694

Abstract

Artikel ini ialah sebuah kajian teori mengenai evaluasi pembelajaran. Evaluasi adalah bagian penting dari sistem pendidikan dan pengajaran dalam berbagai bentuk dan waktu pengajarannya. Istilah evaluasi pemakaiannya sering dipertukarkan karena konsep yang mendasarinya kurang di pahami oleh penggunannya. Istilah yang dimaksud adalah penilaian, pengukuran dan tes. Dengan demikian, konsep-konsep dasar yang terkait langsung perlu diketahui oleh setiap pembelajar. Evaluasi atau penilaian pada dasarnya bertujuan menentukan evektivitas dan evisiensi kegiatan pembelajaran dengan indikator utama pada keberhasilan atau kegiatan pembelajar dalam mencapai tujuan-tujuan pembelajaran yang di tetapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi Pustaka serta studi literatur. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman mengenai peran evaluasi dalam pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran evaluasi bagi sekolah yaitu sebagai pedoman untuk meningkatkan pelayanan dalam pembelajaran di sekolah. Sedangkan bagi masyarakat, evaluasi berperan sebagai penilaian terhadap peserta didik. Sehingga dapat menempatkan mereka sesuai dengan kemampuannya. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi atau untuk mengetahui kelayakan mendapatkan pekerjaan atau jabatan tertentu. Hasil evaluasi ini bisa dijadikan pedoman dalam melaksanakan pembelajaran selanjutnya.
Telaah Kurikulum Pendidikan di Indonesia: Evaluasi, Implementasi, dan Tantangan di Era Modern Zulhuda, Rahmania; Oktri Yuri, Cicia; Aldi, Aldi; Zora, Fera
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36057/jips.v8i3.695

Abstract

Kurikulum sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta metode yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kualitas sumber daya manusia (SDM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dan analisis dokumen. Teknik analisis dilakukan dengan mengkategorikan isu-isu yang ditemukan dalam berbagai dokumen untuk kemudian dianalisis berdasarkan temuan-temuan yang relevan dengan tujuan penelitian. Evaluasi implementasi kurikulum menjadi pilar strategis dalam mewujudkan visi pendidikan nasional yang inklusif, adaptif, dan bermutu. Implementasi kurikulum mandiri di Indonesia diupayakan untuk memberikan keleluasaan yang lebih besar kepada sekolah dalam merancang kegiatan pembelajaran. Hal ini menciptakan peluang bagi para pendidik dan pengelola pendidikan untuk mengadaptasi kurikulum secara dinamis, menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif, dan mendorong peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh di tanah air. Kurikulum dapat menjadi landasan yang kokoh untuk menciptakan sumber daya manusia unggul yang mampu memberikan kontribusi nyata di kancah global. Integrasi keterampilan abad 21, literasi digital, dan pemanfaatan teknologi informasi menjadi kunci untuk menciptakan sistem pendidikan yang adaptif dan relevan.
An Analysis of Language Changes in the Family Environment Gusta, Wienda; Alhusna, Asma; Febriana, Noni; Afersa, Mona
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36057/jips.v8i3.697

Abstract

Language change is a process in which a language changes due to changes in the structure of its linguistic elements. This happens because there are factors that trigger language changes, and of course one of the factors is also due to the development of the times. This research aims to analyze language change that is sound change and differences in meaning. This research was done by interviewing parents and one of our friends. It uses a qualitative research method that analyzes several related Google journals and sources. The research results show that sound change and differences in meaning are parts of language change. The development of the times affects the change of language. In the family, it should be used in a polite tone so that it can be well received. The difference in meaning between the past and now is very different. For example, in the family environment, disagreements often occur between parents and children due to changing times. A child's intentions are often not heard and denied by parents, and vice versa.
Pengaruh Perubahan Tingkat Bunga Bank Terhadap Perekonomian Tahun 2024 Fadhilah, Farhan; Kurniawan, Gilang; Ramayani, Novila; Zora, Fera
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36057/jips.v8i3.701

Abstract

Kebijakan moneter adalah salah satu alat penting untuk menjaga stabilitas ekonomi negara. Sebagai otoritas moneter di Indonesia, Bank Indonesia (BI) memiliki tanggung jawab strategis untuk menentukan BI Rate, yang berfungsi sebagai suku bunga acuan. Penelitian ini akan mengevaluasi apakah ada pergerakan bersama antara BI Rate dan inflasi dalam jangka panjang dengan melihat hubungan antara BI Rate dan inflasi serta dampak mereka terhadap suku bunga deposito dan SBN. Besarnya peredaran uang, suku bunga, dan inflasi mempunyai dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan kredit perbankan di Indonesia, baik sebelum maupun sesudah pandemi COVID-19. Stabilitas ekonomi dan perbankan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Penelitian ini juga akan mengkaji bagaimana utang tidak berperforma (NPL), (DPK), dan suku bunga tingkat berpengaruh terhadap profitabilitas bank BUMN di Indonesia.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan analisis data orde kedua. Variabel yang diteliti adalah NPL, LDR, NIM, dan ROA. Data berasal dari laporan keuangan bank yang tersedia di Indonesia. Metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis data numerik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodologi asosiatif; Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Data yang digunakan berasal dari laporan keuangan BUMN tahun 2019–2023. Ratusan sampel diambil dari masing-masing bank. Analisis dilakukan dengan menggunakan garis regresi berganda dengan data yang sudah dianalisis menggunakan Stata V.17. Tujuan analisis ini adalah untuk mengetahui hubungan BI Rate, inflasi, suku bunga deposito, dan SBN suku bunga.
Alih dan Campur Kode Pada Konten Podcast Pandeka di Noice dalam Perspektif Kajian Sosiolinguistik Rachman, Aditya; Putri, Nofrilia; Ridha Hasnul Ulya; Hanifah Yulia Sari; Diantri Seprina Putri; Selfi Mahat Putri
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36057/jips.v8i3.702

Abstract

Fenomena alih kode dan campur kode menjadi salah satu kajian penting dalam sosiolinguistik, terutama di masyarakat multibahasa seperti Indonesia. Penelitian ini menganalisis alih kode dan campur kode yang terjadi dalam Podcast Pandeka di platform Noice. Alih kode merujuk pada perpindahan antarbahasa secara sengaja atau tidak sengaja, sementara campur kode mencakup penyisipan unsur bahasa lain ke dalam bahasa utama. Dalam konteks Podcast Pandeka, fenomena ini melibatkan bahasa Indonesia, bahasa daerah (Minang), dan bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih kode dominan terjadi dari bahasa Indonesia ke bahasa Minang atau Inggris untuk menyesuaikan situasi, menegaskan identitas budaya, atau menciptakan humor. Sebaliknya, campur kode lebih banyak digunakan untuk memperjelas makna, memperkuat emosi, atau meningkatkan daya tarik percakapan. Faktor situasional, identitas sosial, pragmatis, dan kebiasaan multibahasa menjadi pendorong utama terjadinya kedua fenomena ini. Secara teoretis, alih kode dan campur kode dalam podcast ini mencerminkan relevansi teori akomodasi komunikasi, identitas sosial, dan relevansi pragmatis dalam interaksi multibahasa. Kedua fenomena ini berfungsi tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai sarana untuk menegaskan identitas sosial dan budaya dalam masyarakat multibahasa. Penelitian ini memberikan wawasan tentang hubungan antara bahasa, budaya, dan identitas dalam komunikasi multibahasa, serta menegaskan pentingnya pendekatan sosiolinguistik dalam memahami dinamika bahasa di era modern. Temuan ini diharapkan dapat memperkaya kajian linguistik, khususnya dalam konteks media digital.
Linguistic Sign on The Meaning of Uliat Manyang Dance From South Siberut Mentawai Aditiawarman, Mac; Tulia Sabojiat, Diana
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36057/jips.v8i3.705

Abstract

This research discusses linguistic signs in the meaning of the Uliat Manyang dance movements from South Siberut, Mentawai. The Uliat Manyang dance is a dance that still functions in traditional ceremonies in Mentawai. The Uliat Manyang dance is a ritual in the form of a dance that imitates the movements of an eagle. The Uliat Manyang dance is performed by Sikerei at the Panunggru event, which is an important ceremony where the event marks the end of the mourning period and as a sign of eternal separation between the souls of the deceased and the families left behind. This dance was performed by Sikerei featuring vocal, facial and gesture elements. This research aims to determine the signifier and signified contained in the Uliat Manyang dance movements and the meaning of the song lyrics in the Uliat Manyang dance. Apart from that, this research also analyzes the body signs of Uliat Manyangdance movements. The theory used in this study is semiotics, which refers to the theory of linguistic signs proposed by Saussure in Candler. This study is a descriptive qualitative study in the form of field notes, observations, interviews, videos, and photos. The stages of implementation are carried out by observations made by watching dances at two events, recorded in video form. The conclusion in this analysis is that the Uliat Manyang dance is a dance that is a symbol of an animal that tells the story of the life of an eagle that is teased by a siamang, but they still maintain togetherness and do not cause quarrels with each other in living their lives. The story of the eagle and the siamang is told through movements and every song lyric. Likewise with the Mentawai people, they always live their daily lives together, such as farming, hunting together, and processing sago which is used as a staple food. Traditional Mentawai dance is a dance that has artistic, magical and mystical values ​​so that turuk laggai is believed to be a dance that intercedes for the spirits of ancestors and humans.
Struggle of Hallucination As Seen in Beth Revis’ a World Without You Yuli Astuti, Amelia; Haifa, Fadhilla
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36057/jips.v8i3.706

Abstract

The title of this research is “The Struggle Of Hallucination As Seen In Beth Revis’ A World Without You”. This thesis focuses on personality, external conflict, and hallucinations experienced by Bo as in the novel A World Without You. This research uses descriptive qualitative as a method in this final assignment, because the data are in the form of words and sentences written in the novel and analyzed descriptively. The data was obtained by the researcher by reading and writing sentences intensively and collecting several references from several books and dictionaries related to the subject matter and searching for information from the internet to support the research. The results of this study show the personality that occurs in Bo's life as a human being who has different personalities. External conflict occurs because Bo interacts with the people around him. Bo's hallucinations towards this make him and his family treated differently and it is difficult to accept the fact that his lover is no longer there.
The Twisted Personality Development as Reflected in Stephen King’s Carrie Novel Helmita, Helmita; Rezky Mahesa, Salsabila
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36057/jips.v8i3.707

Abstract

The character of Carrie and the elements that shape her character are the primary foci of the thesis. Carl Jung's theory of personality, which delves into archetypes like Persona and Shadow, is utilized in this thesis to get insight into Carrie's mind. This study makes use of a descriptive and qualitative approach. The research shows that Carrie's devout mother and her classmates, who treat her badly and reject her often, have a significant impact on her personality. Then, her character quirks start to take shape and become apparent. 1) Carrie is calm and careful around her friends, and she follows her mother's orders to the letter. She exudes all of these qualities in her manner. Character traits are shaped by the influences of one's immediate social circle and the environment in which one grows up. 2) Carrie's shadow is defined by defiance, rage, retaliation, bodily harm, and acts of violence. Shadow arises from her insecurities and the overwhelming presence of bullies and ridicule, which prevent her from appreciating her own great characteristics. Both of these phases in Carrie's life have been caused by her immense desire to transform her life into the life she wishes it could be. Whenever Carrie fails to achieve her lifelong objective, her self-esteem starts to deteriorate.
Analysis The Power of Love in Rachel Ward’s Novel Numbers Amirudin, Andy; Dohude, Pasniat
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36057/jips.v8i3.708

Abstract

The title of this research is "Analysis of the Power of Love in Rachel Ward's Novel Numbers". This research problem focuses on personality, the power of love, and the external conflict experienced by Jemma as reflected in the novel Numbers. The technique used in this research is literature. To obtain certain data by searching and collecting several books related to magical analysis of personality, the power of love, and external conflict in a literary work. By quoting sentences or words that show personality characteristics, the power of love, and external conflicts and then describing them. Personality According to Sigmund Freud includes three parts, namely Id, Ego, and Superego. This happens because Jemma lives as a human who has a different personality. The power of love occurs because the human characters in the novel interact with other humans, giving rise to feelings of joy, care, responsibility, sexual feelings. External conflict is divided into two, namely conflict between a person and another person, a person and a group and also a conflict between a person and his country. External conflict occurs because Jemma integrates with other humans, causing conflict between Jemma and other people, while Jemma's conflict with his country is when there is a bombing at the London which makes them considered terrorists and all the police in their country are looking for them. From this novel, lessons can be learned such as the struggle for life, in life, don't give up even though the obstacles you face are so big. Continue to be good people and always strengthen each other.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 7 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 7 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 5 No 3 (2021): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 2 No 2 (2018): Jurnal ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 1 No 2 (2017): Jurnal ilmiah Pendidikan Scholastic Vol 1 No 1 (2017): Jurnal ilmiah Pendidikan Scholastic More Issue