cover
Contact Name
Muhammad Amran
Contact Email
neysaamran@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ilhambakhtiar86@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
ISSN : 25974424     EISSN : 25974440     DOI : -
Core Subject : Education,
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan September yang sebelumnya dua kali. JIKAP PGSD dikelola oleh Prodi PGSD Kampus VI UNM Bone.
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2025): Mei" : 23 Documents clear
Pengembangan Media E-Book Infografis Materi Keragaman Budaya Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekarwati, Dewi; Widodo, Susilo Tri
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 2 (2025): Mei
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i2.71214

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang inovatif berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dalam materi keragaman budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media e-book infografis sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan mengacu pada delapan tahap model Borg and Gall. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan hasil pretest serta posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media e-book infografis yang dikembangkan menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik, dengan persentase kelayakan 91,6% dari ahli media dan 84,4% dari ahli materi. Pengujian keefektifan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 serta N-Gain sebesar 0,6979 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa media e-book infografis layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada materi keragaman budaya Indonesia.
Hubungan KSE dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Gugus Pattimura Angelina, Tia; Tyas, Dewi Nilam
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 2 (2025): Mei
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i2.73460

Abstract

Abstrak : Kompetensi sosial emosional (KSE) dan disiplin belajar sangat penting untuk diterapkan di sekolah karena merupakan salah satu faktor dalam meningkatkan hasil belajar. KSE merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan yang dimilikinya, sedangkan disiplin belajar mencerminkan kepribadian siswa dalam konsistensi dan keteraturan dalam proses belajar. Penelitian ini menganalisis hubungan antara KSE, disiplin belajar, dan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Gugus Pattimura Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat diketahui bahwa hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai koefisien korelasi (r) = 0,778 dimana nilai tersebut dapat menjelaskan adanya hubungan positif yang signifikan, nilai r hitung yang berada pada rentang 0,61-0,80 menunjukkan adanya hubungan korelasi yang kuat dengan taraf substansial 5% diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dari hasil analisis uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara KSE dan disiplin belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Kabupaten Demak.  Kata kunci : KSE, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Abstrak: Kompetensi sosial emosional (KSE) dan disiplin belajar sangat penting untuk diterapkan di sekolah karena merupakan salah satu faktor dalam meningkatkan hasil belajar. KSE merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya sedangkan disiplin belajar mencerminkan kepribadian siswa dalam hal konsistensi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menganalisis hubungan antara KSE, disiplin belajar, dan hasil belajar pada siswa kelas IV di SDN Gugus Pattimura Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat diketahui bahwa hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai koefisien korelasi (r) = 0,778 dimana nilai ini dapat menjelaskan adanya hubungan positif yang signifikan, nilai r hitung yang berada pada rentang 0,61-0,80 menunjukkan hubungan korelasi yang kuat dengan taraf substansial 5% memperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil analisis uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara KSE dan disiplin belajar terhadap hasil belajar bahasa siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Kabupaten Demak. Kata Kunci: KSE, disiplin belajar, dan hasil belajar.
Pengembangan Media Monopoli Cerita Untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Rahmawati, Faisa Emi; Yulianto, Sigit
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 2 (2025): Mei
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i2.71583

Abstract

Minimnya media pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan serta keefektifan media Monopoli Cerita dalam meningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya materi unsur intrinsik cerita. Metode yang digunakan pada studi ini yaitu Research and Devoplment (RnD) dengan menggunakan model Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, penyebaran angket serta pretest dan posttest.Hasil dari penelitian mengindikasikan bahwa Media Monopoli Cerita sangat layak untuk meningkatkan hasil belajar dengan penilaian dari ahli media 95%, ahli materi 94% ,angket tanggapan guru 93,75% dan angket tanggapan siswa 95%. Media Monopoli Cerita juga efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan rata-rata pretest 51% dan postest 84%, hasil uji t-test menunjukkan 0,000,serta hasil uji N-Gain sebesar 0,6748 dengan kriteria sedang. Dengan demikian, media Monopoli Cerita efektif untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia (materi unsur intrinsik cerita) siswa kelas V SD Negeri 3 Ringinpitu Grobogan.
Keefektifan Make a Match dan Flashcard untuk Perkembangan Psikomotorik dan Konsentrasi Menulis Permulaan Saviola, Bunga; SB, Nugraheti Sismulyasih
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 2 (2025): Mei
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i2.70570

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas model make a match dengan media flashcard pada kegiatan menulis permulaan di kelas 1 SD. Latar belakang masalah dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 61,5% siswa belum menguasai penggunaan huruf  dengan lengkap dan tanda baca, serta 42,3% belum tepat menggunakan huruf kapital. Menggunakan metode kuantitatif  eksperimen dengan desain quasi eksperimen, penelitian ini menerapkan   sampling purposive dan analisis t-test. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk   membuktikkan efektif tidaknya model pembelajaran make a match untuk mengembangkan motorik halus, melatih konsentrasi, dan meningkatkan   keterampilan menulis permulaan. Hasil menunjukkan model pembelajaran   tersebut memberikan pengaruh signifikan dalam kategori tinggi untuk  meningkatkan motorik halus dan konsentrasi siswa untuk keterampilan menulis permulaan. 
PENGEMBANGAN MAGIC BOX TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD Karimah, Alfiyyatu Nur; Budi Susilo, Tri Achmad Ashmad; Rahmawati, Ery
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 2 (2025): Mei
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i2.72107

Abstract

Pancasila Education is essential in cultivating students’ social attitudes, including cooperation and tolerance. However, the initial observations at SDN Sidokare 3 revealed that some students didn’t entirely embody these attitudes. Consequently, there is a pressing need for innovative educational media to improve student engagement and comprehension. This research seeks to assess the pedagogical viability of the Magic Box learning media within Pancasila Education for fourth-grade students, focusing on the topic “Attitudes and Behaviors Reflecting Pancasila Practice in Community Life,” evaluates the influence of the Magic Box on students’ social attitudes, specifically cooperation and tolerance, and its efficacy in enhancing learning outcomes. The resealrch method employed is Resealrch alnd Development (R &D), balsed on the ALDDIE fralmework. The medial received al highly vallid ralting of 96.9% from medial professionalls alnd 96% from malteriall speciallists. Observaltions demonstralte thalt the Malgic Box significalntly enhalnces cooperaltion alnd toleralnce, with aln 88% ralte. The N-galin study shows thalt lealrning outcomes, included als al high caltegory, halve improved by 0.75%. In conclusion, the Malgic Box hals been confirmed als effective alnd suitalble for alpplicaltion in Palncalsilal Educaltion.
Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Interaktif Berbasis Qr-code Menggunakan Model Make a Match Untuk Peningkatan Hasil Belajar Majas Personifikasi Kelas IV Aldha, Cindy Febrianti Puspitasari; Yulianto, Sigit
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 2 (2025): Mei
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i2.71406

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar majas  personifikasi di kelas IV SD Negeri Wonosari 03, yang disebabkan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan belum optimalnya pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengdaptasi model Borg and Gall yang dimodifikasi sugiyono dari 10 tahapan peneliti hanya menggunakan 8 tahapan saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini layak berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi sebesar 91% tanggapan guru 95%, dan tanggapan siswa 96%. Efektivitas  media pembelajaran dibuktikan melalui uji signifikasi yang menunjukkan nilai 0,001 > 0,005 dengan peningkatan rata-rata dari pretest 44,7 menjadi 87,4 pada  posttest. Hasil uji N-Gain mencapai 78,69% yang termasuk dalam kategori tinggi, membuktikan bahwa media flashcard interaktif berbasis Qr-code dengan model make a match efektif meningkatkan hasil belajar majas personifikasi.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MULTILITERASI UNTUK SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR Dina, Alifia Marsha; Regina, Belinda Dewi; Muzzaki, Abdurrohman
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 2 (2025): Mei
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i2.72287

Abstract

Language is one of the tools of knowledge. The highest competency that is mastered in forming language skills is the ability to read. However, in reality at Ampeldento 01 Karangploso Elementary School it is still found that students' reading comprehension skills are very low, especially in grade 4 students. The purpose of this study was to improve the reading comprehension skills of 4th grade students of SDN Ampeldento 01 Karangploso by applying the multiliteracy model of reading comprehension through picture stories. The research method used was Classroom Action Research (PTK). The research model used is the John Elliot model which is carried out in 2 stages. The data collection techniques used were observation, interview, and questionnaire distribution through the evaluation test results of 28 students. The results obtained showed an increase in the teacher's ability to improve students' abilities by using the multiliteracy model. The results of the study concluded a significant increase with very good quality in Indonesian learning outcomes with main idea material. This can be proven from the average results of students where in cycle 1 shows that the average value of students only reaches 61.5 so that it is still categorized as sufficient, with a percentage of student completeness of 39% this condition indicates that the learning strategy in the first cycle is not fully effective and still needs guidance in improving student learning outcomes. Whereas in cycle 2 the average score of students only reached 85 so that it could be categorized as very good, with a percentage of student completeness of 89%, this condition indicates that the learning strategy in the second cycle was very good and could improve students' understanding when looking for main ideas in reading. In addition, it can also improve students' reading skills, especially at grade 4 elementary school level.
Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Bahan Bacaan terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas XI SMA Negeri Se-Kotamadya Makassar Amir, Djohar; Dalle, Ambo; Syamudduha, Syamudduha; Bakri, Bakri
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 2 (2025): Mei
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i2.72602

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh lingkungan keluarga dan bahan bacaan terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas XI SMA Negeri se-Kotamadya Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Makassar, SMA Negeri 21 Makassar, dan SMA Negeri 17 Makassar. Sampel penelitian ini yakni, 36 siswa dari SMA Negeri 5 Makassar, 36 siswa dari SMA Negeri 21 Makassar, dan 36 Siswa dari SMA Negeri 17 Makassar. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu lingkungan keluarga dan bahan bacaan. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan literasi membaca siswa di SMA Negeri 5 Makassar, SMA Negeri 21 Makassar, dan SMA Negeri 17 Makassar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan dua macam statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini yakni: 1) Lingkungan keluarga memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi membaca siswa di SMA Negeri 5 Makassar, SMA Negeri 21 Makassar, dan SMA Negeri 17 Makassar. 2) Bahan bacaan memiliki kontribusi signifikan terhadap literasi membaca siswa SMA Negeri 5 Makassar, SMA Negeri 21 Makassar, dan SMA Negeri 17 Makassar. 
Pengembangan Media Kartu Unoya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN 1 Gumelar Fitria, Sekar Dita; Putra, Galih Mahardika Christian
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 2 (2025): Mei
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i2.70869

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menilai efektivitas media pembelajaran Kartu Unoya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model Borg & Gall. Data dikumpulkan melalui tes (pretest dan posttest), wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, T-test, dan N-Gain untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Kartu Unoya layak digunakan berdasarkan validasi dari ahli media (88%) dan ahli materi (95%). Uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan nilai N-Gain kelompok kecil sebesar 0,5931 dan kelompok besar sebesar 0,5837, keduanya dalam kriteria sedang. Hasil uji T-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) < 0,05, yang berarti Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Kartu Unoya efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS.
PENERAPAN MEDIA PERMAINAN LUDO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS 3 DI SDK WOLOWIO Soro, Viorentina Meo; Awe, Ermelinda Yosefa; Wau, Maria Patrisia; Noge, Maria Desidaria
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 2 (2025): Mei
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i2.71356

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas III SDK Wolowio melalui media permainan ludo. Permasalahan yang dihadapi adalah kesulitan siswa dalam memahami konsep numerasi, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih menarik dan interaktif. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa, dengan metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan numerasi siswa. Pada siklus I, skor rata-rata siswa adalah 57,5% dengan ketuntasan 20%, sementara pada siklus II, skor rata-rata meningkat menjadi 76,25% dan ketuntasan klasikal mencapai 80%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa media permainan ludo dapat membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan efektif, serta membantu siswa memahami konsep numerasi dengan cara yang menyenangkan dan interaktif

Page 1 of 3 | Total Record : 23