cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Instructional Development Journal
ISSN : 26571536     EISSN : 26861267     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2025): IDJ" : 25 Documents clear
Melampaui Tradisi: Pendekatan Kontemporer terhadap Pendidikan Terpadu di Pesantren Mahendra, Muhammad Zuhri; Aimah, Siti; Khaudli, Imam; Maulidah, Nuzula Indana
Instructional Development Journal Vol 8, No 1 (2025): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v8i1.30511

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis pendekatan kontemporer terhadap pendidikan terpadu di pesantren. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori milles dan hubarman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi menerapkan sistem pendidikan terpadu yakni penggabungan antara sistem pendidikan salaf dan modern dengan menggunakan beberapa langkah yaitu: Penggunaan Teknologi Digital untuk Peningkatan Akses dan Kualitas Pendidikan melalui adanya BLK (Balai Latihan Kerja), Sistem Pembayaran terpadu menggunakan virtual account, saluran pengajian menggunakan TV diberbagai asrama; pendekatan multikultural dalam pengajaran dengan menerapkan kurikulum multikultural diantaranya terwujud pada kegiatan bahtsul masaail; dan Inovasi Metode Evaluasi Pendidikan dalam bentuk: program evaluasi pengajian kitab ihya’ dan tafsir melalui program LTIT (Lajnah Taftis Ihya’ dan Tafsir) dan juga pengadaan program Evaluasi Akhir Tahun (EAT).
Inovasi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Model Pembelajaran “Hand on Learning” di SMP Muhammadiyah 8 Wonongiri Maradon, Permai Dwiki; Ali, Mohamad
Instructional Development Journal Vol 8, No 1 (2025): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v8i1.36055

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inovasi yang telah dilakukan oleh kepala sekolah dalam menerapkan model pembelajaran hand on learning di SMP Muhammadiyah 8 Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara. Observasi dilakukan langsung di sekolah dengan melakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran peserta didik yang sedang berjalan, kemudian wawancara dilakukan kepada kepala sekolah serta para guru yang terlibat dalam proses pembelajaran peserta didik. Hasil penelitian yang didapat menjelaskan bahwa model pembelajaran yang diterapkan di sekolah tersebut kebanyakan masih berupa model klasikal yaitu pembelajaran di kelas dengan lebih banyak teori daripada praktik yang kemudian dirasa tidak efektif karena peserta didik kurang mampu menggali pengalaman dalam pembelajaran dimana hal tersebut lebih mudah didapat ketika dipraktikkan secara langsung. Maka dari itu, muncul ide dan inovasi kepala sekolah sebagai pemimpin atau leader di sekolah tersebut untuk segera merealisasikan terobosan baru dalam mengembangkan model pembelajaran agar lebih efektif serta dapat diterima dan dipahami oleh peserta didik. Inovasi tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran hand on learning yang mana dalam realisasinnya dinilai sudah cukup efektif sehingga mampu untuk meningkatkan kualitas  sekolah menjadi jauh lebih baik.
Kepemimpinan Visioner dalam Transformasi Universitas Islam Murtaja, Ahmad Faqih Badrul; Aimah, Siti; Khaudli, M. Imam
Instructional Development Journal Vol 8, No 1 (2025): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v8i1.30503

Abstract

Tujuan dari studi ini yaitu untuk menganalisis peran kepemimpinan visioner dalam transformasi yang sedang berlangsung di Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumen yang menguatkan. Adapun validasi datanya menggunakan triangulasi dan analisis datanya menggunakan interaktif tiga model milik Miles and Huberman yakni reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa Kyai Abdul Hamid Wahid sebagai rektor Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo menerapkan kepemimpinan visioner dengan mengunakan 4 peran meliputi 1) penentu arah 2) pelatih dan pembimbing 3) agen perubahan 4) juru bicara. Kyai Abdul Hamid Wahid melakukan tranformasi kelembagaan dimulai dengan Visi dan misi, struktur organisasi, sytem keuangan, kultur kampus, sarana dan prasarana dengan sangat cepat, dengan menempatkan orang yang tepat pada posisi yang yang tepat, sehingga dapat mewujudkan output (lulusan) mahasiswa yang berkualitas, berkompoten dan daya saing global. dengan tidak harus melepas identitas sebagai pendidikan Islam berwatak rabbani dan untuk menjadi perguruan tinggi Islam yang unggul dan dikenal dunia.
Analisis Kebijakan Program Menghafal Hadits di MTs Asnawiyah dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Resmi, Mega Mesra; Khasanah, Nur; Khadijah, Khadijah; Syarif, Marhamah
Instructional Development Journal Vol 8, No 1 (2025): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v8i1.35510

Abstract

This study aims to analyze the policy of the hadith memorization program at MTs Asnawiyah, Bogor, in shaping the religious character of students. The research method used is quantitative with a simple linear regression approach. Data was collected through a questionnaire questionnaire with a Likert scale of 1-5, which was distributed to 20 students as respondents. The independent variable in this study is the policy of the hadith memorization program, while the bound variable is the religious character of the students. The results of the analysis showed that there was a positive relationship between the policy of the hadith memorization program and the formation of students' religious character, with a regression coefficient of 0,65. This shows that every improvement in the implementation of the hadith memorization program policy contributes by 65% to the improvement of students' religious character. In addition, the significance value obtained is below 0.05, which indicates that the relationship is statistically significant. Based on these findings, it can be concluded that the hadith memorization program at MTs Asnawiyah, Bogor, is effective in shaping the religious character of students. Therefore, it is recommended that this policy continue to be improved, by paying attention to aspects of teacher training, supporting facilities, and student motivation in memorizing hadiths.
Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Boyolali Akbar, Muhammad Ilham; Abidin, Zaenal
Instructional Development Journal Vol 8, No 1 (2025): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v8i1.36317

Abstract

Upaya buat meningkatkan kualitas pendidikan pada suatu lembaga pendidikan dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dalam memenejemen kepemimpinannya agar efektif. Berkembang atau tidaknya suatu lembaga pendidikan tidak terlepas dengan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah, karena kepala sekolah memiliki peran yang sentral beserta menjadi penggerak dalam melakukan perubahan. Agar lembaga pendidikan dapata bersaing, seorang kepala madrasah diwajibkan memiliki komitmen dalam menjalankan tugasnya dalam melakukan perubahan beserta mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Tujuan pengkajian ini guna melihat beserta memahami bagaimana upaya dan tantangan dari pihak madrasah terutama kepala Madrasah dalam pengembangkan peningkatan kualitas terutama kulaitas pendidikan yang ada di Masrasah Tsanawiyah Negeri 9 Boyolali. Jenis pengkajian ini berupa jenis studi lapangan (field research) yang di tulis beserta dijelaskan menggunakan pendekatan kualitatif tepatnya deskriptif kualitatif. Dengan pengumpulan beserta analisis data yang cukup dihasilkan hasil penelitian: 1) Menggunakan upaya dengan meningkatkan kemampuan keprofesionalan guru yang mengajar di MTs Negeri 9 Boyolali, 2) Meningkatkan kualitas pembelajaran dari segi media, metode hingga materi pembelajaran yang dibuat lebih menarik, 3) Upaya mengenai penambahan beserta perbaikan sarana pra sarana yang ada di MTs Negeri 9 Boyolali, 4) Membangun interaksi dengan lingkungan sekitar sehingga dapat berhubungan baik beserta membantu satu sama lain. Dengan tantantang yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Negeri 9 Boyolali adalah rendahnya mototivasi belajar kepada siswa.
Peran Nature Leadership dalam Membangun Keunggulan Kompetitif Pendidikan Madrasah Diniyyah Arwani, Muhammad Ma'ruf; Rofiq, Ainur; Wafa, Ali; Aimah, Siti; Labibah, Amiroh Su’da
Instructional Development Journal Vol 8, No 1 (2025): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v8i1.30356

Abstract

This study aims to analyze the nature of leadership in building competitive advantages in Madrasah Diniyyah Educational Institutions with the aim of winning competition between institutions. The research location was conducted at the Madrasah Diniyyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi educational institution. A qualitative case study approach was used to uncover the phenomena that occurred in the field. Interviews, observations and documentation were used as media to collect data. Data analysis was carried out through data reduction, data display, and drawing conclusions. The results of the study indicate that the institution uses nature leadership in building competitive advantages through precise and effective strategies. Strengthening commitment, work ethic, vertical efforts and strengthening partnerships are effective strategies for leaders in leading their organizations. This study provides implications about the importance of competence, skills and other complementary aspects that must be possessed by a leader in managing their organization in order to be the best of several competitors.
Inovasi Pembelajaran Al-Islam di SMK Muhammadiyah Lebaksiu: Integrasi Quizizz sebagai Media Interaktif Pratama, Averoes Aditya; Wage, Wage; Sriyanto, Sriyanto
Instructional Development Journal Vol 8, No 1 (2025): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v8i1.34199

Abstract

Percepatan perkembangan teknologi saat ini telah memasuki segala bidang di kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Di bidang pendidikan, teknologi turut berperan aktif dengan adanya kecerdasan buatan atau yang dikenal dengan Artificial Intellegence (AI). Banyakna jenis AI ini, salah yang digunakan sebagai media pembelajaran adalah Quizizz AI yang sebagaimana telah diterapkan di SMK MUHAMMADIYAH LEBAKSIU. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar, kata-kata disusun dalam kalimat. Jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Quizizz AI dapat dijadikan media pembelajaran yang memberikan kemudahan untuk pendidik dalam melakukan penilaian serta memberikan inovasi pembelajaran. Dengan tersedianya fasilitas fitur-fitur yang terdapat dalam Quizizz AI, dapat meningkatkan kemampuan peserta didik.
Strategi Manajemen Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di SD Budimulia Muhammadiyah Adiwerna Azizah, Nur Azizah; ibnu hasan, ibnu hasan; Darodjat, Darodjat
Instructional Development Journal Vol 8, No 1 (2025): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v8i1.35899

Abstract

: SD Budi Mulia Muhammadiyah Adiwerna is a private school in Tegal Regency which has started implementing an inclusive education program. In carrying out this program, of course there are special strategies to optimize the inclusive education program. So this research was conducted to find out the strategies used br SD Budi Mulia Muhammadiyah in implementing the inclusive education program. This reseache uses qualitative field reseaech methode. Where this research used interview techniques eith subjects : 1 principal, 1 deputy principal, 2 shadow teachers and 1 parent of SD Budi Mulia Muhammadiyah Adiwerna. The result of this research state that there are four strategies implemented by Budi Mulia Muhammadiyah Elementary School, namely the Taman Bumimu approach, HR empowerment, learning methods and parent approach strategies.
Implementation of SWOT in Improving the Image of Islamic Boarding Schools at the Islamic Boarding School Supriyyadi, Supriyyadi; Nadir, Mirhabun; Ikhwan, M. Bisri
Instructional Development Journal Vol 8, No 1 (2025): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v8i1.30459

Abstract

Abstract: Darussalam Islamic Boarding School Blokagung Banyuwangi, as a traditional Islamic educational institution, faces the challenge of competitiveness in the modern era. SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) analysis is a relevant tool in viewing the position of Islamic boarding schools in this context. This study aims to investigate the potential and obstacles of Islamic boarding schools in increasing their competitiveness. This research uses a qualitative approach with data collection techniques through interviews and observation. Data analysis in this research uses the Milles and Huberman analysis model including data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results show that the SWOT analysis at the Darussalam Ponpes Blokagung Banyuwangi was carried out by exploring information related to the analysis of needs, opportunities, challenges and weaknesses in the Ponpes. Information was gathered through stakeholders in the Pope, such as kyai as Islamic boarding school leaders, managers (caretakers and teachers, dormitory supervisors, asatidz councils, students and related parties such as administration, student guardians, etc. The potential power to support campus development is the heritage element culture, religious education, infrastructure, social networks. The weaknesses include: limited resources, modern skills.
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMK Negeri 6 Surakarta Hidayati, Anisa Fadilah; Azani, Mohammad Zakki
Instructional Development Journal Vol 8, No 1 (2025): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v8i1.35998

Abstract

: Salah satu permasalahan yang terjadi pada masa sekarang ini adalah banyaknya remaja yang kurang terkontrol. Pada masa sekarang ini merupakan masa yang sangat rentan terjadi perbuatan menyimpang serta kenakalan yang terjadi di kalangan remaja mengakibatkan kurangnya kesadaran akan pentingnya akhlak dan budi pekerti. Oleh sebab itu untuk meminimalisir kenakalan yang terjadi dikalangan remaja maka perlu penguatan keyakinan serta penanaman kembali ajaran-ajaran agama. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana guru PAI membentuk akhlak siswa dan bagaimana siswa menghadapi kesulitan menerapkan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang dilangsungkan pada penelitian ini yakni penelitian lapangan. Penelitian lapangan (field research) yakni sebuah penelitian dilangsungkan dengan tersistem dengan data diangkat dari sumber lapangan yang ada. Guru PAI di SMK Negeri 6 Surakarta memiliki peran yang sangat strategis karena mereka bukan hanya mengajarkan mata pelajaran agama tetapi juga berfungsi sebagai contoh dan inspirasi bagi siswa untuk menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Guru PAI memiliki peran penting dalam menciptakan generasi yang tidak hanya memiliki kecerdasan kognitif tetapi juga memiliki akhlak yang mulia untuk menghadapi tantangan zaman.

Page 1 of 3 | Total Record : 25