cover
Contact Name
Hasbullah
Contact Email
hasbullah@uinbanten.ac.id
Phone
+6287771350333
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jalan Jend. Sudirman No. 30. Telp (0254) 200323 Serang–Banten
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Geneologi PAI : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam
ISSN : 24074616     EISSN : 26543575     DOI : -
Core Subject : Education,
Geneologi PAI, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN “SMH” Banten.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2025): Juni 2025" : 12 Documents clear
Innovative Approaches in Islamic Education: Imre Lakatos' Methodological Paradigm and Its Implications Mandar, Yasri; Putri, Musdalipah; Lutan Hidayah, Ahwil; Hidayat, Yusron; Nida, Sofwatun
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 12 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v12i1.10748

Abstract

Along with the development of the times, human knowledge is increasingly developing so that branches of Islamic education science are born. The progress of the times is also inseparable from the birth of new complex problems, especially in Islamic education. this requires multidisciplinary science to be able to formulate innovative solutions with the Imre Lakatos paradigm and its implications in Islamic education. This research uses qualitative methods (library research). The data used is from Primary and secondary sources generated from several literatures and the presentation of data presented in the form of descriptive . Then, this research aims to explain the paradigm of Imre Lakatos' thinking methodology. In the research program methodology Imre Lakatos says that knowledge is sustainable and the core of his thinking is hard core, protectives-belt, and a series of theory. Lakatos' research program uses the heoristic method. Its relevance to Islamic education lies in the Qur'an and Sunnah which are the core of Islamic understanding serving as the main pillars on which Islamic studies are built. Both are known as protective belts because they have absolute quality and can be understood in various scientific contexts.
ANALISIS PEMBINAAN DISIPLIN BELAJAR DAN PERILAKU SOSIAL ANAK DALAM KELAS Condro Ayu Nur Ilmiah; Fathoni Sujada, Abdullah; Ula Dzakiyyah, Hanifah; Syafi'i, Imam; Azhari, Saefullah
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 12 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v12i1.11330

Abstract

Pembangunan disiplin belajar dan perilaku sosial anak di sekolah dasar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik dan kemampuan bersosialisasi. Penelitian kualitatif berbasis literatur ini mengungkap bahwa disiplin belajar dapat dibentuk melalui rutinitas terstruktur (jadwal harian), sistem hadiah dan konsekuensi konsisten (pujian/sanksi edukatif), serta keteladanan guru dalam sikap dan manajemen waktu. Sementara itu, perilaku sosial siswa berkembang optimal melalui kegiatan kelompok (diskusi, proyek kolaboratif) dan refleksi nilai empati seperti berbagi cerita inspiratif. Kendala utama meliputi ketidakselarasan aturan sekolah dengan pola asuh di rumah (misal: perbedaan aturan penggunaan gadget) dan kurangnya pelatihan guru dalam manajemen konflik serta motivasi intrinsik siswa. Solusinya memerlukan integrasi pendekatan struktural (aturan jelas) dan kultural (penguatan nilai), serta kolaborasi antara guru, orang tua, dan psikolog sekolah. Implikasi praktis mencakup pelatihan guru tentang teknik motivasi berbasis proses belajar dan resolusi konflik, serta edukasi orang tua untuk menyelaraskan nilai pengasuhan dengan sekolah. Bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI), temuan ini relevan karena strategi tersebut sejalan dengan tujuan pendidikan Islam dalam membentuk akhlak mulia (disiplin, empati, kerja sama) melalui keseimbangan syariat dan internalisasi moral, serta menegaskan peran guru sebagai teladan yang mengintegrasikan ilmu dan adab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis sumber tertulis terpercaya seperti buku, jurnal, dan dokumen akademik.
Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Rambutan Datuzuhriah, Ifa; Syifaurrahmah, Sabrina; Harto, Kasinyo; Suryana, Ermis
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 12 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v12i1.11347

Abstract

Teori konstruktivistik menekankan bahwa pengetahuan tidak hanya diterima secara pasif, melainkan dibangun secara aktif oleh individu melalui interaksi dengan lingkungan dan pengalamannya. Penerapan teori konstruktivistik dalam pembelajaran PAI dinilai relevan karena menekankan peran aktif peserta didik dalam membangun pengetahuan dan pemahaman agama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait teori konstruktivistik, kelebihan dan kekurangan, serta implikasinya dalam pembelajaran PAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui data non-numerik, seperti wawancara, observasi, dan analisis dokumen kemudian dikaji dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teori konstruktivistik adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang menekankan bahwa pengetahuan bukan hanya ditransfer dari guru ke peserta didik, tetapi dibangun secara aktif oleh peserta didik sendiri melalui pengalaman dan interaksi. Adapun implikasi dari teori konstruktivistik, yaitu pembelajaran berpusat pada peserta didik, penggunaan berbagai sumber belajar, pembelajaran kontekstual dan berbasis pengalaman, penilaian menjadi lebih holistik, dan pembelajaran kolaboratif dimana guru dapat menggabungkan pembelajaran dengan berbagai hal, seperti penggabungan pembelajaran dengan teknologi. Penerapan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berpotensi mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui analisis dan interpretasi informasi, bukan sekadar penerimaan pasif.  Hal ini juga meningkatkan kemampuan pemecahan masalah berbasis pengalaman dan konteks kehidupan sehari-hari, termasuk konteks keagamaan.  Lebih lanjut, pendekatan ini mendorong kemandirian belajar, keterampilan sosial dan kolaborasi, serta pemahaman agama yang mendalam dan bermakna melalui pengalaman dan refleksi.  Akibatnya, siswa dapat mengembangkan sikap religius positif seperti tanggung jawab, empati, dan kepedulian.
INOVASI PEMBELAJARAN ILMU TAFSIR BERBASIS GOOGLE SITES Robiatul Adawiyah; Dwirahayu, Gelar; Ridholloh
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 12 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v12i1.11370

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji validitas dari inovasi pembelajaran ilmu tafsir berbasis Google Sites pada materi asbābun nuzūl. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE. Data penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari angket uji kelayakan media pembelajaran oleh  ahli dan respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dengan menggunakan skala likert. Uji coba dilakukan dalam skala kecil dengan melibatkan 5 peserta didik kelas XI SMA IT Baitul Qurro sebagai sampel penelitian. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran tafsir pada media pembelajaran berbasis Google Sites dikategorikan valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan presentasi dari ahli sebesar 100% yang dikategorikan valid dan respon peserta didik  memperoleh nilai rata-rata sebesar 93% dari total responden. Sehingga inovasi pembelajaran ilmu tafsir berbasis Google Sites ini dapat dikatakan valid dan dapat menjadi alternatif atau solusi dalam membantu menciptakan pembelajaran yang menarik dan efektif yang selaras dengan tuntutan pendidikan Islam di era digital.
PERAN PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAN ADAB SISWA SD 46 BANDA ACEH Nur Azizah, Herwi Risma; Ramli
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 12 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v12i1.11376

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter dan adab siswa di SDN 46 Banda Aceh. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan guru, kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI memiliki kontribusi penting dalam menanamkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, sopan santun, disiplin, saling menghormati dan tanggung jawab. Guru berperan aktif tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing moral dan sikap teladan. Sekolah turut mendukung melalui program keagamaan seperti shalat dhuha, pembacaan yasin, dan Gema Islami. Meskipun demikian, pembelajaran PAI menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu, motivasi siswa yang rendah, serta kurangnya keterlibatan orang tua. Oleh karena itu, kolaborasi antara guru, sekolah, dan orang tua sangat diperlukan guna memaksimalkan pembentukan karakter siswa secara holistik dan mampu membentuk pribadi siswa yang berakhlak mulia.
Strategi Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Karakter Islami di SMA MTA Surakarta Ummu Azka Amalia; Dartim
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 12 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v12i1.11394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen kesiswaan dalam pembentukan karakter Islami peserta didik di SMA MTA Surakarta. Fokus utama kajian ini adalah bagaimana sekolah berbasis Islam menerapkan program dan pendekatan yang efektif dalam membentuk karakter siswa yang berpedoman pada ajaran Al-Qur’an dan Sunnah. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara langsung serta telaah dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa SMA MTA Surakarta memiliki pola manajemen kesiswaan yang sistematis dan terorganisir dengan baik, mencakup perencanaan siswa, orientasi, pembinaan karakter, dan pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler. Berbagai program unggulan seperti pengajian rutin, pembinaan akhlak, tes bakat dan minat, serta kegiatan sosial dan akademik menjadi instrumen penting dalam membentuk karakter Islami siswa. Tantangan era modern yang ditandai dengan perkembangan teknologi dan perubahan sosial direspons oleh sekolah melalui inovasi seperti program Quranic Learning dan entrepreneurship. Dengan strategi tersebut, SMA MTA Surakarta berhasil membangun suasana pendidikan yang dapat memperkuat pembentukan karakter Islami pada siswa.
Evaluasi Pelaksanaan Program Tahfidz dalam Upaya Peningkatan Kapasitas Hafalan Al-Quran Siswa di Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto Heryawan, Shibyan; Darodjat
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 12 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v12i1.11398

Abstract

Program Tahfidz Al-Quran merupakan salah satu upaya strategis untuk mendukung pengembangan kemampuan hafalan siswa di sekolah. Pentingnya evaluasi terhadap efektivitas pelaksanaan program tahfidz, terutama di Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto, menjadi dasar yang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana program tahfidz mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalan Al-Quran peserta didik. Metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi digunakan dalam penelitiaan ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program tahfidz meningkatkan kemampuan menghafal siswa, baik dari segi kualitas bacaan maupun semangat belajar. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan, seperti batas waktu menghafal dan perbedaan dalam kemampuan menghafal siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program tahfidz di Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto berjalan lancar. Namun, untuk mencapai hasil yang lebih baik, perlu dilakukan peningkatan dalam pelaksanaanya.
PENDIDIKAN AQIDAH DALAM KELUARGA SEBAGAI UPAYA PREVENTIF KERAGUAN BERAGAMA ANAK DI ERA KONTEMPORER Family Based Yahya, Salsabila Anandara; Zakiyah; Darodjat
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 12 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v12i1.11451

Abstract

Era digital membawa arus informasi yang sangat cepat dan terbuka, sehingga menimbulkan berbagai tantangan bagi keluarga Muslim dalam menjaga kemurnian aqidah anak-anak. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana keluarga dapat berperan sebagai benteng utama dalam menjaga keimanan anak dari pengaruh pemikiran yang menyimpang dan meragukan (syubhat). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, memanfaatkan berbagai sumber primer seperti kitab salaf, jurnal ilmiah, serta kajian akademik terkait pendidikan aqidah dan tantangan kontemporer. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pemikiran yang tidak sesuai dengan prinsip Islam dapat memengaruhi pola pikir anak jika tidak diimbangi dengan pendidikan agama yang kuat dari keluarga. Pendidikan aqidah yang berbasis nilai-nilai tauhid, penguatan peran orang tua, serta pengawasan terhadap konsumsi media digital menjadi langkah preventif yang efektif dalam menghadapi tantangan zaman. Kajian ini menegaskan bahwa keluarga memiliki posisi strategis dalam menjaga integritas keimanan anak sebagai generasi penerus umat.
METODE PENDIDIKAN RASULULLAH DALAM HADIS SHAHIH: TELAAH TERHADAP HADIS MUSLIM NO. 2581 DAN BUKHARI NO. 347 Al-Ulya, Naila Nafahatus Sahariyah; Hajar, Salwa; Solikhah, Mar'atus; Fardiansyah, Muhammad Fikri; Suyudi, Muhammad
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 12 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v12i1.11488

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode pendidikan islam yang diterapkan oleh Rasulullah saw. sebagaimana tercermin dalam dua hadis shahih, yakni hadis Muslim No. 2581 dan Bukhari No. 347. Latar belakang kajian ini adalah urgensi peneladanan metode pendidikan Nabi dalam membentuk karakter siswa di era modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi pustaka (library research) sebagai teknik utama dalam pengumpulan dan analisis data. Hasil kajian menunjukkan bahwa dalam kedua hadis tersebut, Rasulullah menerapkan prinsip pendidikan berbasis kasih sayang, keteladanan, dan penghormatan terhadap potensi individu. Selain itu, terdapat unsur pembinaan karakter melalui pendekatan yang persuasif dan situasional. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa metode pendidikan Rasulullah bersifat fleksibel, humanis, dan relevan untuk diterapkan dalam konteks pendidikan Islam kontemporer.
PENERAPAN METODE UTSMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN FAIDAHUL’ ALLAM BANI HAMIM Fia Nuraeni
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 12 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v12i1.11595

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskrpsikan penerapan Metode Utsmani dalam meningkatkan  kemampuan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Bani Hamim.  2)  mendeskripsikan Faktor-faktor yang memudahkan dan menghambat penerapan Metode Utsmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an  di Pondok Pesantren Bani Hamim. 3) mendeskripsikan hasil capaian Penerapan  Metode Utsmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Bani Hamim Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan  wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaPenerapan Metode Utsmani Meningkatkan Kemampuan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Faidhul’ Allam Bani Hamim. Dengan hasil capaian metode utsmani menekankan makharij al-huruf serta tajwid yang tepat dengan pengajar harus ditashis terlebih dahulu dan pembelajaran Al-Qur’an ini tidak sembarang orang biasa melakukanya dengan Metode Utsmani ini Penerapan di pondok pesantren Faidhul’Allam Bani Hamim untuk mengetahui keberhasilan Santri menggunakan tes atau evaluasi, yaitu tes kenaikan juz/ jilid.

Page 1 of 2 | Total Record : 12