cover
Contact Name
BERTI ARSYAD
Contact Email
ajamiy@umgo.ac.id
Phone
+6285241468709
Journal Mail Official
bertiarsyad@umgo.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Telaga Biru, Gorontalo, Indonesia
Location
Kab. gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
'A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab
ISSN : 22529926     EISSN : 26572206     DOI : http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy
Core Subject : Education,
'A Jamiy: Arabic Language and Literature Journal (p-issn: 2252-9926 and e-issn: 2657-2206) is a scientific journal that has published scientific papers since 2012. This journal is a Linguistics and Literature journal that is published twice a year in June and September by the Arabic Literature Study Program, Faculty of Cultural Sciences, Muhammadiyah University, Gorontalo. This journal discusses language problems that are examined in the branches of applied linguistics, such as sociolinguistics, discourse analysis, critical discourse analysis, pragmatics, stylistics, corpus linguistics, and others. In the field of literature, it includes literary history, literary theory, literary criticism, and others, which may include written texts, films, and other media. We only accept scholarly papers written in Bahasa Indonesia, Arab and English.
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2025): Kajian Bahasa dan Sastra Arab" : 23 Documents clear
Evaluasi Kurikulum Bahasa Arab Melalui Pendekatan Linguistik Terapan Dalam Pendidikan Mirantika, Mazi Septina; Azis, Yek Amin; Fadli, Adi
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 14, No 1 (2025): Kajian Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31314/ajamiy.14.1.62-74.2025

Abstract

Kajian ini memaparkan penggunaan pendekatan linguistik terapan dalam mengevaluasi kurikulum khususnya pada pembelajaran bahasa Arab di bidang Pendidikan. Linguistik terapan merupakan salah satu contoh dari linguistik khusus dengan memanfaatkan berbagai macam teori, metode, dan temuan linguistik lainnya yang digunakan sebagai alat untuk memecahkan berbagai masalah kebahasaan. Pada kajian ini teknik penelitian yang digunakan ialah deskriptif analitis dengan pengumpulan data yang digunakan berupa studi kepustakaan (Library Research). Berdasarkan analisis data yang dilakukan, ditemukan bahwa objek kajian linguistik terapan berupa spoken language sebagai objek kajian primer dan written language sebagai objek kajian skunder. Hal ini, dipelajari dalam berbagai aspek mencakup fonem (الأصوات) , morfem (الصرف) , sintaksis (النحو) , dan semantik (علم الدلالة) yang perlu ada dalam kurikulum bahasa Arab. Karena itu, perlu adanya evaluasi untuk menilai dan memperbaiki kurikulum yang ada dan sebelumnya melalui dua tahapan sesuai analisis temuan berupa tahap persiapan meliputi; penyusunan Term Of Refrence (TOR), klasifikasi dan try out yang kemudian dilanjutkan ke tahap pelaksanaan meliputi; pengumpulan data, penyusunan dan pengolahan data, penyusunan deskripsi kurikulum hingga penentuan judgment.
Representasi Nilai Moral Tokoh dalam Film ذيب Karya Naji Abu Noar: Kajian Sosiologi Sastra Zahra, Nazliza Radiah; Akmaliyah, Akmaliyah; Solihin, Ihin
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 14, No 1 (2025): Kajian Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31314/ajamiy.14.1.1-15.2025

Abstract

Representasi Merupakan suatu deskripsi yang mencerminkan peristiwa atau kenyataan yang sesungguhnya. Sedangkan Moral adalah batasan pikiran, prinsip, perasaan, ucapan, dan perilaku manusia tentang nilai-nilai baik dan buruk atau benar dan salah. Dalam hal ini maka seseorang dianggap bermoral jika ucapan, prinsip, dan tindakannya dianggap baik dan benar menurut norma-norma yang berlaku di masyarakat tempat ia berada. salah satunya melalui karya sastra, contohnya dialog dari sebuah film. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi nilai moral tokoh dalam film "  ذيب" dengan menggunakan kajian sosiologi sastra. Penelitian ini bersifat deskriptif berbasis data kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah dialog-dialog dari para tokoh pada film " ذيب " yang berkaitan dengan representasi nilai moral menggunakan kajian sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini ialah film "ذيب " yang berdurasi 1 jam 40 menit. Pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film ini merepresentasikan berbagai nilai moral, seperti tanggung jawab, kepedulian sosial, Dermawan, Toleransi, Mandiri, Rasa ingin tahu, Cinta damai, cinta tanah air, dan religius. 
Penerapan Metode Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Peserta Didik MTs Al Hidayah Bulango Timur Hakim, Endah Fazirah; Sarif, Suharia; Yasin, Zohra
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 14, No 1 (2025): Kajian Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31314/ajamiy.14.1.75-85.2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan mufradat peserta didik kelas VII MTs Al Hidayah Bulango Timur setelah menerapkan metode Inside Outside Circle. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik analasis data kualitatif, dimana data yang diperoleh dari hasil observasi dan tes akan dijelaskan serta disimpulkan. Hasil penelitian sebelum diterapkan metode Inside Outside Circle dengan menggunakan soal pre test menunjukkan bahwa penguasaan mufradat peserta didik kelas VII MTs Al Hidayah Bulango Timur masih sangat rendah dan belum memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 73. Peserta didik kelas VII MTs Al Hidayah Bulango Timur yang berjumlah 11 orang belum mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan, dengan hasil persentase ketuntasan yang diperoleh yaitu 0% dan hasil persentase tidak tuntas 100%. Setelah metode Inside Outside Circle di terapkan dalam pembelajaran, penguasaan mufradat peserta didik kelas VII MTs Al Hidayah Bulango Timur meningkat. Pada tahap siklus I, persentase ketuntasan penguasaan peserta didik melalui post test siklus I meningkat, dari 0% meningkat menjadi 45%, persentase nilai tidak tuntas dari 100% mengalami penurunan menjadi 54%. Adapun pada tahap tindakan siklus II, persentase ketuntasan peserta didik dari hasil post test siklus II mengalami peningkatan dari 45% meningkat menjadi 63%, persentase nilai tidak tuntas menurun dari 54% menjadi 36%. Sedangkan pada tahap tindakan siklus III, persentase ketuntasan yang diperoleh meningkat dari 63% menjadi 90%, dan persentase nilai tidak tuntas menurun dari 36% menjadi 9%. Berdasarkan pembahasan diatas, maka dengan menerapkan metode Inside Outside Circle pada pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan penguasaan mufradat peserta didik kelas VII MTs Al Hidayah Bulango Timur
Implikasi Konsep Filsafat Pendidikan Ibnu Sina Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Nata, Dimas Surya; Yusuf, Kamal
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 14, No 1 (2025): Kajian Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31314/ajamiy.14.1.16-29.2025

Abstract

Ibnu Sina merupakan tokoh yang memiliki pengaruh besar dalam khazanah keilmuan Islam, termasuk dalam bidang pendidikan. Pemikirannya menjadi salah satu landasan penting bagi kemajuan dunia pendidikan Islam. Konsep filsafat yang dikembangkan Ibnu Sina tidak lepas dari pengalaman hidupnya dalam mengamalkan ilmu pengetahuan yang luas, yang kemudian ia tuangkan dalam karya tulis dan menjadi sumber utama ilmu pengetahuan. Pengembangan pemikiran pendidikan Islam menjadi krusial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah Islam agar mampu bersaing di tingkat global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi konsep filsafat pendidikan Ibnu Sina dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif, melalui analisis konten dan interpretasi terhadap karya-karya Ibnu Sina. Data dianalisis secara deskriptif-analitis untuk mengidentifikasi konsep filsafat pendidikannya serta mengeksplorasi relevansinya dalam konteks pembelajaran bahasa Arab.
Pendekatan Semantik Terhadap Al-Qur’an Perspektif Toshihiko Izutsu Qotrunnada, Elia; Khairunnisa, Annisa; Aini, Resty Syahrotul
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 14, No 1 (2025): Kajian Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31314/ajamiy.14.1.86-96.2025

Abstract

Fokus penelitian ini terdapat pada pendekatan semantik terhadap Al-Qur’an pada pandangan Toshihiko Izutsu. Dari proses religiusitas dan kontemplasi inilah cara pandang dan berpikir Toshihiko Izutsu terpengaruh. Penelitian ini bertujuan guna mengungkapkan serta  memaparkan pandangan Toshihiko izutsu terhadap Al-Qu’ran dengan pendekatan Semantik. Metode penelitian ini menggunakan dekriptif kualitatif. Sebagai rujukan mengelolah data, metode yang digunakan adalah libray research dan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan Semantik terhadap Al-Qur’an dari pandangan Toshihiko Izutsu terdapat beberapa aspek keterpanduan Konsep Individual semantik perspektif Toshihiko Izutsu, mengungkapkan makna dasar dan makna relasional, konsep Weltanschauung metode Analisis dan penerapan Semantik Toshihiko Izutsu terhadap Al-Quran yang berisi menentukan Kata yang Akan diteliti makna dan konsep didalamnya, mengungkapkan makna dari kata Fokus, serta mengungkapkan histri dari semantik.
Efektivitas Metode Suggestopedia dalam Meningkatkan Maharah Istima' Ismail, Ismail; Taubah, Miftachul; Syarifuddin, Syarifuddin
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 14, No 1 (2025): Kajian Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31314/ajamiy.14.1.30-41.2025

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of suggestopedia method in improving maharah istima' of junior high school students. The research was conducted with a quantitative approach using a one-group pretest-posttest pre-experiment design. Data were collected through observation, interviews with teachers and students, and tests to measure changes in maharah istima' before and after the application of the suggestopedia method. The results of data analysis showed a significant increase in students' maharah istima' ability after the application of the suggestopedia method. Statistical tests showed a significant difference between pretest scores with an average value of 42.24 and posttest 46.56. The findings of this study state that the suggestopedia method is effective in improving students' maharah istima' in Arabic language learning. The implication of this study shows the potential of suggestopedia method as one of the methods that can be adopted to improve Arabic language learning especially maharah istima'.
Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Bersama Native Speaker Lutfiani, Yuni; Nugraha, Dadan; Nandang, Ade
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 14, No 1 (2025): Kajian Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31314/ajamiy.14.1.42-61.2025

Abstract

Penelitian ini membahas tantangan keterbatasan kesempatan bagi mahasiswa untuk berlatih keterampilan berbicara bahasa Arab, dengan menyoroti dosen native speaker sebagai solusi. Menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi dan kuesioner, penelitian ini menganalisis strategi pengajaran dan respons mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan dosen native speaker sangat efektif, terlihat dari antusiasme mahasiswa dan keterlibatan aktif mereka dalam berlatih percakapan bahasa Arab sehari-hari. Data kuesioner menunjukkan tingkat persetujuan yang tinggi dari mahasiswa, dengan 48,6% pada aspek pedagogis dan 60,7% pada aspek linguistik memberikan tanggapan “sangat setuju.” Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dipimpin oleh dosen native speaker berkualitas tinggi, meskipun terdapat keterbatasan dalam penggunaan metode dan media modern. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pengajar bahasa Arab untuk meningkatkan praktik pengajaran serta mempertimbangkan pelibatan dosen native speaker dalam proses pembelajaran.
Presuposisi dalam Meme Arab pada Akun Instagram @mzajeoon (Kajian Pragmatik) Rizalman, Mhd.; Mustari, Mustari
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 14, No 1 (2025): Kajian Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31314/ajamiy.14.1.151-163.2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan jenis presuposisi yang terdapat dalam meme berbahasa Arab pada akun Instagram @mzajeoon. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan presuposisi perspektif George Yule. Adapun data yang digunakan  penelitian ini adalah meme berbentuk kata, frasa, dan kalimat yang disertai gambar, sedangkan sumber data dalam penelitian ini didapat dari akun Instagram @mzajeoon. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode simak bebas libat cakap dan tangkap layar (screenshots) pada meme yang di-upload. Adapun teknik analisis data mengacu pada tahapan analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini terdapat enam jenis presuposisi dalam meme pada akun Instagram @mzajeoon yang ditemukan, meliputi 10 presuposisi eksistensial, 4 presuposisi faktif, 2 presuposisi leksikal, 2 presuposisi struktural, 1 presuposisi non-faktif dan 5 presuposisi konter-faktual.
Enhancing Arabic Vocabulary Learning Outcomes through ‎‎Cooperative Learning Model STAD with Video Media Assistance Rokmana, Intan; Akmansyah, Muhammad; Erlina, Erlina; Koderi, Koderi; Sufian, Muhammad
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 14, No 1 (2025): Kajian Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31314/ajamiy.14.1.97-112.2025

Abstract

This research aims to investigate the planning, implementation, and ‎improvement of Arabic Vocabulary Learning Outcomes through the ‎cooperative learning model of Student Teams Achievement ‎Divisions (STAD) with the assistance of video media for eighth-‎grade students at Junior High School Manzilul Barakah in ‎Pagaralam City. This type of research is classroom action research. ‎Classroom action research is a process undertaken by individuals or ‎groups desiring change in a particular situation, involving planning, ‎implementing, and reflecting, which is expected to solve the ‎encountered problems. The results of the research show that the ‎planning and implementation of learning using the Cooperative ‎Learning model of Student Teams Achievement Divisions (STAD) ‎with the assistance of video media at Manzilul Barakah junior high ‎school show a significant increase in Arabic vocabulary learning ‎outcomes. From the pre-cycle with a completeness of 50%, cycle I ‎increased to 70%, and cycle II reached 80%, showing an average ‎increase of 30%. This method successfully enhances students' ‎understanding, motivation, and cooperation, proving that the ‎integration of technology and well-planned and continuously ‎evaluated cooperative learning methods can improve learning ‎effectiveness.‎
Simbolisme Apokaliptik dalam Surah Al-Ḥāqqah: Pendekatan Semiotika Ferdinand De Saussure terhadap Teks Al-Qur’an Gani, Saida
`A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol 14, No 1 (2025): Kajian Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31314/ajamiy.14.1.%p.2025

Abstract

Surah al-Ḥāqqah merupakan salah satu surah dalam Al-Qur’an yang kaya akan simbol-simbol apokaliptik, menggambarkan hari kiamat secara dramatis dan penuh makna. Kajian terhadap simbolisme ini belum banyak dilakukan dengan pendekatan semiotik, khususnya model Ferdinand de Saussure. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur tanda dalam Surah al-Ḥāqqah melalui relasi penanda (signifier) dan petanda (signified) guna mengungkap makna mendalam dari simbol-simbol eskatologis yang terkandung di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif dengan pendekatan analisis isi terhadap ayat-ayat Surah al-Ḥāqqah, dikaji melalui teori semiotika struktural Saussure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbol-simbol seperti tiupan sangkakala, kehancuran bumi, dan catatan amal memiliki struktur tanda yang saling terkait dan menyampaikan pesan teologis, moral, dan eskatologis secara sistematis. Temuan ini memperkuat urgensi pendekatan linguistik dalam studi tafsir Al-Qur’an serta membuka ruang bagi kajian interdisipliner antara ilmu keislaman dan linguistik.

Page 1 of 3 | Total Record : 23