cover
Contact Name
Veta Lidya Pasaribu
Contact Email
abdimasjurnal.unpam@gmail.com
Phone
+6289649781256
Journal Mail Official
andri.priadi91@gmail.com
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No.1, Pamulang Baru, Kec. Pamulang, Kota Tangerang 15417 Tel / fax : 0858 8011 8922 / 0852 3993 0270
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL ABDIMAS TRIDHARMA MANAJEMEN
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 27157105     EISSN : 2716070X     DOI : DOI: 10.32493/ABMAS
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen : jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei dan September oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Januari tahun 2020. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi. Lingkup Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen adalah Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen -Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang meliputi penelitian pemasaran, sumber daya manusia ,keuangan ,dan Kewirausahaan. Mohon dibaca panduan dengan baik. Penulis yang ingin menyerahkan artikel ke Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen :jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang, harus mematuhi panduan penulisan. Jika artikel yang dikirim tidak sesuai atau ditulis dalam format yang berbeda dengan panduan, maka akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Para editor hanya menerima artikel yang sesuai dengan format yang telah ditetapkan. Artikel ditulis dalam bahasa indonesia. Proses penerimaan, review, dan penerbitan artikel pada Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen sepenuhnya dilakukan melalui open journal system (OJS). Penulis yang akan mengirimkan artikel wajib memperhatikan pedoman penulisan dan menulis artikel sesuai dengan template artikel yang sudah disediakan. Artikel yang tidak sesuai ketentuan dan template serta memiliki tingkat kemiripan dengan sumber lain lebih dari 40% akan langsung ditolak.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2020): ABDIMAS Agustus 2020" : 15 Documents clear
PROGRAM MENTORING DAN MOTIVATING DALAM MELATIH KEMANDIRIAN SISWA/I SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DARUSSALAM, CIPUTAT, TANGERANG SELATAN Lismiatun, Lismiatun; Fadillah, Fadillah; Kencana, Putri Nilam
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 1 No. 3 (2020): ABDIMAS Agustus 2020
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i3.p1-7.y2020

Abstract

Era globalisasi dan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi (TI) saatini menuntut generasi muda yang inovatif serta mampu menghadapi berbagaitantangan dan problematika sosial di usianya. Oleh karena itu perlu dilakukanpembekalan dengan berbagai cara menghadapi tantangan serta teknik menerapkanproblem solving. Salah satu caranya yaitu melakukan kegiatan pengabdian kepadamasyarakat, kali ini adalah tentang Mentoring dan Motivating Dalam MelatihKemandirian Siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan Darussalam, Ciputat,Tangerang Selatan.Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu memberikan arahan,membuka paradigma pola pikir siswa/i, memberikan semangat dan motivasi kepadaseluruh siswa/i dalam menentukan langkah yang akan ditentukan. Sehinggapemikiran siswa menjadi terbuka dan mampu mengatur arah hidup mereka secaramandiri dan bermanfaat untuk orang lain dimasa mendatang.Kegiatan yang dilakukan lebih kepada interaktif kepada pada siswa/i denganmemberikan arahan, bimbingan, tanya jawab bagaimana cara-cara yang palingmudah untuk dilakukan para siswa/i dalam pengambilan keputusan. Sebelumkegiatan berlangsung tim pengabdian melakukan tahap sosialisasi terlebih dahuluyaitu melakukan silaturahmi dengan Ketua Yayasan, menyampaikan maksud dantujuan pengabdian ini, sekaligus untuk menjalin kerjasama serta menentukanjadwal kegiatan pengabdian. Pelaksana kegiatan pengabdian pada masyarakatadalah Dosen Universitas Pamulang, Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemensebanyak 10 orang.Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah sebagian besar para siswa/ibelum berani tampil di depan umum, mereka juga sungkan, malu untukmenyampaikan pendapat, serta beberapa siswa/i mengalami kebingunggan dalammenentukan langkah berikutnya setelah lulus dari sekolah. Dengan kegiatan inidiharapkan dapat membantu melatih para siswa/i menyampaikan pendapat,harapan, keinginan, berani mengambil sikap dan keputusan, memiliki rasa percayadiri serta memotivasi mereka agar menjadi generasi muda yang inovatif, kreatif,sprortif, yang menjadi kebanggaan orang tua, sekolah dan masyarakat sekitarnya.Kata Kunci: Mentoring, Motivasi, Inovatif
PELATIHAN MENGGUNAKAN SAK ETAP DALAM MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN KEPADA PARA ANGGOTA KOPERASI DI KELURAHAN REMPOA Nurwita, Nurwita; Siamto, Wahadi; Ishak, Gos; Fauziah, Gina; Syukri, Ahmad
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 1 No. 3 (2020): ABDIMAS Agustus 2020
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i3.p8-16.y2020

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjudul “Pelatihan Menggunakan SAKETAP dalam menyusun laporan keuangan kepada para anggota koperasi di KelurahanRempoa” Tujuan dari kegiatan ini dilakukan adalah Sebagai dosen yang melaksanakantridharma perguruan tiggi juga sebagai warga Negara Indonesia kita wajib memahamibahwa koperasi sebagai soko guru perekonomian rakyat Indonesia yang berasaskankekeluargaan dalam mengelola koperasi keberhasilan untuk menentukan lamanyakeberlangsungan koperasi tersebut maka memerlukan manajemen yang baik ,khususnyadalam manajemen keuangan yaitu dalam pembuatan laporan keuangan, memberikan teoriakan unsur- unsur dari laporan keuangan dan bagaimana mengelompokkannya,dan,memberi keterampilan bagaimana menyusun laporan keuangan SAK ETAP. Sehinggakami mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu pelatihan menggunakan SAKETAP dalam pembuatan laporan keuangan kepada para pelaku koperasi di kelurahanRempoa.Berdasarkan hal di atas, kegiatan pengabdian kepada masyarakat denganmemberikan informasi dan atau tambahan pengetahuan mengenai penyusunan laporankeuangan dengan menggunakan SAK ETAP bagi pengelola koperasi merupakan suatuhal dinantikan oleh pengelola koperasi dikarenakan belum ada nya standar yang dilakukannya tsb . maka sebagai wujud kegiatan Perguruan Tinggi yang bertujuan untukmemberikan konstribusi besar kepada pengembangan dan penerapan ilmu kepadamasyarakat khususnya di bidang keuangan .Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini Metodepelatihan, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas dan latihan penatabukuan keuangansederhana. Cara mengukur dan mengetahui sejauh mana tingkat keefektifan pelaksanaanpelatihan ini, maka perlu dilakukan evaluasi. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahuisejauh mana pencapaian tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dansekaligus untuk dapat mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya.Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat yang diperoleh adalah untuk Entitas TanpaAkutansi Publik (SAK ETAP) dimaksudkan untuk digunakan oleh Entitas TanpaAkuntabilitas Publik (ETAP) yaitu khusunya koperasi dapat meningkatkan menerbitkanlaporan keuangan untuk tujuan umum (general purpose financial statement) bagipengguna eksternal. Contoh pengguna eksternal adalah pemilik yang tidak terlibatlangsung dalam pengelolaan usaha, kreditur, dan lembaga pemeringkat kredit. SAKETAP bertujuan untuk menciptakan fleksibilitas dalam penerapannya dan diharapkanmemberi kemudahan akses ETAP kepada pendanaan dari perbankan.Kata Kunci : Laporan Keuangan, SAK ETAP, Koperasi
OPTIMALISASI PENGELOLAAN KAS DALAM MEMINIMALKAN KERUGIAN DAN MENINGKATKAN PROFIT USAHA MIKRO IBU-IBU PKK DI KELURAHAN REMPOA, KECAMATAN CIPUTAT TIMUR, KOTA TANGERANG SELATAN Jamaludin, Jamaludin; senen, senen; Sutiman, Sutiman; Thaharuddin, Thaharuddin; rahim, eka
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 1 No. 3 (2020): ABDIMAS Agustus 2020
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i3.p17-27.y2020

Abstract

Kas merupakan salah satu bagian dari aktiva yang paling likuid (paling lancar), yangbisa dipergunakan segera untuk memenuhi kewajiban finansial suatu usaha. Kas kecil adalahbeberapa dana yang dibentuk terutama untuk pengeluaran yang bersifat rutin dan relatif keciljumlahnya. Kas kecil dipakai untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran pimpinan yangjumlahnya relatif kecil Adapun tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalahuntuk mengoptimalkan pengelolaan kas kecil, untuk meminimalkan kerugian, untukmeningkatkan profit pada usaha mikro Ibu-ibu PKK di Kelurahan Rempoa, Kecamatan CiputatTimur, Kota Tangerang Selatan.Dalam melaksanakan kegiatan PKM digunakan beberapa meode pelatihan, yaitu: 1)Metode Ceramah/Presentasi. Metode ceramah/presentasi dipilih untuk memberikan penjelasantentang: a. Memberikan pengetahuan terkait pengelolaan kas kecil. b. Presentasi mengenaimateri pengelolaan kas kecil; 2) Metode Tanya Jawab. Metode tanya jawab sangat pentingbagi para peserta pelatihan. Metode ini memungkinkan ibu PKK menggali pengetahuansebanyak-banyaknya tentang pengelolaan kas kecil; 3) Sharing Session Tentangmengoptimalkan pengelolaan kas kecil. Sharing session ini diberikan kepada para pesertapelatihan dalam memberikan masukan dan bimbingan untuk mempraktekan materi yangdiperoleh. Harapannya, peserta pelatihan dapat menguasai materi pelatihan yang diterima dandapat diaplikasikan dalam mengelola usahanya.Adapun hasil dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah pengelolaan kasbagi pelaku usaha harus memperhatikan dengan baik uang kas masuk dank as keluar denganbaik, untuk menghindari pemborosan dalam penggunaan modal usaha. Dan cara menigkatkanprofit adalah dengan mempertimbangkan kapasitas sumber daya yang dimiliki, membuatproduk dengan kemasan yang ekonomis, meningkatkan kualitas produk dan pelayanan,meningkatkan target penjualan, memperluas industry yang dikuasi, jangkau lebih banyakkonsumen baru, dan selalu memperhatikan ketersediaan barang.Kata Kunci: Pengelolaan Kas, Usaha Mikro
PENGENALAN DAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI KARYAWAN AGAR MENCAPAI SASARAN ORGANISASI Oktora, Jublina; Purwoko, Gatut D.; Arief, Muhammad; Gandung, Muhammad; Syawaludin, Syawaludin
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 1 No. 3 (2020): ABDIMAS Agustus 2020
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i3.p28-32.y2020

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul“Pengenalan dan Pengembangan kompetensi karyawan agar mencapai sasaran organisasi”adalah sebagai upaya pemenuhan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi. PengabdianKepada Masyarakat dilakukan di Kelurahan Rempoa, beralamat di Jl. Pahlawan,Ciputat Timur, Banten. Dalam jangka waktu 3 hari terhitung mulai tanggal 20 Aprilsampai dengan 22 April 2020.Berdasarkan hal di atas, kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitumemberikan informasi dan atau tambahan pengetahuan mengenai pengembangankompetensi karyawan khususnya karyawan kelurahan Rempoa dalam rangka peningkatankompetensi karyawan untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat danmenggunakan teknologi di kelurahan Rempoa merupakan suatu hal yang bermanfaat.Selain itu juga sebagai wujud eksistensi Perguruan Tinggi yang bertujuan untukmemberikan konstribusi besar kepada pengembangan dan penerapan ilmu kepadamasyarakat.Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupapenyampaian materi secara ceramah dan pembelajaran yang menekankan pada prosessimulasi yaitu suatu bentuk pelatihan dan pengembangan karyawan yang menggunakansuatu alat mekanikal yang identik dengan alat yang akan digunakan oleh peserta pelatihandan pengembangan dalam tugasnya.Kata Kunci : Pengabdian, Pengembangan Kompetensi, Teknologi
Sosialisasi Undang-Undang Administrasi Kependudukan Bastianon, Bastianon; Santoso, Bambang; Gueci, Rizal S; Setiawan, Tato; Darusman, Yoyon M
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 1 No. 3 (2020): ABDIMAS Agustus 2020
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i3.p33-41.y2020

Abstract

Undang-Undang Nomor : 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukandisempurnakan dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor : 24 Tahun 2013tentang Perubahan Undang-Undang Nomor : 23 Tahun 2006 tentang AdministrasiKependudukan. Dalam perubahan ini telah diatur program digitalisasiadministrasi kependudukan, misalnya dengan adanya program e-KTP, KartuKeluarga dan lainnya. Dan juga program digitalisasi di bidang Kependudukan danCatatan Sipil (DUKCAPIL). Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikanmateri-materi yang berkenaan dengan administrasi kependudukan terutama yangberkenaan dengan hak dan kewajiban warga negara selaku penduduk, maupuntentang bagaimana telah terjadinya paradigma pelaksanaan administrasikependudukan pada saat sebelum era digitalisasi maupun setelah era digitalisasi.Apa yang disampaikan dalam kegiatan ini diharapkan dapat disebarluaskankepada warga yang lain, setidaknya yang berada di wilayah lingkungan terdekatyaitu di lingkungan Rukun Warga (RW) Kelurahan Pamulang Barat, KecamatanPamulang Kota Tangerang Selatan. Harapan yang ingin dicapai dalam kegiatanini agar mitra mendapatkan pengetahuan dan wawasan mengenaikependudukan.Undang-Undang Nomor : 23 Tahun 2006 tentang AdministrasiKependudukan disempurnakan dengan ditetapkannya UndangUndang Nomor : 24Tahun 2013 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor : 23 Tahun 2006 tentangAdministrasi Kependudukan. Dalam perubahan ini telah diatur programdigitalisasi administrasi kependudukan, misalnya dengan adanya program e-KTP,Kartu Keluarga dan lainnya. Dan juga program digitalisasi di bidangKependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL).Kata kunci : Pengabdian, Administrasi Kependudukan
SOSIALISASI UNDANG-UNDANG KDRT DAN PERLINDUNGAN ANAK Wiyono, Bambang; K, Gregorius Hermawan; Arofa, Endi; Wulansari, Eka Martiana; Susanto, Susanto
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 1 No. 3 (2020): ABDIMAS Agustus 2020
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i3.p42-47.y2020

Abstract

Harapan setiap keluarga adalah keharmonisan, akan tetapi tidak semua keluargamengalami hal tersebut. Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) selalu menjadiperbincangan hangat masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun, terutama setelahrancangan undang-undang tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga disahkanmenjadi UU-RI no. 23 tahun 2004.Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan materi-materi tentang UndangUndang Perlindungan Anak dan Undang-Undang KDRT yang berlaku saat ini di dalamsistem hukum Indonesia. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah belum secarakeseluruhan adalah kurangnya pemahaman dan wawasan tentang hukum dan perundangundangan dalam sistem hukum Indonesia, khususnya tentang Undang-UndangPerlindungan Anak dan UndangUndang KDRT. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatanini adalah agar masyarakat khususnya yang ada dilokasi kegiatan dalam hal ini para kaderPKK dan petugas Posyandu di Tangerang Selatan mampu menyerap materi-materipengetahuan dan menyampaikan kepada masyarakat dilingkungannya.Kata Kunci: Perlindungan Anak, Kekerasan Dalam Rumah Tangga
MOTIVASI MEMBANGUN ENTERPRENEUER BAGI KARYAWAN PT. PERSADA INDONESIA Utomo, Styo Budi; Rahayu, Suharni; Septiani, Fauziah; Mulyani, Nani; Jamaludin, Jamaludin
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 1 No. 3 (2020): ABDIMAS Agustus 2020
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i3.p48-55.y2020

Abstract

Pengabdian ini berjudul Motivasi Membangun Enterpreneuer Bagi Karyawan PT.Persada Indonesia.Tujuan pengabdian ini adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa untukmengenbangkan diri berwirausaha, membuka paradigma karyawan dan staf terkait denganprofesionalisme kinerja dan memberikan semangat dan motivasi bagi karyawan dan stafdalam meniti karir di kemudian hari . Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengankegiatan yaitu melakukan kunjungan ke perusahaan untuk sosialisasi mengenai kegiatanyang akan dilakukan saat kegiatan npengadian kepada masyarakat dilanjutkan denganpenyusunan kegiatan dan materi yang akan disampaikan. Tim pelaksana kegiatanpengabdian pada masyarakat adalah dosen Fakultas Ekonomi jurusan manajemen sebanyak11 orang. Tim pengabdian memberikan materi tentang Motivasi MembangunEntrerpreneuer Bagi Karyawan PT. Persada Indonesia.Kesimpulan dari pengabdian ini adalah peserta perlu motivasi untuk menjadienterpreneuer karena sudah terbiasa menjadi karyawan . Harapan kami dengan pengabdianini dapat membuka wawasan masyarakat yang diperoleh adalah meningkatnya motivasi bagikaryawan untuk menjadai enterpreneuer selain mereka menjadi karyawan. Denagnbertambhanya wawasan bagi karyawan mengenai bagaimana membangun motivasi unrukdapat menajdi seorang enterpreneuer.Kata Kunci: Motivasi, Enterpereneuer
MENGEMBANGKAN POTENSI KARANG TARUNA MELALUI OPTIMALISASI ORGANISASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERAN PEMUDA DALAM MASYARAKAT Suherman, Herry; Andayani, Kemas Vivi; Widiyanti, Selvy Dwi; Priadi, Andri; Agus, Agus
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 1 No. 3 (2020): ABDIMAS Agustus 2020
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i3.p56-62.y2020

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan bentuk pendampingan kepada KarangTaruna bagi pembentukan organisasi Karang Taruna di wilayah RW 011 KelurahanPengasinan ini secara umum telah memenuhi target. Program kerja yang berkaitandengan penataan kelembagaan dan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusiaberjalan dengan efektif. Pengurus Karang Taruna yang terpilih semakin memahamiakan pentingnya pelayanan kepada masyarakat dilingkungan RW 011 KelurahanPengasinan dan mampu untuk memberi pelayanan yang memuaskan kepadamasyarakat pada umumnya di wilayah Kelurahan Pengasinan. Dari kelengkapanperangkat yang ada dan didukung oleh Sumber Daya Manusia muda yangkompeten, punya rasa tangung jawab dan disiplin yang tinggi cukup memadai,Pengurus Karang Taruna mampu untuk meningkatkan kemampuan dalammemberikan pelayanan kepada msyarakat secara optimal. Dari berbagai kelemahansebagaimana yang dikemukakan pada latarbelakang masalah maka melaluiprogram pemberdayaan ini dapat disimpulkan: 1. Terbentuknya pengurus KarangTaruna di lingkungan RW 011 Kelurahan Pengasinan, 2. Terbentunya draft StrukturOrganisasi Karang Taruna di lingkungan RW 011 Kelurahan Pengasinan, 3.Terbentuknya draft dokumen AD/ART menjadi pedoman bagi Pengurus KarangTaruna untuk menggerakkan roda organisasi maupun arah pengembangan, 4.Penataan kelembagaan yang telah dilakukan dengan adanya kejelasan struktur danpembagian tugas atau job deskripsi semakin menambah efektivitas dan efisiensidalam pengelolaan organisasi, 5. Tersedianya media promosi berbasis ITmenambah eksistensi Organisasi Karang Taruna dalam menjalankan kiprahnya dibidang pelayanan masyarakat.Kata Kunci : Pengabdian masyarakat, Karang Taruna, OpimalisasiOrganisasi dan Peran Pemuda
PENINGKATAN KINERJA KADER POSYANTEK (POS PELAYANAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA) DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGELOLAAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA (TTG) Pratama, Angga; Syamsuddin, Rahmi Andini; Prabowo, Budhi; Sudarso, Eko; Lismiatun, Lismiatun
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 1 No. 3 (2020): ABDIMAS Agustus 2020
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i3.p63-74.y2020

Abstract

Salah satu dari tujuan Tridharma Perguruan Tinggi selain Pendidikan danPenelitian adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Hal ini diatur dalamPasal 20 dan 24 Undang-Undang. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem PendidikanNasional yang menyatakan bahwa adanya otonomi oleh Perguruan Tinggi,Penelitian Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Sebagaipertanggungjawaban kami, maka dalam melaksanakan tugas tersebut telah kamisusun laporan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.Tujuan pengabdian ini adalah agar para kader Posyantek dapatmengembangkan Pelayanan Teknologi Tepat Guna (PTTG) agar pemanfaatanPTTG ini dapat diterima oleh masyarakat dengan memberikan bimbingan,pelatihan, pendampingan yang akhirnya hasil yang diciptakan menjadi tepat gunadan dapat bersaing pada industri 4.0. Oleh karena itu pengelolaan sumber dayamanusia yang ada pegawai Posyantek diperlukan peningkatan kompetensi agarpemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG) dapat dipahami dengan baik danpengetahuan akan persaingan di industri 4.0 dapat dijawab dengan efektif danefisien.Kesimpulan dari pengabdian ini adalah masih ada beberapa peserta yaitupara kader posyantek yang masih belum paham mengenai bagaimana meningkatkankinerja agar dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakatsekitar. Dalam pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen sertamahasiswa Fakultas Ekonomi program studi Manajemen Universitas Pamulangdiharapkan mampu memberikan solusi dan pembekalan teknis manajemen dalampeningkatan kinerja para kader dari Posyantek agar mampu bersaing dalam sebuahorganisasi khususnya pegawai posyantek dalam pentingnya pemanfaatan teknologitepat guna yang ada di wilayah Kecamatan Setu Tangerang Selatan.Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, Kinerja, Teknologi Tepat Guna
UPGRADE LITERASI KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KEUANGAN DI MASA NEW NORMAL Suryanto, Wirawan; Irnawati, Jeni; Anismadiyah, Vega; Rismanty, Vidya A; Febriana, Hadijah
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol. 1 No. 3 (2020): ABDIMAS Agustus 2020
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v1i3.p75-84.y2020

Abstract

Pengelolaan keuangan yang sehat merupakan tanggung jawab bagi masing –masing individu. Namun minimnya literasi keuangan yang dimiliki oleh mitra kerjasamamembuat pengelolaan keuangan yang kurang baik. Mitra kerjasama dalam kegiatankemitraan masyarakat ini adalah masyarakat umum yang ingin menambah keilmuanmelalui seminar yang diadakan. Di tengah pandemi yang sedang terjadi maka dapatdimanfaatkan sebagai waktu luang agar menambah pengetahuan. Mitra yang terlibatdalam kegiatan ini adalah dosen Universitas Pamulang sebagi narasumber. Berdasarkanobservasi awal yang dilakukan, selama ini masyarakat hanya mendapat pengetahuanberdasarkan apa yang mereka tahu saja dalam hal uang dan transaksi keuangan. Namun,literasi maupun inklusi Pasar Modal menurut Survei Nasional Literasi dan InklusiKeuangan 2016 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih sangat jauh dibawah angkaindustri sektor keuangan lainnya seperti perbankan, asuransi, dana pensiun, lembagapembiayaan dan pegadaian. Hal tersebut yang melatarbelakangi kegiatan pengabdiankepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen Universitas Pamulang, khususnya kegiatanliterasi keuangan dan memperbaiki literasi keuangan masyarakat dan juga kesejahteraanmasyarakat dari sisi keuangan. Beberapa tahap keuangan yang harus di capai dalammemperoleh kesejahteraan keuangan. Tahap yang pertama adalah membuat suatu rencanakeuangan seoptimal mungkin sesuai dengan kondisi finansial masing-masing. Tahapkedua adalah mengurangi hutang. Tahap ketiga yaitu menyiapkan dana darurat. Tahapkeempat ialah mulai berinvestasi. Tahap kelima adalah membangun aset aktif. Tahapkeenam yaitu menerima penghasilan pasif. Tahap terakhir ialah sejahtera. Bila keenamtahapan sebelumnya dapat dilaksanakan dengan baik, maka kesejahteraan akan bisadicapai oleh siapapun. Target luaran yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini adalahpaper yang terpublikasi.Kata Kunci : Literasi Keuangan, Pengabdian Kepada Masyarakat, New Normal

Page 1 of 2 | Total Record : 15