cover
Contact Name
M. Marizal
Contact Email
psikobuletin@uin-suska.ac.id
Phone
+6285271563331
Journal Mail Official
psikobuletin@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
ISSN : -     EISSN : 27208958     DOI : http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i1.8174
Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi merupakan buletin ilmiah online yang mempublikasikan naskah empirik dan non empirik. Naskah emprik meliputi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis riset dalam bidang psikologi. Sedangkan naskah non empirik meliputi review teoritis dan pemikiran ilmiah dalam bidang psikologi. Naskah yang diterbitkan pada psikobuletin meliputi hasil karya di bidang Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Sosial, Psikologi Klinis, Psikologi Islam dan Psikometri
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2025): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi" : 9 Documents clear
Resilience dan Academic Burnout pada Mahasiswa Kedokteran: Studi dengan Penerapan Structural Equation Modeling (SEM) Irawan, Despha Dendi; Bintang, Rahmat S.; Sumiati, Neneng Tati
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 6, No 3 (2025): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v6i3.29787

Abstract

Academic burnout adalah kondisi kelelahan mental, emosional, dan fisik yang dialami oleh mahasiswa akibat tekanan belajar yang berkepanjangan dan berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resilience terhadap academic burnout pada mahasiswa kedokteran di DKI Jakarta. Sebanyak 356 responden (laki-laki = 100; perempuan = 256) dipilih menggunakan teknik non-probability sampling. Instrumen yang digunakan adalah Maslach Burnout Inventory–Student Survey (MBI-SS) untuk mengukur academic burnout dan Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) untuk mengukur resilience. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) melalui pendekatan satu langkah (simultan) yang menggabungkan analisis faktor konfirmatori (Confirmatory Factor Analysis, CFA) dan analisis jalur struktural. Hasil analisis menunjukkan bahwa model penelitian memiliki kecocokan yang baik dengan nilai RMSEA = 0.072 dan SRMR = 0.069. Temuan menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan negatif antara resilience dan academic burnout (loading factor = -0.543; p-value < 0.001), yang berarti semakin tinggi tingkat resilience individu, maka semakin rendah tingkat academic burnout-nya. Variabel resilience diketahui menjelaskan 29,5% variabilitas pada academic burnout. Temuan ini menegaskan pentingnya resilience sebagai faktor protektif psikologis, dan menyarankan perlunya pengembangan program intervensi di lingkungan kampus guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menghadapi tekanan akademik secara adaptif.
Tren Penelitian Surrender to God: Tinjauan Bibliometrik 2014-2024 Imanti, Vera; Taufik, Taufik; Ruhaena, Lisnawati
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 6, No 3 (2025): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v6i3.37911

Abstract

Sikap berserah diri kepada Tuhan (surrender to God) merupakan salah satu bentuk religious coping yang telah banyak diteliti dalam konteks kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis. Meskipun sempat dianggap sebagai bentuk penghindaran masalah oleh sebagian praktisi kesehatan mental, tren penelitian dalam satu dekade terakhir menunjukkan peningkatan minat terhadap pendekatan religius dalam mengelola stres, konflik, dan penyakit. Studi ini menganalisis tren publikasi ilmiah bertema surrender to God selama periode 2014–2024 menggunakan pendekatan bibliometrik. Data diperoleh dari basis data Scopus menggunakan kata kunci: surrender to God, religious coping, religious adjustment, dan spiritual well-being. Setelah dilakukan pembatasan pada jenis dokumen, bidang keilmuan, dan bahasa, diperoleh 514 artikel relevan. Analisis menggunakan VOSviewer menunjukkan bahwa tema utama berkembang mencakup spiritualitas, religiusitas, dan kesehatan mental, serta subtema seperti resilience, well-being, dan spiritual care. Dalam konteks Islam, konsep surrender to God selaras dengan nilai tawakal, yakni sikap berserah diri yang aktif, penuh usaha, dan kepercayaan terhadap kehendak Tuhan. Tawakal berpotensi menjadi strategi adaptif dalam mengatasi tekanan psikologis sekaligus membangun ketahanan spiritual. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan terminologi Islamic surrender sebagai kontribusi khas Islam dalam rangka memperkaya kerangka religious coping dalam psikologi dan ilmu sosial.
Parent-Child Emotion Talk (PCET) Dynamics in The Trajectory of Children's Emotion Understanding Development : A Systematic Review Syafira, Afra Nada; Hendrawan, Donny
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 6, No 3 (2025): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v6i3.36189

Abstract

Kemampuan emotion understanding (EU) yang dimiliki anak dapat berpengaruh terhadap interaksi sosial, kesejahteraan psikologis, adaptasi anak terhadap lingkungan sekitarnya, hingga dapat mencerminkan bagaimana kecerdasan emosional yang mereka miliki. Berdasarkan literatur sebelumnya, peran orang tua sangat penting dalam menstimulasi perkembangan EU anak mulai dari masa kanak kanak awal hingga menengah, salah satunya melalui parent-child emotional talk (PCET). Namun, dinamika yang terjadi antara PCET dengan peningkatan kemampuan EU dalam perkembangan anak, khususnya dalam beberapa tahun terakhir, masih belum jelas. Dari 54 studi terkini yang ditemukan melalui pencarian database menggunakan metode PRISMA, peneliti mengumpulkan 9 artikel yang kemudian ditinjau secara sistematis pada penelitian ini. Hasil tinjauan sistematis menunjukkan bahwa (1) PCET berdampak signikan pada perkembangan EU anak pada usia prasekolah (3-6 tahun), sementara pada usia balita (1-3 tahun) dan kanak-kanak menengah (6-11 tahun) pengaruhnya lebih terbatas; (2) PCET yang melibatkan pelabelan emosi, validasi emosi anak, serta interaksi kausal yang aktif, terbukti paling efektif dalam meningkatkan EU anak. Tinjauan ini menggarisbawahi pentingnya memahami periode usia anak yang tepat dalam pemberian PCET serta karakteristik percakapan yang sesuai, agar dapat secara efektif memengaruhi perkembangan EU anak.
Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Strength Bombardment untuk Meningkatkan Potensi Diri Siswa Sinaga, Rizka Nisa Aulia; Nasution, Fauziah
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 6, No 3 (2025): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v6i3.37866

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan Teknik Strength Bombardment untuk meningkatkan potensi diri siswa kelas XI di MAN 1 Deli Serdang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengenali dan mengembangkan potensi dirinya baik dari aspek berfikir, emosional, fisik, maupun sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest posttest. Sampel berjumlah 8 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan hasil pretest terendah. Instrumen yang digunakan berupa angket potensi diri dengan empat indikator dan telah diuji validitas dan reliabilitas. Intervensi dilakukan melalui empat sesi konseling kelompok menggunakan teknik Strength Bombardment yang berfokus pada pemberian umpan balik positif dari anggota kelompok untuk memperkuat kesadaran diri dan keyakinan terhadap potensi diri siswa. Setelah siswa mengikuti tiga kali sesi konseling kelompok, hasil post-test menunjukkan peningkatan signifikan. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikansi 0,012 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Penelitian ini membuktikan bahwa konseling kelompok dengan teknik Strength Bombardment efektif dalam membantu siswa mengenali kekuatan pribadinya dan mengembangkan potensi diri secara optimal
Mengeksplorasi Intervensi Psikososial terhadap Postpartum Depression pada Ibu: Sebuah Tinjauan Literatur Sawitri, Ni Luh Ayu Dewi; Harumi, B. Primandini Yunanda
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 6, No 3 (2025): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v6i3.31372

Abstract

Postpartum depression (PPD) merupakan gangguan depresi yang dialami ibu pasca melahirkan yang memengaruhi interaksi ibu dengan bayi, serta perkembangan bayi. Munculnya gangguan depresi ini salah satunya dipengaruhi oleh faktor psikososial ibu postpartum, sehingga jenis intervensi psikososial dinilai sesuai untuk mengatasi maupun mencegah kondisi PPD pada ibu postpartum. Tinjauan pustaka ini bertujuan untuk mengkaji komponen-komponen penting dalam intervensi psikososial terhadap PPD yang berperan dalam hasil intervensi. Adapun kriteria inklusi dalam menyusun tinjauan pustaka berfokus pada artikel penelitian empiris dengan metode eksperimen yang terbit dalam kurun waktu 2015-2024 pada jurnal yang terindeksasi Sinta maupun Scopus, serta mengeksklusi penelitian dengan subjek ibu postpartum yang mengalami komplikasi penyakit ataupun gangguan lain. Berdasarkan informasi dari 10 artikel penelitian empiris yang dikaji, ditemukan 6 komponen penting yang dimaksud, yaitu komponen dukungan sosial, keterlibatan tenaga profesional dalam intervensi, mother infant bonding, durasi, media, dan metode intervensi. Melalui komponen-komponen tersebut pula dapat diketahui fokus dari intervensi psikososial yang dirumuskan dan hal-hal penting yang perlu dipertimbangkan keberadaannya selama intervensi berlangsung.
Hubungan Komitmen Organisasi dengan Organizational Citizenship Behavior Pada Guru SMA di Kabupaten Pelalawan Marlina, Leni; Cucuani, Hijriyati
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 6, No 3 (2025): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v6i3.36021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komitmen organisasi dengan Organizational Citizenship Behavior pada Guru SMA Di Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini merupakan suatu bentuk penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik analisis linier berganda. Partisipan dalam penelitian ini merupakan 243 guru di Kabupaten Pelalawan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dua skala pertama skala Organizational Citizenship Behavior dari Organ (1988) dan Komitmen Organisasi dari Allen dan Mayer (2013). Hasil analisis regresi berganda, diketahui bahwa pengujian hubungan masing-masing dimensi komitmen organisasi dengan Organizational Citizenship Behavior menghasilkan nilai F 15.011 Sig 0.000 (P=0,000). Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, artinya ketika komitmen guru tinggi maka Organizational Citizenship Behaviornya juga tinggi, sebaliknya ketika guru memiliki komitmen organisasi rendah maka Organizational Citizenship Behavior pada guru juga rendah. Komitmen Organisasi hanya memberikan kontribusi kepada Organizational Citizenship Behavior pada guru SMA di Kabupaten Pelalawan sebesar 5,9%. sedangkan 94,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 
Dinamika Konsep Diri Pria Biseksual di Yogyakarta Octavia, Indah Andika; Yuwantina, Anissa; Rahman, Trio Adi
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 6, No 3 (2025): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v6i3.33335

Abstract

Biseksual merupakan orientasi seksual yang memiliki ketertarikan pada lawan jenis dan sesama jenis. Biseksual sering disebut sebagai penyimpangan seksual dan mendapat stigma negatif dari masyarakat. Stigma tersebut dapat mempengaruhi konsep diri individu yang memiliki orientasi seksual berbeda seperti halnya biseksual. Konsep diri sebagai pemahaman tentang diri sendiri berkaitan dengan penilaian yang diberikan oleh lingkungan sekitar dan pengalaman sepanjang hidup yang dialami individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep diri pada pria yang memiliki orientasi seksual berupa biseksual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Partisipanpenelitian ini merupakan pria berusia 23 tahun yang memiliki orientasi seksual biseksual dan belum menikah. Hasil penelitian ini terdapat 3 tema superordinate perasaan terhadap diri sendiri, harapan terhadap diri sendiri, dan evaluasi pada diri sendiri. Konsep diri pada pria biseksual cenderung negatif dengan memiliki penilaian negatif terhadap kondisinya saat ini dan biseksual dianggap sebagai perilaku yang salah. Peristiwa yang dianggap traumatis di masa lalunya dijadikan kompensasi untuk menjalani dan menikmati kondisinya saat ini. Meskipun terdapat harapan untuk sembuh dan berubah dengan memiliki target menikah dan memiliki seorang istri, tetapi belum ada upaya yang menuju pada perubahan tersebut bahkan saat ini cenderung memiliki pasangan sejenis. Keterbukaan diri dan penerimaan diri yang tidak utuh memengaruhi kecenderungan konsep diri ke arah negatif
Wellbeing of Students in Islamic Boarding School: The Role of School Climate and Islamic Personality Raudatussalamah, Raudatussalamah; Husni, Desma -; Sufya, Dina Haya; Salmiyati, Salmiyati -; Jannah, Putri Miftahul; Hirmaningsih, Hirmaningsih -
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 6, No 3 (2025): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v6i3.29027

Abstract

Belajar di Pondok Pesantren merupakan tantangan yang besar bagi siswa yang memasuki usia remaja. Remaja pada umumnya bebas menjalankan kehidupan di luar namun tidak demikian dengan remaja yang menjadi siswa (santri) di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran iklim sekolah dan integrative Islamic personality dengan wellbeing pada siswa di pondok pesantren. Subjek penelitian berjumlah 132 orang santri di pondok pesantren X di Pekanbaru dengan teknik non probability sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala school climate dan skala Islamic integrative personality dari Tekke dan Ismail, dan alat ukur PERMA dari Seligman yang dikembangkan oleh Kern, et al dengan mengganti aspek meaning dan menambah dua faktor illbeing yaitu depresi dan kecemasan untuk mengukur Wellbeing pada santri. Hasil analisis menunjukkan school climate dan integrative personality berpengaruh positif terhadap kesejahteraan siswa di pondok pesantren dengan F sebesar 21,779 dengan sumbangan 25,2% dengan taraf signifikansi 0,00. Kesejahteraan siswa di pondok pesantren dapat diwujudkan melalui iklim sekolah yang positif dan kepribadian islam yang integratif melalui keberadaan mereka di pondok pesantren.
Hubungan Academic Hardiness dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Calon Guru Wahyuni, Sri; Aprililla, Putri; Husni, Desma; Lestari, Yuliana Intan
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 6, No 3 (2025): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v6i3.33596

Abstract

Mahasiswa keguruan memiliki keunikan dibandingkan mahasiswa fakultas lainnya, yang mana selain harus memahami materi kuliah, mereka juga harus mengembangkan keterampilan pedagogik karena mereka adalah calon guru. Hal ini membuat mereka memiliki tekanan yang lumayan berat dan dapat mengakibatkan stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara ketangguhan dan stres akademik pada mahasiswa keguruan. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, dengan teknik quota sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 400 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah skala ketahanan akademik dan skala stres akademik. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment by Pearson, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) -0,302 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000 (p=0,000<0,01), yang memiliki makna bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara ketangguhan akademik dengan stres akademik pada mahasiswa calon guru, dengan sumbangan efektif sebesar 9,1 persen. Hasil penelitian ini memiliki implikasi bahwa mahasiswa keguruan harus meningkatkan ketangguhan akademiknya agar dapat menurunkan stres akademik.

Page 1 of 1 | Total Record : 9