Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
Articles
18 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 4 (2024): April"
:
18 Documents
clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA Kelas V UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar
Salsabila, Andi Mutmainna;
Amal, Amri;
Ibrahim, Ismayanti
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2024): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26858/jppsd.v3i4.57903
Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran PBL pada proses pembelajaran muatan IPS, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada muatan IPS setelah pelaksanaan model PBL. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksprimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, pemberian tes yang berupa pretest dan posttes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL pada lembar observasi guru mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan kategori baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Adapun penerapan model pembelajaran PBL pada lembar observasi peserta didik juga mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan kategori baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil pretest pada kelas eksperimen menunjukkan kategori kurang baik dan hasil posttest menunjukkan kategori sangat baik. Sementara pada hasil pretest kelas kontrol menunjukkan kategori kurang baik dan hasil posttes menunjukkan kategori kurang baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh P= 0,000 lebih kecil dari α= 0,05. Hasil penelitian dengan menggunakan Uji normalitas dengan uji Shapiro-wilk Normality Test dengan data posttes berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan data posttes kelas kontrol dan eksperimen terdapat pengaruh hasil belajar IPS. Hal ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II kota Makassar menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan PBL pada kelas eksperimen tergolong meningkat, hasil belajar IPS peserta didik kelas eksperimen tergolong sangat tinggi dan, terdapat pengaruh yang signifkan pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL terhadap penggunan model PBL pada pembelajaran IPS peserta didik kelas V UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Pratiwi, Nur Inda;
Syawaluddin, Ahmad;
Haspiah, Haspiah
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2024): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26858/jppsd.v3i4.57282
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas 5 SD Negeri Limbung Puteri dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan peneliti dalam dua siklus dengan masing-masing tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Limbung Puteri yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan diskusi, teknik non tes berupa observasi, rubrik, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi bagian-bagian buku. Hasil sebelum dilakukan tindakan adalah pada prasiklus hanya 11 siswa atau 44% yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa atau 62% yang tuntas belajar bahasa Indonesia dan pada siklus II sudah ada peningkatan yaitu 20 siswa yang telah tuntas belajar bahasa Indonesia atau 86%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V UPTD SD NEGERI 28 PAREPARE
Sahabuddin, Erma Suryani;
Amran, Muhammad;
Sari, Nur Indah
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2024): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26858/jppsd.v3i4.57751
Abstrak; Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare. Deskripsi fokus pada penelitian ini berupa proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Agar dapat mengetahui tingkat presentase keberhasilan siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan menggunakan lembar tes hasil belajar disetiap siklusnya. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V berjumlah 25 orang yang terdiri atas 15 Laki-laki dan 10 Perempuan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR : STUDI SISWA KELAS V SD INPRES 6/75 KADING KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE
Muin, Awaluddin;
Djafar, Muhammad Idris;
INTANG, ANDI ST Hajar
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2024): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26858/jppsd.v3i4.48234
Penelitian ini adalah jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan desain non equivalent control group design untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif berbasis canva terhadap hasil belajar SBdP siswa kelas V SD Inpres 6/75 Kading yang berjumlah 41 siswa. Data dikumpulkan dengan instrument tes. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum perlakuan 54,52% dengan kategori kurang dan pada kelas kontrol 51,57% dengan kategori kurang. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah diberi perlakuan 67,38% dengan kategori baik dan pada kelas kontrol 54,50 % dengan kategori kurang. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai thitung 2.148 > 1.68488. pada taraf signifikansi 24% pada kelas eksperimen dan pada kelas control sebesar 5%. Dengan demikian H₀ ditolak dan H₁ diterima. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media interaktif berbasis canva terhadap hasil belajar SBdP siswa kelas V SD Inpres 6/75 Kading berpengaruh.Kata kunci:Hasil Belajar, SBdP, Media Pembelajaran Interaktif, Canva
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Menggunakan Model Think Pair Share (TPS)
Darwis, Iin Hendriani;
Patta, Rahmawati;
Hasmawati, Hasmawati
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2024): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26858/jppsd.v3i4.57904
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKN melalui model Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IV SDN 364 Labokke Puty. Metode analisis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan analisis data statistic deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan model pembelajaran think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 364 Labokke Puty dengan nilai rata-rata hasil belajar PKN pada siklus I yaitu 59.64 dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 81.07. Jumlah siswa yang memenuhi KKM juga mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 6 siswa (42.86%) menjadi 12 siswa (85.71%) pada siklus II.
Penggunaan Media Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan Siswa Kelas II SD Inpres Saluttowa
Patta, Rahmawati;
Bahar, Bahar;
Ramadhani, Siti Nurhaliza
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2024): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26858/jppsd.v3i4.57425
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran operasi hitung bilangan di kelas II SD Inpres Saluttowa dengan memanfaatkan media kantong bilangan. Metode yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi serta refleksi yang dilakukan setiap siklusnya. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas II SD Inpres Saluttowa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, dan tes serta dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan pada pencapaian KKM adalah ≥75% dari jumlah siswa yang ditetapkan sebesar 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kantong bilangan dalam pembelajaran Matematika efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi hitung bilangan. Sebelum dilakukan tindakan, hanya 11 (40,74%) siswa yang mencapai KKM pembelajaran Matematika kelas II SD Inpres Saluttowa. Setelah siklus I terjadi peningkatan menjadi 15 (55,56%) siswa yang mencapai KKM. Pada siklus II sebanyak 23 (85,19%) siswa berhasil mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal. Rata-rata hasil belajar dari siklus I dan siklus II meningkat dari 62,94 menjadi 82,96.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS 2 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN FLASH CARD
Sunusi, Nur Fadhila;
Irfan, Muh;
Nurhayati, Nurhayati
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2024): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26858/jppsd.v3i4.57859
Based on the results of observations made by researchers at SD Inpres Gontang, Makassar City, the problem that arises is the lack of interest of students in participating in the learning process because the teacher's way of teaching is still using conventional methods so that students' interest in participating in the learning process decreases. This research was carried out in class 2 with the spiral model PTK research proposed by C. Kemmis and Mc. Taggart. The research used 2 cycles, namely cycles 1 and 2 which consisted of planning, action and observation, and reflection stages. Research data was obtained from test results and analyzed using comparative descriptive techniques by comparing the learning outcomes of Civics subjects in 2 cycles based on completeness of learning outcomes, namely ≥ 65. The research results showed an increase in Civics learning outcomes which can be seen in the value of Civics learning outcomes based on completeness. learning, namely cycle I amounted to 66.77% and cycle II amounted to 87%. Based on the results of this comparison, this research has succeeded in improving student learning outcomes in Civics subjects.
HUBUNGAN GAYA MENGAJAR INTERAKSIONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KELAS TINGGI UPT SD NEGERI 3 TANRUTEDONG KECAMATAN DUA PITUE KABUPATEN SIDRAP)
DH, Satriani;
Hafid, Abd.;
Daming, Nur Ichwaniar
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2024): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26858/jppsd.v3i4.57830
Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar visual dengan hasil belajar siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 3 Tanrutedong Kecamatan Dua Pitue Kabupaten Sidrap. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 3 Tanrutedong dan jumlah sampel penelitian ini adalah 94 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Gaya mengajar interaksional dengan rata-rata sebesar 71,40 dan pada kategori baik dan motivasi belajar siswa dengan rata-rata sebesar 70,54 dan pada kategori baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara gaya mengajar interaksional guru dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien sebesar 0,279 dan berada pada kategori hubungan rendah. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitiannya yaitu ada hubungan yang signifikan antara gaya mengajar interaksional guru dengan hasil belajar IPS siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 3 Tanrutedong Kecamatan Dua Pitue Kabupaten Sidrap.
Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
H.Adnan, H. Adnan;
Djafar, Muhammad Idris;
uslin, Sahara
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2024): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26858/jppsd.v3i4.58735
Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan mengetahui hubungan kompetensi professional dengan kinerja guru sekolah dasar di kecamatan Barebbo kabupaten Bone. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru sekolah dasar di kecamatan Barebbo kabupaten Bone yang berjumlah 146 guru. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 guru. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan kompetensi professional dengan kinerja guru.
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Game Online Wordwall Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV SD Inpres Bontoa
Anggraeni, Putri;
ALi, Lukman;
Hasbi, Muh
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 3, No 4 (2024): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26858/jppsd.v3i4.57631
Minat belajar siswa SD Inpres Bontoa bervariasi, namun jika dilihat dari hasil observasi kebanyakan siswa tidak terlalu minat dalam proses pembelajaran. Permasalahan ini terjadi karena memang kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang menarik dan membuat siswa senang. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan apakah media game online Wordwall mampu meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini melibatkan 13 siswa. Metode yang digunakan yaitu observasi langsung, angket, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I minat belajar siswa yang mendapat kategori baik mencapai 61,53%. Pada siklus II minat belajar siswa naik menjadi 84,61% .Data ini menunjukkan bahwa wordwall sebuah media game online yang mampu meningkatkan minat siswa dalam mata pelajaran PPKN di SD Inpres Bontoa.