cover
Contact Name
Iis Yeni Sugiarti
Contact Email
caruban.unswagati@gmail.com
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
caruban.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perjuangan No.1, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132 Telepon: 082117556837
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
ISSN : 26151391     EISSN : 26203219     DOI : https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.5683
Core Subject : Education, Social,
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya, IPA, Matematika, PKn, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Kesenian dan PJKR) Model Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Media dan Multimedia Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Kurikulum Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Penilaian (Assesment) dan Evaluasi Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Lesson Study Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. p-ISSN 2615-1391 dan e-ISSN 2620-3219
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2023)" : 15 Documents clear
Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SD Aini, Novita Nur; Azizah, Milatul; Bekti, Rofi' Setia; Thohir, M. Anas
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/caruban.v6i2.8611

Abstract

Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dinilai perlu mendapatkan perhatian yang lebih baik, terlebih dalam memenuhi tuntutan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi media pembelajaran kepada pendidik serta mengetahui efektivitas penggunaan media Virtual Reality (VR) dalam meningkatkan hasil belajar IPA di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Sampel diambil dari 2 sekolah yakni SD Negeri Sugihwaras 1 di Kabupaten Jombang dan UPT SD Negeri Tulungrejo 02 di Kabupaten Blitar, sedangkan populasi merupakan sekolah dasar di Jawa Timur. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test kepada kedua kelompok. Hasil data akan dianalisis menggunakan SPSS kemudian diinterpretasikan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,096  >  0,05. Ini berarti penggunaan media VR dalam pembelajaran IPA di SD terbukti efektif diterapkan guna meningkatkan hasil belajar siswa. Angka ini juga dipengaruhi oleh tingginya motivasi belajar kelas eksperimen yang menggunakan VR dari pada kelas kontrol yang diperlakukan pembelajaran secara konvensional.Kata Kunci:Hasil belajarMedia pembelajaranVirtual RealityPembelajaran IPA
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Anak Anwar, Chairul; Jagat, Lalu Surya; Yanti, Ipri; Anjarsari, Elly; Sholihah, Nur Arifatus
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/caruban.v6i2.8623

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasisi teknologi untuk meningkatkan kemampuan anak di sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dirancang untuk mengetahui atau menggambarkan realitas peristiwa yang diteliti, untuk memudahkan penggalian informasi yang objektif. Hasil analisis data nilai validitas lingkungan belajar dua validator yaitu 5.20 yang masuk dalam kategori valid. Berdasarkan nilai total kualifikasi, lingkungan belajar berbasis PowerPoint cocok untuk digunakan pada subjek penelitian. Nilai valid dihasilkan dari ketercapaian indikator penilaian, kesesuaian penyajian materi pembelajaran dengan indikator pencapaian kualifikasi, dukungan media penyampaian konsep, kesesuaian materi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran, ketepatan. dari materi pembelajaran. uraian mata pelajaran, urutan penyampaian mata pelajaran, kesesuaian gambar dan animasi untuk menggambarkan mata pelajaran, kesesuaian soal-soal praktik dengan tujuan pembelajaran, dan kejelasan uraian mata pelajaran. Adapun keferaktisan media tersebut dalam pembelajaran sangat praktis digunakan adapun respon guru menunjukkan nilai rata-rata respon di angka 5,67 dengan presentase 98,59 % dengan kategori sangat kuat, hasil respon peserta didik 5.57 dengan presentase 96.48 % dengan kategori sangat kuat.Kata Kunci:PengembanganMedia pembelajaranTeknologi
Efektivitas Asesmen Autentik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pola Bilangan Siswa Sekolah Dasar Sudirman, Sudirman
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/caruban.v6i2.8624

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif tidaknya Model Pembelajaran Asesmen Autentik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pola Bilangan Siswa Sekolah DasarPraya Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VI yang terdiri dari 22 siswa. Sampel penelitian diambil kelas VI yang berjumlah 22 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yaitu pretes dan postes terdiri dari 4 soal uraian untuk mengukur pemahaman konsep pola bilangan siswa kelas VI. Tes pemahaman konsep pola bilangan ini dilakukan setelah kedua kelompok mendapat pembelajaran. Rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 48,45 dengan standard deviation 11,578. Setelah diberikan treatment diperoleh rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 83,65 dengan standard deviation = 10,358 dan mengalami persentasi kenaikan sebesar 97%. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji Paired Sample T-Test atau uji berpasangan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai sig < taraf sig yaitu 0,0000 < 0,05 pada taraf signifikan 6% dan df 19. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Asesmen Autentik terhadap kemampuan pemahaman konsep pola bilangan siswa kelas VI Sekolah Dasar.
Campur Kode Pada Percakapan Anak Usia 6 – 8: Penutur Indonesia Mulatsih, Devi; Suminar, Ratna Prasasti
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/caruban.v6i2.8645

Abstract

Sekolah merupakan tempat sebagai media bersosialisasi bagi anak, yang berperan sangat penting dalam perkembangan anak, salah satunya adalah perkembangan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk campur kode yang terjadi pada anak usia 6-8 tahun dan mengetahui faktor-faktor penyebab campur kode pada anak usia 6-8 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang datanya dianalisis berdasarkan teori Hudson (1996); Chaer dan Agustina (2010); dan Fasold (1990) tentang campur kode dalam komunikasi. Peserta penelitian adalah siswa sekolah dasar yang berusia 6 hingga 8 tahun. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa komunikasi anak usia 6-8 tahun di sekolah dasar ini berpotensi terjadinya campur kode, terutama dalam proses pembelajaran bahasa kedua dan bahasa ketiga. Demikian pula faktor penyebab campur kode pada anak-anak ini sangat bervariasi.Kata Kunci:DwibahasaCampur KodePemerolehan Bahasa Keduasosiolinguistik
Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring Menggunakan Media Sosial Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Tarmidzi, Tarmidzi; Tresnawati, Nailah; Nurhayati, Santi
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/caruban.v6i2.8655

Abstract

Abstrak. Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring merupakan implementasi pendidikan jarak jauh. Dalam penelitian ini, penulis memilih aplikasi daring (dalam jaringan) menggunakan media sosial WhatsApp sebagai bentuk kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara jarak jauh. Hal tersebut disebabkan oleh permasalahan yang dialami saat mewabahnya virus corona atau covid-19 sehingga tidak memungkinkan untuk dilaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara langsung atau tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penguasaan konsep siswa antara sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media sosial WhatsApp. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni implementasi pembelajaran daring pada subjek terbatas dengan subjek penelitian sebanyak 5 orang siswa sekolah dasar. Berdasarkan analisis terhadap rekapitulasi hasil angket respons dan tes penguasaan konsep siswa, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pembelajaran jarak jauh secara daring menggunakan media sosial WhatsApp cukup efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa.Kata Kunci: Pembelajaran jarak jauh, Pembelajaran Daring, Media Sosial, Penguasaan Konsep, Sekolah Dasar
Pengaruh Model Explicit Instruction Terhadap Kemampuan Gerak Manipulatif Dalam Pembelajaran SBDP Kelas III Sekolah Dasar Amalia, Ummi Ayu; Riyoko, Endie; Hera, Treny
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/caruban.v6i2.8673

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model explicit instruction terhadap kemampuan gerak manipulatif dalam pembelajaran SBDP kelas III sekolah dasar. Masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model explicit instruction terhadap kemampuan gerak manipulatif dalam pembelajaran SBDP kelas III sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen.  Dalam penelitian ini, peneliti mengambil 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas III A sebanyak 26 siswa dan kelas III B sebanyak 26 siswa. Dilihat dari rata-rata nilai posttest (posttest) di kelas eksperimen yaitu kelas III B memeroleh nilai 72,5. Kemampuan gerak manipulatif dalam pembelajaran SBDP dengan menggunakan model konvensional dilihat dari rata-rata nilai posttest (posttest) di kelas Kontrol yaitu kelas III A memeroleh nilai 62,38. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model eplicit instruction terhadap kemampuan gerak manipulatif dalam pembelajaran SBDP kelas III Sekolah Dasar.Kata Kunci:Explicit InstructionGerak ManipulatifPembelajaran SBDP
Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery learning Mata Pelajaran IPA Muizzah, Izza; Fatkhiyani, Kiki
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/caruban.v6i2.8674

Abstract

AbstrakBerdasarkan latar belakang sebuah penelitian ditemukan rendahnya nilai hasil belajar dan rendahnya kreativitas siswa kelas V MI Raudlatus Shibyan. Rendahnya kreativitas dan hasil belajar disebabkan oleh masih kurangnya motivasi belajar dan guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional seperti halnya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan. Kreativitas siswa pada siklus I mencapai 76,13%, pada siklus II 82,95, artinya mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I sebesar 63,63%, pada siklus II mengalami peningkatan 81,81%, artinya ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci:KreativitasHasil BelajarDiscovery learning
Pengaruh Project Based Learning Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V Mungizzah, Esti; Sriyanto, Sriyanto
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/caruban.v6i2.8675

Abstract

AbstrakBerdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru belum inovatif serta metode pembelajaran yang bersifat Teacher Centered Learning.  Model pembelajaran Project Based Learning berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) mampu mengoptimalkan pembelajaran serta dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal terlebih lagi pada abad ke-21. Metode penelitian yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentukOne Group Pretest-Posttest Only Design. Sampel yang diambil yaitu kelas VA dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes uraian dalam bentuk pretest dan posttest. Uji normalitas menggunakan uji Chi Kuadrat dan uji hipotesis menggunakan paired sample t test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengidentifikasi bahwa terdapat pengaruh model PjBL-STEM dengan media DITAMAN terhadap prestasi belajar. Kata Kunci:Pembelajaran Abad 21Project Based LearningSTEM
Tinjauan Kemampuan Mahasiswa Dalam Analisis Problem with Contradiction Information (PWCI) berbasis Living Values Education (LVE) Pada MK PKn SD Hayati, Auliya Aenul
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/caruban.v6i2.8701

Abstract

Abstrak. Riset ini berupaya menelisik kompetensi mahasiswa dalam menganalisis berbagai permasalahan sosial yang memerlukan penelaahan bijak berdasar pada teori serta realitas pengiring. Urgensitas lainnya adalah keberadaan nilai kehidupan yang sejatinya sebagai faktor X pada setiap kejadian/ peristiwa sosial seringkali tidak tercermati secara gamblang yang berakhir hanya sebagai misteri-misteri tak terpecahkan. Hal-hal tersebutlah yang kemudian menjadi acuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran mengacu pada pola kemampuan analisis PWCI berbasis LVE yang dikemas dalam bentuk tugas video kontradiktif pembelajaran MK PKn SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian riset kualitatif dengan metode deskriptif analisis pada mahasiswa PGSD pengontrak MK PKn SD dengan teknik triangulasi data dilanjut teknik analisis data interaktif Huberman hingga didapatkan hasil penelitian kemampuan analisis PWCI berdasarkan LVE mahasiswa dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu : penelaahan idealitas keilmuan salah satu materi pelajaran PKn SD yang hendak dikaji, analisis kondisi realitas sasaran, penentuan nilai kehidupan yang hendak dimunculkan dalam bentuk video, pengkajian kontradiksi kondisi realitas dengan ideal teoritis serta nilai kehidupan.Kata Kunci:Kemampuan AnalisisPermasalahan dengan Informasi KontradiktifPendidikan Nilai-Nilai KehidupanMK PKn SD
Menelaah Adaptasi Kebiasaan Baru Siswa Sebagai Wujud Perubahan Sosial Di Lingkungan Sekolah Dasar (penelitian di SD Negeri Sindang 1 Kabupaten Sumedang) Kurnia, Ira Restu; Fitriyani, Fitriyani; Sari, Ria Kurnia; Anggita, Nia
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6 No 2 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/caruban.v6i2.8710

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi dan kebiasaan baru yang dilakukan dilingkungan sekolah dasar dimasa pandemik Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada responden yang sesuai dengan persyaratan. Teknik yang digunakan yaitu teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber dan informasi. Jenis data berupa data sekunder hasil penelitian terdahulu dan informasi yang bersumber dari media dan berita. Ditemukan bahwa Pandemi Covid-19 berhasil mengubah kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari baik di rumah, di sekolah, di tempat kerja, di jalan, di tepat ibadah dan dimanapun. Kebiasaan baru untuk hidup lebih sehat harus terus menerus dilakukan  di  masyarakat  dan  setiap  individu,  sehingga  menjadi  norma  sosial  dan  norma  individu  baru  dalam kehidupan  sehari  hari.  Maka  adaptasi  kebiasaan  baru yang dilakukan di lingkungan  SD Negeri Sindang 1 Kabupaten Sumedang adalah dengan  tetap  memakai  masker,  jaga  jarak  dan  rajin  mencuci tangan.Kata Kunci:Adaptasi kebiasaan baruPerubahan sosialSekolah Dasar

Page 1 of 2 | Total Record : 15