Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of language and literature teaching. Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) is a journal that covers issues concerning at languages and lerature teaching and learning at the all level of education. This article is based on the results of research and theoretical studies which are equivalent to research supported by various theoretical studies that produce research in the form of educational research, learning research, and classroom action research. Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) is published six times a year in January, March, May, July, September, and November
Articles
13 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025"
:
13 Documents
clear
Ekspansi Unsur Intrinsik Saudagar Bodoh pada Ngidam Daging Pelanduk dan Rencana Pembelajaran Menggunakan Teknik Ganda
Kasrizal, Kasrizal;
Elmustian
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55909/jpbs.v4i1.658
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) ekspansi tema cerita cerita rakyat Ngidam Daging Pelanduk dari Syair Saudagar Bodoh; 2) ekspansi amanat cerita cerita rakyat Ngidam Daging Pelanduk dari Syair Saudagar Bodoh. Penelitian deskriptif ini berlangsung di semester ganjil tahun akademis 2024/2025. Data Pada kajian teks ini peneliti mengambil data pertama, teks Hipogram teks syair Saudagar Bodoh yang terdapat dalam buku berjudul Warisan Melayu Riau : kumpulan alihaksara naskah melayu Riau ditulis oleh pusat pengkajian melayu universitas Islam riau pekanbaru, Proyek Pengembangan Budaya Riau tahun 1994/1995 BAPPEDA TINGKAT 1 RIAU halaman 503 sampai dengan halaman 554 dari jumlah keseluruhan halaman 604 halaman. Ada pun jumlah bait teks syair Saudagar Bodoh adalah berjumlah 323 bait. Data kedua, teks transpormasi penelitia mengambil dari artikel Sabarani ., Abdul Razak. 2023. Reproduksi, Tokoh, dan Amanat ‘Sengkang Kera’: Tinjauan Kepustakaan KumpulanCerita Rakyat Kabupaten Lingga. GAUNG: Jurnal Ragam Budaya Gemilang,22-28. Teks cerita Ngidam Daging Pelanduk terdiri atas 18 paragraf. Hasil ekspansi Cerita Rakyat Ngidam Daging Pelanduk dari Syair Saudagar Bodoh terdapat perubahan atau perluasan sebagian atau seluruh teks hipogram diubah menjadi lebih kompleks. Pada ekspansi Cerita Rakyat Ngidam Daging Pelanduk hasil ekspansi yang telah diekosplorasi adalah pertama, dari perspektif kualitas tokoh lebih luas dari tokoh yang terdapat pada syair saudagar bodoh. Kedua, hasil eksplorasi tema cerita rakyat ngidam daging pelanduk lebih luas dibandingkan tema yang terdapat dalam syair saudagar bodoh yaitu 8 tema hasil eksplorasi tema cerita rakyat ngidam daging pelanduk lebih luas dibandingkan tema yang terdapat dalam syair saudagar bodoh yaitu 8 tema . Ketiga hasil eksplorasi amanat cerita rakyat ngidam daging pelanduk lebih luas dibandingkan amanat yang terdapat dalam syair saudagar bodoh yaitu 8 sedangkan Syair saudagar bodoh terdapat 5 amanat. Keempat, hasil eksplorasi alur cerita rakyat ngidam daging pelanduk lebih luas dibandingkan amanat yang terdapat dalam syair saudagar bodoh yaitu 2 alur sedangkan Syair saudagar bodoh terdapat 1 alur. Artikel ini dapat difungsikan pula sebagai bahan ajar pelajaran bahasa indonesia di sekolah dan dapat dijadikan bahan diskusi di kalangan mahasiswa sebagai kaum inteleksual.
Reproduksi Teks Prosedur Topik Matematika dan Sain Berbasis Kelayakan Isi dan Kelayakan Bahasa
Razak, Abdul
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55909/jpbs.v4i1.669
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) reproduksi teks prosedur topik matematika berbasis kelayakan isi dan kelayakan bahasa untuk siswa kelas VII SMP/MTs; 2) reproduksi teks prosedur topik IPA berbasis kelayakan isi dan kelayakan bahasa untuk siswa kelas VII SMP/MTs; 3) rencana pembelajaran teks prosedur topik matematika dan topik IPA di kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini berlangsung di pertengahan tahun 2024. Pedoman observasi digunakan untuk mengobservasi materi yang relevan dengan topik teks prosedur topik maematika dan topik sain. Daftar cek-ricek dipakai untuk memvalidasi teks prosedur yang direpoduksi dan memvalidasi data kelayakan isi dan kelayakan bahasa teks prosedur. Kelayakan isi teks prosedur topik matematika dan topik IPA dianalisis secara tematik-rasional. Kelayakan bahasa teks prosedur dinalisis menggunakan formula KIFMAR; sebuah formula keterbacaan Indeks Fog berbasis bahasa Inggris yang dimodifikasi untuk penggunaan uji keterbacaan teks bahasa Indonesia. Hasil penelitian: 1) reproduksi teks prosedur topik matematika berbasis kelayakan ini dan kelayakan bahasa untuk siswa kelas VII SMP/MTs berjumlah 10 teks prosedur; 2) reproduksi teks prosedur topik IPA berbasis kelayakan ini dan kelayakan bahasa untuk siswa kelas VII SMP/MTs berjumlah 3 teks prosedur. Hasil penelitian bidang kebahasaan ini bermanfaat bagi para guru Bahasa Indonesia karena artikel ini berpeluang untuk diimplementasikan dalam pembelajaran keterampilan membaca dan keterampilan menulis teks prosedur yang dipadukan dengan matematika dan dipadukan dengan IPA di kelas VII SMP/MTs.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Menggunakan Strategi Ganda dalam Bahan Ajar Khusus
Mulyono, Asep;
Lengkong, Markus Martius
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55909/jpbs.v4i1.671
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) rencana pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus untuk kelas VII SMP; 2) keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus untuk kelas VII SMP; 3) sama-tidaknya keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus untuk kelas VII SMP per kelompok sampel. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Daftar cek-risek digunakan untuk memvalidasi secara internal rencana pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus untuk kelas VII SMP. Populasi dan sampel sebanyak 42 siswa yang mengikuti pembelajaran. Pedoman observasi digunakan untuk mengobservasi keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus. Daftar cek-ricek dipakai untuk memvalidasi data penelitian. Hasil penelitian: 1) rencana pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus untuk kelas VII SMP melibatkan 27 kegiatan inti; 2) siswa sangat aktif mengikuti pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar khusus.
Pembelajaran Keterampilan Menulis Kalimat Tanya dari Kalimat Berita Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses
Amiliah;
Hodman
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55909/jpbs.v4i1.672
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pembelajaran keterampilan menulis kalimat tanya dari kalimat berita menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar formatif; 2) hasil belajar keterampilan menulis kalimat tanya dari kalimat berita menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar formatif. Penelitian ini berlangsung di awal semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 siswa kelas 5 SD Negeri 012 Nunukan. Populasi dan sampel sebanyak 10 siswa yang mengikuti pembelajaran. Instrumen tes mengubah kalimat deklaratif menjadi kalimat tanya digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar. Pedoman observasi digunakan untuk mengobservasi kegiatan belajar-mengajar keterampilan menulis kalimat tanya dari kalimat berita menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar formatif. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi secara internal rencana pelaksanaan pembelajaran keterampilan mengubah kalimat deklaratif kepada kalimat tanya menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar formatif. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean dan persen. Hasil penelitian: 1) pembelajaran keterampilan menulis kalimat tanya dari kalimat berita menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar formatif melibatkan 3 kegiatan awal, 23 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar keterampilan menulis kalimat tanya dari kalimat berita menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar formatif siswa kelas 5 SD Negeri 012 Nunukan melewati mean baku minimal 70,00 yakni 88,00.
Pembelajaran Keterampilan Membaca Cerpen Profetik Menggunakan Strategi Ganda melalui Bahan Ajar Manual
Pratiwi, Dini Ristiyanti;
Assidik, Gallant Karunia;
Rahmawati, Laili Etika
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55909/jpbs.v4i1.673
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca cerpen profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes menggunakan bahan ajar manual; 2) hasil belajar ketermpilan membaca cerpen profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes menggunakan bahan ajar manual. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil tahun akademis 2024/2025. Populasi penelitian adalah para mahasiswa semester-1 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Kupang yang berjumlah 27 mahasiswa. Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 26 mahasiswa berdasarkan formula statistik. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran digunakan pedoman observasi untuk mengetahui kesesuaian antara RPP dan kegiatan pembelajaran. Untuk mengumpulkan data hasil belajar digunakan tes keteramplian membaca cerpen profetik. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi secara internal rencana pelaksanaan pembelajaran membaca cerpen profetik Bahan ajar yang digunakan memiliki empat bagian. Data prosedur pembelajaran dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel menggunakan skor baku mean ekspektasi 85,00. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca cerpen profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes menggunakan bahan ajar manual melibatkan 3 kegiatan awal, 27 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar keterampilan membaca cerpen profetik mengungguli mean baku minimal di atas 85,00 yakni 85,10.
Teks Naratif Favorit Pilihan Siswa Sekolah Menengah Atas Menggunakan Instrumen Google Form
Nurhuda, Aris;
Djawa, Alex;
Pane, Betharia
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55909/jpbs.v4i1.674
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang; 2) sama-tidaknya teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang per kelompok sampel. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa X SMA Negeri 7 Kupang yang mengisi kuesioner di google form yang disebarkan secara acak via guru Bahasa Indonesia berbasis WhatsApp. Mereka berjumlah 129 siswa yang terbagi dari 6 kelas paralel. Sampel ditetapkan 98 siswa; sesuai dengan formula Slavin. Jumlah sampel per kelompok ini ditetapkan secara proporsi yang dirarik secara random sederhana tanpa pengembalian. Teks naratif yang dimaksud dalam artikel ini adalah teks eksposisi topik IPA, teks ekposisi topik matematika, teks prosedur topik IPA, dan teks prosedur topik matematika. Untuk mengumpulkan data teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang digunakan instrumen kuesioner via google form dengan sistem tertutup yang memenuhi syarat validitas isi. Data teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang dianalisis menggunakan korelasi kontingensi melalui penghitungan manual. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi data google form melalui excel dan memvalidasi secara internal hasil penghitungan korelasi kontingensi. Temuan penelitian: 1) teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang adalah teks eksposisi; 2) terdapat perbedaan teks naratif favorit pilihan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kupang per kelompok sampel.
Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan
Rumair, Halima;
Rumagia, Abubakar
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55909/jpbs.v4i1.676
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan; 2) hasil belajar keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13 Pulau Gorom pada semester ganjil 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 6 SD Negeri 13 Pulau Gorom yang mengikuti pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total; semua anggota populasi diikutsertakan menjadi anggota sampel. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Data proses pembelajaran dikumpulkan menggunakan instrumen nontes yakni pedoman observasi. Daftar ricek dipakai untuk memvalidasi secara internal baik data maupun hasil analisis data. Data hasil belajar dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean dan persen. Data proses pembelajaran yang menggunakan bahan ajar pengayaan dianalisis menggunakan pendekatan tematik. Hasil penelitian: 1) proses pembelajaran keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan bagi siswa kelas 6 SD Negeri 13 Pulau Gorom melibatkan 2 kegiatan awal, 19 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar keterampilan membaca teks deskripsi menggunakan bahan ajar pengayaan bagi siswa kelas 6 SD Negeri 13 Pulau Gorom mencapai mean 76,67 dan nilai minimum 70,09. Oleh karena itu, penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam bahan ajar pengayaan sangat bermanfaat untuk mencapai hasil belajar keterampilan membaca teks deskripsi bagi siswa kelas 6 SD Negeri 13 Pulau Gorom.
Pembelajaran Keterampilan Menemukan Amanat Cerita Rakyat Madura Menggunakan Strategi Ganda melalui Bahan Ajar Alternatif
Hamidah;
Ansori, Birrul
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55909/jpbs.v4i1.677
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menemukan amanat cerita rakyat Madura menggunakan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan individual melalui bahan ajar allternatif; 2) hasil pembelajaran keterampilan menemukan amanat cerita rakyat Madura menggunakan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan individual melalui bahan ajar allternatif. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian adalah para siswa kelas 6 SD Negeri Pancoran V yang mengikuti pembelajaran. Mereka berjumlah 7 siswa. Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 7 siswa juga. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran digunakan pedoman observasi untuk mengetahui kesesuaian antara RPP dan kegiatan pembelajaran. Untuk mengumpulkan data hasil belajar digunakan tes keteramplian menemukan amanat cerita rakyat Madura. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi secara internal rencana pelaksanaan pembelajaran dan memvalidasi hasil analisis data. Data prosedur pembelajaran dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik deskripsi yakni mean dan persen. Target hasil pembelajaran 70,00. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menemukan amanat cerita rakyat Madura menggunakan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan individual melalui bahan ajar allternatif melibatkan 2 kegiatan awal, 18 kegiatan inti, dan 3 kegiatan akhir; 2) hasil pembelajaran keterampilan menemukan amanat cerita rakyat Madura mencapai mean 76,67 pada nilai minimal 70,11 dan nilai maksimum 87,67.
Pembelajaraan Mengidentifikasi Amanat Pantun Menggunakan Bahan Ajar Alternatif Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tes
Ismail, Hartiwiyanti;
Suryani;
Hardiansyah
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55909/jpbs.v4i1.679
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses pembelajaran mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes; 2) hasil belajar mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Watubangga pada semester ganjil tahun aajran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Watubangga yang mengikuti kegiatan pembelajaran mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes. Mereka berjumlah 13 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total; semua anggota populasi dijadikan anggota sampel. Data proses pembelajaran mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes dikumpulkan menggunakan pedoman observasi. Data hasil belajar mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda empat opsi. Data pembelajaran dianalisis secara tematik sedangkan data hasil belajar dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean dan persen. Hasil penelitian: 1) proses pembelajaran mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes melibatkan 2 kegiatan awal, 15 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar mengidentifikasi amanat pantun menggunakan bahan ajar alternatif berbasis pedekatan keteampilan proses dan teknik tes mencapai target 75,00.
Kualitas Pantun menurut Penilaian Mahasiswa melalui Instrumen Kuesioner Berbasis Google Form
Damayanti, Welsi;
Lushinta, Istiqomah Putri;
Dewi, Yulis Sulistiana
Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025
Publisher : Raja Zulkarnain Education Foundation
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55909/jpbs.v4i1.680
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa; 2) sama-tidaknya kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa per kelompok sampel. Penelitian ini berlangsung di semester genap tahun akademis 2024/2025 di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia. Populasi penelitian ini adalah para mahasiswa angkatan 2023 S-1 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mengisi kuesioner berbasis google form via WhatsApp. Mereka berjumlah 74 mahasiswa yang terbagi dari 3 kelas paralel. Penelitian ini menggunakan sampel total karena jumlah anggota per kelompok sampel relatif kecil. Para mahasiswa diminta memilih yakni menilai kualitas pantun dengan sistem tertutup: 1) sangat tidak berkualitas; 2) tidak berkualitas; 3) berkualitas; 4) sangat berkualitas. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi hasil jawaban mahasiswa dari lembar excel dan memvalidasi hasil analisis data kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa. Data penilaian kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa dianalisis menggunakan prinsip modus dari kelompok statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) pantun-1 tidak berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 2) pantun-2 berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 3) pantun-3 berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 4) pantun-4 berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 5) pantun-5 berkualitas menurut penilaian mahasiswa; 6) tidak terdapat perbedaan kualitas pantun menurut penilaian mahasiswa per kelompok sampel.