cover
Contact Name
M. Rizky Mahaputra
Contact Email
greenation.info@gmail.com
Phone
+6281210467572
Journal Mail Official
greenation.info@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapt. A. Hasan, Telanaipura Jambi-Indonesia
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan
Published by Greenation Publisher
ISSN : 29649579     EISSN : 29642876     DOI : https://doi.org/10.38035/jpmpt.
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan (JPMPT) Jurnal akademik yang mematuhi standar ulasan sejawat tertinggi. Jurnal ini fokus pada Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Jurnal ini memiliki "karakter" terbuka dan berkontribusi dari hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; dan menjelaskan dalam membimbing karakteristik masyarakat, bangsa, dan ideologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 66 Documents
Hubungan Pengakuan dan Rekan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Literature Review) Mahaputra, M. Ridho; Maharani, Amalina; Mahaputra, M. Rizky
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan (Januari-Maret 2023)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpmpt.v1i1.78

Abstract

Abstract: The Literature Review article on the Relationship between Recognition and Colleagues on Job Satisfaction is a scientific article that aims to build a research hypothesis on the influence between variables that will be used in further research, within the scope of Human Resource Management. The method of writing this Literature Review article is using the library research method, which is sourced from online media such as Google Scholar, Mendeley and other academic online media. The results of this study are: 1) Recognition is related to Job Satisfaction and 2) Coworkers are related to Job Satisfaction. Apart from these two exogenous variables that affect the endogenous variable Job Satisfaction, there are still many other factors including the variables of Salary, Work Environment and Workload. Abstrak: Artikel Literature Review Hubungan Pengakuan dan Rekan Kerja terhadap Kepuasan Kerja merupakan artikel ilmiah yang bertujuan membangun hipotesis riset pengaruh antar variabel yang akan digunakan pada riset selanjutnya, dalam ruang lingkup ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia. Metode penulisan artikel Literature Review ini yaitu menggunakan metode library research¸ yang bersumber dari media online seperti Google Scholar, Mendeley dan media online akademik lainnya. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pengakuan berhubungan terhadap Kepuasan Kerja dan 2) Rekan Kerja berhubungan terhadap Kepuasan Kerja. Selain dari dua variabel exogen ini yang mempengaruhi variabel endogen Kepuasan Kerja masih banyak faktor lain di antaranya adalah variabel Gaji, Lingkungan Kerja dan Beban Kerja.
Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Non Asn Pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ondi, Asep; Suryani, Herni; Komar Priatna, Deden; Lusiana Yulianti, Maria
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan (Januari-Maret 2023)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpmpt.v1i1.79

Abstract

Abstract: According to Prawirosentono in Sinambela (2016: 481) performance is the result of work that can be achieved by a person or group of people in an organization, according to their respective authorities and responsibilities, in order to achieve the goals of the organization concerned legally, not violating the law, and in accordance with morals and ethics. Based on the results of the study, it is known that the work discipline at the Education Office of West Java Province as a whole is very good, but there are some things that need to be improved, especially regarding the Remuneration (Salary and Welfare) received that is not in accordance with the workload given and There is an implementation of punishments when committing mistakes at work have not affected employees to always be disciplined. Abstrak: Menurut Prawirosentono dalam Sinambela (2016:481) kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi, sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing, dalam rangka upaya mencapai tujuan organisasi bersangkutan secara legal, tidak melanggar hukum, dan sesuai dengan moral dan etika. Berdasarkan pada hasil penelitian diketahui bahwa disiplin kerja di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat secara keseluruhan sangat baik, namun ada beberapa yang perlu ditingkatkan lagi terutama berkaitan Balas Jasa (Gaji dan Kesejahteraan) yang terima belum sesuai dengan beban kerja yang diberikan dan Adanya pelaksanaan hukuman ketika melakukan kesalahan dalam bekerja belum mempengaruhi pegawai untuk selalu disiplin.
Pengaruh Harga, Promosi dan Tempat terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Tekno Sport di Bumi Sani Kabupaten Bekasi Dwi Firmansyah, Yudha; Dwikotjo Sri Sumantyo, Franciscus; Ali, Hapzi
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan (Januari-Maret 2023)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpmpt.v1i1.80

Abstract

Abstract: This research aims to determine simultaneously and partially the independent variables namely Price, Promotion and Place, the dependent variable is Purchase Decision. This research was conducted in the Bekasi Regency area, namely consumers who use tekno sport shop products. The population in this study are consumers who use or who have bought products from a techno sport shop in the Bekasi district, with an unknown number of 203 respondents. Data analysis techniques in this study using Partial Least Square and Hypothesis Testing. Data processing in this study using the SmartPLS 3.0 software program. Based on the results of the study, it shows that in the hypothesis test, the price variable has no effect and is not significant because the sig value is 0.759 > 0.05 and the Tstatistic is 0.307, so it is said to have a negative effect. Promotion variable has a significant effect on purchasing decisions with a sig value of 0.002 < 0.05 and a Tstatistic of 3,045, the results are declared significant because Tstatistics > 1.97. Then there is the Place variable which has a significant effect on purchasing decisions with a value of sig 0.005 < 0.05 and T statistics 2.831, these results are declared significant because Tstatistics > 1.97. Based on the calculation results show that price, promotion and place have a positive effect on purchasing decisions. This is evidenced by the R Square value of 0.923. This shows that the higher the price, promotion and place on purchasing decisions, the better. Abstrak: Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan dan parsial dari variabel bebas yaitu Harga, Promosi dan Tempat, variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kabupaten Bekasi yaitu konsumen yang menggunakan produk toko tekno sport. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan atau yang pernah membeli produk toko tekno sport di wilayah kabupaten bekasi yang berjumlah tidak diketahui dengan sampel 203 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam uji hipotesis variabel Harga tidak berpengaruh dan tidak signifikan karena nilai sig 0.759 > 0.05 dan Tstatistik 0.307, maka dikatakan berpengaruh negatif. Variabel Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig 0.002 < 0.05 dan Tstatistik 3.045, hasil tersebut dinyatakan signifikan karena Tstatistik > 1.97. Lalu ada variabel Tempat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig 0.005 < 0.05 dan Tstatistik 2.831, hasil tersebut dinyatakan signifikan karena Tstatistik > 1.97. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukan bahwa harga, promosi dan tempat berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai R Square sebesar 0.923. Ini menujukan bahwa semakin tinggi harga, promosi dan tempat terhadap keputusan pembelian akan semakin baik.
Pengaruh Niat Beli: Analisis Persepsi Harga, Pengetahuan Produk dan Citra Perusahaan Hermawan, Eric
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan (Januari-Maret 2023)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpmpt.v1i1.81

Abstract

Abstract: The Literature Review Article Building Purchase Intentions: Corporate Image, Product Knowledge and Price Perception is a scientific article that aims to build a research hypothesis on the influence of variables to be used in further research, within the scope of Marketing Management science. The method of writing this Literature Review article is using the library research method¸ which is sourced from online media such as Google Scholar, Mendeley and other academic online media. The results of this study are: 1) Corporate Image is related to Purchase Intention; 2) Product Knowledge relates to Purchase Intention; and 3) Perceived Price is related to Purchase Intention. Apart from these 3 exogenous variables that affect the endogenous variable Purchase Intention there are many other factors including the variable Place, Service Quality and Product Quality. Abstrak: Artikel Literature Review Membangun Niat Beli: Citra Perusahaan, Pengetahuan Produk dan Persepsi Harga merupakan artikel ilmiah yang bertujuan membangun hipotesis riset pengaruh antar variabel yang akan digunakan pada riset selanjutnya, dalam ruang lingkup ilmu Manajemen Pemasaran. Metode penulisan artikel Literture Review ini yaitu menggunakan metode library research¸ yang bersumber dari media online seperti Google Scholar, Mendeley dan media online akademik lainnya. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Citra Perusahaan berhubungan dengan Niat Beli; 2) Pengetahuan Produk berhubungan dengan Niat Beli; dan 3) Persepsi Harga berhubungan dengan Niat Beli. Selain dari 3 variabel exogen ini yang mempengaruhi variabel endogen Niat Beli masih banyak faktor lain di antaranya adalah variabel Tempat, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk
Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepercayaa Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen E-Commerce Lazada di Wilayah Kota Bekasi Syeha Rahmawati, Nur; Dwikotjo Sri Sumantyo, Franciscus; Ali, Hapzi
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan (Januari-Maret 2023)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpmpt.v1i1.82

Abstract

Abstract: This study aims to determine how big the influence of customer value, consumer trust, and service quality on Lazada's e-commerce consumer satisfaction in the Bekasi City area. The basis of this study used 203 respondents to be used as samples in the study, which in this study used primary data obtained by distributing questionnaires to Lazada consumers in Bekasi City. Data analysis techniques in this study using Partial Least Square (PLS) and Hypothesis Testing. Data processing in this study using the SmartPLS 3.0 software program. Based on the results of the study, it was shown that in the hypothesis test, the variable Customer Value had a significant effect on customer satisfaction with a sig value of 0.041 < 0.05 and Tstatistics of 2.054, the results stated that Tstatistics > 1.96. And the Consumer Trust variable has a significant effect on Consumer Satisfaction with a sig value of 0.005 < 0.05 and Tstatistics 2.809, the results are declared significant because Tstatistics > 1.96. Then there is the service quality variable that has a significant effect on customer satisfaction with a sig value of 0.000 > 0.05 and a Tstatistic of 4.741, the results stated that Tstatistics > 1.96. Based on the calculation results show that customer value, consumer trust and service quality have a positive effect on customer satisfaction. This is evidenced by the R Square value of 0.635. This shows that the higher the customer value, consumer trust and service quality towards customer satisfaction, the better. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarkah Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepercayaan Konsumen, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen E-commerce Lazada di Wilayah Kota Bekasi. Dasar penelitian ini menggunakan 203 responden untuk digunakan sebagai sampel dalam penelitian, dimana dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada konsumen Lazada di Kota Bekasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dan Uji Hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam uji hipotesis variabel Nilai Pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai sig 0.041 < 0.05 dan Tstatistik 2.054, hasil tersebut dinyatakan bahwa Tstatistik > 1.96. Dan variabel Kepercayaan Konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai sig 0.005 < 0.05 dan Tstatistik 2.809, hasil tersebut dinyatakan signifikan karena Tstatistik > 1.96. Lalu ada variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai sig 0.000 > 0.05 dan T statistik 4.741, hasil tersebut dinyatakan bahwa Tstatistik > 1.96. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai pelanggan, kepercayaan konsumen dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai R Square sebesar 0.635. Ini menujukan bahwa semakin tinggi nilai pelanggan, kepercayaan konsumen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen akan semakin baik.
Pendampingan Pembuatan Perencanaan Strategis Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga di Kota Bekasi Tussoleha Rony, Zahara; Aryanto, Sani; Christine Simboro, Maria
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan (Januari-Maret 2023)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpmpt.v1i1.110

Abstract

Abstract: Every organization that wants to realize its organizational goals is obliged to make effective plans including social organizations, namely the Family Welfare Empowerment (PKK) which is a national community organization. PKK is a Government Partner and Community Organization, which functions as a facilitator, planner, implementer, controller and driver at each level for the implementation of the PKK program. The heavy and noble task of the PKK organization is to make the PKK chairman its members and need to understand their functions and roles as well as job descriptions.All of these leaders have tasks that are not easy, especially during the pandemic and post-pandemic conditions, many plans have not been realized or even been ineffective. The needs of society are largely changing. Therefore an evaluation and review of the 2021 and 2022 programs is needed. In order for planning to be focused and in accordance with the needs of the city of Bekasi, training and assistance are needed in making work plans in the PKK organization which begins with making SWOT. Standard Operating Procedure, as well. The results of the training and planning are expected to increase the competence of PKK administrators in making appropriate SWOT and planning in accordance with organizational goals and this is evidenced by the output of the training, namely several SOP and work planning programs. Abstrak: Setiap organisasi yang ingin mewujudkan tujuan organisasinya wajib membuat perencanaan efektif tidak terkecuali organisasi sosial, yaitu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang merupakan organisasi masyarakat nasional. PKK adalah Mitra Kerja Pemerintah dan Organisasi Kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing – masing jenjang demi terlaksananya program PKK. Tugas berat dan mulia dari organisasi PKK membuat ketua PKK anggotanya dan perlu memahami fungsi dan peran serta job deskripsinya. Semua para pimpinan ini memiliki tugas yang tidak mudah terlebih lagi kondisi pandemi dan pasca pandemi banyak perencanaan tidak terealisasi bahkan tidak tepat guna. Kebutuhan masyarakat sebagian besar berubah. Oleh karenanya dibutuhkan evaluasi dan review program 2021 dan 2022. Agar perencanaan dapat fokus dan sesuai dengan kebutuhan kota Bekasi diperlukan pelatihan dan pendampingan pembuatan perencanaan kerja di organisasi PKK yang diawali SWOT, dan prosedur operasi standar, serta. Hasil dari pelatihan dan perencanaan diharapkan meningkatkan kompetensi para pengurus PKK dalam membuat SWOT dan perencanaan yang tepat sesuai dengan tujuan organisasi dan hal ini dibuktikan dari output pelatihan yaitu beberapa SOP dan program perencanaan kerja.
Pengaruh Sarana Kerja, Kepemimpinan dan Dukungan Manajemen terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Kerja sebagai Variabel Mediasi (Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia) Haryati Djonu, Janny; E. H. J. FoEh, John; Man, Stanis
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan (Januari-Maret 2023)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpmpt.v1i1.173

Abstract

Abstract: This article will focus on analyzing the influence of work facilities, leadership, management support, and work motivation on employee performance. The results of the literature review obtained: 1) Work facilities have a significant effect on employee performance; 2) Leadership has a significant impact on employee performance; 3) Management support has a significant impact on employee performance; 4) Motivation has a significant effect on employee performance; 5) Work facilities have a significant effect on performance with work motivation as a mediating variable; 6) Leadership has a significant effect on performance with work motivation as a mediating variable; 7) Management support has an important influence on performance with work motivation being the mediating variable; 8) Work motivation mediates the influence of work facilities, leadership and management support on employee performance. Abstrak: Dalam artikel ini akan focus ke analisis pengaruh sarana kerja, kepemimpinan, dukungan manajemen maupun motivasi kerja kepada kinerja karyawan. Hasil kajian pustaka memperoleh: 1) Sarana kerja memengaruhi signifikan bagi kinerja karyawan; 2) Kepemimpinan memengaruhi signifikan bagi kinerja pegawai; 3) Dukungan manajemen memengaruhi signifikan bagi kinerja karyawan; 4) Motivasi memengaruhi signifikan bagi kinerja karyawan; 5) Sarana kerja memengaruhi signifikan bagi kinerja dengan motivasi kerja sebagai variabel mediasi; 6) Kepemimpinan memengaruhi signifikan bagi kinerja dengan motivasi kerja sebagai variabel mediasi; 7) Dukungan manajemen memengaruhi penting bagi kinerja dengan motivasi kerja yang menjadi variabel mediasi; 8) Motivasi kerja memediasi pengaruh sarana kerja, kepemimpinan maupun dukungan manajemen pada kinerja karyawan.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendeteksian Fraud: Pengalaman Audit, Kompetensi dan Skeptisme Profesionalis (Literature Review Audit) Subekti, Heru; Kuntadi, Cris
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan (Januari-Maret 2023)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpmpt.v1i1.174

Abstract

Abstract: This article aims to determine audit experience, competence, and professional skepticism in detecting fraud. This article was carried out by conducting a literature study from various studies that have been done. This article reviews the factors that influence fraud detection: competency, professionalism, and audit experience, a study of audit literature. The results of this literature review article are: 1) audit experience has an effect on fraud detection; 2) dose effect on fraud detection; and 3) professional skepticism has an effect on fraud detection. Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman audit, kompetensi, dan skeptisme profesional dalam mendeteksi fraud. Artikel ini dilakukan dengan melakukan studi literatur dari berbagai penelitian yag sudah dilakukan. Artikel ini mereview faktor-faktor yang mempengaruhi pendeteksian fraud, yaitu: kompetensi, profesionalisme dan pengalaman audit, suatu studi literatur audit. Hasil artikel literature review ini adalah: 1) pengalaman audit berpengaruh terhadap pendeteksian fraud; 2) kompetensi berpengaruh terhadap pendeteksian fraud; dan 3) skeptismie profesional berpengaruh terhadap pendeteksian fraud.
Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Komunikasi dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia) Ahmadi Umar, Rikco; EHJ FoEh, John; A. Manafe, Henny; Sia Niha, Simon
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan (Januari-Maret 2023)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpmpt.v1i1.175

Abstract

Abstract: This study will analyze leadership, work environment, and communication in influencing job satisfaction. The formulation of the problems in this study are: 1) Does leadership have a positive and important influence on employee job satisfaction?; 2) Does the work environment have a positive and important impact on worker job satisfaction?; 3) Does communication have a positive and important impact on employee job satisfaction?; 4) Does communication have a positive and important impact on employee job satisfaction; 5) Does leadership, work environment, communication, and organizational culture have a positive and important influence on employee job satisfaction? Abstrak: Pada kajian ini akan menganalisis kepemimpinan, lingkungan kerja maupun komunikasi dalam memengaruhi kepuasan kerja. Rumusan masalah pada kajian ini, yakni: 1) Apakah kepemimpinan memberi pengaruh positif dan penting kepada kepuasan kerja karyawan?; 2) Apakah lingkungan kerja memberi akibat positif dan penting kepada kepuasan kerja pekerja?; 3) Apakah komunikasi memberi akibat positif dan penting kepada kepuasan kerja pekerja?; 4) Apakah komunikasi memberi akibat positif dan penting kepada kepuasan kerja pekerja; 5) Apakah kepemimpinan, lingkungan kerja, komunikasi dan budaya organisasi memberi pengaruh positif dan penting kepada kepuasan kerja karyawan.
Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ojek Online Paskah Diva Cahyaningtyas, Theresa; Fauzi, Achmad; Rifda Permana, Jauzaa; Maharani, Kenia; Oktaviani Rumahorbo, Lawren; Safira, Meidiva; Alfathan, Radiva
Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapan (Januari-Maret 2023)
Publisher : Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The development of internet is experiencing rapid development. This is used by most online motorcycle taxi services businesses, such as Gojek, Grab, and Maxim to create online motorcycle taxi applications to help people to mobilize more easily. This article discusses the factors that influence the decision to use online motorcycle taxi services, namely: price perception, brand image, and promotion. The purpose of writing articles is to build hypotheses about the influence of variables to be used in further research. The results of this literature review article are: 1) Price perception has a positive and crucial effect on the decision to use online motorcycle taxi services; 2) Brand Image has a positive and crucial effect on the Decision to Use Online Ojek Services; and 3) Promotion has a positive and crucial effect on the decision to use online motorcycle taxi services. Abstrak: Perkembangan internet mengalami perkembangan yang kian pesat. Hal ini dimanfaatkan sebagian besar pelaku bisnis jasa ojek online, seperti Gojek, Grab dan Maxim untuk membuat aplikasi ojek online guna membantu masyarakat agar lebih mudah melakukan mobilisasi. Artikel ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan jasa ojek online, yaitu: persepsi harga, citra merek, dan promosi. Tujuan penulisan artikel adalah untuk membangun hipotesis pengaruh antar variabel untuk digunakan pada riset selanjutnya. Hasil artikel literature review ini adalah: 1) Persepsi Harga berpengaruh positif maupun krusial terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ojek Online; 2) Citra Merek berpengaruh positif maupun krusial terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ojek Online; dan 3) Promosi berpengaruh positif maupun krusial terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ojek Online.