cover
Contact Name
Rusdyi Habsyi
Contact Email
rusdy.habsy@gmail.com
Phone
+6281356476549
Journal Mail Official
jimatjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jln. Kampus STKIP Kie Raha kel. Sasa Kota ternate. Gedung D Lantai 1. Program Studi Pendidikan Matematika Institut Sains dan Kependidikan Kie Raha Maluku Utara
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT)
ISSN : -     EISSN : 27741729     DOI : https://doi.org/10.5281/zenodo.
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1729) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, JIMAT menempuh misi untuk mendistribusikan informasi serta mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika. Dengan menggunakan Open Journal System (OJS), JIMAT dapat diakses secara luas dan para peneliti dapat men-submit hasil-hasil penelitian yang dikemas dalam bentuk artikel dengan mengikuti panduan-panduan yang telah disediakan oleh JIMAT.
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025" : 24 Documents clear
Literature Review: Inovasi Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Ajir, Bau; Salmawati, Salmawati; Ishak, Suryadi
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v6i1.778

Abstract

Artikel ini mengkaji inovasi pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar melalui studi literatur. Penelitian bertujuan untuk menganalisis karakteristik, implementasi, dan efektivitas pendekatan STEAM dalam pembelajaran matematika SD berdasarkan kajian terhadap publikasi ilmiah terkini. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi literatur sistematis dengan menganalisis 20 artikel ilmiah (15 nasional dan 5 internasional) yang dipublikasikan dalam kurun waktu 2017-2024. Analisis dilakukan dengan tahapan identifikasi, penyaringan, dan ekstraksi informasi relevan tentang implementasi STEAM dalam pembelajaran matematika SD. Hasil studi menunjukkan bahwa pendekatan STEAM dalam pembelajaran matematika SD di Indonesia umumnya diimplementasikan melalui project-based learning, problem-based learning, dan inquiry-based learning yang mengintegrasikan lima bidang STEAM. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan STEAM terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, pemahaman konsep matematika, dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Tantangan implementasi meliputi keterbatasan kompetensi guru, infrastruktur pendukung, dan kesesuaian dengan kurikulum nasional. Berdasarkan kajian literatur, disimpulkan bahwa pendekatan STEAM merupakan inovasi yang potensial untuk pembelajaran matematika SD dengan memperhatikan konteks kearifan lokal, pembelajaran berbasis proyek, dan pemanfaatan teknologi digital
Evaluasi Keterampilan Numerik Siswa: Metode dan Pendekatan yang Efektif Sari, Nur Kumala; Dewi, Andi Munca; Ishak, Suryadi
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v6i1.779

Abstract

Kemampuan numerik merupakan kompetensi dasar yang krusial bagi siswa di era modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi metode dan pendekatan yang efektif dalam menilai kemampuan numerik siswa SMP dan sederajat di Kecamatan Benteng. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini melibatkan wawancara dengan guru matematika untuk menggali pengalaman dan strategi mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan beragam metode evaluasi, termasuk tes tertulis, observasi, penilaian proyek, dan portofolio, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Tes tertulis masih menjadi pilihan umum karena efisiensinya, sementara penilaian proyek dan portofolio dinilai lebih efektif dalam mengukur pemahaman konseptual dan kemampuan aplikasi siswa. Guru memahami bahwa keterampilan numerik mencakup pemahaman konsep, pemecahan masalah, dan aplikasi dalam konteks nyata. Tantangan yang dihadapi guru meliputi kurikulum padat, keragaman siswa, dan keterbatasan sumber daya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa, pengembangan profesional guru, dan dukungan sekolah sangat penting. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam sampel dan metode pengumpulan data, sehingga penelitian selanjutnya dapat melibatkan sampel yang lebih besar dan beragam serta mengeksplorasi perspektif siswa.
Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Matriks Berdasarkan Teori Kastolan Manullang, Juliana Maretty Citra; Manurung, Sri Lestari; Simanjuntak, Rosi Ade Putri; Tanjung, July Yanty
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v6i1.787

Abstract

Tujuan dari penelitian berbasis teori kastolan ini adalah untuk mengukur frekuensi kesalahan siswa saat mencoba memecahkan masalah matematika terkait matriks. Metodologi penelitian untuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan instrumen tesnya adalah ujian tertulis dengan tiga masalah terkait matriks. Delapan siswa kelas sebelas dari SMAN 1 Nimboran berpartisipasi dalam penelitian ini. Pertanyaan pertama memiliki persentase kesalahan konseptual tertinggi (73%), diikuti oleh kesalahan prosedural (69%), dan kesalahan teknis (67%). Sementara 71% adalah konseptual, 56% adalah prosedural, dan 50% adalah teknis pada pertanyaan 2. Ada 60% kesalahan konseptual, 55% kesalahan prosedural, dan 49% kesalahan teknis pada pertanyaan 3. Besarnya kesalahan yang diidentifikasi membuat kami percaya bahwa, menurut teori kastolan, kesalahan konseptual adalah jenis kesalahan yang paling umum. Beberapa alasan mengapa siswa melakukan kesalahan ini meliputi: 1) tidak mengetahui atau tidak mampu mengingat rumus yang tepat, 2) tidak mengetahui cara menggunakan rumus yang tepat, 3) tidak mengetahui rumus mana yang harus digunakan, dan 4) menggunakan rumus, teorema, atau definisi yang tidak sesuai dengan ketentuan yang diperlukan agar rumus tersebut valid.
Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika Mahasiswa Simanjuntak, Rosi Ade Putri; Sinurat, Putra Paulus; Manurung, Hendra Cahyadi; Sagala, Prihatin Ningsih; Tanjung, July Yanty; Berutu, Jhosua
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v6i1.790

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalsiis pengaruh media social pada minat belajar matematika mahasiswa, dengan fokus pada aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berkontribusi sebesar 37,0% terhadap minat belajar matematika, meskipun masih terdapat 63,0% variabel lain yang memengaruhi motivasi belajar mahasiswa, seperti metode pengajaran dan dukungan dari lingkungan sekitar. Dengan memahami dampak interaksi di media sosial, semoga penelitian ini menghasilkan wawasan tentang pemanfaatan media sosial secara optimal dalam meningkatkan hasil belajar matematika di kalangan mahasiswa.
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Berbasis Media Ajar Konkret Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 13 Trans Rangkang Pada Pembelajaran Matematika Yeni, Novri; Torimtubun, Hendrikus
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v6i1.797

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi bangun ruang melalui penerapan Model Kooperatif Teknik Jigsaw berbasis Media Ajar Konkret yaitu jaring- jaring bangun ruang. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan sebagai solusi terhadap masalah-masalah pembelajaran yang terdapat di kelas V SDN 13 Trans Rangkang Kabupaten Bengkayang. Penelitian ini terdiri dari empat langkah yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi tindakan. Siklus ini berulang jika hasil pada siklus sebelumnya belum mencapai target yang diharapkan dengan mengikuti langkah-langkah yang sama, dengan penekanan pada pembelajaran melalui Model Kooperatif Teknik Jigsaw berbasis Media Ajar Konkret. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik statistika sederhana. Dari penelitian yang dilakukan selama proses pembelajaran, ditemukan bahwa pada siklus I, terdapat 11 peserta didik (41%) dari total 27 peserta didik telah menunjukkan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika, khususnya materi bangun ruang, dan berhasil mencapai KKTP yang sudah ditetapkan yaitu 62. Pada siklus II, persentase tersebut meningkat menjadi 23 peserta didik (85%), dari 27 peserta didik yang berhasil mencapai KKTP. Rata-rata nilai postes peserta didik pada siklus I adalah 61,01, meningkat menjadi 79 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75% untuk ketuntasan peserta didik secara keseluruhan. Selain itu aktivitas guru juga meningkat dari 3,31 menjadi 3,84 dan aktivitas peserta didik dari 3,23 menjadi 3,76 selama proses pembelajaran dan memengaruhi hasil belajar. Analisis peneliti menyimpulkan bahwa penerapan Model Kooperatif Teknik Jigsaw berbasis Media Ajar Konkret dalam pembelajaran Matematika tentang materi Bangun Ruang dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika: Tantangan dan Solusi di Sekolah Wilayah 3T: Studi Kasus SMP Advent Wamena) Tuuk, Gabriela Karen; Ratulangi, Cliford Racelino
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v6i1.800

Abstract

Pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) memiliki peranan penting dalam membentuk sikap dan nilai-nilai moral siswa, namun implementasinya masih menghadapi berbagai kendala, terutama di daerah terpencil seperti Kota Wamena, Papua. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan solusi dalam penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran matematika di SMP Advent Kota Wamena. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi yang melibatkan guru, siswa, dan lingkungan sekolah sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan tantangan utama meliputi rendahnya kompetensi guru dalam mengintegrasikan pendidikan karakter, keterbatasan media pembelajaran kontekstual, serta minimnya dukungan dari lingkungan dan orang tua. Solusi yang diterapkan mencakup penggunaan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), kolaborasi antar guru melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) lokal, serta integrasi nilai-nilai karakter berbasis kearifan lokal Papua. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan kolaboratif untuk menguatkan pendidikan karakter di daerah 3T. Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan model pembelajaran berbasis karakter dan rekomendasi praktis bagi pendidik serta pengambil kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika yang berkarakter di wilayah tertinggal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan budaya lokal Papua guna mendukung keberhasilan pendidikan karakter di daerah terpencil.
Aplikasi Persamaan Differensial Dengan Pendekatan Model Pertumbuhan Eksponensial Untuk Memprediksi Jumlah Penduduk Kota Tual Tahun 2026–2030 ., Armin; Kriswanto Remetwa, Michael
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v6i1.804

Abstract

Pertumbuhan penduduk merupakan faktor penting dalam perencanaan Pembangunan suatu wilayah dan juga menjadi parameter untuk melakukan strategi ekonomi bagi pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi jumlah penduduk kota tual pada tahun 2026 hingga tahun 2030 dengan menggunakan persamaan differensial dan diasumsikan model tumbuh secara eksponensial. Data yang digunakan pada penelitian ini bersumber dari Badan Pusat Statistik Provinsi maluku dari tahun 2020-2024. Dari hasil analisis yang dilakukan diperoleh laju pertumbuhan penduduk kota Tual sebesar 1,22% per tahun. Dengan demikian diperkirakan jumlah penduduk kota Tual akan bertambah sebanyak 7.049 jiwa selama 6 tahun dari 2024-2030 yakni dari 92.744 jiwa pada tahun 2024 bertambah menjadi 99.793 jiwa pada tahun 2030. Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah perlunya pengendalian laju pertumbuhan penduduk melalui kebijakan kependudukan berbasis data serta optimalisasi tata ruang dan infrastruktur yang memperhatikan dinamika pertumbuhan penduduk. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi pemerintah daerah dan pemangku kepentingan dalam Menyusun strategi Pembangunan dan ekonomi jangka pendek.
Efektifitas Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar: Literature Review Nur, Muhammad Awal
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v6i1.808

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh integrasi permainan tradisional dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui pendekatan tinjauan pustaka (literature review). Sumber data diperoleh dari berbagai basis data akademik seperti Google Scholar dengan rentang publikasi tahun 2020 hingga 2025. Seleksi artikel dilakukan berdasarkan kriteria tahun terbit, indeksasi jurnal, jenis penelitian, dan jenjang pendidikan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil kajain menunjukkan bahwa permainan tradisional seperti layang-layang, congklak, engklek, gobak sodor, kelereng, lompat tali, bekel, dan dam-daman secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam ranah kognitif, afektif, dan sosial. Permainan tersebut mampu mengkonkretkan konsep matematika abstrak, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta meningkatkan motivasi, keterlibatan aktif, dan interaksi sosial siswa. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang inovatif di sekolah dasar serta mendorong pelestarian budaya lokal melalui permainan tradisional.
Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI Sekolah Dasar Dimu, Djamma; Maria, Sonya Kristiani; El Puang, Desi Maria
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v6i1.809

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagin besar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model problembased learning terhadap hasil belajar matematika kelas VI SDK Bhaktyarsa. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desaian penelitian one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas VI SDK Bhaktyarsa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi dengan instrumen soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian diketahui pada pretest, rata-rata nilai 64, dan posttest 80. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai sig untuk pretest adalah 0,079 dan posttest adalah 0,266 sehingga memenuhi sebaran normal. Hasil uji t terhadap hasil belajar matematika, diketahui nilai thitung sebesar -17.489 untuk pretest dan posttest dengan signifikansi sebesar < 0,001 sehingga Ho ditolak. Dari hasil ini, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika kelas VI SDK Bhaktyarsa. Rekomendasi penelitian yaitu: guru menerapkan model problem based learning secara berkala, khususnya dalam pembelajaran Matematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar. Juga untuk peneliti selanjutnya, agar meneliti lebih lanjut tentang efektivitas model problem based learning pada jenjang kelas lain serta melihat pengaruhnya untuk jangka panjang terhadap motivasi dan sikap siswa.
Pengembangan Komik Misteri Di Balik Gudang Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Hudzaifah, Muhammad; Suprayitno, Iswahyudi Joko ; Aziz, Abdul
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63976/jimat.v6i1.810

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas komik "Misteri di Balik Gudang" sebagai media pembelajaran matematika materi bangun datar persegi pada siswa kelas IV SD Negeri Pedurungan 3 Semarang. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah persepsi negatif siswa terhadap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik serta terbatasnya media pembelajaran inovatif. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas IV SDN Pedurungan Kidul 2 Semarang tahun ajaran 2024/2025. Komik ini mengintegrasikan konsep matematika bangun datar persegi ke dalam alur cerita petualangan yang menarik. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi menggunakan skala penilaian 1-4. Hasil validasi menunjukkan bahwa komik "Misteri di Balik Gudang" memperoleh rata-rata skor 3,53 (kategori "Sangat Valid") untuk validasi media dan 3,17 (kategori "Valid") untuk validasi materi. Komik ini menyajikan konsep persegi sebagai bangun datar dengan empat sisi sama panjang dan empat sudut siku-siku, serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari melalui visualisasi menarik dan alur cerita yang relatable. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis komik dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa sekolah dasar.

Page 1 of 3 | Total Record : 24