cover
Contact Name
Hisbullah
Contact Email
hisbullah@iainpalopo.ac.id
Phone
+6285242858469
Journal Mail Official
jurnalpendidikanrefleksi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Domba, Lorong SMPN 5, Perumahan Cahaya Regency Blok B8, Kel. Temmalebba Kec. Bara, Kota Palopo.. Kode Pos 91914
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Refleksi
Published by P3I LUWU RAYA
ISSN : 23014407     EISSN : 2798544X     DOI : -
JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola oleh P3I Luwu Raya (sebelumnya SMK Cokroaminoto Palopo), jurnal ini berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan melalui publikasi karya ilmiah berkualitas.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi" : 13 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Audio Visual untuk Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Lestari, Riska; Rustan, Edhy; Munir, Nilam Permatasari
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 12 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran pada materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar terintegrasi (audio visual). Penelitian ini bertujuan: a) Untuk mengetahui hasil Pengembangan, Validitas, dan Praktikalitas produk pengembangan media pembelajaran terintegrasi audio visual dalam keterampilan berhitung KPK dan FPB. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D). Tahap penelitian menggunakan model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk yang dihasilkan yaitu media pembelajaran terintegrasi audio visual yang memilii durasi 10 menit. yang didalamnya terdapat materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar. Didalam media ini ada beberapa poin yang pertama itu tujuan pembelajaran, pengertian dari kelipatan dan faktor, untuk mencari nilai KPK dan FPB selanjutnya ada latihan mengerjakan soal, dan akhir dalam media ini ada kunci jawaban. Kegunaan media ini yaitu untuk membantu guru dalam pembelajaran dan menumbuhkan rasa minat siswa dalam belajar. Hasil validitas dari masing-masing ahli. Hasil validasi oleh ahli materi 95,83% (sangat valid), ahli media 85,71% (sangat valid), ahli bahasa 93,75% (sangat valid). Kepraktisan 92,5% dengan memenuhi kategori sangat praktis. Pengembangan media pembelajaran terintegrasi audio visual dinyatakan sangat layak dan mendapatkan respon positif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran.
Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI di MI 01 Bonepute Wulan, Sinar; Zainuddin, Fauziah; Yamin, Muhammad; Selviana, Selviana; R, M. Arief; Rahmadani, Ervi
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 12 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Skripsi ini membahas sebuah penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah 01 Bonepute. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran smart card pada mata pelajaran akidah akhlak materi mengenal Allah Swt. melalui asmaul husna. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). Dalam pengembangan media pembelajaran smart card ini peneliti menggunakan model ADDIE. Media pembelajaran smart card yang dibuat telah divalidasi oleh 2 ahli validator di antaranya: validator materi dan validator media. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan produk serta membantu pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga dapat memahami materi mengenal Allah Swt. melalui asmaul husna pada mata pembelajaran akidah akhlak. Dalam pembuatan media pembelajaran smart card peneliti menggunakan aplikasi Canva. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiah 01 Bonepute dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VI. Untuk tingkat kevalidan produk pegembangan dilakukan uji validitas oleh validator ahli materi dan ahli media. Sedangkan untuk mengetahui praktikalitas produk, peneliti menyebarkan angket praktikalitas kepada peserta didik. Hasil validasi media pembelajaran smart card mendapatkan penilaian dari ahli materi dengan nilai 92% masuk dalam kategori sangat valid, dan nilai dari ahli media yaitu 90% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon terhadap praktikalitas media pembelajaran smart card, berdasarkan angket respon pendidik, diperoleh hasil persentase 93,05% yang berada pada kategori sangat praktis. Sedangkan angket respon peserta didik menghasilkan persentase 93,31% yang termasuk dalam kategori sangat praktis sehingga layak untuk digunakan.
Penerapan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SDN 52 Pattedong Kabupaten Luwu Sari, Nurlia Indah; Guntur, Muhammad; Hisbullah, Hisbullah
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 12 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini fokus pada evaluasi penerapan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN 52 Pattedong, Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten Luwu. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan selama dua siklus, melibatkan 16 peserta didik kelas IV sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes untuk mengukur dampaknya terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, sebanyak 66,875% peserta didik mencapai standar penilaian. Meskipun demikian, karena belum mencapai target yang ditentukan, peneliti melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan hingga mencapai 88,75%. Dengan persentase ini, peneliti menghentikan tindakan dan menyimpulkan bahwa penggunaan video animasi dapat efektif meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya integrasi media pembelajaran inovatif, seperti video animasi, dalam proses pengajaran. Guru diharapkan menerapkan pendekatan serupa untuk memaksimalkan potensi pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat menjadi solusi efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan memotivasi, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan di SDN 52 Pattedong Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu.
Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Doratoon pada Materi Ekosistem Siswa Kelas V SDN 09 Mattekko Pageno, Rahma Binti; Salmilah, Salmilah; Wiratman, Arwan
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 12 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini fokus pada pengembangan media video animasi berbasis Doratoon untuk materi ekosistem di kelas V SDN 09 Mattekko. Tujuan penelitian mencakup prosedur pengembangan, validitas, dan kepraktisan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) sebagai landasan metodologinya. Proses pengembangan dimulai dengan tahap analisis untuk memahami kebutuhan dan karakteristik siswa kelas V SDN 09 Mattekko terkait materi ekosistem. Tahap ini melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi ini telah memenuhi kriteria validitas yang tinggi, dengan nilai validasi ahli media mencapai 97%, termasuk dalam kategori sangat valid. Validasi materi dan bahasa juga mencapai nilai 79,5%, yang tetap dalam kategori valid. Uji praktikalitas dilakukan terhadap guru kelas V SDN 09 Mattekko dan 17 peserta didik. Hasilnya menunjukkan nilai praktikalitas yang sangat tinggi, dengan guru memberikan nilai 98,2% dan peserta didik memberikan nilai 94,8%. Hal ini membuktikan bahwa media video animasi ini sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran, baik dari perspektif guru maupun peserta didik. Dengan nilai validitas dan praktikalitas yang tinggi, dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis Doratoon ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Diharapkan bahwa produk ini dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi ekosistem dan membantu peserta didik untuk memahaminya dengan baik. Implikasi positif dari penggunaan media ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas V SDN 09 Mattekko dan menjadi sumber daya yang berharga dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep ekosistem.
Transformasi Kemampuan Membaca Peserta Didik Melalui Kemah Literasi di Kelas IV SDN 245 Tole-Tole Luwu Timur Sari, Chika Utia; Nursyamsi, Nursyamsi; Sukmawaty, Sukmawaty
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 12 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menginvestigasi penerapan kemah literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di Kelas IV SDN 245 Tole-Tole Luwu Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode penelitian ini melibatkan penggunaan beberapa instrumen penelitian, termasuk wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aktivitas siswa dengan menerapkan kemah literasi, kemampuan membaca peserta didik pada siklus I mencapai kategori Baik, yaitu sebanyak 61,6%. Pada tindakan siklus II, terjadi peningkatan signifikan sebesar 96%, mencapai kategori Sangat Baik. Evaluasi aktivitas guru menunjukkan peningkatan dari 50% dengan kategori Cukup pada siklus I menjadi 70% dengan kategori Sangat Baik pada siklus II. Oleh karena itu, baik aktivitas guru maupun siswa pada kedua siklus berhasil mencapai kategori keberhasilan. Skor tes membaca peserta didik pada siklus I hanya mencapai 816 (51%), tetapi mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 1.186,1 (74,13%), sehingga mencapai kategori keberhasilan dan menunjukkan peningkatan kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini berimplikasi terhadap penerapan kemah literasi sebagai sebuah strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, dengan potensi untuk diterapkan lebih luas dalam konteks pendidikan.
Pengembangan Media Video Animasi Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Adab Kepada Sesama Manusia di Kelas IX MTsN Kota Palopo Frikas, Shuci Aulya; K, Nurdin; Yamin, Muh.; Nasruddin, Hera; Alauddin, Alauddin; Hamdany, M. Zuljalal
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 12 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Adab Kepada Saudara, Teman dan Tetangga di Kelas IX MTsN Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi Canva. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN Kota Palopo tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan lembar angket validasi uji validitas dan lembar angket uji praktikalitas. Adapun teknik analisis datanya adalah teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini berdasarkan penilaian pada angket uji validasi ahli media memperoleh nilai 86,15% pada kategori “sangat valid”. Hasil uji validasi ahli materi/isi I dan II memperoleh nilai 93% pada kategori “sangat valid”. Berdasarkan hasil uji validasi keduanya memperoleh nilai rata-rata 91%. Adapun hasil uji praktikalitas oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak memperoleh nilai 95% pada kategori “sangat praktis” dan praktikalitas oleh siswa memperoleh nilai 92,5% pada kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil uji praktikalitas yang dilakukan keduanya memperoleh rata-ratanya 93% pada kategori “sangat praktis”. Sehingga media pembelajaran video berbasis aplikasi Canva pada materi adab kepada saudara, teman dan tetangga sangat valid dan praktis digunakan didalam pembelajaran.
Pengelolaan Pembelajaran IPS Melalui Model Talking Stick di Kelas IV SD 170 Putemata Luwu Utara Kholisa, Kholisa; Suryani, Lilis; Nursyamsi, Nursyamsi
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 12 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini muncul sebagai respons terhadap kekurangan kreativitas yang ditemui pada guru, yang pada gilirannya mempengaruhi pemahaman materi oleh peserta didik. Adanya kurangnya inovasi dalam pendekatan pengajaran sering kali menyebabkan pembelajaran yang monoton dan kurang menarik. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba mengenalkan metode pembelajaran yang kreatif, dengan memfokuskan pada penggunaan model talking stick pada pelajaran IPS kelas IV di SDN 170 Putemata, Kabupaten Luwu Utara. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tingkat kreativitas guru dan mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran talking stick. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan guru kelas IV dan peserta didik di kelas tersebut di SDN 170 Putemata. Hasil penelitian menyoroti bahwa kreativitas guru dalam menggunakan model pembelajaran talking stick melibatkan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam tahap persiapan, guru menyusun RPP yang terkait dengan model talking stick dan menyiapkan media yang sesuai. Pelaksanaan model pembelajaran dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan, sementara pada tahap evaluasi, guru memberikan pertanyaan umpan balik kepada peserta didik untuk mengukur pemahaman mereka. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor penghambat, seperti konsentrasi peserta didik yang terpecah karena rasa gugup atau takut untuk menjawab pertanyaan, ketidaksiapan peserta didik dalam merespons pertanyaan, dan ketegangan yang dirasakan oleh peserta didik saat menjawab pertanyaan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif.
Pengembangan Media Pembelajaran Diorama pada Materi Pembelajaran Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji Nur, Hamriana; Said, Muhazzab; Zainuddin, Fauziah; Rahima, Rahima; K, Nurdin
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 12 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media diorama pada materi pembelajaran tata cara pelaksanaan ibadah haji di kelas VII MTs As’adiyah Belawa Baru, untuk mengetahui validitas dan respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran diorama. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu, tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah As'adiyah Belawa Baru dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII. Setelah produk dibuat, peneliti menyebar angket validasi kepada tim validator untuk mengetahui kevalidan produk yang dikembangkan. Validator dalam penelitian ini terdiri dari validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli bahasa. Hasil dari validasi ahli media diperoleh dengan kualifikasi valid, validasi ahli materi diperoleh dengan kualifikasi sangat valid dan validasi ahli bahasa diperoleh dengan kualifikasi sangat valid. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 2 angket respon guru dan 31 angket respon peserta didik, berdasarkan angket respon guru diperoleh kualifikasi sangat praktis dan respon peserta didik diperoleh dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa media diorama pada materi tata cara pelaksanaan ibadah haji di kelas VII Madrasah Tsanawiyah As'adiyah Belawa Baru sangat valid dan praktis untuk digunakan.
Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Kinemaster Materi Gaya Kelas IV SDN 10 Tomarundung Torasila, Dirgahayu; Baderiah, Baderiah; Laswi, Aishiyah Saputri
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 12 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pengembangan media video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SDN10 Tamarundung, bagaimana validitas media video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SDN 10 Tamarundung, bagaimana kepraktisan penggunaan media video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SDN 10 Tamarundung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SDN 10 Tamarundung, untuk mengetahui validitas media video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SD Negeri 10 Tamarundung, untuk mengetahui kepraktisan media video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SDN 10 Tamarundung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D), dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SDN 10 Tamarundung dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV dan guru kelas IV, Objek yang diteliti yaitu media video animasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa media video animasi yang telah memenuhi kategori valid. Adapun hasil validasi media video animasi menunjukkan bahwa hasil validasi media diperoleh nilai 75% dengan kategori valid, hasil validasi materi diperoleh nilai 70% dengan kategori valid, sedangkan hasil validasi bahasa diperoleh nilai 91,6% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas terhadap guru kelas IV SDN memperoleh nilai 96,8 % dengan kategori sangat praktis, sedangkan hasil uji praktikalitas terhadap 9 peserta didik kelas IV SDN 09 diperoleh nilai 82,5% dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, maka media video animasi yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA di Kelas IV SDN 115 Lanosi Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur Ehrick, Febriani; Takwim, Mardi; Bungawati, Bungawati
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 12 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai penelitian pemanfaatan media pembelajaran berbasis game edukasi dalam meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas 4 SDN 115 Lanosi Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur, penelitian ini bertujuan untuk mengetrahui gambaran aktivitas minat belajar IPA pada siswa dan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa SDN 115 Lanosi Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur melalui media pembelajaran berbasis game edukasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkam bahwa pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 40,62% (kurang), pertemuan II sebesar 43,75% (kurang) dan pertemuan III sebesar 59,37% (cukup). Persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 41,91% (cukup). Pada siklus II gambaran aktivitas belajar siswa pertemuan I mendapatkan persentase sebesar 68, 75% (baik), pertemuan II sebesar 87,5% (baik) dan pertemuan III SEBESAR 100% (samgat baik). Adapun persentase meningkatnya minat belajar IPA siswa pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 50,95% (sangat rendah) dan nilai rata-rata siklus II sebesar 91% (sangat baik). Berdasarkan hasil persentase aktivitas belajar dan peningkatan minat belajar IPA siswa menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan minat belajar IPA menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 13