cover
Contact Name
Nurain Suryadinata
Contact Email
semnasdies@fkip.unila.ac.id
Phone
+6285269017688
Journal Mail Official
nurain.suryadinata@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 2716053X     DOI : https://doi.org/10.23960/prosemfkip
Core Subject : Education,
Prosiding seminar nasional pendidikan FKIP Universitas Lampung merupakan media publikasi artikel-artikel ilmiah yang dipresentasikan dalam kegiatan seminar nasional pendidikan yang dilaksanakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Artikel-artikel yang dimuat dalam prosiding ini merupakan artikel-artikel yang membahas kajian-kajian tentang dunia pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 118 Documents
Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Yusup Junaedi; Dwi Yulianto; Hayunah
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung
Publisher : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Cileles. Instrumen penelitian terdiri dari 20 soal AKM berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, benar salah, menjodohkan serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa rata-rata kemampuan awal literasi matematis siswa berada pada kategori rendah dengan persentase 18%. Indikator terendah berada pada kompetensi menghitung peluang kejadian sederhana dan menggunakan konsep teorema phytagoras dalam bentuk soal pilihan ganda dan pencocokan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain minimnya pemahaman konsep dasar matematika, rendahnya keterampilan siswa dalam operasi hitung, terutama dalam perkalian dan pembagian, serta kurangnya kebiasaan dalam menyelesaikan soal-soal numerasi. Faktor lain yang memiliki dampak signifikan adalah persepsi siswa yang melihat matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, sehingga berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar mereka. Selain itu, metode pembelajaran yang cenderung monoton dan satu arah juga ikut menyebabkan siswa kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran matematika.
Konstruksi Peran Kiai dalam Menghadirkan Hidden Curriculum sebagai Inovasi Pembelajaran Berbasis Hadis (Studi Analisis Hadis Pendidikan Moral pada Kitab Ṣahīḥ Bukhāri dan Muslim) Muhammad Alfreda Daib Insan Labib; M. Arif Rahman Setiadin
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung
Publisher : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini membahas tentang inovasi pembelajaran pendidikan berbasis hadis- hadis Nabi yang terfokus pada kitab shahīhain Bukhāri dan Muslim. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber data literature review. Sedangkan metode pengolahan data yang digunakan adalah deskriptif-analisis, yaitu memaparkan data yang berhasil dihimpun kemudian melakukan analisis dan olah data guna mencapai tujuan penelitian. Beberapa pembahasan yang dikaji dalam artikel ini adalah himpunan hadis-hadis dengan tema terkait, takhrij dari hadis yang dijadikan sumber penelitian, analisis hadis-hadis tersebut sehingga dapat merumuskan inovasi pembelajaran dalam pendidikan karakter. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa, 1). terdapat beberapa hadis (peneliti sajikan dalam tabel) yang memiliki korelasi dengan kajian inovasi pembelajaran pendidikan. 2). Hadis-hadis yang dijadikan sumber penelitian, seluruhnya memiliki kualitas sahih. 3). Analisis dari hadis-hadis berikut menghasilkan beberapa konklusi, diantaranya adalah pentingnya memunculkan hidden curriculum dalam dunia pendidikan karakter.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SD Negeri 055981 Beruam Priska Nurlia Br` Simanungkalit
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung
Publisher : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian ini bermaksud menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis canva terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD Negeri 055981 Beruam, dengan kajian ini bertipe kuantitatif model quasy eksperimental. Kajian ini memakai 2 kelas yaitu kelas eksperimen dengan media pembelajaran berbasis canva dan kelas dengan power point. Hasil kajian terlihat nilai pretest kelas eksperimen 42,4 serta kelas kontrol 41,2 dan hasil percobaan t didapat thitung 0,311 serta ttabel 1,708 dikarenakan thitung< ttabel maka kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Nilai rerata posttest kelas eksperimen 76 dengan standar digresi 12,24 serta kelas kontrol 67,6 dengan standar digresi 12,67. Hasil angka posttest kelas eksperimen dan kontrol diuji coba dengan memakai percobaan t satu pihak serta didapat hasil 2,780>1,708 yaitu thitung>ttabel pada taraf nyata 0,05 maka Ha diterima serta Ho ditolak yang bermakna terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis canva terhadap hasil belajar siswa.
Studi Kasus Transformasi Kepala Sekolah Penggerak: Implementasi Inovasi dalam Penerapan Program Sekolah Penggerak Rani Amrista Wijayanti
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung
Publisher : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini melihat perubahan yang dilakukan oleh kepala sekolah penggerak di tujuh sekolah penggerak di Bandar Lampung. Data dikumpulkan dengan metode kualitatif melalui observasi, analisis dokumen, dan wawancara menyeluruh. Temuan utama menunjukkan bahwa kepala sekolah rata-rata memiliki pengalaman sepuluh hingga lima belas tahun, menunjang mereka dalam menerapkan pendekatan dan inovasi pendidikan yang berhasil. Meskipun tantangan dan ekspektasi yang tinggi, responden mengatakan bahwa mereka telah belajar banyak selama Program Sekolah Penggerak dan mampu menerapkan kurikulum baru, Kurikulum Merdeka. Diakui bahwa keberhasilan transformasi bergantung pada kerja sama dengan pihak berwenang, terutama guru dan orang tua. Jadi, kepala sekolah penggerak di Bandar Lampung memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan SMP, dengan dukungan dan kerja sama yang berkelanjutan.
Strategi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa (Studi Kasus MAS Putra DDI Mangkoso) Narendra Jumadil Haikal Ramadhan
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung
Publisher : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas strategi yang diterapkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Putra DDI Mangkoso, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggali strategi-strategi yang didasarkan pada prinsip kepemimpinan Rasulullah SAW, pendekatan individu, sosialisasi aturan, apresiasi terhadap siswa yang disiplin, dan keterlibatan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi tersebut, seperti pengabsenan sebelum pembelajaran, pemantauan kehadiran siswa, dan sanksi konsisten telah berhasil menciptakan budaya kedisiplinan yang kuat dan berkelanjutan di sekolah tersebut. Meskipun demikian, tantangan terkait intervensi orang tua memerlukan pendekatan proaktif, seperti komunikasi terbuka dan forum diskusi. Klaim mengenai penurunan tingkat pelanggaran siswa memberikan indikasi positif terhadap efektivitas strategi yang diterapkan. Oleh karena itu, kesinambungan upaya dalam peningkatan kedisiplinan siswa perlu dilakukan dengan evaluasi berkala dan adaptasi strategi sesuai kebutuhan masa depan, guna menciptakan lingkungan pendidikan yang disiplin, produktif, dan mendukung perkembangan holistik siswa.
Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD IPA Berbasis Inquiry Training Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Kelas V SD Dini Rozali
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung
Publisher : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan pokok IPA adalah pengembangan cara berpikir tingkat tinggi (HOTS), sikap dan langkah-langkah kegiatan sains untuk memperoleh ilmu pengetahuan ilmiah. Melalui kegiatan pembelajaran yang mencakup kegiatan menganalisis untuk memecahkan suatu masalah dengan prosedur ilmiah. Kegiatan ini disusun dalam sebuah lembar kerja peserta didik (LKPD). Pengembangan LKPD dengan orientasi model pembelajaran melalui proses inquiry training dapat meningkatkan pemahaman peserta didik di bidang sains, cara berfikir kreatif, keterampilan menemukan, mengolah dan menganalisis informasi. Namun kenyataannya, LKPD yang beredar di sekolah kebanyakan tidak memuat kegiatan eksperimen, demonstrasi maupun diskusi. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kebutuhan untuk pengembangan LKPD IPA berbasis Inquiry Training terhadap kemampuan HOTS siswa kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 29 peserta didik dan guru kelas V SDN 060874 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diawali dengan studi pendahuluan, analisis kurikulum, analisis materi, analisis peserta didik serta analisis tujuan pembelajaran menunjukkan perlu adanya pengembangan LKPD IPA berbasis inquiry training yang mampu memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS)- nya dalam proses pembelajaran.
Evaluasi Penggunaan Aplikasi Games Kahoot Sebagai Media Asesmen Meita Dwi Cahyani; Arief Nurrahman
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung
Publisher : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi games Kahoot merupakan salah satu platform yang dapat digunakan sebagai media asesmen bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dari penggunaan aplikasi games Kahoot yang telah dikembangkan sebagai media asesmen hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan sampel sebanyak 93 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diambil menggunakan kuesioner evaluasi yang terdiri dari instrumen kualitas produk, instrumen usability, dan instrumen efektivitas. Instrumen diuji validitasnya secara isi oleh 5 ahli (expert judgement) dengan rumus Aiken V. Uji validitas konstruk instrumen menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA) dengan melihat hasil KMO and Bartlett test dan uji koefisien reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Nilai validitas isi menunjukkan ketiga instrumen mempunyai nilai 0.81-1.00. Hasil validitas konstruk menunjukkan nilai KMO sebesar 0.675 dan nilai reliabilitas sebesar 0.857. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kualitas produk aplikasi games Kahoot dinyatakan sebesar 85,36% yang berarti sangat baik, tingkat usability aplikasi dinyatakan sebesar 87,73% yang berarti sangat baik, dan tingkat efektivitas aplikasi dinyatakan sebesar 90,53% yang berarti sangat baik. Sehingga dengan hasil evaluasi yang sangat baik ini diharapkan aplikasi games kahoot dapat terus digunakan untuk asesmen hasil belajar mahasiswa dengan berbagai inovasi kedepannya.
The Effects of Electronic Storybook on EFL Students' Reading Performance Awaludin Rizal; Ridayani; Safrudin Sahmadan; Ali Ajam
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung
Publisher : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study investigated the effect of electronic books on EFL students Reading performance. A quantitative study with a quasi-experimental design was implemented through applying electronic books as instruments. The study adopts a pre-post control group design where each twenty students were randomly assigned to either a control or an experimental group. Students of the experimental group were instructed by using electronic books approach, whereas, the control group received traditional treatment such as grammar translation method. The study results showed that using the electronic storybook on EFL students can significantly raise students' reading performance, with a discernible difference in effectiveness between the experimental and control groups. The study sheds lighter on the value of using electronic books to promote reading performance in an EFL classroom. Additionally, the study makes recommendations for EFL teachers on how to make the application of this method in their lesson plans more effective.
Analisis Peranan Social Support pada Orang yang Mengalami Complicated Grief Akibat Kematian Significant Others Megarizky Hotmauli; Aip Badrujaman; Susi Fitri
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung
Publisher : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kehilangan significant others akibat kematian merupakan pengalaman yang berarti bagi yang mengalaminya. Significant others yang dimaksud mewakili individu-individu yang memiliki nilai-nilai signifikan pada kehidupan seseorang yang ditinggalkan. Kedukaan yang terus berlangsung lebih dari 12 bulan menjadi latar belakang sebuah kondisi yang dinamakan complicated grief. Complicated grief erat kaitannya dengan peran social support dalam menjalani kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai peranan social support bagi seseorang yang mengalami complicated grief akibat kehilangan significant others. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan mengumpulkan literatur terkait melalui search engine seperti Google Scholar, Research Gate, Sinta, DOAJ, dan Scopus, melakukan penyaringan terhadap artikel yang sesuai, kemudian menganalisis artikel tersebut untuk menemukan fakta yang lebih mendalam mengenai nilai social support dalam kondisi complicated grief seseorang akibat kehilangan significant others. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas penelitian menyatakan bahwa social support menjadi sebuah nilai yang dibutuhkan bagi seseorang yang mengalami complicated grief selama belajar melewati kondisi tersebut, sehingga dapat menjalani kehidupannya secara normal Kembali.
Komparasi Model Pendidikan di Finlandia, Jepang dan Indonesia (Kajian Paradigma Paulo Freire sebagai Pendekatan) Akmal Rizki Gunawan; Muhamad Resky; Hasna Latifah; Halimatussadiyah; Tania Amanda Putri; Alfiah Zahra
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung
Publisher : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Modernisasi pendidikan merupakan suatu keharusan di era globalisasi. Pendidikan yang modern mampu mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Tantangan modernisasi pendidikan yang tidak segera diatasi dapat menimbulkan berbagai bahaya, baik bagi individu, masyarakat, maupun bangsa, seperti ketidaksiapan individu dalam menghadapi tantangan global dan pengangguran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas pentingnya modernisasi pendidikan di era global, dengan fokus pada perbandingan model pendidikan di negara maju dan berkembang. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah buku dan jurnal yang dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui proses deskripsi, reduksi, kategorisasi, dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menghadapi Society 5.0 diperlukan modernisasi model pendidikan yaitu peningkatan anggaran pendidikan, kualitas SDM pendidikan, pengembangan budaya belajar yang positif, kurikulum dan metode pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan global, serta pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan akses pendidikan. Penelitian ini berimplikasi pada dalam upaya-upaya yang perlu dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk mengatasi faktor penghambat dalam modernisasi model di Indonesia.

Page 1 of 12 | Total Record : 118